Langsung ke konten utama

Berbagai Fakta Menarik Mengenai Gunung Fuji di Jepang


Kalau Anda berkunjung ke Jepang, tentu Anda tidak ingin melewatkan wisata alamnya yang indah. Salah satu spot wisata alam yang cukup populer di Jepang adalah gunung fuji. Gunung ini terkenal karena memiliki pemandangan yang indah dengan puncak gunung yang berselimut salju. Berikut adalah berbagai fakta menarik mengenainya. 

Fakta dan Cerita Menarik Gunung Fuji
1. Lokasi Gunung Fuji 
Gunung ini terletak antara Prefektur Shizuoka dan Yamanashi, di bagian barat Tokyo dan dekat dengan pusat Honsu, yang merupakan pesisir Pasifik di Jepang. Terdapat tiga kota yang mengelilingi gunung ini, yakni Gotemba, Fujinoya dan Fuji Yoshida, yang masing-masing memiliki keunikannya sendiri. 

Selain spot yang indah untuk menatap dan menikmati keindahan gunung ini, Anda juga bisa menemukan lima buah danau yang mengelilingi gunung. Dahulu gunung ini merupakan gunung yang aktif, namun dengan kemungkinan letusan yang rendah. Orang-orang yang datang ke gunung fuji biasanya ingin berkemah atau menikmati pemandangan alam. 
2. Dibalik Nama Fuji
Fuji menurut dialek bahasa Jepang memiliki arti keabadian, apalagi karena keindahan alam dan panoramanya yang berkesan. Dahulu terdapat legenda yang mengatakan sepasang kakek dan nenek tinggal di pedalaman gunung ini, dan menemukan seorang bayi perempuan di dalam pohon bambu. 

Bayi tersebut hanya memiliki tinggi sekitar 9 cm, dan karena kasihan sepasang kakek nenek tersebut memungut dan memberinya nama Kaguya. Ketika dewasa, setiap hari Kaguya menangis karena ingin kembali ke bulan, yang merupakan tempat tinggalnya. 

Meski sedih dan berat hati, sepasang kakek dan nenek ini akhirnya merelakan Kaguya pergi dan kembali ke bulan. Sebagai ucapan terima kasih, Kaguya memberikan obat awet muda, yang nantinya malah di bakar di puncak gunung fuji oleh kakek tersebut, dengan anggapan untuk apa hidup lama jika orang yang ia sayangi sudah tiada. 

3. Tempat Keramat
Seperti di Indonesia, gunung ini juga memiliki legenda turun temurun yang dipercaya oleh masyarakat Jepang. Di gunung ini, terdapat dewa dan dewi yang tinggal karena ia merupakan tempat yang suci dan keramat. Dewi yang terkenal dari gunung disebut Dewi Fuji, yang akan cemburu jika seorang perempuan naik ke gunungnya. 

Selain Dewi Fuji, terdapat juga makhluk mitos yang dinamakan Sokou. Ia merupakan hewan yang memiliki empat buah ekor, dengan gas beracun yang keluar dari tubuhnya. Dulunya Sokou adalah dua hewan yang berbeda jenis, yakni ayam jantan dan ular. Karena pengaruh gunung, keduanya bersatu dan menjadi iblis. 

Seorang manusia yang ahli dalam mejinakan iblis kemudian mengurung Sokou di gunung fuji agar tidak membahayakan masyarakat di sekitarnya. Sampai saat ini, masyarakat Jepang menganggap jika gunung ini memiliki tanda-tanda akan meletus, maka ia merupakan ulah Sokou yang bangun dari tidur. 

4. Misteri Gunung Fuji 
Terdapat sebuah tempat misterius yang ada di Gunung Fuji, yakni mengenai Hutan Aokigahara, yang merupakan tempat banyak orang yang melakukan bunuh diri. Tempat tersebut teretak di kaki gunung dan merupakan tempat yang angker, sebab menjadi lokasi bunuh diri terbaik kedua di dunia menurut masyarakat. 

Itulah berbagai fakta menarik mengenai gunung fuji yang mungkin belum Anda ketahui. Semoga dengan informasi tersebut, pengetahuan Anda bertambah dan Anda tertarik untuk mengunjungi gunung ini ketika berada di Jepang. Akan lebih baik jika Anda menghormati kepercayaan setempat agar tidak ada hal buruk yang mungkin terjadi. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan