Langsung ke konten utama

Kesehatan Mental Penting Dijaga Selama Pandemi

Banyak orang mengalami gangguan mental selama pandemi karena situasi yang penuh dengan ketidakpastian. Selama setahun belakangan ini kita berusaha beradaptasi dengan cara hidup yang baru dan juga menjaga protokol kesehatan. Belum lagi membatasi kegiatan sosial yang tak perlu tujuannya supaya kita dapat saling menjaga satu sama lain. Sisi lainnya pandemi ini membuka mata kita untuk lebih aware dengan kesehatan tubuh. Kita jadi rajin olahraga, minum vitamin, serta menjaga pola makan untuk meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak mudah sakit. Akhirnya kita sadar ya kalau kesehatan itu mahal harganya.

Bukan hanya kesehatan jasmani, kesehatan mental juga perlu dijaga, berikut tips menjaga kesehatan mental yang bisa kamu lakukan.

1. Eksplorasi Diri
Kita berusaha membiasakan diri membatasi kegiatan sosial dengan menghabiskan waktu lebih banyak di rumah. Jenuh dan lelah bisa muncul karena keterbatasan yang kita alami. Sisi positifnya kita punya banyak waktu untuk mengeksplor diri sendiri. Bisa dimulai dengan melakukan hal yang kamu suka atau melakukan sesuatu yang baru, seperti memasak, coba resep yang viral di Tiktok, bercocok-tanam, dan masih banyak lagi. Fokus pada dirimu sendiri, kadar stres dapat dikendalikan dan menjaga kesehatan mental.

2. Dengarkan Lagu
Sistem pendengaran terhubung langsung dengan sistem motorik, pusat motivasi, serta pengendalian emosi. Beberapa penelitian menunjukkan musik dapat membantu seseorang mengurangi stres, kecemasan, dan juga depresi ringan.

3. Positif di Sosmed
Banyak orang yang menghilangkan kebosanan dengan main sosmed. Namun sosmed bisa meningkatkan stress dengan banyaknya berita soal Covid19 terutama yang hoaks. WHO menyarankan pengguna sosmed untuk jangan banyak akses berita mengenai pandemi supaya tidak stress dengan keadaan. Gunakan sosmed untuk hiburan saja, akses hal yang kamu suka untuk menaikkan mood dalam menjalani keseharian.

Fokus jalani hidup serta passion kalau kamu sudah terlindungi dari risiko kesehatan terutama risiko finansial. Dengan punya asuransi bisa menghindari risiko diri dan juga finansial dimasa depan. Kalau kamu sudah membeli produk asuransi FWD Insurance periode 26 Juli - 31 Desember 2021 tahun lalu ada kabar gembira, Tahun baru, mobil baru!Cari tahu apakah kamulah yang akan menjadi pemenang dari mobil Toyota Raize? Tonton pengundian Grand Prize #ProteksiOnLucky Draw di vidio.com pada tanggal 28 Januari 2022 pukul 15.00 WIB dan saksikan keseruan talkshow dari Dee Lestari dan Reza Chandika. Untuk info program cek di fwd.co.id/proteksion!


4. Jaga relasi
Kamu bisa berinteraksi dengan keluarga dan teman-teman secara virtual supaya tetap dapat bersilaturahmi dan tidak perlu meninggalkan rumah serta kesehatan mental tetap terjaga, karena kamu tidak perlu merasa melewati semua ini sendirian.

5. Jaga Kesehatan Finansial dengan Asuransi Rawat Jalan

Selama pandemi melanda banyak orang kehilangan pekerjaan, pengurangan gaji, dan sulit mendapatkan pekerjaan baru. Jadi jangan heran banyak yag stress memikirkan biaya hidup sehari-hari. Kamu butuh rawat jalan seperti apa? Salah satu perusahaan asuransi jiwa berbasis digital terkemuka di Indonesia, FWD Insurance, menghadirkan FWD Hospital Care Protection. FWD Hospital Care Protection berikan cakupan perlindungan menyeluruh untuk pelayanan medis rawat inap serta rawat jalan serta serangkaian fasilitas rehabilitasi termasuk perawatan ekstra. Nasabah dapat memilih beragam pilihan layanan berdasarkan wilayah geografis dan juga manfaat yang sesuai kebutuhan dan tingkat resiko kesehatan mereka.

Selain manfaat rawat inap dan juga rawat jalan biasa, dilengkapi dengan manfaat biaya rawat jalan untuk penyakit infeksi dan manfaat rehabilitasi, konsultasi ahli gizi serta pemantauan kanker selama masa pemulihan. Selain itu, produk ini memberikan manfaat tambahan lain yakni limit booster, no claimbonus dan santunan pemakaman. Untuk memberikan kemudahan bagi nasabah, produk ini juga didukung jangkauan perlindungan di seluruh dunia serta pengajuan klaim melalui aplikasi FWD MAX. 

Situasi seperti sekarang memuat kita belajar mengelola keuangan dengan cara yang jauh lebih baik. Kamu bisa mulai dengan buat perencanaan keuangan sederhana setiap kamu terima gaji. Jangan lupa alokasi untuk dana darurat, asuransi, dan juga investasi. 

Kebiasaan sederhana di atas mungkin dapat membantu menjaga kesehatan mental kita di tengah pandemi. Stay safe dan taati protokol kesehatan, ya. Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan fisik dan mental sendiri, siapa lagi?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan