5 September 2013

5 Kerugian Membuat Giveaway di Blog


Siapa yang sudah pernah ikutan giveaway? Kayaknya banyak yang akan menjawab sudah pernah ikut. Memang giveaway itu terkadang menarik untuk diikuti karena bisa menambah teman baru. Sesama peserta biasanya ada yang suka saling mengunjungi. Dia akan memeriksa daftar peserta dan mulai membaca tulisannya satu persatu. Ada pula yang ingin mengetahui peserta lain menulis tentang apa sih.

Penasaran dengan tulisan sesama pesaing tentunya merupakan hal yang wajar. Seakan-akan ingin menjadi 'juri' dan memilih pemenang versi kita sendiri. Itu hal yang lumrah. Jika ditanya apa saja keuntungan membuat giveaway di blog kita pasti banyak yang bisa menjawabnya. Tetapi bagaimana kalau pertanyaan tersebut di balik?

Apa saja kerugian membuat giveaway di blog kita? Kalau ada yang belum tahu apa itu giveaway, biar saya jelaskan sedikit. Giveaway itu sederhananya kontes. Lomba. Kuis. Diadakan oleh seorang blogger di blognya. Kebanyakan hadiahnya buku atau benda-benda yang bisa dikategorikan oleh-oleh khas sebuah daerah. Sesuatu yang bisa kita simpan dan biasanya memang bukan barang yang harganya jutaan atau puluhan juta. Meskipun ada juga yang membuat kontes dengan hadiah yang super mahal. Tapi tak banyak.

Walaupun demikian banyak juga orang yang mau mengikuti sebuah kontes yang disebut giveaway ini. Alasannya macam-macam. Ada yang karena ingin meramaikan. Ada pula yang karena tertantang. Ada juga yang ingin mendapatkan hadiah. Sering lagi alasannya karena yang mengadakan giveaway teman sendiri sehingga tak enak kalau tidak ikutan.

Kalau saya ditanya 5 kerugian membuat giveaway di blog saya sendiri tidak tahu karena saya tidak pernah mengadakan giveaway di blog ini. Kalau memang ingin memberikan hadiah untuk pembaca setia biasanya saya akan langsung memilih dari banyak pembaca yang meninggalkan jejak di kotak komentar. Paling sering dan hampir setiap hari berkomentar? Siap-siap dapat hadiah.


Kalau teman-teman ada yang tahu 5 kerugian membuat giveaway di blog silakan tinggalkan komentar di bawah ini.

Related Posts

5 Kerugian Membuat Giveaway di Blog
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.