4 September 2013

Menemukan Seribu Kelenteng di Singkawang


Siapa yang tak tahu Singkawang? Selain Pontianak, banyak orang yang tahu ada tempat yang disebut Singkawang di Kalimantan Barat. Memang saya harus mengacungi jempol untuk pemerintah Kota Singkawang yang berhasil memajukan wisata di Singkawang. Banyak turis yang datang dan menikmati keindahan yang ditawarkan oleh Singkawang.


Satu di antaranya, kelenteng. Jarak beberapa meter kamu akan menemukan kelenteng dan kelenteng lagi di Singkawang. Saya sendiri sangat suka melihat kelenteng-kelenteng yang ada di Singkawang ini. Beragam seni mereka perlihatkan melalui kelenteng. Tiap kelenteng punya keindahannya masing-masing. Karena banyaknya jumlah kelenteng yang ada di Singkawang, jangan-jangan dulu ada lomba membangun kelenteng di sini, banyak orang yang menyebut Singkawang sebagai Kota Seribu Kelenteng.

Kelenteng sebenarnya tidak disebut kelenteng melainkan Thai Pe Kong. Berasal dari 'Thai Phak Koong' (bahasa Tionghoa dialek Hakka). Didominasi dengan warna merah dan dua penjaga seperti singa yang ada di depan pintu masuk. Ada kelenteng yang besar ada pula yang kecil. Bahkan ada yang dibangun di atas bukit.


Jadi buat yang ke Singkawang jangan berharap bertemu Amoy (cewek Tionghoa) melulu. Temukan dong seribu kelentengnya!