13 Desember 2013

Jalan-Jalan ke Desa Ampangau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (2)




Honeylizious.com – Walaupun belum pernah ke Kapuas Hulu dan Putussibau saya sering sekali menikmati makanan khas dari daerah ini. Sebab teman-teman saya dengan senang membawakan kerupuk basah dari sana. Selain kerupuk basah juga membawa kerupuk ikan.

Kerupuk basah berbeda dengan kerupuk pada umumnya. Sebab kerupuk basah itu sebenarnya adonan kerupuk yang sudah matang dan seharusnya dipotong tipis-tipis lalu dijemur untuk menjadikannya kerupuk yang bisa digoreng. Di sana adonan yang sudah direbus itu malah dibuatkan sambal kacang lalu dicocolkan ke sambal tersebut untuk dinikmati langsung dalam keadaan basah.


Rasanya enak sekali. Mirip dengan empek-empek lenjer. Beda rasa dan kuah sih. Tapi sepintas orang akan mengira itu empek-empek. Memanjang dan bulat dengan kuah kacang sambal yang merah. Saya paling suka kerupuk basah yang asli dari Kapuas Hulu dibandingkan yang dijual di Pontianak. Sebab ikannya memang berbeda.


Di Desa Ampangau, Kapuas Hulu, ibu-ibunya banyak yang bekerja membuat kerupuk. Baik kerupuk basah atau kerupuk kering. Kerupuk keringnya juga enak. Paling sedap makan nasi goreng dengan kerupuk ikannya ini. Ah ngences banget.

Related Posts

Jalan-Jalan ke Desa Ampangau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat (2)
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.