Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi Menggigil Saat Hamil



Selama hamil, tubuh memang akan mengalami banyak sekali perubahan yang sering kali menjadikan ibu merasa kurang nyaman. Hal ini sebenarnya sangatlah wajar sebab tubuh sendiri juga sedang mempersiapkan banyak hal untuk memastikan agar janin yang ada di dalam rahim bisa tumbuh dengan baik dan sehat. Beberapa perubahan saat hamil yang banyak dialami antara lain adalah mual, muntah, muncul rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, dan juga emosi yang lebih labil. Selain itu, menggigil saat hamil juga menjadi salah satu hal yang banyak dirasakan. Hal ini sering kali menimbulkan pertanyaan apakah menggigil saat hamil berhubungan dengan hal tertentu yang berbahaya untuk kesehatan ibu dan janin?
Nah, untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai hal tersebut, simak penjelasan berikut ini:
Penyebab menggigil saat hamil
Ada banyak sekali penyebab mengapa Anda bisa menggigil saat hamil. Yang pertama, tubuh berada dalam kondisi suhu basal yang tinggi. Hal ini dikarenakan ada peningkatan hormon progesteron yang menjadikan tubuh asam basal pada tubuh lebih tinggi dibanding biasanya. Dikarenakan suu tubuh tinggi, maka Anda mungkin merasa kalau suhu di sekitar menjadi lebih rendah dan menyebabkan munculnya kedinginan dan ada kemungkinan Anda akan menggigil. Hal ini normalnya terjadi selama 16 minggu pertama pada kehamilan dan kemudian akan kembali normal seiring berjalannya waktu.
Penyebab lain dari tubuh menggigil saat hamil adalah karena perubahan kadar hormon yang cukup ekstrem. Hal ini menjadikan ibu hamil seperti kehilangan kendali atas tubuhnya sendiri sehingga sering merasakan berbagai gejala yang tidak normal. Atau kurangnya darah pada ibu hamil bisa jadi menjadi sebab munculnya perasaan kedinginan atau menggigil. Untuk mengatas hal ini, ibu hamil perlu mengonsumsi suplemen penambah darah sehingga kondisi bisa menjadi lebih stabil dan tidak lagi merasa menggigil.
Apabila ib uhamil mengalami morning sickness yang cukup parah, hal tersebut juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa menggigil. Apalagi ditambah dengan adanya mual dan muntah yang menjadikan ibu menghindari makan, maka tubuh akan mendapatkan sedikit kalori sehingga tubuh pun menjadi lebih lemas dan mudah merasa kedinginan.
Gejala menggigil saat hamil
Menggigil saat hamil biasanya diawali dengan beberapa tanda seperti terserang flu, misalnya saja suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya atau mencapai 38 derajat celcius. Anda mungkin juga akan merasa kelelahan dan mudah mengantuk, disertai dengan rasa pusing dan mual. Kemudian bagian kaki dan tangan terasa sangat dingin bahkan ketika sudah menggunakan kaos kaki atau selimut. Pada beberapa ibu hamil, bahkan mereka akan terus merasa kedinginan meski sedang berkeringat. Tak hanya itu saja, kedinginan pada ibu hamil kadang juga sangat ekstrem sehingga ibu tidak bisa beraktivitas dengan normal. Namun biasanya hal ini tidak akan berlangsung lama dan tidak sampai menyebabkan tubuh lemas atau pingsan.
Cara mengatasi menggigil saat hamil
Apabila Anda merasakan kedinginan saat hamil dan juga menggigil, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya seperti berikut ini:
Buatlah tubuh tetap hangat
Untuk meredakan menggigil, pastikan tubuh Anda tetap hangat. Matikan pendingin ruangan aatau kipas angin, gunakan pakaian tebal, hindari beraktivitas di luar ruangan yang berangin kencang, usahakan tidak terlalu banyak bersentuhan dengan air dingin, dan hindari konsumsi makanan serta minuman yang suhunya terlalu dingin. Anda bisa beraktivitas di bawah selimut dan berabring selama beberapa waktu sampai rasa kedinginan tersebut mereda.
Konsumsi makanan dan minuman yang bisa menghangatkan tubuh
Anda juga bisa memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang bisa menghangatkan tubuh seperti teh hangat, susu jahe, sup ayam hangat, atau bubur hangat. Makanan dan minuman ini akan membantu memberikan rasa nyaman dan menjadikan tubuh Anda lebih hangat sehingga tidak lagi menggiggil. Anda bisa juga lho, mencoba menyantap kue atau snack hangat lainnya supaya kondisi tubuh terasa lebih nyaman.
Pastikan tidur dengan cukup
Anda juga harus beristirahat dengan cukup untuk menjadikan kondisi tubuh lebih stabil sehingga tidak akan merasa kedinginan atau menggigil. Anda juga sebaiknya tidak memaksakan diri untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa mempengaruhi kondisi tubuh. Bahkan kalau memang Anda merasa tidak cukup kuat untuk ke kamar mandi, gunakan pispot yang akan membantu Anda buang air kecil tanpa harus berjalan mondar mandir.

Berdekatan dengan pasangan
Suhu tubuh Anda bisa kembali normal jika berpelukan dengan pasangan, sebab panas tubuh manusia bisa ditransfer. Jadi selain bisa membuat Anda merasa lebih baik, cara ini juga akan mendekatkan Anda dengan pasangan selama masa kehamilan. Terlebih lagi biasanya ibu hamil juga ingin dimanja dan diperhatikan sehingga cara ini tentu akan menjadi pilihan terbaik untuk dicoba.
Memang banyak sekali keluhan yang akan dirasakan ibu hamil. Namun hal ini bukanlah masalah karena yang terpenting janin dalam kandungan bisa tumbuh dengan sehat. Hal ini juga tidak akan berlangsung lama karena biasanya memasuki trimester kedua, kondisi ibu hamil sudah jauh lebih stabil.
Share:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes