24 Mei 2017

Namanya Anjanu



Belum tahu jenis kelaminnya apa. Harapan saya sih dia lahirnya nanti Januari. Biar sekalian tahun 2018 saja. Jadi kelihatan beda 3 tahun sama anak sulung saya Raza yang lahirnya tahun 2015. Walaupun tetap nggak bakalan tiga tahun beda usia mereka sebab sekarang usia kandungan saya 2 bulan dan Raza beberapa hari lagi usianya 2 tahun.

Palingan nanti usia mereka bedanya sekitar 2 tahun 7 bulan. Memang saya sendiri tidak merencanakan untuk menunda kehamilan. Setelah melahirkan Raza saya tidak mengambil KB apa pun. Tapi sekitar setahun lebih saya tidak datang bulan sama sekali sehingga masa subur untuk hamil juga tidak ada.


Saya memanggil kandungan kedua saya ini Anjanu. Walaupun saya tidak yakin akan menggunakannya sebagai nama legalnya di kartu keluarga dan identitas lain miliknya. Saya hanya berpikir dia lahirnya Januari. Jadi dipanggil Anjanu saja.

Raza, anak sulung saya, juga mulai bisa menyebut adiknya yang masih di dalam kandungan dengan sebutan "Janu" dengan suaranya yang lucu. Tak terasa bayi yang pertama saya lahirkan dulu sekarang hampir dua tahun dan bakalan punya adik sebentar lagi.

Banyak yang mendoakan saya dapat anak perempuan. Saya juga kepengen punya anak perempuan setelah punya anak sulung laki-laki. Tapi kalau dapat laki-laki lagi saya tetap senang sebab itu menambah jumlah cucu laki-laki dalam dari pihak suami saya yang.

Soalnya suami saya anak laki-laki satu-satunya. Jadi setiap anak yang lahir dari rahim saya akan jadi penerus "bin"-nya bapak mertua saya. Ibarat marga anak saya bakalan nerusin marga suami dan bapak mertua saya. Dan setiap anak laki-laki saya bakalan nerusin marga itu ke keturunan mereka.

Saya dan suami sama-sama nggak punya marga sih. Tapi mendapatkan anak laki-laki lebih dari satu juga bukan hal yang buruk. Apalagi saya kepengennya punya 3 atau 4 anak.

Anjanu, anak Umak yang kedua. Sampai ketemu akhir tahun ini atau awal tahun depan ya!


Cerita Kehamilan Kedua




Seharusnya kehamilan pertama lebih berat namun kali ini rasanya kehamilan kedua lebih istimewa. Saya merasakan sensasi hamil yang sebenarnya. Kayak orang-orang. Ada mual-mualnya. Ada pengen makan asam-asamnya.

Baru berjalan 9 minggu. Masih panjang perjalanan menuju kelahirannya. Kalau bukan akhir tahun 2017 saya akan bertemu dengan anak kedua saya nanti awal tahun 2018.

Beberapa waktu lalu belum terlalu yakin kalau hamil karena hanya menggunakan satu testpack. Bidan juga belum bisa memeriksa kehamilan yang masih belum teraba. Pilihan satu-satunya ya USG.

Tanggal 19 Mei kemarin saya memutuskan ke dokter kandungan untuk USG. Kali ini mencoba Rumah Sakit Bersalin Nabasa di Sei Raya Dalam. Karena waktu mengandung Raza saya sudah sering ke RSB Jeumpa, kali ini ganti RSB. Cari pengalaman baru dan ketemu dokter baru.

Biaya USG di sana 130rb sudah termasuk konsultasi. Biaya daftar pertama kali kalau belum pernah jadi pasien ada biaya 20rb. Harga yang lebih murah dibandingkan Rumah Sakit Untan yang biayanya 160rb untuk USG dan konsultasi, belum ditambah lamanya menunggu dokter kandungannya datang.

Waktu di RSB Nabasa saya hanya mengantri di belakang 4 pasien dan dokternya hanya terlambat sekitar 30 menit. Dokter kandungannya dokter Made dan lumayan lama menggunakan alat USG di perut saya. Tidak hanya sekilas kita bisa melihat calon bayi di dalam kandungan.

Dokternya juga mengajak kita ngobrol dengan santai dan ramah. Jadi untuk berikutnya saya akan ke RSB Nabasa untuk USG. Ada rencana juga buat melahirkan di sana sebenarnya kalau memang memungkinkan.

Oiya RSB Nabasa ini juga menerima pasien dengan BPJS ya. Jadi jangan khawatir soal biaya bagi yang punya BPJS.

