16 September 2019

5 Tips Sukses Raih Beasiswa ke Luar Negeri




Mengejar beasiswa ke luar negeri merupakan sesuatu hal yang perlu diraih dengan usaha yang lebih keras. Beberapa kisah sukses peraih beasiswa bahkan sampai mengandalkan pinjaman cepat demi mengurus beberapa dokumen karena keterbatasan dana.

Tapi, kendala tersebut merupakan hal yang harus ditempuh demi mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Tidak mudah memang, tetapi akan ada kebanggaan tersendiri jika kita bisa meraih beasiswa tersebut.

Berikut ini ada beberapa tips beasiswa dari para pelamar yang sudah berhasil mewujudkan impiannya melanjutkan pendidikan di luar negeri.

1. Tidak Berhenti Mencari Informasi
Salah satu lembaga penyedia beasiswa ke luar negeri yang paling terkenal di Indonesia adalah LPDP. Akan tetapi, jika kamu jeli, sebenarnya tiap negara memiliki lembaga khusus, misalnya ADS untuk ke Australia atau AMINEF untuk tujuan ke Amerika Serikat dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, jangan pernah berhenti mencari informasi seputar beasiswa dari luar negeri. Ada banyak lembaga penyedia beasiswa yang memberikan bebas biaya 100 persen atau setengahnya. Dengan begitu, kamu tetap bisa mewujudkan impian kamu sekolah di luar negeri.
 
2. Tidak Harus Pintar, Asal Mau Kerja Keras

Beberapa lulusan beasiswa dari luar negeri tak pernah menyebutkan bahwa kamu harus cerdas atau pintar untuk bisa mendapatkan beasiswa. Beasiswa bisa diraih oleh orang yang punya prestasi biasa tapi memiliki keinginan kuat dengan kerja keras.

Salah satu ujian terberat adalah mengurus persyaratan yang harus disertakan demi lulus beasiswa ke luar negeri. Fase inilah yang sejak awal akan membuktikan bahwa mental kamu memang terlahir untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

3. Fokus Pada Satu Jurusan

Meskipun bukan salah satu prasyarat dalam menentukan jurusan, lebih baik fokus dan linier dengan jurusan yang pernah ditempuh sebelumnya. Jika pada jenjang S1 kamu sudah mengambil komunikasi, maka carilah jurusan yang linier atau setidaknya masih memiliki keterkaitan dengan jurusan sebelumnya.

Beberapa tes terutama dalam sesi wawancara juga akan ditanyakan apa alasan kamu memilih jurusan tertentu. Jika alasan kamu kurang kuat dan kurang meyakinkan, maka bisa menjadi salah satu faktor yang membuat kamu gagal dalam meraih beasiswa. 

4. Buat Surat Motivasi yang Realistis

Jangan terlalu banyak mengawang-ngawang dengan janji-janji manis. Buatlah surat motivasi yang realistis namun berdampak pada lingkungan terkecil atau karier kamu.

Mulailah mengamat masalah yang ada di sekitar kamu dan rumuskan dalam sebuah rencana di masa depan yang akan kamu lakukan sepulang dari luar negeri. Dengan begitu, akan memikat para penguji lewat surat motivasi yang kamu tulis.

5. Melengkapi Dokumen Lebih Awal Sebelum Pendaftaran Dibuka

Beberapa beasiswa di luar negeri memang mensyaratkan hasil tes TOEFL atau IELTS dengan skor tertentu. Seperti diketahui bahwa tes TOEFL atau IELTS yang bersertifikat dan diakui oleh lembaga beasiswa memiliki biaya yang cukup mahal.

Jangan halangi masa depan kamu soal biaya tes atau kebutuhan lain demi melengkapi dokumen yang wajib disertakan. Kini, lewat Kredivo, kamu bisa mendapatkan pinjaman cepat dengan kredit limit hingga Rp30 juta.

Tersedia pinjaman mini mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta dengan tenor selama 30 hari. Bisa juga mengandalkan pinjaman jumbo mulai dari Rp1 juta dengan tenor 3 atau 6 bulan. Keduanya memiliki suku bunga yang sama yaitu 2,95% per bulan dengan biaya admin 6% di muka.

Persyaratannya mudah saja kok. Sudah berusia minimal 18 tahun, punya pendapatan atau penghasilan rutin minimal Rp3 juta baik dari pekerjaan tetap maupun pekerjaan lepas dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon.

Kredivo terbuka, aman, dan sangat fleksibel bagi mereka yang bekerja secara mandiri. Cara pendaftarannya pun sangat mudah. Unduh aplikasi Kredivo di Google Play Store maupun App Store kemudian ikuti langkah berikut ini:
1. Buka aplikasi Kredivo
2. Pilih akun Premium Reguler jika ingin mendapatkan fitur pinjaman cepat
3.  Foto KTP (Data harus terlihat jelas)
4. Foto selfie diri dengan wajah terlihat jelas
5. Hubungkan akun digital yang biasa digunakan.
6. Hubungkan akun e-commerce seperti Lazada, Bukalapak atau yang lainnya yang memiliki riwayat transaksi online.
7. Sambungkan akun internet banking sebagai bukti penghasilan.
8. Lengkapi data dengan benar.
9. Tunggu konfirmasi dalam waktu 1x24 jam.


Dengan cara seperti itu, kamu bisa mendapatkan dana talangan untuk keperluan mengurus beasiswa. Pastikan jumlah angsuran tidak lebih dari 30 persen dari pendapatan bulanan agar cash flow tetap aman ya.
 

Related Posts

5 Tips Sukses Raih Beasiswa ke Luar Negeri
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).