23 Oktober 2013

Buku Apa yang Sedang Kamu Baca?


Saya akhirnya menemukan lagi novel yang sempat lupa saya simpan di mana. Suwung. Pemberian dari tim Republika Online sebagai bingkisan tulisan yang saya kirimkan pada mereka. Dimuat ternyata. Padahal saya sudah melupakannya sejak tulisan tersebut pertama kali dikirimkan. Maklum bukan lomba. Jadinya saya melupakannya begitu saja. Beda cerita kalo menulis buat lomba apalagi kalau yang hadiahnya memang saya inginkan.

Beberapa hari yang lalu saya sudah menyelesaikan novel U-Turn yang saya dapatkan dari Plotpoint di Workshop Menulis yang diadakan Tulis Nusantara. Ternyata begitu caranya menuliskan sebuah novel yang bisa membuat seseorang pada akhirnya memutuskan untuk membaca tulisan dari awal sampai akhir. Bahkan dengan teliti. Ada hal-hal yang tak ingin dilewatkan pembaca sebab berkaitan dengan ending yang akan dia temukan di halaman akhir.

Memang saya tak menemukan dua halaman pertama yang membuat saya bertanya-tanya saat membaca novel Suwung, beda dengan novel U-Turn yang dua halamannya sudah menyedot semua perhatian saya. Walaupun diputuskan sang kekasih adalah hal yang biasa, tetapi saya ingin tahu alasan sebenarnya. Kecerdasan penulisan yang bolak-balik antara masa lalu dan masa depan juga cukup menyenangkan. Sehingga alurnya tidak monoton. Membuat kita mundur sebentar ke masa lampau untuk melihat sebuah tindakan yang pada akhirnya menyebabkan masa depan sang tokoh seperti yang digambarkan penulis di dalam novel tersebut.

Dibandingkan Suwung, U-Turn memang bahasanya cair dan mudah dicerna. Tetapi Suwung sendiri memenuhi kriteria selera buku yang selalu saya sukai sepanjang masa. Bahasa yang dia gunakan itu indah. Penuh dengan cahaya. Membuat saya bisa menikmati setiap baris dengan lambat dan konsentrasi. Memperkaya bahasa yang saya saya miliki. Tapi setiap novel punya ciri khasnya masing-masing. Suwung dan U-Turn punya kelebihannya dan kekurangannya. Saya akan tetap membaca keduanya karena saya sangat suka membaca.


Kamu sedang baca buku apa sekarang?

Related Posts

Buku Apa yang Sedang Kamu Baca?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.