23 Mei 2017

Kue Putri Salju, Tips Membuatnya Sendiri Anti Gagal



Lebaran sebentar lagi akan datang. Antusiasme dari para umat muslim pun sudah terlihat sejak sebelum Ramadhan tiba demi menyambut Lebaran yang spesial karena hanya ada sekali dalam setahun. Seperti biasa, Lebaran selalu identik dengan acara takbir keliling, mudik, berkumpul bersama keluarga hingga persediaan makanan yang selalu banyak. Makanan yang hampir selalu ada mulai dari opor, ketupat, sayur, rendang, hingga kue Lebaran seperti kue putri salju dan nastar.

Momen Lebaran ini tidak akan sempurna jika tanpa bersilaturahmi ke tetangga dan saudara sekitar. Selain bersilaturahmi, pasti mencicipi makanan yang tersedia juga menjadi kebiasaan yang tidak dapat dihilangkan. Inilah mengapa banyak sekali para Ibu yang kerap sibuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Lebaran adalah karena akan ada banyak tamu dan keluarga yang datang. Membuat kue kering kerap menjadi pilihan karena lebih mudah dibuat, rasanya lezat dan tahan lama sehingga bisa dimakan sampai akhir Lebaran.

Jenis kue yang kerap dipilih adalah putri salju karena memiliki rasa gurih dan manis dengan renyah yang pas. Dengan adanya taburan gula halus menjadikan kue kering putri salju kian lezat untuk disantap. Namun banyak juga para Ibu yang kerap mengeluhkan banyak masalah ketika membuat kue ini dengan berbagai alasan. Berikut ini beberapa tips untuk agar sukses ketika membuat kue kering putri salju:

1. Memakai bahan baku berkualitas
Bahan baku menjadi hal wajib dan terpenting untuk membuat kue. Bahan baku berupa tepung terigu, gula, mentega, telur dan lainnya juga harus dipilih yang berkualitas baik sehingga bisa menghasilkan kue yang berkualitas baik pula. Disarankan menggunakan jenis tepung terigu yang rendah akan protein sehingga kue putri salju yang dibuat akan lebih renyah. Selain itu dari segi margarin juga harus bergizi tinggi sehingga ada nutrisi di dalam kue nya.

2. Hindari mengocok terlalu lama
Mengocok adonan dalam proses pembuatan kue kering seharusnya tidak terlalu lama karena jika dikocok terlalu lama maka adonan tersebut akan bisa melebar ketika dipanggang. Untuk itu, dalam hal pencampuran adonan, usahakan untuk mengayak terlebih dulu bahan keringnya seperti tepung terigu dan gulanya agar proses pengocokan pun lebih cepat.

3. Memakai kacang mede sangrai
Dengan adanya kacang mede untuk kue yang Anda buat, maka hasil dari kue kering putri salju akan menjadi lebih gurih. Namun sebelum dimasukkan ke dalam adonan, usahakan agar kacang mede tersebut dicincang halus dan di sangrai hingga matang agar lebih tahan lama dan tidak bau tengik agar kualitas dari kue nya semakin baik.

4. Taburan gula halus
Komposisi utama selanjutnya pada kue kering putri salju adalah dengan adanya taburan gula halus sehingga kudapan ini semakin spesial. Namun pastikan dulu ketika Anda akan menaburkan gula halusnya, kue kering tersebut sudah betul-betul matang dan uap panas yang ada sudah menghilang maksimal agar gula halusnya tidak meleleh sehingga tampilan kue kering putri salju cantik.


Itulah beberapa tips untuk bisa membuat kue putri salju yang berkualitas baik dan sukses. Usahakan untuk tidak memanggang dalam temperatur yang terlalu panas karena bisa mengakibatkan kue kering ini hangus di bagian bawahnya. Setelah semuanya siap, masukkan ke dalam toples kue dan tutup dengan erat sehingga kerenyahan dari kue kering ini bisa bertahan lebih lama.

20 Mei 2017

Atasi Sakit Maag Pada Ibu Hamil



Sebenarnya saya tidak ada riwayat maag sebelumnya. Namun saat hamil terjadi peningkatan asam lambung yang membuat saya menderita maag. Pada kehamilan pertama saya tidak terlalu merasakan perubahan hormon dan peningkatan asam lambung yang signifikan. Apalagi wkatu itu saya tidak merasakan mual muntah yang pada umumnya terjadi pada ibu hamil muda. Biasanya saat trimester pertama memang jadi awla yang berat bagi ibu yang hamil, terutama yang hamil untuk pertama kalinya.

Berat sekali jika kehamilan pertama kali menderita asam lambung yang tinggi. Selain akan membuat ibu hamil sulit untuk mengonsumsi makanan juga akan menyebabkan mual yang berlebih dan juga muntah-muntah. Ini yang terkadang jadi masalah yang sangat penting bagi seorang ibu yang sedang hamil muda.

Itu sebabnya saya selalu cari tahu soal bahan alami apa saja yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mengatasi maag selama kehamilan. Tentunya setiap ibu ingin mengandung dalam keadaan sehat. Tidak hanya dirinya yang sehat namun bayi yang dikandungnya juga sehat sampai tiba waktunya melahirkan. Maag adalah penyakit yang harus dihindari atau juga diatasi.

Memang banyak sekali obat yang tersedia dari dokter untuk mengatasi asam lambung berlebihan selama hamil. Meskipun banyak obat yang aman untuk ibu hamil saya sendiri lebih suka minum obat yang terbuat dari bahan yang alami. Sampai akhirnya saya menemukan bahwa temulawak bisa berfungsi untuk mengatasi maag selama hamil.


Tapi daripada repot menggunakan temulawak yang masih segar saya lebih suka mengonsumsi Sari Temulawak dari Herbadrink yang sangat praktis. Tinggal seduh. Sangat membantu ibu hamil yang sering mabok hamil setiap hari. Tak dapat saya bayangkan saat menderita maag dan harus membuat minuman dari temulawak untuk mengurangi asam lambung yang naik tersebut. Kepala pusing dan mual akan sangat tidak memungkinkan untuk melakukan itu.

Bersyukurlah buat kita yang hamil di era modern ini. Informasi dapat kita temukan dengan mudah. Begitu pula dengan beragam minuman herbal yang akan sangat membantu untuk menyehatkan kita. Ibu hamil yang sekarang sedang maag tak perlu khawatir lagi untuk menemukan minuman yang pas untuk meredakan asam lambungnya yang naik. Terutama yang kayak saya ya yang sekarang lagi mabok-maboknya dengan kehamilan kedua.

Jangan lupa juga untuk sarapan paginya ditambah dengan buah pisang. Lumayan membantu juga bagi penderita maag selama hamil. Kandungan pada buah pisang juga dapat mengurangi mual berlebih pada ibu hamil. Temulawak memang punya banyak sekali manfaat baik bagi kita. Bukan hanya bermanfaat untuk ibu hamil, namun bagi orang yang punya masalah yang lain juga dapat diatasi dengan temulawak.

Banyak sekali informasi mengenai temulawak yang dapat kita temukan secara online. Tak perlu repot lagi kalau hanya untuk tahu kegunaan dari temulawak ini. Saya juga menemukan informasi soal temulawak yang baik untuk ibu hamil yang sedang maag dari berbagai website yang memang membahas soal obat herbal. Saatnya kita kembali ke alam. Menyelaraskan hidup kita bersama alam. Sebab alam telah menyediakan segalanya untuk manusia. Manusia tinggal menggunakannya agar mendapatkan manfaat baik dari semua yang ada di alam ini.


Satu contoh kecilnya ya tanaman temulawak ini. Dengan Sari Temulawak Herbadrink yang punya segudang manfaat baik bagi kesehatan tentunya membuat temulawak jadi bagian penting yang tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia ya. Apalagi saat sudah melahirkan temulawak juga memiliki manfaat untuk membersihkan darah nifas dan juga nantinya bisa dijadikan campuran makanan pendamping ASI pada anak yang sudah berusia 6 bulan ke atas dan sudah boleh mengonsumsi makanan.

Paket Parcel Kue Kering Lebaran di blanja.com



Lebaran menjadi saat-saat yang paling dinanti oleh seluruh umat muslim di berbagai negara, termasuk Indonesia. Banyak keluarga yang berkumpul bersama untuk merayakan momen istimewa yang hanya satu tahun sekali tersebut, dan pada momen tersebut seringkali dibumbui atau sudah kental dengan keberadaan kue kering lebaran yang berjejer di atas meja setiap rumah. Kue kering aneka rupa dan rasa dapat menemani aktifitas berkumpul dan mengobrol, serta dapat menjadi suatu hadiah untuk saudara di hari lebaran nanti. Dalam membuat kue kering diperlukan banyak bahan yang akan diolah, sehingga anda tentu harus berbelanja terlebih dulu baru membuatnya, belum lagi cara pembuatan yang harus dilakukan dengan benar agar tidak mengurangi rasanya. Bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu karena berbagai kesibukan, tentu tidak memungkinkan untuk melakukan semua hal tersebut. Oleh karena itu, dengan adanya situs belanja online akan sangat membantu.

Salah satu situs online yang menyediakan aneka kue kering khas lebaran adalah blanja.com. di mana blanja.com merupakan situs jual beli online dengan basis online-marketplace yang menyediakan beragam pilihan paket parcel kue kering untuk anda suguhkan dihari lebara, dan dinikmati bersama seluruh keluarga saat berkumpul. Selain itu, paket parcel kue kering ini juga dapat dijadikan sebagai hadiah yang sempurna di hari lebaran untuk saudara atau orangtua yang akan anda kunjungi. Tidak perlu khawatir mengenai kualitas rasa, tampilan dan lainnya dari kue kering di blanja.com, karena blanja.com menyeleksi setiap penjual yang akan menampilkan makanan khas lebaran tersebut, sehingga hanya benar – benar produk berkualitas saja yang dapat dibeli. Lebih dari itu, kue kering aneka rasa yang tersedia di blanja.com juga dibandrol dengan harga yang lebih bersahabat, dengan begitu anda pun dapat memborong kue kering untuk disajikan dan dinikmati di rumah maupun parcel kue kering untuk dijadikan sebagai hadiah.

Kemudahan cara belanja akan anda peroleh, apalagi bagi anda yang hanya memiliki sedikit waktu saja. Anda hanya perlu mengakses situs blanja.com dari smartphone maupun PC yang terkoneksi dengan internet, lalu masukan ke kategori makanan, khususnya kue kering lebaran yang dapat anda ketikan pada pencarian produk yang tersedia.


19 Mei 2017

Kelebihan Belanja Kue Kering untuk Lebaran di Blanja.com


Kue kering adalah salah jenis makanan yang biasa disajikan atau disuguhkan ketika hari raya Idul Fitri tiba. Ada banyak sekali aneka kue kering lebaran yang biasanya dijadikan pilihan oleh banya orang khususnya umat muslim yang merayakan Idul Fitri. Kini dengan adanya situs jual beli online, setiap orang bisa mendapatkannya dengan mudah dan juga cepat. Salah satu toko online yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk belanja kue kering melalui sistem online ialah blanja.com. Lalu apa saja kah keunggulan dari situs yang satu ini dalam menawarkan kue kering yang bisa anda jadikan sebagai referensi.

1. Belanja di blanja.com merupakan cara belanja online yang nyaman dan juga aman karena situs yang satu ini merupakan salah satu situs terpercaya di Indonesia. Selain itu cara belanja di tempat yang satu ini mudah untuk dilakukan oleh siapa pun juga karena kini dengan menggunakan aplikasi tersebut anda bisa mendapatkan berbagai macam kue kering lebaran dengan mudah dan juga cepat. Metode pembayaran pun menggunakan beberapa macam metode yang bisa anda jadikan sebagai pilihan karena seperti yang kita ketahui bersama, saat ada beragam cara pembayaran dari mulai melalui kartu kredit, transfer atm dan lain sebagainya.

2. Terdapat berbagai macam jenis produk kue kering terbaik yang ditawarkan sehingga anda tidak perlu lagi mencarinya ke berbagai tempat . Selain itu semua produk ditawarkan dengan harga yang terjangkau serta ada banyak penawaran diskon maupun promo yang bisa kita manfaatkan agar kita dapat menghemat pengeluaran kita. Terlebih sistem belanja melalui internet jauh lebih murah jika dibandingkan dengan sistem konvensional.

Kedua kelebihan belanja di atas merupakan kelebihannya yang bisa anda jadikan sebagai referensi belanja untuk keperluan lebaran. Selain itu masih ada banyak sekali produk lainnya yang bisa anda jadikan sebagai pilihan untuk keperluan lebaran nanti. Semoga pemaparan artikel ini bisa anda jadikan sebagai referensi belanja yang mudah dan juga cepat untuk berbagai keperluan Idul Fitri nanti khususnya kue kering yang biasa anda sajikan setiap tahun.


18 Mei 2017

Gaya Fashion Hijab Kamu Akan Semakin Kece Kalau Pakai Tas Wanita Ini



Bagi setiap wanita, tas sudah dianggap sebagai seorang kekasih yang melengkapi hidupnya. Tas wanita akan selalu dibawa dan digandeng kemana pun mereka pergi, dijadikan sebagai wadah untuk menyimpan kebutuhan mereka. Maka tak heran bila kebanyakan wanita memilih tas berkualitas seperti tas wanita palomino yang memiliki berbagai macam pilihan. Mempertimbangkan mulai dari warna, bentuk, model hingga ukuran serta kecocokan dengan pakaian mereka.

Bagi mereka wanita yang menggunakan hijab, menggunakan tas ransel wanita atau tas wanita jenis lainnya merupakan hal yang penting untuk membuat tampilan berhijabnya semakin menarik. Ada cukup banyak gaya tas dan hijab yang bisa kamu padupadankan sebagai model trend baru? Tas seperti apa saja yang dapat membuat tampilan berhijab semakin kece? Berikut ulasannya!

Clutch Bag

Tas wanita palomino jenis ini memiliki desain yang mewah, indah namun unik. Kamu akan membuat kesan penampilan hijabmu tampak lebih ‘wow’. Gunakan tas jenis ini untuk menghadiri acara pesta atau formal. Meskipun penampilan pakaian dan hijabmu sederhana, kamu akan tampak mewah dan elegan dengan membawa tas jenis clutch bag.

Tote Bag

Tidak hanya tas ransel wanita saja yang dianggal sebagai tas yang praktis dan simple. Tas tote bag pun memiliki kesan santai namun tetap stylish ketika dipadukan dengan hijab yang sederhana. Kegiatan kasual seperti pergi berbelanja ke mall, ngampus atau bahkan hangout akan sangat cocok menggunakan tote bag.

Slingbag
Belakangan ini selain tas ransel wanita jenis tas sling bag sedang banyak diburu. Sling bag memiliki ukuran lebih kecil dari jenis tas palomino lainnya, umumnya hanya bisa digunakan untuk menyimpan gadget dan dompet saja. Saat tepat untuk menggunakan tas ini ialah saat kamu memakai hijab dengan gaya kasual. Meskipun begitu kamu tetap bisa menggunakan tas jenis ini untuk menghadiri acara semi formal. Bentuknya yang cukup kecil membat kamu tampil lebih modis, simple namun tetap mampu membuatmu menunjukan kesan fashionable. Kepercayaan dirimu akan sangat terpacar jelas.

Itulah beberapa gaya fashion yang bisa kamu tampilkan dengan beberapa tas ketika menggunakan hijab. Tidak perlu terlalu kaku dengan tas ransel wanita kasual yang selalu kamu bawa. Menggunakan model tas palomino lainnya juga tetap bisa membuatmu tampil menarik dan percaya diri.

17 Mei 2017

Tips Pesan Tiket Kereta Api Online Secara Mudah dan Aman



Kemajuan dunia teknologi serta informasi saat ini memang memberikan banyak sekali dampak positif yang dapat dirasakan. Sebagai contohnya yaitu berbagai kemudahan saat ingin melakukan suatu transaksi dalam kehidupan kita sehari-hari. Dengan kemajuan tekhnologi dan informasi tersebut semua aktivitas dan kegiatan Anda dapat Anda lakukan secara online, yaitu Anda tidak lagi perlu datang ke tempat untuk melakukan sebuah transaksi, Anda hanya cukup mempunyai gadget serta sambungan internet maka Anda akan bisa melakukan kemudahan dalam bertransaksi secara online. Salah satunya yaitu pesan tiket kereta api (Link ke ) online mudah dan aman.

Sebelum melakukan pemesanan tiket kereta secara online, maka terlebih dahulu Anda harus paham terhadap beberapa tips dan trik untuk bisa melakukan pemesanan tiket kereta online yang mudah dan aman. Karena saat ini sudah marak terjadinya kasus-kasus penipuan bertransaksi secara online, maka ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum Anda melakukan transaksi secara online tersebut. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan dari transaksi secara online tersebut.

Berikut adalah tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk memesan tiket kereta api online dengan mudah dan aman, antara lain:

Yang pertama yaitu bukalah salah satu situs penjualan tiket kereta api secara online yang terjamin keamanannya saat Anda bertransaksi.

Setelah Anda mengunjungi salah satu situs yang menjual tiket kereta api secara online, disana Anda akan mendapatkan beberapa jadwal tiket kereta api yang masih tersedia. Kemudian pilihlah sesuai jadwal keberangkatan Anda.

Langkah selanjutnya yaitu Anda tinggal pilih stasiun keberangkatan, kota tujuan, tanggal berangkat, tentukan jumlah penumpang, kemudian pilih kereta api yang sesuai dengan jadwal Anda tersebut, setelah itu Anda tinggal klik tombol pesan sekarang.

Isi data diri Anda secara benar, Anda bisa memilih tempat duduk sesuai dengan kursi yang masih tersedia.

Langkah terakhir adalah pilih metode pembayaran serta ikuti beberapa instruksi yang ada.

Di atas adalah beberapa cara dan tips yang bisa Anda lakukan untuk pesan tiket kereta api online yang mudah dan aman. Sebelum Anda memutuskan untuk memesan tiket secara online, maka Anda harus benar-benar memperhatikan langkah-langkah serta tips yang harus Anda perhatikan sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan transaksi pemesanan tiket kereta tersebut secara online.

Kereta api memang menjadi salah satu alat transportasi yang menjadi pilihan masyarakat dari sejak zaman dulu. Disamping karena lebih cepat dan terhindar dari macet, tarif yang dikenakan juga cukup terjangkau. Jadi tidak heran jika saat ini masih banyak masyarakat yang memanfaatkan kereta api sebagai alat transportasi untuk bepergian baik jarah dekat maupun jarak jauh.

Jika Anda ingin bepergian menggunakan kereta api, maka terlebih dahulu Anda harus memiliki tiketnya. Apalagi jika Anda perginya bertepatan dengan libur panjang atau hari raya maka sebelumnya Anda harus memesan tiket kereta tersebut jauh-jauh hari. Karena biasanya saat mendekati lebaran tiket sudah dijual jauh hari sebelum mendekati lebaran dan itu pastinya banyak sekali masyarakat yang sudah antri dan ingin membeli atau pesan tiket kereta api berdasarkan tujuan mereka masing-masing. Jadi apabila Anda adalah termasuk pribadi yang sibuk dan hampir tidak memiliki waktu, Anda bisa memanfaatkan layanan pembelian tiket kereta api secara online tersebut.


15 Mei 2017

Makanan Kesukaan Raza


Ketan adalah makanan yang paling Raza sukai. Mau dibikin jadi bentuk kue apa saja dia selalu suka. Biasanya dia akan memilih lupis atau putri selat yang memang bahan utamanya adalah ketan. Jadi kalau dia pergi belanja kue dia pasti akan menunjuk kue yang dia tahu dibuat dari ketan. Paling sering putri selat yang dia temukan di warung kue.

Tahu putri selat? Waktu kecil saya juga suka sekali dengan kue putri selat ini. Uwan saya pernah membuatnya waktu bulan puasa sebagai kue untuk berbuka. Tapi jarang dia membuatnya. Kue yang paling sering Uwan buat kalau tidak kusoi biasanya kue ubi. Iya sih harga beras ketan memang lebih mahal dibandingkan beras biasa. Jadi wajar ya tak bisa membuat kue yang bahan utamanya beras ketan sering-sering.

Putri selat itu bagian bawahnya ketan yang rasanya gurih dan bagian atasnya tepung yang manis. Kue ini terbagi dua antara rasa manis dan gurih. Jadi ingat kue Sari Mukke buatan Uwan yang punya konsep serupa. Manis dan gurih tapi dua-duanya bahannya sama-sama tepung yang dikukus. Atasnya dicampur gula merah dan warnanya mirip dengna gula merah. Sedang bagian bawahnya putih dan dicampur dengan sedikit garam supaya gurih.

Kalau lupis itu mirip ketupat tapi dari daun pisang pembungkusnya dan bentuknya lebih ceper. Makannya pake parutan kelapa dan juga kuah gula merah yang manis.


Raza bisa makan banyak kue lupis dan putri selat ini karena suka dengan makanan yang dibuat dari ketan.  

Kebiasaan Raza Ketika Menyusu (1)


Raza sekarang usianya hampir dua tahun. Anak sulung saya yang lebih dekat dengan abahnya. Apa-apa yang dia pnggil adalah abahnya. Karena memang setiap hari selama saya kuliah dia akan bersama abahnya. Jadinya dia hanya mencari saya ketika ingin menyusu. Kebiasaannya ketika menyusu yang masih dia lakukan sampai sekarang adalah memegang ketiak saya. Kalau dia tak bisa memegang ketiak saya saat menyusu dia akan berteriak-teriak meminta saya membukakan ketiak saya agak dia bis amenyentuhnya.

Geli? Tentu saja. Saya orangnya gampang geli. Jadi ketika dia terus menerus memegang ketiak saya dengan jari-jarinya, saya harus menahan rasa geli sampai dia tertidur. Kadang kalau dia sedang tak ingin menyusu terlalu lama dia juga suka mencium ketiak saya. Entah mengapa dia suka sekali dengan ketiak saya.


