12 Agustus 2018

Kembangkan Usaha Rintisan Digital Bersama Convergence Ventures Capital




Pesatnya industri start-up di Indonesia memberikan peluang kepada beberapa perusahaan ventura untuk menanamkan sejumlah modal. Tentu saja itu atas pertimbangan keuntungan yang akan diperoleh kelak. Dukungan modal sangat penting untuk memajukan sebuah bisnis. Dan salah satu yang sangat jeli melihat kesempatan tersebut adalah Convergence Ventures Capital. Didirikan atas prakarsa Adrian Li dan Donald Wihardja pada tahun 2014, Convergence kini telah sukses mendanai lebih dari 20.an strart-up yang bergerak di sejumlah bidang. Hasilnya melampui target karena 325 miliar sudah berhasil dikucurkan pada tahun pertama.

Bantuan yang Diberikan oleh Convergence Ventures Capital
Untuk mendapatkan investasi dari perusahaan ventura ini tidaklah mudah, harus melalui seleksi yang sangat ketat. Kurang lebih ada 3 penilaian yang digunakan yaitu kemudahan dalam sistem pembayaran, terkait dengan pengiriman barang, serta penggunaan internet. Investasi berfokus pada Sosial Networking and Communication, Software as a Service, Online Media, Digital Marketing, dan lain-lain. Akan tetapi, E-Commerce dan Consumer Internet menjadi dua bidang yang mendapat banyak perhatian dari Convergence Ventures Capital.

Lantas apa saja fasilitas yang didapatkan oleh pemilik start-up? Apakah hanya sebatas pendanaan atau tidak lanjut yang lain. Tentunya Convergence tidak akan berdiam diri dan terus akan memberikan dukungan agar perkembangan industri tersebut berjalan lancar. Jika sistem pembayaran tidak terkendala, maka investorlah yang akan diuntungkan. Karena keadaan ekonomi yang cukup membaik akhir-akhir ini, maka tak heran banyak berdiri perusahaan ventura lainnya yang juga memberikan kemudahan dalam pendanaan para pelaku bisnis.

Dengan dukungan dari tenaga ahli yang kompeten, Convergence VC berhasil menggaet sejumlah start-up potensial. Beberapa yang sudah bergabung diataranya adalah Seekmi, Moka Pos, Males Banget, Female Daily, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana sistem kerjanya, berikut ini adalah uraian singkatnya.

Bantuan dana
Tentu saja ini menjadi fokus utama bagi perusahaan ventura tersebut. Agar bisa menanamkan investasi dengan benar, dewan penasehat akan melakukan penyeleksian ketat baik bagi pelaku bisnis yang masih pemula atau pada tahap yang lebih lanjut. Besarnya dana yang diberikan pun bervariasi, dan setiap tahunnya ada target yang telah dipasang. Sistem ini nyatanya berhasil meningkatkan persaingan start-up di Indonesia dan beberapa pebisnis malah bisa mengembangkan usahanya dengan baik. Tahap awal, investasi memang sangat diperlukan karena kebutuhan yang harus dipenuhi pun cukup besar jumlahnya. Hadirnya investor memberikan angin segar bagi pemilik bisnis yang tidak memiliki cukup modal.

Rekruitmen pekerja untuk beberapa Start-up
Sumber daya manusia menjadi salah satu faktor penting yang bisa menunjang kinerja bisnis. Tanpa tenaga kerja yang kompeten dan berkualitas, maka bisnis tidak akan mudah berkembang. Jika sudah begitu, maka sia-sia jumlah modal yang sudah ditanamkan. Untuk menghindari masalah tersebut, Convergence Ventures Capital tetap mendampingi perusahaan portofolionya dengan membantu rekruitmen pekerja. Tujuannya jelas, agar bisnis tersebut berada di tangan orang yang benar-benar memiliki kemampuan tinggi. Dari proses inilah akhirnya sebuah usaha dapat berkembang dengan cepat. Jadi pertanggungjawaban benar-benar dilakukan secara penuh hingga strart-up bisa berdiri sendiri.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan salah satunya adalah membuka bisnis. Tidak perlu khawatir hanya memiliki modal sedikit karena dapat diperoleh dengan mencari investor. Namun untuk mendapatkan kucuran dana tidaklah mudah ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Convergence Ventures Capital adalah salah satu perusahaan ventura yang memiliki andil besar dalam perkembangan start-up di Indonesia. Sudah banyak bidang usaha yang memperoleh kucuran dana serta berhasil mengalami kemajuan yang cukup menjanjikan hingga saat ini.
 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design