Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2015

6 Cara Jaga Kesehatan Balita

Gaya tidur siang ini. Gaya "boss" A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on Dec 10, 2015 at 9:33pm PST

Apabila fisik prima serta memiliki daya tahan tubuh yang maksimal akan membuat penyakit enggan menghampiri balita dan perkembangan balita juga menjadi lebih optimal. Supaya anak tak mudah sakit caranya mudah sebenarnya. Mau tahu 6 langkah menjaga kesehatan balita Anda?
Jangan mengabaikan makan Balita idealnya mendapatkan asupan zat gizi yang seimbang supaya memiliki daya tahan tubuh yang cukup ketika menghadapi penyakit. Ini bisa didapatkan jika makanan yang dikonsumsi mengandung, zat tenaga yaitu karbohidrat dan lemak, zat pembangun yaitu protein, dan juga zat pengatur yaitu vitamin dan mineral. Komposisinya sebaiknya 50%-70% karbohidrat, 20-30% lemak, dan 10%-15% protein. Memang banyak balita yang suka pilih-pilih makanan. Tapi itu bisa disiasati kok. Kita bisa memasukkan makanan yang sesuai dengan kebutuhannya dimakanan favoritnya. Misalnya balita A…

Mewaspadai Penyakit yang Sering Timbul di Musim Hujan

Musim hujan sudah tiba. Cuaca yang mulai dingin mungkin membuat Anda jadi kurang bersemangat ketika beraktivitas. Namun, tubuh harus senantiasa bugar di musim hujan supaya produktivitas Anda tetap terjaga.
Demi menjaga kebugaran tubuh, Anda harus menjalani pola hidup sehat dan segera berkonsultasi dengan dokter ketika mengalami gejala gangguan kesehatan. Tanya jawab kesehatanatau konsultasi dengan ahli kesehatanakan membantu Anda menjaga kualitas kesehatan supaya terhindar dari penyakit di musim hujan. Ada beberapa penyakit yang sering timbul di musim hujan sehingga membuat Anda harus ekstra waspada. Apa sajakah jenis penyakit tersebut?
Demam Berdarah Nyamuk semakin aktif berkeliaran di musim hujan, terutama jika ada genangan air yang bisa menjadi tempat bertelur. Lebih bahaya lagi bila Anda digigit nyamuk Aedes aegypti pembawa demam berdarah. Sebab, penyakit demam berdarah yang tidak ditangani secara intensif bisa menimbulkan risiko kesehatan yang membahayakan jiwa. Jadi, jangan lupa un…

Kapan Raza Latihan Buang Air Duduk?

Sebagai seorang ibu yang baru punya anak, anak laki-laki pertama, banyak hal yang ingin sekali saya lakukan atau capai dengan cepat. Misalnya saya kepengen sekali Raza sudah bisa diajak berbicara walaupun saya tahu betul sekarang dia masih belum bisa diajak berkomunikasi secara langsung. Akan menyenangkan sekali kayaknya suatu hari nanti dia mulai berkata-kata banyak hal. Tentang apa yang dia inginkan dan tidak dia inginkan.
Apa yang akan dia ceritakan nanti ya?
Karena suami saya orangnya nggak banyak cerita, saya lebih berharap untuk saling berbagi cerita dengan anak saya. Terutama ingin mendengarkan dia bercerita tentang banyak hal. Tentang pandangannya pada dunia ini. Tapi dari banyak hal itu saya juga sedang memikirkan mengenai latihan buang airnya. Wadah buang air bayi penting sekali lho. Apalagi saya sudah terbiasa melihat anak kecil yang bisa jalan buang airnya di pispot. Di kampung saya pispot sangat banyak digunakan oleh orang tua untuk melatih balitanya buang air dengan ben…

Rindu Kampung Halamanku, Jawai

Jawai, orang sering salah mendengarnya sebagai Jawa. Nggak heran sih soalnya Jawai bukan tempat terkenal seperti Hawaii. Tapi meskipun demikian, di sanalah saya dilahirkan dan dibesarkan. Sampai akhirnya saya mendewasa di Pontianak. Sepuluh tahun sudah saya berada di Kota Khatulistiwa ini. Eh iya sebagai catatan, di sini nggak sepanas yang dibayangkan banyak orang kok. Malah masih panas NTT kata adik saya yang sempat tinggal di sana selama setahun.Rindu sekali saya ingin pulang. Makan makanan yang biasanya saya makan di sana. Saya juga rindu sekali dengan masakan Uwan saya. Padahal dulu saya bisa makan masakannya setiap hari. Nggak pernah terpikir bahwa setelah dewasa saya tak bisa makan masakannya setiap hari. Rindu sekali...Bertahun-tahun berlalu, sebenarnya tak banyak yang berubah dari Jawai. Jalannya tak begitu mulus dan tak begitu lebar. Tapi dibandingkan waktu saya masih kecil, sudah lumayan. Sekarang angkutan umum jarang lewat. Nggak kayak dulu, angkutan umum selalu sesak oleh …

Melihatnya Tidur Sedemikian Damai...

Setelah menjadi ibu, banyak sekali hal sederhana yang terasa sangat menyenangkan. Satu diantaranya adalah melihat anak saya tidur dengan damainya. Seakan-akan seisi dunia ini adalah miliknya. Tak ada yang dia khawatirkan. Melihat tidur sangat menenangkan. Semua penat dan lelah berakhir begitu saja.Saya pikir saya rela mengorbankan segalanya untuk membahagiakan anak saya. Tidak hanya Raza, tapi juga anak berikutnya yang akan hadir dalam kehidupan kami. Anak-anak yang tertidur sangat damai. Melepaskan lelahnya di tempat tidur tanpa perasaan khawatir.
Itu sebabnya saya tidak takut sejak awal untuk menikah dengan lebih mengedepankan komitmen dibandingkan cinta. Cinta bisa datang dengan sendirinya. Menikah saja dengan laki-laki yang baik. Kita akan bisa belajar mencintai laki-laki yang setiap hari kita lihat. Setiap malam menemani kita tidur.Carilah laki-laki yang sabar dalam segala hal terutama menghadapi kekurangan kita. Sebab cinta bukan modal utama untuk membangun rumah tangga. Cinta bi…

Menanam Cabai Organik?

Harga cabai turun naik? Mendingan nanem sih kalau memang buat kebutuhan rumah tangga. Tinggal siapkan saja pupuk organik yang dibutuhkan. Seberapa banyak sih cabai yang akan kita habiskan setiap harinya buat bikin sambel atau oseng-oseng kangkung favorit? Saya suka banget cabai terutama cabai rawit dan cabai peranggi alias cabai labu. Apakah saya harus menjelaskan lebih banyak mengenai cabai peranggi? Di Pontianak orang akan menyebutnya sebagai cabai labu.
Pumpkin chili! Namanya yang paling cocok dalam bahasa Inggris. Sebab mirip sekali bentuknya dengan labu kuning yang biasanya dipake buat Halloween. Tapi ukurannya tentu saja bakalan lebih kecil. Sebesar jempol kaki gitulah ukuran cabai peranggi. Cabai peranggi itu sebutannya di kampung saya, di Jawai dan juga termasuk Sambas dan sekitarnya. Cabai ini termasuk cabai yang sangat pedas. Waktu kecil saya suka takut mau makan sesuatu yang ada cabai perangginya.
Uwan saya senang sekali menggunakan cabai peranggi di cencalok yang dia tum…

Butuh Bumper Ring Case?

Selama ini setiap beli handphone yang saya pikirkan pertama adalah pelindungnya yang banyak disebut sebagai kondom hape. Iya sih memang fungsinya buat melindungi makanya disebut sebagai kondom. Walaupun kesannya agak gimana gitu ya karena saat denger kata kondom yang terpikirkan di kepala kita agak negatif gitu. Tapi beberapa waktu terakhir ini yang banyak digunakan selain kondom hape juga bumper ring case. Macem-macem banget tuh model dan warnanya.
Kalau kondom hape sekarang sih lebih banyak disebut sebagai case ya. Beda dengan awal-awal keluarnya pelindung handphone. Hahahaha... jadul banget kalau menyebutnya kondom.
Balik lagi ke bumper ring case, saya belum pernah beli sih. Tapi suka aja ngeliat bumper ring case yang lucu-lucu. Terutama banyak dibuat untuk iPhone. Ada juga sih bumper ring yang nggak ada casenya, dan bisa digunakan untuk semua smartphone. Asal masih bisa melar sesuai ukuran smartphone tersebut. Fungsinya kalau yang cuma bumper ring sih saya kurang paham ya pal…

Jangan Pelit Bawang Goreng

Memiliki usaha di bidang kuliner? Terutama yang berkuah? Ada baiknya memikirkan kembali seberapa banyak taburan yang ingin diberikan di atas makanan berkuah yang kita jual. Sebab sebagai pembeli makanan yang memiliki kuah seperti bakso, soto, atau mie tiaw rebus, saya suka sekali banyak taburan bawang gorengnya. Kalau memang ada daun bawangnya juga saya bakalan suka ditambah agak banyakan dibandingkan biasanya.
Bawang goreng sangat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap masakan yang memiliki kuah. Bahkan untuk makanan yang nggak ada kuahnya kayak gado-gado, saya suka juga tetap ada bawang gorengnya di sana. Tapi memang bawang goreng paling diperlukan di atas makanan yang berkuah terutama makanan yang kuahnya panas banget. Aduh bakalan enak banget kalau kuah itu banyak taburan bawangnya.
Dari banyak makanan berkuah yang paling saya suka karena taburan bawangnya banyak adalah mie tiaw rebus di Mie Tiaw Apollo. Mereka nggak pelit ngasih taburan bawang goreng. Belum lagi kalau kita …

Diskusi di Forum Ibu Hamil?

Abah Raza nih, Umak tak bagi... A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on Dec 11, 2015 at 12:33am PST
Diskusi ibu hamil memang sangat dibutuhkan. Apalagi untuk ibu yang baru hamil untuk pertama kalinya. Jika memang tak ada yang bisa diajak diskusi secara langsung, tinggal beselancar di internet untuk menemukan forum diskusi ibu hamil. Banyak sekali lho yang bisa ditemukan. Ada juga forum tanya jawab yang bisa dijadikan acuan untuk pertanyaan yang paling sering diajukan oleh seorang ibu yang baru hamil. Harus banyak-banyak membaca supaya banyak tahu.
Hamil pertama kali pastinya membuat kita selalu bertanya-tanya tentang banyak hal. Kemudian jika bertanya pada orang yang sudah banyak pengalaman seperti ibu atau ibu mertua kadang tidak memuaskan. Sebab pengalaman mereka belum tentu benar. Banyak sekali kadang pengalaman yang dilakukan adalah sesuatu yang salah. Misalnya soal mitos-mitos yang mereka percayai.
Itu sebabnya yang harus dilakukan seorang ibu hamil adalah saling ber…

Huawei W1, Smartwatch Berdesain Elegan Buat Anda yang Stylish!

Belakangan smartwatch jadi gadget hits ya! Rata-rata merek-merek ponsel besar pasti ngeluarin produk jam tangan pintar ini. Samsung watch
Sony smartwatch
Apple watch
Keren semua yaaaa, tapi menurut saya, rata-rata secara desain, bentuk mereka sporty dan kaku ya. Jadinya kalau mau bergaya elegan, kok agak kurang matching ya. Terlalu ‘main-main’ gitu lho, rasanya.
Coba bandingin sama smartwatch dari Huawei ini deh.

HuaweiWatch
Klasik banget ya, bener-bener desainnya tak lekang oleh waktu. Bisa dipakai kapan saja dan tetap keren. Ini didukung oleh bentuknya yang perfect circle seperti desain arloji buatan Swiss. Kalo rata-rata smartwatch merek lain keliatan seperti jam tangan digital, ini malah seperti jam tangan manual.
Yang bikin smartwatch ini timeless juga adalah pilihan casing dan tali jamnya yang tersedia sesuai karakter dan gaya kita. Pilihan material tali jamnya pun fine leather dan stainless steel! Buat saya ini nggak sekedar jam tangan pintar tapi jam tangan pintar yang stylish!
Yang …

Gizi dan Nutrisi yang Dibutuhkan Balita

Dikerubungi tewek-tewek... A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on Dec 8, 2015 at 6:26am PST



Gizi balita harus benar-benar diperhatikan karena amat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya yang harus optimal. Nutrisi pada balita tentunya berbeda dengan yang dibutuhkan orang dewasa oleh karena itu menu yang diberikan pada mereka harus memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Apalagi saat anak memasuki usia pra sekolah sangat berisiko terkena yang namanya malnutrisi atau kekurangan nutrisi. Pertumbuhan anak sangat cepat diusia balita dan membutuhkan gizi yang lebih banyak. Lalu jika mereka mengalami penurunan nafsu makan dan ketahanan tubuhnya masih sangat rentan sehingga mudah terinfeksi dibandingkan anak dengan usia yang lebih tua.
Gizi yang dibutuhkan adalah sebagai berikut. Karbohidrat Fungsi karbohidrat sebagai penghasil energi dan bisa menunjang aktivitas anak yang aktif bergerak. Biasanya dibutuhkan 1300 kkal dalam sehari. Protein Fungsi protein untuk memba…

Sakti Wahyu Trenggono Telkom, ICT-Preneur Sukses Generasi Bangsa

Apakah anda tidak asing dengan istilah ICT dan BTS? Jika anda bergerak di bidang informasi dan telekomunikasi, anda pasti akrab dengan istilah-istilah tersebut. Bagaiman dengan kata entrepreneur? Semua orang pasti tahu apa artinya. Nah. Setelah itu apa yang ada di benak anda jika mendengar nama Sakti Wahyu Trenggono Telkom? Jika digabungkan, semua istilah-istilah dia atan tersambung menjadi sebuah kalimat utuh yang fenomenal karena menyangkut tokoh pebisnis yang sukses dan berpengaruh dalam kehidupan masyarakat terutama di bidang teknologi informasi dan telekomunikasi. Sakti Wahyu Trenggono adalah salah satu tokoh dalam dunia bisnis yang bergerak dalam bidang ICT atau Information and Communication Technology atau sering disebut ICT-preneur. Apa yang membuatnya mendapatkan julukan tersebut? Pada tahun 1999, beliau mendirikan PT Solusindo Kreasi Pratama atau SKP dan berjuang bersama Abdul Satar dan Abdul Erwin dalam memasarkan BTS (base transciever station) untuk disewakan kepada perusa…

PGN Anti Korupsi - Penambahan Pelanggan Rumah Tangga PGN

PGN Anti KorupsiPGN atau Perusahaan Gas Negara yang bergerak di bidang gas alam untuk kebutuhan industri saat ini ingin memberikan rasa terima kasih untuk para pelanggannya khususnya para pelanggan rumah tangga. Hal ini dikarenakan pelangggan rumah tangga memiliki peran yang sangat besar dalam pengkontribusian perusahaannya saat ini, sehingga PGN akan terus melakukan developing untuk terus menggali potensi yang dapat dihasilkan dari industry terkait. Perusahaan yang memiliki direktur Hendi Prio Santoso ini menyatakan bahwa rumah tangga adalah pelanggan PGN yang terbesar saat ini. Maka dari itu PGN ingin memberikan yang terbaik untuk pelanggan yang melakukan kontribusi besar tersebut.

Dalam upaya penambahan pelanggan melalaui sektor rumah tangga, pihak PGN melakukan berbagai macam cara, termasuk mengembangkan sendiri jalur gas untuk jaringan rumah tangga masyarakat. Nantinya, jaringan ini akan di distribusikan melalui kota-kota besar di kabupaten di seluruh wilayah di Indonesia dan d…

Menu Sarapan Pagi Terfavorit

Sarapan pagi tadi... A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on Dec 21, 2015 at 10:17pm PST

Bukan tipikal orang yang terlalu memilih-milih makanan sih sebenarnya. Tapi memang ada menu favorit saya yang bisa saya makan setiap hari buat sarapan. Walaupun sekarang saya sarapannya beda tiap hari. Namun menu yang satu ini bisa jadi pilihan terakhir yang tak akan saya tolak kalau di tawarin. Kayak pagi ini, sebenarnya saya ingin makan bubur saya seperti yang sudah-sudah. Soalnya di dekat rumah sini ada bubur yang lumayan saya suka. Padahal niat awalnya bukan beli bubur lho.
Tadinya saya kepengen makan Apam Pulau Pinang yang dijual di Jalan Gajahmada. Sudah terkenal kelezatannya. Namun ternyata sebelum jam 9 mereka sudah kehabisan adonan dan langsung tutup deh. Emang sih biasanya jam 8 juga mereka sudah menjual habis kue mereka. Tahu Apam Pulau Pinang kan? Ada juga yang menyebutnya Kue Terang Bulan. Alias martabak manis kalau di Pontianak menyebutnya. Cuma saya beberapa kali lew…

Waspada, Janin Tak Berkembang!

Raza A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on Dec 6, 2015 at 3:03am PST



Perkembangan janin adalah sangat penting untuk diperhatikan. Sebab tumbuh kembang janin dan kesehatannya adalah yang paling penting selama kehamilan. Perkembangan janin dari awal kehamilan sampai mendekati melahirkan penting sekali untuk diperiksa secara teratur. Semuanya untuk menghindari berbagai risiko yang membahayakan janin dan juga ibu hamil. Apalagi sampai terjadi denyut jantung yang hilang atau janin yang tak mengalami perkembangan.
Apa sih sebenarnya janin tak berkembang itu?
Contoh kasus janin tak berkembang adalah ketika dilakukan kontrol ke dokter kandungan saat usia kehamilan 5 minggu masih ada kantung kehamilan. Namun ketika usia kehamilan 10 minggu dan dilakukan pengecekan kembali ternyata janin tak megalami perkembangan atau tak ada pertumbuhan yang sesuai dengan kehamilan normal. Janin tak berkembang bisa dideteksi pada saat awal kehamilan sebelum usia kehamilan 3 bulan.
Bagaimana cara…

Alila Resto & Cafe, Tempatnya Wisata Kuliner di Pontianak

Malem mingguan bareng kitaaaa 😍 A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on Dec 5, 2015 at 5:32am PST Entah kapan terakhir kalinya saya mengenal yang namanya malam Mingguan. Susah sih memang menyempatkan waktu untuk jalan-jalan bertiga. Maklum si Raza masih kecil banget dan kadang jadwal tidurnya sangat awal membuat kami tak bisa keluar rumah dan mengajaknya jalan buat liat-liat Kota Pontianak. Lebih khawatirnya sih dia rewel di tempat yang kami singgahi. Apalagi kalau yang disinggahi tempat makan. Bakalan batal deh makan-makannya kalau dia rewel.
Saya lapar... A photo posted by Rohani Syawaliah (@honeylizious) on Dec 5, 2015 at 12:45pm PST

Eh tapi ternyata dia seneng banget waktu dibawa ke Alila Resto & Cafe. Soalnya jarang-jarang sih ada tempat nongkrong enak yang menyediakan live music. Raza nonton sampai pertunjukkan musiknya berhenti sebentar karena penyanyinya kayaknya butuh istirahat setelah sekitar sejam nyanyi tanpa henti. Suara penyanyinya juga oke banget waktu …