Langsung ke konten utama

Mencegah Bau Tidak Enak dari Kulkas



Apakah teman-teman selalu menyempatkan membersihkan peralatan rumah tangga pada saat sedang membersihkan rumah? Hal ini penting dilakukan karena beberapa peralatan rumah tangga, terutama peralatan dapur, membutuhkan perawatan ekstra untuk dapat terus berfungsi dengan baik. Kulkas merupakan contoh peralatan rumah tangga yang memerlukan perhatian lebih dari kita. Selain bekerja non-stop 24 jam, kulkas merupakan tempat menyimpan makanan sisa dan juga bahan-bahan masakan dan makanan yang tidak tahan lama dan berpotensi bau. Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah munculnya bau aneh dan tidak sedap dari kulkas?

Manfaatkan Penggunaan Container

Sepulang dari belanja bulanan di supermarket atau pasar tradisional, kita terbiasa untuk langsung memasukkan hasil belanjaan ke dalam kulkas begitu saja. Padahal tidak sekali dua kali kita tanpa sengaja membiarkan beberapa makanan tersimpan lama di dalam kulkas hingga akhirnya membusuk dan menyebarkan bau tidak sedap ke seisi kulkas. Daripada menunggu bau tersebut muncul lalu harus mengeluarkan seisi kulkas dan membersihkannya, lebih baik mencegahnya dengan menggunakan wadah atau container tertutup.

Caranya, setelah belanja, letakkan kantong-kantong hasil belanjaan di dekat tempat cuci piring di dapur. Lalu satu per satu keluarkan hasil belanjaan dan cucilah produk-produk seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan telur untuk menghilangkan sisa tanah atau kotoran lain yang mungkin masih menempel.

Siapkan beberapa wadah yang memiliki tutup dalam banyak ukuran. Jumlah wadah yang kita perlukan kurang lebih dapat disesuaikan dengan banyaknya jenis bahan makanan yang rutin dibeli. Selanjutnya tempel label nama berstiker untuk menandakan apa isi wadah. Teman-teman bisa juga mencari wadah yang transparan, tetapi karena pada akhirnya wadah tersebut akan ditumpuk-tumpuk di dalam kulkas, label nama akan menghemat waktu pencarian. Pastikan bahwa label nama tersebut teman-teman tempelkan di sisi wadah yang menghadap ke luar sehingga langsung terbaca ketika pintu kulkas dibuka.

Terakhir masukkan hasil belanjaan ke dalam wadah berdasarkan jenisnya. Misalnya, ada satu wadah khusus untuk cabai dan satu wadah khusus untuk tomat. Untuk beberapa hasil belanjaan yang tidak terlalu banyak jumlahnya bisa digabungkan di dalam satu wadah. Misalnya, seledri dengan sawi sendok.

Penggunaan Lapisan Plastik atau Aluminum Foil

Lalu bagaimana cara menyimpan makanan sisa di dalam kulkas? Untuk alasan kepraktisan teman-teman boleh saja tetap menggunakan tempat makanan tersebut disajikan, misalnya mangkok atau piring. Tapi hindari memasukannya ke dalam kulkas tanpa tutup kalau tidak ingin keesokan harinya seisi kulkas bau ayam kari sisa masakan semalam. Selain itu, lebih besar resiko makanan tersebut tumpah dan menyebabkan noda pada bagian dalam kulkas.

Noda-noda yang tidak segera dibersihkan dapat menjadi kerak dan menyebabkan kulkas kita menjadi tempat yang tidak sepenuhnya higienis untuk menyimpan makanan. Kalau teman-teman memiliki masalah dengan noda pada kulkas atau peralatan rumah tangga lainnya klik di sini untuk memperoleh informasi cara membersihkannya dan juga tips membersihkan rumah.

Selain menggunakan wadah tertutup, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan lapisan plastik atau aluminum foil yang dijual di supermarket. Untuk menghemat uang dan juga melindungi lingkungan, pakai ulang lapisannya 2 hingga 3 kali. Untuk itu berhati-hatilah pada saat melapisi mangkok atau piring yang berisi makanan sisa tersebut dan juga pada saat membuka lapisan tersebut.

Jadwalkan Defrosting

Selain metode penyimpanan makanan, satu hal yang juga penting dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap dari kulkas adalah melakukan defrosting secara teratur. Defrosting adalah proses membersihkan bunga es pada freezer. Proses ini penting karena bunga es yang menumpuk terlalu banyak di dalam freezer dapat menjadi sumber bau aneh apalagi freezer merupakan tempat menyimpan daging, ayam dan juga ikan. Untungnya kebanyakkan kulkas sekarang sudah memiliki fitur defrost sehingga teman-teman cukup menekan tombolnya dan tunggulah sampai semua es telah mencair dan tertampung di wadah penampungan airnya.




 

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan