Langsung ke konten utama

Dimulai dari Balikpapan, Astra Wujudkan Kampung Berseri di 34 Provinsi

Dimulai dari Balikpapan, Astra Wujudkan Kampung Berseri di 34 Provinsi

“Beri sejuta inspirasi untuk jadi kota dengan penuh prestasi” - Balikpapan, kota yang jadi gudangnya prestasi di Indonesia dan juga dunia.


Menyebutkan prestasi yang ada di Kota Balikpapan tidak akan ada habisnya. Berhalaman-halaman yang dituliskan pun masih belum cukup untuk membahas berbagai prestasi yang dicapai kota yang satu ini. Jadi jangan heran jika Balikpapan menjadi kota yang mempelopori banyak hal yang ada di Indonesia. Bahkan jadi tolok ukur sebuah kota yang layak huni dengan kebersihannya. Penghargaan soal kebersihan saja berjibun jumlahnya. Bukan hanya menjadi kota paling bersih di Indonesia bahkan disebut pula sebagai kota terbersih se-ASEAN. Kota Balikpapan ini adalah bukti nyata bagaimana sebuah kota dapat memberikan inspirasi bagi dunia dan mencapai berbagai prestasi karena kerja sama semua pihak yang terlibat di dalamnya.

Ada penghargaan kelas dunia yang pernah diterima Balikpapan yang akan membuat banyak orang berdecak kagum. Bagaimana tidak? Prestasi kelas dunia tentunya prestasi yang paling bergengsi yang pernah ada.



Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan pernah memenangkan penghargaan sebagai bandara dengan tingkat pelayanan paling baik di dunia di posisi 16 dari 79 bandara dunia. Dilakukan survei oleh Airport Council International yang menilai Airport Service Quality. Unggul dari Bandara Penang Malaysia, Bandara San Antonia Texas di Amerika, dan juga Bandara Bengaluru di India.

Dua tahun sebelumnya bandara ini berada di urutan 221 di dunia dan hanya mampu meningkat ke posisi 191 tahun berikutnya. Kemudian melesat pada tahun 2014 ke posisi 16. di Asia Tenggara sendiri menjadi bandara nomor 1.

Jangan lupa juga kalau Balikpapan sudah belasan kali mendapatkan penghargaan adipura. Penghargaan sebagai kota paling bersih di Indonesia.

Usaha untuk menjadikan Balikpapan menjadi seperti yang sekarang ini bukanlah hal yang mudah namun ketika semua pihak mau bekerja sama, bergotong-royong mengubah diri dan sekitarnya, tidak ada yang tidak mungkin. Apalagi pemerintah menanamkan hal mendasar itu sejak dibangku sekolah. Jadi jangan heran jika di kurikulum sekolah di Balikpapan ada menekankan soal pentingnya kebersihan.


Begitu juga Astra yang berbagi inspirasi 60 tahunnya dengan semangat terpadu. Usia yang panjang dan masih ada hingga sekarang menjadi bukti kerja keras semua orang di balik Astra. Kesamaan Astra dan Balikpapan adalah inspirasi yang terus dibagikan untuk Indonesia dengan banyaknya prestasi yang ada.

Wajar saja jika PT Astra International Tbk memilih Balikpapan sebagai titik awal proyek besar mereka untuk mewujudkan Kampung Berseri di 34 provinsi di Indonesia.


Dikutip dari ProKalitim dijelaskan bahwa program Kampung Berseri Astra ini adalah sebuah program yang dicanangkan oleh PT Astra Internasional dan program ini menjadi kampung percontohan yang siap kelola. Program kampung percontohan ini sebelumnya sudah dilakukan di berbagai kawasan Indonesia.

Kampung ini menjadi satu di antara kampung percontohan terpanjang karena mencakup lima RT di Kelurahan Karang Joang. Mulai dari RT 25 hingga 30. Pemilihan kampung ini dari survei yang dilakukan sejak bulan Januari.

Istri Walikota Balikpapan Arita Effendi juga ikut membantu survey ini. Diberikan beberapa pilihan perkampungan yang ada di Balikpapan yang punya potensi pengembangan. Awalnya dicari perkampungan yang letaknya masih didaeran. Namun belum ditemukan kampung yang sesuai dengan kategori untuk pengembangannya.

