27 Juli 2019

Kamera Smartphone dan Adobe Lightroom Presets

 

Jaman sekarang semua bisa menjadi fotografer dadakan. Asal ada HP, klik beberapa kali, foto pun jadi. Kalau pernah hidup di era kamera dengan roll film pastinya terasa sekali enaknya jaman now kan? Dulu berfotonya kapan, jadinya kapan. Habis dijepret juga hasil jepretan masih menjadi misteri ilahi. Entah hasilnya kelihatan atau malah terbakar tak bersisa. Jadilah kenangan yang ingin diabadikan dalam bentuk gambar buyar begitu saja.

Sekarang? Jelek tinggal ulang. Pencahayaan bisa dari matahari dan juga flash HP. Waktu awal keluar tak semua smartphone punya flash ya. Sekarang rata-rata ada lampu flashnya. Setidaknya bisa digunakan jika di tempat yang cahayanya minim.

Lihat tempat yang dilewatin pun pikirannya fokus ke 'backgroundnya bagus' buat foto. Seakan-akan semua lokasi adalah studio foto yang bisa digunakan. Ya mengingat foto di luar ruangan cahayanya lebih bagus dan hasilnya akan lebih tajam. Iya kan?

Hasil foto dari HP juga bisa ditouch-up dengan berbagai aplikasi edit foto. Satu diantaranya Adobe Lightroom. Tak perlu pinter edit juga kalau tahu aplikasi yang bisa menggunakan preset untuk editingnya. Tinggal coba aja presetnya satu persatu. Aplikasinya GRATIS. Install aja di playstore. Terus kita bisa bikin preset atau pengaturan foto sendiri. Terus simpan buat disimpan sebagai filter foto berikutnya. Tak perlu edit manual lagi dari awal.

Kalau belum pernah mengedit manual sendiri ada cara yang lebih mudah download preset yang tersedia baik gratis maupun berbayar. Saya sendiri menggunakan preset GRATIS dan sudah banyak sekali jumlahnya. Tidak terpakai semua juga. Tinggal sesuaikan dengan selera dan kebutuhan fotonya.

Kadang foto biasa jadi terlihat luar biasa setelah diedit dengan preset tertentu di Adobe Lightroom. Dibandingkan mengedit manual lebih cepat kalau editnya menggunakan preset. Biasanya di video tutorial edit foto di Youtube, pemberi tutorialnya juga menyediakan preset yang bisa kita unduh. Cari saja di kotak deskripsinya.

Hanya dengan meretouch foto bisa memberikan hasil dan rasa yang berbeda. Jadi jangan khawatir hasilnya kurang memuaskan saat menjepret menggunakan HP.



In frame Mardhiyah Harahap

Related Posts

Kamera Smartphone dan Adobe Lightroom Presets
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).