3 September 2013

Perlakukan Pelanggan Anda Seperti Teman



Bekerja sebagai pedagang? Seperti saya, Honeylizious?

Tentunya tiap orang memiliki cara yang berbeda menghadapi pelanggan yang datang ke 'toko'-nya. Saya sendiri sudah terbiasa menghadapi pelanggan seperti seorang teman. Soalnya saya sendiri lebih suka diperlakukan seperti seorang teman.

Bahkan banyak orang yang awalnya hanya pelanggan biasa. Entah itu memperpanjang akun whatsappnya atau sekadar membeli makanan khas Pontianak, Kalimantan Barat, pada akhirnya menjadi sahabat saya. Baik melalui akun sosial media atau whatsapp saja.

Kami berbicara tentang hal-hal di luar bisnis dan mulai mengenal satu sama lain. Apalagi untuk pelanggan yang memiliki blog. Akhirnya saling kunjung mengunjungi di blog dan mengetahui sisi lain orang yang bertransaksi bisnis dengan kita. Menyenangkannya saat diperlakukan seperti teman, pelanggan akan selalu punya alasan untuk kembali bertransaksi dengan penjual tersebut. Sebab teman adalah orang yang kita beri kepercayaan.

Seorang sahabat juga tak akan mengkhianati sahabatnya. Jadi kunci sukses untuk berbisnis dengan orang lain hanya satu. Kejujuran. Jangan pernah menipu uang orang dan memanfaatkan kepercayaan yang telah dia berikan. Sejumlah uang memang menggiurkan tapi kalau sekali saja kita melakukan kecurangan, uang tersebut akan menjadi uang terakhir yang dipercayakan oleh orang lain untuk kita.

Pelan tapi pasti informasi kecurangan kita akan terbuka sehingga satu persatu orang akan mundur dari transaksi yang bisa jadi akan dilakukan dengan kita. Kalau sudah seperti itu, dapat segera dipastikan, bisnis kita juga akan hancur.


Perlakukanlah pelanggan kita seperti teman. Dengarkan dan jaga kepercayaannya.

Related Posts

Perlakukan Pelanggan Anda Seperti Teman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.