Hingga akhirnya di kawasan Balikpapan Utara ada rekomendasi dari satu perusahaan Astra Grup yang berada di kawasan sekitar yang cukup bagus. Dilakukanlah survey di sana dan sesuai dengan kriteria PT Astra International.

Kampung Berseri perencanaannya tidak memandang sisi bisnis sebagai tujuan akhir kegiatan. Namun untuk memerhatikan lingkungan dan juga kesejahteraan dan hubungan dengan masyarakat sekitar sehingga dapat memajukan masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut.

Pembinaan Kampung Berseri ini terdiri atas empat pilar yang sangat penting yaitu pendidikan, kesehatan, kesehatan dan juga pemberdayaan usaha kecil dan menengah (UKM). Demi mewujudkan empat piliha tersebut dibutuhkan perencanaan matang sehingga kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Diharapkan dari kegiatan ini memberikan dampak positif untuk kampung tersebut. PT Astra International tidak ingin sekadar memberikan umpan namun ingin menjadi kail yang kuat. Diceritakan pihak PT Astra International kampung ini pada awalnya dihuni mayoritas warga yang berasal dari Jawa. Seiring berjalannya waktu sekarang kampung ini dihuni berbagai suku.

Tujuan program ini adalah mengembangkan potensi di zona kampung yang dipilih. Program ini akan berjalan 5 tahun dan selama berjalan program akan ada analisis program mana saja yang paling menonjol. Pada tahap awal dibentuk tim kader tiap RT dan tahun ini Program Kampung Berseri Astra ini membangun kerja sama dan juga koordinasi warga. Dari segi lingkungan akan dilakukan penghijauan dan pembersihan lingkungan.

Sedangkan dari segi pendidikan sendiri contohnya adalah membagikan ilmu safety riding. Tujuannya agar pengendara lebih bijak saat berkendara dengan mengutamakan keselamatannya.

Untuk segi kesehatan rencana awal adalah sosialisasi cara gosok gigi yang benar dan pendampingan posyandu sehingga dapat dioperasikan dengan maksimal. Sedang dalam pemberdayaan UKM sendiri yang dilakukan adalah pembinaan dan penghargaan cara membuat data yang benar.

Tahun 2017 ini pihak PT Astra International akan melakukan pengembangan dengan menjadikan kawasan pusat wisata. Promosi mengenai kebersihan dan juga keindahan kampung akan terus gencar dilakukan. Kampung ini memiliki banyak hal yang dapat dieksplorasi dan keindahan kawasan memiliki potensi sebagai tempat wisata.

Diharapkan pada tahun 2018 hingga 2020 nanti kampung ini bisa jadi pusat wisata edukatif di Kota Balikpapan sehingga dapat menjadi ikon Balikpapan sendiri. Besar harapan PT Astra International Kampung Berseri ini jadi kampung percontohan di Indonesia.

Dikutip dari Sindonews Grup Astra terus memberikan komitmen untuk membangun masyarakat dengan konspe pengembangan terintegrasi. PT Astra International sekarang menambah jumlah Kampung Berseri Astra sehingga nanti pada akhir 2018 PT Astra International akan hadir di 34 provinsi yang ada di Inonesia.

Jumlah Kampung Berseri Astra hingga 8 April 2017 lalu tercatat jumlahnya ada 49 dan tersebar di 17 provinsi dan merupakan program kolaborasi PT Astra International dengan masyarakat untuk mewujudkan tempat yang sehat, bersih, cerdas, dan juga produktif.



Kampung Berseri Astra ini diharapkan memberikan dampang positif pada masyarakat sehingga dapat diambil inisiatif perubahan demi memperbaiki kualitas kehidupan masyarakat dari berbagai segi.

“Negara ini bukan one man show yang bisa berubah ke arah lebih baik dengan membalikkan satu telapak tangan saja. Butuh semua tangan yang berpegangan untuk mencapai seperti yang sudah dilakukan Balikpapan dan PT Astra International. Sampai kapan kita hanya jadi penonton dan tidak melakukan apa-apa demi kota dan negara kita?” - Rohani Syawaliah.



Referensi:
http://kaltim.prokal.co/
https://www.sindonews.com/




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana.
Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai.
Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukannya akan disebut …

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha...


Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrsatu ya! 1. …

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan. 
Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya.
Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Termas…