Mengatasi Rasa Malas Beribadah


Pernah mengalami rasa malas beribadah? Sepertinya ini adalah pekerjaan rumah yang tak ada habisnya. Pasti ada kalanya kita merasa malas sekali untuk melakukan ibadah. Terutama salat subuh. Saya dulunya sering malas melakukan ibadah apalagi saya bukan orang yang suka bangun pagi. Cuma makin ke sini, saat sisa usia semakin sedikit saya sadar bahwa ibadah itu sama kayak kita bernapas. Mau tak mau harus dilakukan kalau kita tetap ingin hidup. Semuanya kembali lagi pada diri kita masing-masing. Apakah kita merasa bahwa ibadah itu sebagai beban atau kebutuhan.
Dulu waktu masih menganggap ibadah adalah sebuah beban, memang berat sekali untuk melakukan ibadah terutama subuh dan isya. Butuh usaha yang besar terutama dari ibu saya untuk meyakinkan bahwa beribadah itu bukan kebutuhan Tuhan tapi kebutuhan kita sebagai hamba-Nya.
Pemahaman agama saya masih jauh dari dalam, sangat dangkal. Saya sedang berusaha memperbaiki diri untuk lebih dekat lagi pada Allah. Jadi kalau sekarang teman-teman mengalami rasa malas untuk beribadah, nanti akan ada waktunya ibadah itu bukan menjadi beban lagi tapi kebutuhan dan juga kebiasaan. Sering-sering saja memaksakan diri untuk melakukannya.


Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes