7 September 2018

Jurnalis Kalbar ikuti Edukasi Safety Riding




Pontianak, Astra Motor mengajak jurnalis Kalbar mengikuti edukasi  safety riding untuk Jurnalis Kalbar media Cetak dan Digital Pontianak yang bertempat di Main Dealer Training Centre ( MDTC ) HSO Pontianak pada tanggal 02 September 2018 yang dihadiri puluahan jurnalis Kalbar. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen Honda untuk menyebarkan virus berkendara aman pada setiap lapisan masyarakat khusus nya jurnalis Kalbar.

Seiring perkembangan zaman, jurnalis memiliki aktivitas dan mobilitas yang tinggi. Bukan hal yang mengherankan lagi jika para jurnalis naik kendaraan bermotor untuk mendukung kegiatannya sehari-hari.

Salah satu kendaraan yang banyak dipilih adalah motor untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Apalagi motor matic yang sangat mudah dioperasikan. Namun sayangnya, tidak semua orang punya kesadaran dalam berkendara yang aman dan nyaman demi keselamatan. Meski sudah memiliki motor, nyatanya belum semua orang paham pentingnya safety riding.

Dony Adrian, Instruktur Safety Riding, menjelaskan Team Safety Riding cukup rutin menggelar edukasi safety riding melalui kampanye #Cari_aman di seluruh kota di Kalimantan Barat. Salah satu agenda pelatihan diperuntukan untuk pelajar, komunitas sepeda motor Honda, dan para karyawan.

Edukasi safety riding bertujuan memberikan pengetahuan teori dan praktek mengenai teknik dasar mengendalikan sepeda motor, selain itu juga mengajarkan untuk patuh terhadap undang-undang lalu-lintas beserta etika berkendara yang baik, kata Dony.

Puluhan jurnalis media online maupun cetak Pontianak, hadir menyimak teori-teori dasar berkendara. Hampir semua jurnalis Pontianak mengendarai motor setiap harinya untuk bekerja, dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Tentunya risiko di jalan raya sangat besar mereka hadapi. "Ada tiga faktor penyebab kecelakaan di jalan raya, yaitu faktor kendaraan, lingkungan dan cuaca, dan faktor manusia. Percaya nggak, faktor manusia ini justru menjadi penyebab tertinggi kecelakaan di jalan raya. Lebih dari 90 persen," ungkap Dony Adrian, safety riding instruktur Astra Motor
Guna menguji kemampuan skill jurnalis yang mengikuti kegiatan ini team safety riding Astra Motor menggelar kompetisi safety riding antar jurnalis setelah mendapatkan materi teori & praktek dari instruktur safety riding.
Astra Motor berharap dengan adanya kampanye safety riding mampu memberikan kesadaran bagi para pengguna sepeda motor. Hal ini akan berujung pada penekanan angka kecelakaan lalu lintas.

Team Safety Riding

Mau Cara Membuat Selai Nanas yang Enak? Perhatikan Dulu Hal Ini



Apa yang pertama kali terpikir kala mendengar frasa selai nanas? Kebanyakan di antara kita mungkin akan menjawab bagian dari cara membuat kue nastar. Tidak salah, sih, tapi tentu saja selai nanas bisa dipakai untuk keperluan berbeda. Kegunaan selai nanas selain untuk isian kue nastar adalah sebagai topping kue-kue unik racikan kamu sendiri. Selai nanas bisa juga digunakan untuk keperluan sederhana seperti isian roti tawar saat sarapan.

Secara umum, cara membuat selai nanas sangat sederhana dan bisa dibagi menjadi tiga. Pertama, memperkecil ukurannya. Kedua, memasak. Ketiga, memasukkan bahan tambahan seperti gula, kayu manis, dan garam saat airnya mulai mengering.

Mudah, ya? Kamu tentu sudah melihatnya di beberapa laman web lain. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Tips Memilih Nanas
Nanas yang berkualitas penting untuk mendapatkan selai nanas yang juga berkualitas. Oleh karena itu, pilih nanas yang benar-benar matang agar aroma selai yang nanti dibuat harum dan rasanya segar.

Dalam memilih nanas untuk membuat isian kue nastar, ada satu hal yang perlu diingat: nanas terbaik tidak akan didapatkan di bulan puasa, terutama mendekati lebaran. Ya, kita bisa jadi sudah kehabisan karena orang lain sudah terlebih dahulu membelinya.

2. Diparut atau Diblender?
Setelah mendapatkan nanas yang baik, kamu tentu perlu mengupas dan mencucinya. Setelah itu, ada orang yang lebih suka memarutnya. Ada pula yang lebih memilih untuk memotongnya kecil-kecil, lalu meletakkannya di blender.

Mana yang lebih baik? Diparut atau diblender?

Kalau bicara kepraktisan, memblender nanas untuk dijadikan selai tentu saja adalah pilihan yang tepat. Nanas akan lebih mudah hancur.

Tetapi ada juga yang lebih suka memarut nanas alih-alih memblender. Alasannya, memblender membutuhkan air yang tidak sedikit. Ini justru akan membuat proses memasak lebih lama karena nanas termasuk buah yang banyak memiliki kandungan air. Sebaliknya, memarut akan membuat proses memasak lebih singkat karena tak membutuhkan tambahan air.

Parutlah nanas dengan parutan keju. Alasannya, parutan keju lebih tajam daripada parutan kelapa. Selain itu, kemungkinan tangan terparut lebih kecil. Penggunaannya pun tidak banyak menghabiskan tenaga dibanding menggunakan parutan kelapa.

3. Memasak Nanas
Setelah diparut (atau diblender), masak nanas hingga kandungan air mengering dengan api sedang. Dalam memasak nanas, jangan langsung memasukkan gula karena membuat kandungan airnya lebih sulit mengering.

Masukkan gula, kayu manis, dan sedikit garam saat air sudah mau habis. Kalau kamu adalah seorang penggemar nanas puritan, ingin menikmati selai nanas yang benar-benar alami tanpa bahan tambahan apapun, langkah ini tidak perlu dilakukan. Tapi mungkin rasanya akan sedikit berbeda, kecuali kamu beruntung dengan mendapatkan nanas yang sudah manis alami.

4. Berapa gram? Berapa sendok teh?
Meskipun sama-sama resep membuat selai nanas, setiap resep memiliki ukurannya sendiri-sendiri. Ada yang gulanya 100gram untuk setiap 500gram selai nanas, ada pula yang 175 gram untuk 4 buah nanas kecil atau 2 buah nanas besar. Belum lagi jumlah garamnya. Ada yang setengah, seperempat, maupun seperdelapan sendok teh.

Bahan-bahan lainnya lebih bervariasi. Ada yang menggunakan cengkeh, kayu manis, jeruk limau, hingga vanili.

Ukuran mana yang benar? Bahan mana yang seharusnya saya abaikan?

Tidak ada yang paling benar maupun paling salah di sini. Semua disesuaikan dengan selera. Namun ada satu hal yang mudah-mudahan bisa mengurangi bingung kita: tanya Ibu. Selera kita biasanya tak jauh dari selera orang tua. Pakai saja resep membuat selai nanas milik ibu kita sendiri untuk dijadikan patokan. Selanjutnya, kita bisa menambah sekaligus mengurangi bahan-bahan tertentu berdasarkan patokan tersebut.

Selamat bertualang rasa!
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design