Langsung ke konten utama

Waspada, Janin Tak Berkembang!

A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on




Perkembangan janin adalah sangat penting untuk diperhatikan. Sebab tumbuh kembang janin dan kesehatannya adalah yang paling penting selama kehamilan. Perkembangan janin dari awal kehamilan sampai mendekati melahirkan penting sekali untuk diperiksa secara teratur. Semuanya untuk menghindari berbagai risiko yang membahayakan janin dan juga ibu hamil. Apalagi sampai terjadi denyut jantung yang hilang atau janin yang tak mengalami perkembangan.

Apa sih sebenarnya janin tak berkembang itu?

Contoh kasus janin tak berkembang adalah ketika dilakukan kontrol ke dokter kandungan saat usia kehamilan 5 minggu masih ada kantung kehamilan. Namun ketika usia kehamilan 10 minggu dan dilakukan pengecekan kembali ternyata janin tak megalami perkembangan atau tak ada pertumbuhan yang sesuai dengan kehamilan normal. Janin tak berkembang bisa dideteksi pada saat awal kehamilan sebelum usia kehamilan 3 bulan.

Bagaimana cara mendeteksi janin tak berkembang?

Saat melakukan pemeriksaan menggunakan alat USG janin tak berkembang akan bisa dideteksi. Jadi sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk memeriksa kandungannya menggunakan alat USG terutama pada trimester kehamilan pertama. Supaya risiko janin tak berkembang dapat dihindari. Pada beberapa kasus ada juga janin tak berkembang diusia 4 atau 5 bulan kehamilan.

Apa saja jenis janin tak berkembang?

Ada dua jenis janin tak berkembang yang dapat dideteksi. Pertama janin yang tak tampak. Janin tak berkembang sering dikaitkan dengan blighted ovum atau kantong kosong. Yaitu tidak nampaknya janin sehingga yang terlihat seperti rahim yang kosong. Janin tak berkembang dapat digambarkan sebagai gambaran hitam yang berisi cairan tetapi tidak ada bayangan sama sekali dari calon janin.

Kedua ada bayangan calon janin. Ini ada gambaran berupa sosok pipih dan kecil di bagian dalam rahim. Dikenal dengan tidak berkembang apabila diameter dan panjang janin ternyata tak sesuai dengan usia kehamilan. Sehingga saat usia kehamilan mengalami pertambahan tetapi perkembangan janin tak sesuai dengan usianya maka disebut sebagai janin yang tak berkembang.

Yuk mengenali penyebab bayi yang tak mengalami perkembangan. Penting sekali bagi ibu hamil untuk mengenali terjadinya janin yang tak berkembang sehingga ibu hamil dapat waspada dan menurunkan risikonya.

Berikut penyebab janin yang tak berkembang.

  1. Genetik
    Faktor genetik bisa menjadi sumber utama janin yang tak berkembang. Walaupun bukan faktor keturuan yang ada hubungan dengan riwayat keluarga. Melainkan faktor sperma atau sel telur yang kurang baik sehingga perkembangan janin tidak prima. Ini dapat mengarah pada blighted ovum atau kehamilan kosong yang terjadi berulang kali. Jadi penting sekali untuk memberikan perhatian lebih pada kualitas dan kuantitas sperma dan juga sel telur. Penyebab kualitas dan kuantitasnya bisa disebabkan bermacam hal dan tak ada yang pasti mengenai hal tersebut apakah dari infeksi atau pengaruh hal yang lain. Gangguan dapat terjadi semenjak kelahiran sehingga sangat sulit untuk dicegah.
  2. Infeksi Torch
    Janin tak berkembang dapat juga disebabkan karena infeksi oleh mikroorganisme seperti Rubella, Cito Megalo Virus (CMV) atau Toksoplasma bahkan bisa disebabkan oleh herpes yang menyerang sistem imun di dalam tubuh manusia. Jadi sangat penting bagi pasangan yang merencanakan kehamilan untuk sering melakukan pemeriksaan agar kondisi calon ibu menjadi baik. Apabila infeksi terjadi pada masa kehamilan maka lakukanlah terapi selama hamil.
  3. Pembekuan
    Janin tak berkembang juga bisa disebabkan oleh pembekuan atau penyumbatan pembuluh darah sehingga perkembangannya berhenti. Penyebabnya bergantung pada sistem imun dalam tubuh ibu hamil. Bisa saja dikehamilan pertama terjadi pembekuan tetapi dikehamilan anak berikutnya tidak. Pembekuan ini akan membuat janin tidak mendapat suplai makanan, oksigen, dan juga minuman. Saat ditemukan adanya pembekuan harus segera diberikan terapi dengan obat yang memberikan anti pembukaan darah untuk menormalkan perkembangan janin.
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana.
Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai.
Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukannya akan disebut …

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha...


Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrsatu ya! 1. …

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan. 
Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya.
Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Termas…