Langsung ke konten utama

Manisan Jeruk Kasturi


Buka Youtube mencari resep minuman dari Jeruk Sambal tidak ketemu dong bestie. Karena salah kata kunci. 🤣🤣🤣 Kalau mau ketemu gunakan kata kunci "Jeruk Kasturi". Ternyata banyak banget yang share resep minumannya dengan berbagai versi. Ada manisan, asinan, sirup. Beeeuuuh kemaren entah berapa puluh video saya tonton dengan kecepatan 2x. Suami sampai bingung istrinya nonton apa kok cepet banget video dan suaranya. 😂😂

Dari banyak resep itu akhirnya saya menemukan resep Jeruk Kasturi yang khas Kalimantan Barat. Ternyata repot bestie. Kudu dijemur beberapa hari. Pontianak memang tempatnya matahari bersinar tapi beberapa hari ini hujan. Nggak bisa bikin makanan minuman yang kudu dijemur-jemur dong. Jadi resep yang saya cari selama ini itu bahannya hanya jeruk kasturi, garam, air, dan matahari.

Jeruknya digaramin terus dijemur beberapa hari lalu direndam dalam air garam lagi. Sudah jadi begitu saja. Tidak ada proses buang biji dan blender. Tidak ada kamcho dan samboinya. Jeruknya juga akan awet disimpan karena terendam air garam. Di kampung saya ada beberapa warung kopi yang jual es jeruk modelan kayak gitu. Dari dulu penasaran cara bikinnya. Setelah saya berumur 36 tahun baru nemu resepnya. Dan tidak ingin saya coba dalam waktu dekat.

Lalu saya ketemu sama resep sirup senkit. Ini butuh beberapa hari juga fermentasinya tapi tidak perlu dijemur. Lebih gampang ya walaupun butuh waktu beberapa hari. Nah ada lagi yang versi lebih praktis. Versi segar atau versi direbus. Kalau yang versi segar langsung tu dibelah-belah buang biji dan tangkai lalu kasih buah samboi sama gula nggak pakai kamcho. Simpan dalam toples beberapa hari dan siap diminum. Tapi saya tertarik yang versi direbus dulu.

Saya bikin versi manisan jeruk kasturi tambah samboi dan juga kamcho untuk minuman. Kalau ini versi tanpa fermentasi. Jeruknya langsung direbus dengan garam 15 menit. Tiriskan dan cuci. Lalu buang tangkai dan bijinya. Masukkan dalam wadah bersama samboi, kamcho, dan gula.

Simpan dalam kulkas. Biarkan gulanya mencair kalau mau lebih nikmat. Kalau mau cepat cair bisa juga dimasak sebentar semua bahan tersebut baru disimpan dalam wadah. Bedanya dengan sirup senkit ini hasilnya hijau dan tidak perlu diblender. Kalau disuruh milih saya kayaknya lebih milih sirup senkit yang berbahan dasar sama. Kayak lebih keminum semua gitu bagian jeruknya sekulit-kulitnya.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Memulai di Usia 37 Tahun

Kamu tahu trend memulai masa remaja di umur 30-an yang sedang banyak dibagikan di Tiktok? Itu yang sedang saya alami sebenarnya. Jadi beberapa bulan ini saya sedang kembali menjalani ukur '20' tahun saya. Saya kembali menjadi gadis yang single dan menjalani hobi saya tanpa direpotkan kegiatan sebagai istri atau ibu. Sebab ketiga anak saya sudah bukan bayi lagi, saya tak perlu menggendong dan menyusui mereka. Setelah 10 tahun menikah saya diberikan begitu banyak space atau waktu untuk diri saya sendiri. Selama ini saya pikir kehidupan saya berhenti setelah menikah. Karena saya akan sibuk mengurus suami, anak, dan rumah. Ternyata saya salah. Semuanya bergantung pada siapa yang kamu nikahi. Karena kehidupan sebagai istri bukan berarti kamu kehilangan waktu untuk diri kamu sendiri. Selama tanggung jawab tidak kamu abaikan dan suami juga mendukung kamu juga bisa menjadi remaja kembali. Berapa pun usia kamu sekarang. Jadi kalau ada hal-hal yang sebelumnya tak bisa kamu capai saat usi