Dia akan tertawa-tawa kalau sudah menemukan ketiak saya dan berhasil menyentuh atau menciumnya.  

Susu Hamil


Masih seperti kehamilan pertama, saya juga minum susu hamil yang sama untuk kehamilan kedua ini. Suami sih yang langsung beli susu Prenagen. Mungkin dia tak mau banyak mikir soal beli susu yang cocok untuk hamil saya. Waktu hamil Raza saya selalu pesan susu setiap pagi dan malam. Sekarang saya tidak meminta susu dua kali sehari lagi. Bahkan jika tak dibuatkan susu saya tidak protes seperti dulu.

Entah mengapa sekarang susu Prenagen vanilla yang biasanya saya minum selama hamil terasa terlalu manis. Padahal suami tak menambahkan gula saat membuatnya. Saya lebih sensitif dengan rasa manis dan asin. Jadi saya lebih suka makan buah dibandingkan minum susu. Kalau lapar atau mual saya juga makan pisang atau memuntahkan asam lambung yang naik.

Karena suami terus menyediakan susu Prenagen untuk saya minum mau tak mau saya terus meminumnya terutama saat pagi hari. Dibandingkan susu saya lebih suka minum juice Prenagen yang rasanya asam manis dan juga ada kandungan asam folatnya. Untuk mencoba susu yang lain saya kurang tertarik sih sebab sejak awal minumnya hanya susu Prenagen dan memang merasa cocok dengan yang rasa vanilla yang bisa buat menghilangkan rasa mual saat hamil.

Waktu hamil pertama memang sukses hilang rasa mualnya karena saya minum susu prenagen dan barangkali waktu hamil pertama kali tak mengalami asam lambung yang berlebihan. Jadinya tidak semual yang sekarang. Ya rasanya mabok hamil kali ini. Walaupun saya masih bisa menyelesaikan beberapa pekerjaan lain yang harus saya kerjakan.


Hanya blog ini yang kemudian menjadi terbengkalai karena saya tidak mengisinya. Iya memang kepala saya lumayan pusing selama hamil kedua ini sehingga blog ini saya biarkan kosong untuk beberapa lama. Sekarang saya mulai mencicil mengisinya kembali. Banyak sekali hutang yang harus saya selesaikan di blog ini supaya artikelnya penuh lagi terisi setiap hari. Syukur-syukur bisa mencapai target yang saya ingin. Setidaknya jangan sampai ada hari yang kosong di blog ini selama saya hamil.

TriMester Pertama


Kehamilan yang kedua sekarang ini memang berbeda dengan kehamilan pertama. Waktu hamil Raza selain telat tahu saya sudah mengandung, saya juga tidak begitu merasakan mual-mual karena asam lambung yang naik tinggi. Bahkan dapat dikatakan saya hanya mengalami penambahan tidur lebih banyak dibandingkan biasa.

Morning sickness yang biasanya terjadi di awal kehamilan, tak terasa waktu mengandung Raza. Sekarang di kehamilan kedua, saya lumayan agak mual dan mengalami pusing lebih sering dibandingkan biasanya. Terus soal makan juga ada beberapa makanan yang biasanya saya suka sekarang tidak ingin saya makan.

Kabar baiknya sih saya masih bisa makan banyak dan tidak melewatkan waktu makan. Jadi tak ada cerita kalau saya akan kesulitan untuk makan makanan yang ada di rumah atau yang dibeli suami. Cuma keinginan saya untuk makan berganti-ganti. Kabar buruknya saya tidak bisa banyak ngeblog seperti biasanya. Saya lebih banyak menggunakan waktu luang saya untuk tidur dibandingkan melakukan kegiatan yang lain.

Untungnya saya hanya siaran dua kali dalam seminggu jadi tak begitu mengganggu jadwal saya untuk tidur. Walaupun kadang sambil siaran saya bisa merasakan ngantuk yang luar biasa. Memang malam saya harus tidur lebih awal untuk menghindari rasa kantuk yang berlebihan selama siaran walaupun kadang saya memejamkan mata ketika duduk di meja siar.

Minum antasida lumayan membantu saat asam lambung naik tinggi atau saya biasanya akan membiarkan asam lambung yang terlalu banyak itu dikeluarkan lewat muntah. Beberapa kali muntah biasanya yang keluar hanya cairan bukan makanan yang saya konsumsi. Kalau sudah muntah air seperti itu saya lumayan hilang rasa mualnya yang disebabkan asam lambung.

Trimester kehamilan kedua ini memang lumayan berat. Beda jauh dengan hamil pertama kalinya yang rasanya tak mengalami rasa seperti ini.


Teman-teman lagi hamil juga? Saya doakan hamilnya lancar hingga lahiran ya!

8 Mei 2017

Mudik Aman dan Nyaman dengan Tiket Kereta Api



Setiap tahun selalu ada momen besar ketika bulan Ramadan. Selain adanya sahur dan buka bersama serta acara religi, ada juga momen mudik yang kerapkali dilakukan oleh para perantau yang bekerja atau tinggal jauh dari tempat kelahirannya. Momen mudik ini kerapkali menjadi seni tersendiri selama menunggu masa Lebaran di Indonesia karena para perantau juga ingin menikmati hari raya di tanah kelahiran sendiri bersama keluarga. Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan kereta api, pastikan untuk memesan tiket kereta api kepulangan sekarang juga.

Momen mudik ini selalu ditunggu-tunggu oleh semua perantau, namun juga momen yang menyesakkan dada. Tentunya hal ini tidak terlepas dari penuh sesaknya jalanan, pencarian tiket kereta api yang begitu penuh tantangan hingga tiket pesawat yang harganya terus naik secara signifikan. Namun tentunya semua ini dilalui dengan penuh semangat dan hati bahagia demi bisa menemui keluarga besar di rumah. Jadi meskipun kendaraan rasa sesak pun harus tetap berusaha untuk terus dinikmati.

Bagi Anda yang ingin mudik dengan menggunakan moda transportasi kereta, maka pastikan untuk selalu menjaga kenyamanan dan keamanan diri di dalam kereta. Berikut ini beberapa tips aman dan nyaman mudik menggunakan moda transportasi kereta api:

1. Kondisi tubuh harus dijaga
Momen mudik memang penting, namun momen sebelum mudik juga jauh lebih penting karena waktu mempersiapkan diri demi mudik panjang Anda. Perjalanan kereta api yang harus ditempuh di jarak jauh biasanya memakan waktu hingga 6 sampai 12 jam sehingga tubuh pasti akan sangat lelah karena harus duduk di kereta api terus menerus. Belum lagi jika setelah sampai di stasiun tujuan Anda masih harus melalui perjalanan untuk sampai ke rumah yang pastinya sangat menghabiskan energi. Untuk itu, pastikan untuk mempersiapkan tubuh sebelumnya dengan istirahat cukup dan menjaga kondisi kesehatan agar selama melakukan perjalanan jauh tersebut tubuh bisa menyesuaikan diri.

2. Persiapkan barang bawaan jauh-jauh hari sebelumnya
Hal ini kerapkali menjadi mala petaka bagi sebagian besar orang ketika barang yang akan dibawa ternyata lupa. Untuk itu, persiapkan semua barang yang akan dibawa sejak jauh-jauh hari mulai dari pakaian untuk perjalanan, pakaian selama Lebaran, oleh-oleh dan masih banyak lagi. Hindari mempersiapkan semuanya satu hari sebelumnya karena beresiko lupa. Untuk itu, persiapkan semuanya sejak jauh-jauh hari. Untuk menghindarkan dari lupa, maka bisa dengan mencatat barang yang akan dibawa sehingga bisa lebih terorganisir.

3. Datang ke stasiun awal
Hari H mudik pun tiba. Pastikan bangun pagi dan persiapkan diri. Sesuaikan waktu keberangkatan kereta dengan jam berangkat Anda. Sebelumnya, usahakan untuk mengunci semua pintu rumah dengan rapat dan mematikan colokan listrik yang mungkin masih ada. Bila perlu berangkatlah satu jam sebelumnya dengan mempertimbangkan kemacetan di jalan nantinya.

4. Ketahui aturan barang bawaan
Perlu diketahui jika ada aturan kapasitas maksimal yang boleh dibawa dengan kereta yaitu dengan ukuran 100 dm atau dimensi 70 cm, 48 cm serta 30 cm. Berat maksimal yang diperbolehkan secara gratis adalah 20 kg dan lebih dari itu harus membayar biaya tambahan. Namun jika berat barang bawaan lebih dari 40 kg maka harus dibawa oleh kurir.

Itulah tips aman dan nyaman dengan kereta api. Jangan lupa untuk membawa tiket kereta api yang Anda miliki dimana tiket tersebut harus sama dengan identitas diri.