Membuat Image Iso Melalui Aplikasi Android No Root


Beberapa waktu lalu saya dengan sok tahunya menghapus partisi Ubuntu Studio tanpa menyadari bahwa nantinya saya tetap membutuhkan image iso untuk penginstallan ulang laptop saya. Meskipun sempat panik, saya belajar banyak dari kesoktahuan saya tersebut. Apakah saya menyesal? Tidak dong. Saya berhasil mengatasi masalah yang timbul setelah menghapus partisi laptop saya. Laptop tak bisa booting adalah yang terjadi ketika kita menghapus partisi yang ada di laptop. Kebetulan saya menghapus 2 partisi yang sebelumnya saya bagi untuk Ubuntu Studio. Kesoktahuan saya terselamatkan bukan karena saya supersmart atau genius ya. Tapi karena handphone saya yang smart.
Saya baru tahu kalau sekarang kita bisa membuat image iso di flashdisk menggunakan aplikasi android. Bahkan tanpa root. Jadi sebelumnya saya menemukan aplikasinya tapi membutuhkan root. Sedangkan saya tidak tertarik untuk melakukan root pada HP saya. Saya cari lagi di playstore dan bertemulah dengan aplikasi EtchDroid. See, setiap masalah selalu punya jalan keluarnya. Bahkan untuk saya yang kemampuan teknologinya masih harus diupgrade lagi.
Aplikasi EtchDroid ini gratis. Hanya ada sedikit iklan saat digunakan. Untuk mengubah file distro yang kita unduh supaya menjadi image iso yang siap pakai juga mudah. Seperti meng-copy file ke flashdisk. Colok kabel OTG ke smartphone. Buka aplikasinya dan pilih file yang mau dijadikan image iso di flashdisk. Lalu tunggu sampai filenya selesai ‘dibakar’ di flashdisk. Lalu untuk install ulang tinggal pilih booting dari flashdisk. Untuk memunculkan pilihan booting dari flashdisk cukup tekan ESC beberapa kali setelah menekan tombol power di laptop. Selanjutnya tinggal install saja.
Tadinya saya ingin menggunakan 1 OS saja di laptop, tapi buat jaga-jaga kalau terjadi hal yang tak diinginkan, saya gunakan dual booting lagi. Karena Windows 10-nya masih aman walaupun agak hang kadang tapi tak se-error Ubuntu Studio.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes