Langsung ke konten utama

Perkembangan Anak Pada Usia 3 – 4 Tahun


Mau tahu tentang perkembangan anak usia 3 – 4 tahun? Apa saja yang sudah Anda ketahui tentang perkembangan anak Anda? Tahukah Anda ketika anak menginjak usia 3 tahun, di otaknya akan ada 1.000 trilyun sinapsis jika dia sehat, memiliki gizi yang baik dan tumbuh di lingkungan yang baik. Aktivitasnya tidak lagi seaktif otak di usia 0 – 3 tahun. Ada sinapsis yang akan terbentuk semakin kuat tetapi banyak sinapsis yang menghilang perlahan selama masa pertumbuhan. Ketika dia remaja biasanya hanya tinggal separuh dari sinapsis yang tetap tinggal.

Energi melimpah dan rasa ingin tahu sangat besar dimiliki oleh anak usia 3 tahun. Dia selalu ingin tahu segala sesuatu yang ada di sekitarnya, jadi tak heran jika dia akan sering menggunakan kata “ini apa?” untuk bertanya.
  1. Anak sudah bisa melakukan banyak hal seperti berjalan, berlari, menendang, memanjat dan melompat dengan mudah. Anak juga bisa turun tangga dengan sangat baik.
  2. Bisa naik sepeda.
  3. Bisa mengenakan baju sendiri
  4. Bisa membuat gambar garis .
  5. Bisa buka pintu sendiri ketika pintu tidak dalam keadaan dikunci .
  6. Bisa mengenali dan mengidentifikasi benda dan juga gambar dengan menunjuk .
  7. Bisa banyak bicara dan sering bertanya
  8. Bisa menguasai sekitar 900 kata.
  9. Bisa menyebut nama dan umurnya sendiri
  10. Bisa menyebutkan warna .
  11. Bisa memahami angka .
  12. Bisa bermain peran dengan benda atau mainannya .
  13. Bisa makan sendiri .
  14. Bisa memperhatikan sesuatu jauh lebih lama .
  15. Bisa berpikir lebih baik untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi.
  16. Bisa berhati-hati.
  17. Bisa mengungkapkan ekspresi cinta dan kasih sayang.
  18. Senang bermain tapi seringkali suka berebut dengan temannya dan tidak suka membagi. Mulai punya 1-2 teman dekat.
  19. Mulai berbagi ketika usianya 4 tahun.
  20. Bisa menggunakan toilet sendiri
  21. Bisa menggunting, menangkap 2 dari 3 lemparan bola setelah usianya 4 tahun.

Ketika anak berusia 3 – 4 tahu sudah saatnya orang tua membatasi tayangan televisi yang dapat dia tonton. Sebab di televisi ada tayangan iklan yang dapat membuatnya menjadi konsumtif apalagi jika yang ditayangkan adalah iklan produk camilan yang belum tentu menyehatkan. Ini akan merusak kebiasaannya memakan makanan yang baik. Orang tua harus memastikan acara yang dia saksikan adalah acara yang sesuai dengan kebutuhan anak. Terlalu banyak menonton televisi juga tidak baik buat anak karena mengurangi aktivitas fisiknya di luar.

Sebaiknya orang tua lebih sering mengajak anak untuk membaca atau melihat buku. Bercerita mengenai gambar yang ada di dalam buku cerita sangat menyenangkan buat anak-anak. Bisa mendongeng atau mengajak anak untuk mendendangkan lagu anak-anak. Selalu berikan semangat untuk anak makan. Berikan piring atau mangkuk untuk dia makan sendiri. Anak harus dibantu ketika mengenakan baju. Biasakan anak untuk mencuci tangan dengan sabun apabila dia sudah dari toilet atau akan makan.

Sebagai orang tua juga harus bisa memberikan perhatian pada perkembangan motorik halus anak. Selalu dengar dan jawab pertanyaan anak Anda. Semangati dia untuk bermain, menggambar atau membuat sesuatu sesuai dengan kreativitasnya. Kenalkan anak dengan rasa tanggung jawab dengan memberikannya tugas seperti merapikan mainannya atau sandalnya setelah digunakan. Jangan biarkan anak menonton adegan kekerasan di televisi. Latih anak untuk bisa bekerja sama dan saling membantu.

Dukunglah hal positif yang anak Anda lakukan. Semoga apa yang Anda berikan bisa mendukung perkembangan anak Anda di usia 3 – 4 tahun. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha... Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrs