Langsung ke konten utama

Cara Menghasilkan Uang dari Blog: Amoy Si Otak Dagang


Masih ingat seorang teman saya yang berhenti ngeblog setelah merasakan tidak mendapatkan uang? Saya sampai lupa blognya. Ini saya pikir hanya masalah kreativitas apabila ingin mendapatkan uang. Tidak hanya dengan blog. Sebuah sepeda motor pun bisa menghasilkan uang apabila digunakan untuk menjajakan sayuran keliling komplek perumahan yang ada di sebuah kota. Paling penting dalam melakukannya hanya masalah keyakinan.

Gambar dari sini.
Saya yakin ketika pertama kali menuliskan impian untuk mendapatkan job review melalui blog ini. Ternyata saya benar. Kemudian saya mendapatkannya saat blog ini berusia 7 bulan. Saya memang tidak tahu kapan hari baik itu akan tiba tapi saya percaya saya akan mendapatkannya. Bukankah selama bertahun-tahun ini saya sudah berusaha untuk menulis secara baik. Memperhatikan tata bahasa dan ejaannya. Itu penyebabnya saya sangat menjaga penulisan di blog ini. Saya ingin blog ini, menjadi sebuah blog yang akan dilirik banyak pemasang iklan yang mendatangkan uang buat saya.

Ketika saya ingat teman saya tersebut, saya kemudian hanya bisa menggelengkan kepala. Seandainya waktu itu dia tidak bilang: “Ngapain ngeblog, sama sekali tidak menghasilkan uang.” Melainkan mengatakan: “Saya ingin blog saya menghasilkan uang, bisa kamu bantu saya?”

Saya bukanlah seorang yang ahli dalam menjadikan blog ladang uang. Apalagi dengan gampang menghasilkan dollar. Bukan, saya bukan tipikal blogger seperti itu. Tidak paham SEO, tidak terdaftar di google adsense, newbie yang tidak memahami sepenuhnya bahasa html, bahkan jangan tanya saya untuk membidik keyword yang akan mendatangkan banyak visitor ke blog kamu. Saya angkat tangan soal itu semua.

Kamu hanya boleh bertanya masalah peluang yang bisa mendatangkan uang melalui blog. Intinya kamu pertama harus menjadi orang yang sama sekali tidak tahu malu untuk menawarkan blog kamu pada pemasang iklan atau pengusaha online. Nah apa saja yang bisa kamu tawarkan kepada mereka agar bisa menjadi sponsor blog kamu?

1.    Tawarkan parkir link blog mereka di widget yang paling gampang terlihat. Untuk kasus blog ini saya menggunakan sudut kiri atas. Harga? Bisa tanyakan langsung pada saya melalui twitter (@honeylizious) jika memang kamu tertarik untuk memarkir blog kamu di sini.

2.      Tawarkan review produk mereka di blog kamu. Jelaskan mengapa mereka harus mau membayar mahal kamu untuk sebuah postingan. Berapa jumlah pengunjung harian blog kamu. Seberapa efektif iklan tersebut akan dibaca oleh pengunjung. Di blog saya, saya akan menaruh tautan postingan mereka di slot iklan sehingga setiap hari akan bisa dilihat pengunjung dan bisa langsung mereka baca selengkapnya dengan mengklik tautan tersebut.

3.   Tawarkan twit berbayar dengan harga terjangkau dan pasang widget time line kamu di blog sehingga tautan yang sedang kamu iklankan di twitter muncul di blog. Saya belum memasangnya karena baru satu orang yang meminta saya mengiklankan dagangannya melalui twitter. Saya juga terlalu aktif ngetwit yang isinya absurd. Kasihan pengunjung yang membacanya.

Masalah harga patoklah sesuai keyakinan kamu berapa nilai iklan di blog kamu saat ini. Jangan sungkan untuk memasang iklan yang bayarannya tidak seberapa bahkan yang berbentuk bukan uang juga tidak masalah. Minimal kamu telah membantu orang untuk mengiklankan usaha mereka. Siapa tahu, suatu hari usaha mereka menjadi besar karena memasang iklan di blog kamu. Mereka akan siap memasang iklan dengan bayaran yang pantas.

Blog ini sudah menerima beberapa job review, bahkan saya telah mendapat kesempatan untuk menulis di webnya LumixKita gara-gara nomor ponsel saya terpampang di banner atas blog ini. Mendapat penerimaan dari banyak orang apalagi perusahaan adalah hal terindah untuk seorang penulis. Uang adalah bonus dari penerimaan dan kerja keras itu. Tapi perasaan bahagia karena ada yang mengakui bahwa tulisan kamu layak dibaca oleh banyak orang adalah kebanggaan tiada tara dan tidak bisa dibandingkan dengan uang sebanyak apa pun.

Gambar dari sini.
Sponsor blog ini saya yakin akan terus bertambah. Saya masih memikirkan cara-cara lain untuk mendapatkan celah mendulang uang karena cita-cita saya sekarang ingin menjadi seorang istri yang lebih banyak di rumah dan tidak perlu mencari kerja di perusahaan mana pun kecuali saya pikir saya bisa belajar sesuatu di tempat itu. Saya ingin menjadi full time mother dan juga blogger. Biarkan suami saya yang menafkahi keluarga dan saya menyiapkan dana untuk masa depan anak-anak kami nantinya.

Sudah menemukan celah juga untuk mencari uang melalui blog? Katakan pada saya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha... Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrs