Langsung ke konten utama

Bermacam Jenis Bahan Pakaian dan Cara Mencucinya


Di tengah kesibukan bekerja atau melakukan kegiatan rumah tangga sehari-hari, terkadang kita tidak mempunyai waktu untuk memilah cucian kotor dan langsung memasukkannya ke mesin cuci secara bersamaan. Namun ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis bahan pakaian, beberapa jenis deterjen yang berbeda dan cara menggunakan mesin cuci yang benar,  Beberapa tips umum yang sebaiknya kita selalu ingat antara lain:
·       Selalu merujuk pada label perawatan pakaian untuk informasi cara mencuci yang disarankan oleh produsen
·       Pisahkan pakaian berwarna dengan pakaian putih untuk menghindari kemungkinan baju putih rusak karena warna luntur
·       Untuk pakaian kotor pada umumnya, cuci pakaian sesegera mungkin. Membiarkan pakaian kotor akan membuat noda meresap ke pakaian dan akan lebih susah untuk dibersihkan.
·       Biasakan menggunakan air dingin atau air hangat untuk pencucian. Hindari pencucian dengan air panas jika tidak dibutuhkan.  Selain dapat menghemat energi, pencucian dengan air dingin atau hangat akan memperkecil kemungkinan pakaian mengkerut ataupun rusak.
Bahan Katun
Jenis bahan ini merupakan jenis yang paling mudah untuk dicuci karena tidak memerlukan usaha terlalu banyak. Walaupun ada beberapa bahan katun yang lembut dan memerlukan siklus pencucian tangan, namun bahan katun umumnya dapat dicuci dengan siklus pencucian normal dengan air dingin atau hangat. Setelah pencucian selesai, jemur pakaian Anda dan biarkan mengering.
Pakaian Berbahan Halus
Jenis bahan yang halus seperti sutra atau wol ini memerlukan perawatan yang lebih detail karena bahan ini cukup sensitif dan mudah rusak jika tidak dicuci dengan benar. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mencuci pakaian berbahan halus:
·       Pilih deterjen yang lembut dan tidak merusak pakaian
·       Pilih siklus pencucian lembut atau handwash di mesin cuci kita. Biasanya mesin cuci modern menyediakan siklus pencucian ini.
·       Gunakan kantung khusus berbentuk jaring untuk menggabungkan pakaian berbahan lembut kita. Kantung cucian ini berguna untuk melindungi pakaian dari gesekan dengan pakaian atau benda lainnya seperti aksesoris.

Mencuci Baju Bola Kesayangan Anak

Umumnya anak laki-laki sangat suka dengan permainan sepakbola dan kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membelikan seragam dari klub favorit mereka. Tentunya kita ingin menjaga agar baju bola kesayangan mereka tetap dalam kondisi baik. Tips ini juga dapat diterapkan ke baju olahraga berbahan poliester pada umumnya seperti baju lari atau baju sepeda:
·        Pilih pengaturan  siklus pencucian tangan (handwash) atau lembut (delicate) di mesin cuci kita.
·        Gunakan deterjen tanpa dicampur dengan pelembut atau pemutih karena dapat merusak bahan dan membuat pakaian menjadi luntur.
·        Sehabis mencuci, sebisa mungkin taruh baju di permukaan yang datar dan biarkan mengering. Jika tidak memungkinkan,  jemur pakaian kita seperti biasa tanpa menggunakan mesin pengering.
·        Pada umumnya, tidak disarankan untuk menyeterika baju olahraga khususnya seragam bola. Cek terlebih dahulu label perawatan pakaian untuk memastikannya.
Jika sudah terbiasa dan mengetahui cara mencuci yang benar, kita akan menghemat banyak waktu. Selain itu, kita dapat memperkecil kemungkinan menjalankan siklus pencucian yang tidak sesuai, dan juga menghemat pengeluaran untuk mengganti baju yang rusak atau luntur! Selamat mencuci. J

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan