Langsung ke konten utama

Mau Sewa Apartemen? Ini Tips Cerdasnya


Menyewa sebuah hunian sama halnya dengan membeli. Terutama jika masa sewa lebih dari dua tahun lamanya. Sebagai calon penghuni apartemen sewa anda juga harus pintar memerhatikan beberapa aspek yang penting agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari. Jadi, ke depan anda tidak merasa menyesal karena memutuskan menyewa apartemen tersebut. Jangan sampai terjadi pemutusan kontrak setengah jalan dengan pemilik apartemen yang akan mengganggu reputasi anda. Berikut telah kami rangkum untuk anda yang hendak menyewa apartemen yaitu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan deal untuk sewa apartemen yang anda inginkan. Simak yaa..
#1. Harga Sewa
Bagi anda yang hendak menyewa apartemen, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah harga sewa yang ditawarkan oleh pemilik apartemen maupun jasa marketing. Pertimbangkan harga tersebut apakah sudah sesuai dengan kantong dan masa sewa secara standar. Perhitungan sewa standar dapat dikomparasikan dengan beberapa apartemen di wilayah yang sama dengan estimasi biaya tidak lebih dari 15 % selisihnya. Jadi, anda juga harus mengetahui setidaknya harga sewa di kawasan yang dekat dengan calon apartemen sewaan anda.
#2. Lokasi Apartemen Sewa
Memperhitungkan lokasi apartemen sewa sangat penting bagi anda. Perhitungan dapat dimulai dari tingkat terjadinya bencana. Mulai dari banjir, longsor, hingga kebakaran akibat kawasan apartemen padat penduduk yang tidak jelas saluran listriknya. Selain itu, pertimbangan saluran air sebagai antisipasi banjir juga harus diperhatikan. Pilihlah juga lokasi yang dekat dengan aktifitas anda sehari-hari. Dengan begitu anda tidak akan merasa lelah dan dapat menghemat biaya transportasi anda.
Amati juga beberapa persoalan seperti tingkat keamanan di lokasi apartemen tersebut. Pastikan bahwa disana sudah ada yang siap bertanggung jawab sebagai penjaga setiap malam secara bergilir atau bentuk keamanan lainnya.
#3. Tingkat Kebersihan Lingkungan
Memilih lokasi apartemen kontrak yang bersih adalah hal berikutnya yang harus diperhatikan. Seperti yang kita ketahui, kebersihan lingkungan adalah faktor kenyamanan bagi sebuah hunian yang dapat meningkatkan taraf hidup ke depan. Artinya, anda harus memerhatikan beberapa aspek meliputi lingkungan apartemen yang lokasinya jauh dari tempat pembuangan sampah menjamin udara bersih bagi anda.Lingkungan yang bersih juga menjamin kesehatan bagi keluarga anda selama tinggal di apartemen kontrakan.
#4. Kondisi Apartemen Sewa
Sebelum memutuskan untuk menyewa apartemen anda harus memastikan kondisi apartemen tersebut. Mulai dari bangunan, tanah, hingga materialnya. Sebagai contoh, kali pertama yang anda lakukan adalah memeriksa kondisi kelembaban tanah di apartemen tersebut. Kelembaban sangat berpengaruh bagi fungsi apartemen anda. Jika tergolong tipe kelembaban tinggi maka anda harus mensiasatinya dengan menyediakan pemanas suhu atau ventilasi lebih untuk apartemen tersebut nantinya.
Pastikan kondisi bangunan apartemen masih layak huni, mulai dari atap hingga saluran air. Perhatikan juga bagian dinding apartemen yang mungkin mengelupas atau perlu di cat ulang. Lakukan perjanjian dengan pemilik apartemen perihal perbaikan yang nanti kemungkinan dilakukan, hal ini untuk mendapatkan kejelasan mengenai tanggungan biaya yang di bebankan kedua pihak.
#5. Fasilitas dan Akses Jalan
Perhatikan akses jalan raya atau segala fasilitas publik yang berada di sekitar apartemen tersebut. Pastikan apartemen yang anda sewa dalam jangka waktu yang tidak sebentar itu mudah diakses menuju apartemen sakit, sekolah, perbelanjaan, atau kantor. Hal ini mengantisipasi biaya transportasi anda agar tidak membengkak di kemudian hari.
Dasarnya, menyewa apartemen hamper sama dengan membeli apartemen. Anda dan keluarga harus benar-benar memilih dan mempertimbangkan segala risiko dan kenyamanannya. Diskusikan terlebih dulu dengan pasangan atau keluarga anda agar kenyamanan anda sekeluarga semakin lengkap nantinya.
Demikian artikel mengenai tips sebelum menyewa apartemen. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana.
Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai.
Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukannya akan disebut …

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha...


Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrsatu ya! 1. …

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan. 
Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya.
Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Termas…