Langsung ke konten utama

Pengen Resign dari Kantor? Ini Contoh Surat Resign yang Baik dan Benar


Untuk memenuhi kebutuhan sebagai manusia adalah dengan bekerja. Bekerja juga bisa diartikan sebagai usaha mengerjakan sesuatu untuk mendapatkan keuntungan dari pekerjaan tersebut dan hasilnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mengerjakan pekerjaan tetap bisa disebut sebagai bekerja baik sebagai pegawai dari sebuah perusahaan ataupun sebagai pengusaha. Bagi mereka yang belum mempunyai pekerjaan atau menanggur, menjadi pegawai atau bekerja adalah salah satu tujuan hidup yang sangat diinginkan karena manusia tidak bisa menghindari kebutuhan hidupnya. Semakin berkembang dan tumbuh seseorang semakin banyak kebutuhan hidup sesesorang tersebut. 

Banyak cara untuk memeperoleh pekerjaan, secara umum pekerjaan bisa diperoleh setelah menempuh Pendidikan tertentu seperti contohnya setelah kuliah di bidang arsitektur maka akan mendapatkan pekerjaan sebagai arsitek, setelah kuliah di jurusan hukum maka akan bisa bekerja sebagai pengacara atau advokat hukum. Namun meski begitu banyak juga pekerjaan yang tidak sejalan dengan Pendidikan yang sudah dipelajari, seperti contoh ada seorang teman yang berkuliah di jurusan ekonomi namun pekerjaannya ada dibidang teknologi informasi (IT). ada juga seorang teman yang berkuliah di jurusan teknologi komputer tapi bekerja di koperasi simpan pinjam sebagai seorang kreditur. 

Begitulah dunia kerja, tidak selamanya sejalan dengan keinginan seseorang, seseorang dituntut untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sama sekali berbeda dengan lingkungan sekolah atau kuliahnya dulu. Jurusan sekolah atau kuliah sering kali tidak sejalan dengan pekerjaan yang dilakukan saat ini, meskipun begitu banyak orang yang menjadikan alasan Pendidikan sebagai upaya untuk keluar dari pekerjaannya dan mencari pekerjaan baru yang sesuai dengan Pendidikan yang sudah didapatkannya dulu. 

Menjadi pegawai tidak selamanya berjalan sesusai dengan keingingan, banyak hal yang menyebabkan seseorang berfikir untuk meninggalkan pekerjaannya saat ini diantaranya adalah: 

Tidak sejalan dengan jurusan Pendidikan

Salah satu alasan orang untuk memutusakan keluar (resign) dari pekerjaannya adalah karena jurusan Pendidikan tidak seusai dengan pekerjaannya. Beberapa orang menganggap dan berkeinginan untuk bekerja sesuai dengan pendidikannya karena mereka beralasan berkeinginan untuk mempraktikkan hasil belajar yang mereka dapat;

Gaji yang tidak sesuai dengan pekerjaan
Alasan lain seseorang untuk resign dari perkejaannya yaitu gaji yang tidak seusai dengan beban pekerjaannya. Kebutuhan seseorang menuntut mereka untuk bekerja dan menghasilkan uang dari pekerjaannya, namun ternyata gaji dari pekerjaannya Sekarang belum mencukupi kebutuhan hidupnya, maka dari itu mereka memutuskan untuk resign dari perkejaannya sekarang. 

Alasan keluarga
Keluarga juga menjadi alasan seseorang akhirnya resign dari pekerjaannya, alasan seperti ingin menikah, mengurus orang tua yang sudah sakit, dan jauh dari daerah keluarga asal sepertinya jadi alasan yang masuk akan untuk seseorang resign dari kantor. 

Sebelum memutusakan untuk resign dari kantor sebaiknya disiapkan dulu surat pengunduran diri (surat resgin) agar tidak meninggalkan kesan yang buruk dari kantor sebelumnya dan alasan resign bisa diterima dengan baik oleh atasan kantor. Contoh surat resign yang baik biasanya berisikan:

1. Tujuan surat biasanya ditujukan kepada manajer HRD kantor;
2. Perihal surat adalah surat pengunduran diri;
3. Menyertakan data pribadi seperti nama, tanggal lahir, alamat, dan divisi di kantor;
4. Ucapan terimakasih dan menyatakan pengunduran diri dari kantor;
5. Tandatangan dan nama terang. 

Salah satu contoh yang bisa dipakai untuk surat resign : 

Kebumen, 05 Juli 2021
Kepada Yth.
Manager HRD CV.MajuJayasakti
di Tempat
Perihal : Pemberitahuan Pengunduran Diri Dengan hormat,
Dengan surat ini, saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama
: ----

Tempat, Tanggal Lahir
: -----

Jabatan
: ----

Alamat
: ----


Dengan adanya surat ini, saya bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari jabatan di perusahaan ------ sebagai --------- sejak tanggal ---------. Segala bentuk pekerjaan dan tanggung jawab saya sebagai ----------- akan tetap dilaksanakan secara profesional hingga tanggal pengunduran diri saya tersebut.

Sebelumnya saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya, dimana saya dapat bekerja dan menerima banyak pengalaman serta pembelajaran di --------. Saya juga memohon maaf yang setulus-tulusnya kepada pihak Direksi Manajemen dan -------------- apabila selama bekerja di ------- terdapat banyak kesalahan, baik yang tidak disengaja maupun yang disengaja.
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat atas kesadaran pribadi tanpa ada paksaan dari pihak manapun.


Hormat saya,



Ttd 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan