31 Maret 2018

Mengapa Saya Mencintai Lipstik




Kalau diminta memilih dari semua make up jika hanya boleh menggunakan 1 produk saja, yang saya inginkan adalah lipstik. Yap! Lipstik adalah benda terfavorit saya dari semua make up. Cukup pakai lipstik rasanya sudah percaya diri untuk keluar rumah. Seperti kata Ayu Mirah Apsari yang bilang Healthy skin is more important than make up. Jadi dibandingkan harus memilih perlengkapan make up yang seabrek saya lebih memilih untuk merawat kulit saja, sehingga cukup menggunakan 1 produk make up sudah bisa menambah kepercayaan diri saya.

Lipstik itu bisa membuat bibir kita terlihat berwarna. Itu yang saya suka. Sebab dari banyak bagian di wajah saya, bagian bibir itu yang rasanya paling harus saya perhatikan. Soalnya kalau tidak menggunakan lipstik atau pemerah bibir, bibir bisa terlihat agak pucat. Apalagi warna bibir saya bukan merah alami seperti miliknya Lee Dong Wook yang tanpa lipstik pun sudah merah sempurna. Kalau saya punya bibir dengan warna merah seperti itu lipstik pun tidak dibutuhkan lagi.

Alasan lainnya saya menyukai lipstik adalah beberapa lipstik ada yang dibuat bukan hanya untuk memberikan warna pada bibir namun juga bisa untuk merawat bibir karena kandungan pelembabnya. Walaupun ada beberapa lipstik Oriflame yang matte, tidak membuat bibir kering kerontang. Sehingga tetap nyaman digunakan setiap hari. Jadi saat berada di luar rumah terus harus berada di bawah terik matahari tidak khawatir bibir akan kering karena sudah ada perlindungan dari lipstik yang digunakan.

Saya jadi ingat video yang banyak viral di facebook soal lelaki yang mengatakan bahwa lipstik Rp20.000di pasar bisa beli 3 batang. Agak-agak ngeri mendengarnya sebab lipstik itu paling dekat dengan bibir otomatis risiko tertelan ada ya. Kalau beli lipstik KW di pasar yang harganya Rp20.000 untuk 3 lipstik itu tidak ada jaminan bahwa produk tersebut aman buat kesehatan kita. Terutama bagi perempuan yang hamil dan menyusui. Jangan sampai ya gara-gara lipstik kesehatan kita menjadi terganggu.

Terus harus beli lipstik Oriflame kalau mau aman? Bukannya mahal kalau beli lipstik Oriflame?

Baca dulu kalau mau tahu lebih lanjut soal produk Oriflame.

Satu di antara produsen kosmetik yang terjamin memang Oriflame dan produknya tidak bisa dipalsukan sebab untuk beli harus melalui konsultan Oriflame, produknya tidak dijual bebas di pasaran. Baru dari kantor cabang yang akan melakukan pengiriman. Untuk harga sendiri di Oriflame banyak kok lipstik yang harganya terjangkau. Seperti bulan April 2018 ini ada produk lipstik colorbox ukuran mini yang dijual dengan harga hanya Rp24.900. Dibandingkan beli lipstik Rp20.000 dapat 3 dan belum tentu lolos BPOM dan MUI ya mendingan menambah Rp4.900 sudah bisa dapat produk lipstik Oriflame. Jauh lebih aman buat kesehatan dan juga tidak perlu khawatir akan timbul hal-hal yang tidak diinginkan karena menggunakan lipstik.




Terdiri dari 8 warna yang cantik. Tinggal pilih mana yang paling kita suka atau yang paling cocok dengan warna kulit kita. Saya sendiri suka yang warnanya paling gelap atau paling merah. Soalnya bibir saya sendiri warnanya gelap kalau menggunakan warna yang nude akan terlihat aneh. Saya juga tidak percaya diri untuk menggunakan lipstik warna cerah. Untuk tahu produk Oriflame terbaru setiap bulannya bisa install katalog online Oriflame melalui playstore klik [di sini bit.ly/androidcatalog]. Dapat juga menghubungi saya untuk konsultasi kulit dan skincare dengan klik link [ini bit.ly/konsulkulit].

30 Maret 2018

KumparanMom Buat Mom Jaman Now



Menjadi ibu jaman now tentunya banyak sekali kemudahan yang kita dapatkan melalui akses informasi yang tumpah-ruah. Kita, sebagai ibu, hanya harus pintar-pintar memilih media yang memberikan informasi yang kita butuhkan untuk menjadi seorang ibu yang baik. Apalagi jika kita sebelumnya tak banyak pengalaman dan melakukan semuanya sendirian. Namun semuanya sudah ada informasinya jika kita bisa menemukan kata kunci yang tepat. Berbagai tutorial yang dapat membantu seorang ibu pun bertaburan. Belum lagi di sosial media juga banyak ibu-ibu lain yang mau membagikan pengalamannya, walaupun harus kita catat bahwa pengalaman belum tentu sepenuhnya benar. Itu sebabnya saya suka mencari sebanyak mungkin informasi yang dapat membantu saya sebagai ibu. Walaupun sudah anak yang kedua tetap saja butuh pembelajaran lagi sebab setiap anak berbeda, setiap anak istimewa.

Media yang saya suka dan berisi informasi yang sangat bermanfaat untuk seorang ibu adalah Kumparan. Ini aplikasinya tinggal install saja dari Google Playstore bisa klik di sini ya. Gratis! Nggak perlu bayar untuk mendapatkannya. Langsung berlangganan informasi dari topik KumparanMom yang memang isinya seputar ibu dan anak. Jadi sekarang tak perlu menduga-duga saat berhadapan dengan anak yang mengalami masalah tertentu. Banyak sekali info yang bisa dibaca di KumparanMom. Terutama bagi ibu baru, ini akan sangat membantu daripada tanya kiri-kanan belum tentu mendapatkan informasi yang benar. Kayak cerita seorang nenek yang memberikan air kencing ke mata cucunya yang sakit eh malah jadi infeksi dan bernanah. Ngeri banget kan hanya karena merasa lebih berpengalaman lalu membenarkan perlakuannya yang membahayakan cucu sendiri.



Sudah tahu Kumparan belum nih? Nih lebih lengkap soal Kumparan:

*Penggunaan kumparan*

a. Membuat Akun

Jika Anda belum memiliki akun kumparan, klik pada ikon Profile dan gunakan akun Facebook atau Google untuk melakukan pendaftaran pertama kali.Anda juga dapat menggunakan nomor telepon untuk membuat akun di kumparan. kumparan akan meminta nomor telepon Anda dan mengirimkan kode melalui SMS. Dengan kode tersebut Anda akan diminta melakukan verifikasi nomor telepon.

b. Hubungan Pertemanan 
Pertemanan di kumparan dapat dilakukan dengan klik tombol Follow pada profil yang dituju. Sistem pertemanan yang ada di kumparan adalah sistem tanpa membutuhkan persetujuan dari salah satu pihak. Anda dapat mengikuti sebuah akun tanpa akun yang dituju memberikan timbal balik dalam bentuk Follow. Ada 2 cara yang dapat digunakan:

Jika Anda sedang membaca suatu Story, klik pada tombol Follow yang berada pada sisi kanan atas untuk langsung mengikuti suatu akun. Jika Anda mengunjungi profil suatu akun, Anda akan melihat tombol Follow untuk dapat langsung mengikuti akun tersebut

c. Beranda 
Di dalam beranda, Anda akan melihat Timeline, My News, Topic serta liputan khusus (Highlights) yang sudah disusun oleh Tim Editorial kami.

Timeline: seluruh Story yang dibuat dan sudah dikurasi oleh Tim Redaksi kumparan. Anda juga dapat melihat Story dari orang-orang atau topik yang sudah anda follow.

Topik: seluruh topik yang ada di kumparan yang dapat Anda ikuti sesuai dengan minat Anda akan informasi

Highlights: sebuah topik khusus yang memiliki banyak Story sebagai pendukung terkait. Pada bagian ini, Anda dapat melihat berita yang menjadi fokus pembahasan kumparan.

d. Halaman Trending
Anda dapat melihat seluruh topik, Story, komentar hingga profil populer di kumparan

e. Halaman Notifikasi
Anda bisa mendapatkan notifikasi baik dari interaksi sesama pengguna maupun rekomendasi Story dari kumparan.

f. Membuat Story 
Untuk menciptakan Story baru, klik pada tombol "New Story" atau tombol "+" pada aplikasi mobile dan situs mobile. Anda akan melihat sebuah halaman untuk membuat tulisan. Di dalamnya dapat disertakan foto dan video sesuai dengan kreativitas Anda. Story Anda yang telah terpublikasi akan muncul di bagian "My News" serta halaman "Profile"

g. Foto 
Foto adalah gambar tidak bergerak yang dapat Anda unggah ke kumparan. Dimensi foto yang diharapkan adalah foto dengan dimensi 16:9. Pilihlah foto yang sesuai dengan deskripsi yang Anda sertakan agar para pengguna lainnya juga dapat memahaminya dengan jelas.

h. Video 
Video adalah gambar bergerak dan bersuara yang dapat Anda unggah ke kumparan. Foto yang diharapkan untuk diunggah ke kumparan adalah foto dengan format landscape

Mengatur Akun kumparan

a. Login
Anda dapat melakukan login dengan menggunakan akun Facebook dan Google. Proses login dibutuhkan untuk:
membuat Story, memberikan Komentar, menyukai sebuah Story, melaporkan gangguan yang ada pada sebuah Story.

b. Profil dan Pengaturan
Pengguna dapat melakukan pengaturan beberapa hal terkait profil pribadi di kumparan:

Pengaturan foto profil
1. Foto profil akan diambil dari foto yang sedang digunakan di akun Facebook atau akun Google Anda. Namun Anda dapat menggantinya dengan foto baru yang berasal dari galeri baik di perangkat desktop atau perangkat mobile Anda. Cara mengganti foto profil adalah dengan klik pada tombol "Upload Picture" yang ada di ujung kanan atas.

Selanjutnya pilihlah foto yang diinginkan dari galeri Anda. Setelah terpasang, klik Save untuk menyimpan. Pengaturan deskripsi profil.

2. Deskripsi profil terletak di bawah bagian foto. Anda dapat memberikan deskripsi diri dengan singkat sebanyak 140 karakter. (Sumber aplikasi Kumparan, bantuan)


Semacam sosial media yang isinya fokus pada informasi yang bermanfaat untuk penggunanya. Saya sendiri sangat terbantu menemukan informasi yang sangat bermanfaat untuk saya selama menjadi seorang ibu. Tak tersesat dengan banyaknya masalah yang harus dipecahkan selama menjadi ibu pada tahun-tahun pertama usia mereka. Sudah install aplikasi Kumparan? Jangan lupa follow KumparanMom ya!

28 Maret 2018

Waspada Pil KB Palsu


Saya belum pernah mengonsumsi pil KB sebelumnya jadi saya tidak pernah beli di apotek. Kalaupun nantinya tertarik untuk KB menggunakan pil saya akan lebih memilih mendatangi puskesmas saja untuk mendapatkan pilnya. Soalnya baca berita semakin mengerikan saja ya. Sudah ada yang bikin pil KB palsu. Kalau bikin pil ekstasi sih untungnya bakalan besar ya karena bisa dijual mahal. Bagaimana dengan pil KB? Bukannya harganya murah? Apalagi untuk menembus apotek yang mau membeli banyak, sales pil KB palsu mau nggak mau jualnya banting harga dong ya.

Secara keuntungan butuh banyak pil KB palsu baru akan mendapatkan jumlah yang besar. Jadi kejar keuntungan kayaknya bukan motif utama ya? Jangan-jangan produsennya sengaja bikin pil KB palsu. Tujuannya membobol pertahanan istri-istri yang ingin KB biar mereka pada hamil. Saya kira begitu sih. Hahaha…

Tenang, pelaku sudah ketangkap. Pelakunya juga ada di Sumatera Utara bukan Pontianak ya. Tadi baca-baca berita online jadi selalu update informasi yang dibutuhkan sebagai emak-emak jaman now. Pontianak masih aman ya mudah-mudahan nggak bakalan ada pemalsu pil KB di sini. Kalau mau lebih aman lagi beli pil KB di puskesmas saja atau pilih jenis KB yang lain. Bisa pake kondom kalau nggak ingin mengonsumsi atau menanam sesuatu di tubuh kita. Tinggal buang setelah digunakan. Saya pake KB apa? Bidan kemaren sih ada nawarin IUD tapi pengalaman saya waktu pertama kali melahirkan dan datang bulan saat usia Raza 17 bulan kayaknya nggak membutuhkan KB tambahan.

Menyusui itu sudah bisa menjadi KB alami. Jadi enak ya, ngasih susunya ASI soal harga nggak perlu mengeluarkan biaya dan bisa jadi KB alami jika ingin program menambah anaknya ditunda. Sekarang anak kedua saya sudah usia 3 bulan dan saya masih belum datang bulan sama sekali. Lumayan nggak perlu beli pembalut dan juga memikirkan akan segera hamil.

Kalaupun saya ingin KB kemungkinan besar saya tidak akan memilih KB dalam bentuk pil. Soalnya saya baca di Kumparan, topik KumparanMOM ternyata tidak semua orang boleh minum pil KB. Harus memahami kondisi kesehatan kita dulu Mak sebelum benar-benar memilih cara KB pil ini. Ngomong-ngomong soal Kumparan saya baru install aplikasinya nih buat bahan bacaan. Bisa klik di sini untuk install. Penting banget buat nambah ilmu pengetahuan. Dulu kita butuh buku atau majalah ya buat dapat informasi. Sekarang enak tinggal buka playstore, install aplikasi Kumparan dan pilih deh topik yang kita inginkan di sana.



Banyak banget topik yang bisa kita baca setiap hari. Saya butuh banget informasi seputar bisnis, mom, sains, tech, travel, bahkan informasi yang kekinian. Biar ngehits walaupun sudah emak-emak. Selain bisa dapat informasi sebenarnya kita juga bisa nulis di sana. Buat yang suka menulis bagus banget install aplikasi ini sekalian juga berbagi dengan banyak orang. Siapa tahu pengetahuan yang kita punya bisa membantu orang lain. Dapat banyak pahala nanti. Bisa juga follow-follow teman kita yang sudah bergabung di Kumparan.


Nih lebih lengkap soal Kumparan:

*Penggunaan kumparan*

a. Membuat Akun

Jika Anda belum memiliki akun kumparan, klik pada ikon Profile dan gunakan akun Facebook atau Google untuk melakukan pendaftaran pertama kali.Anda juga dapat menggunakan nomor telepon untuk membuat akun di kumparan. kumparan akan meminta nomor telepon Anda dan mengirimkan kode melalui SMS. Dengan kode tersebut Anda akan diminta melakukan verifikasi nomor telepon.

b. Hubungan Pertemanan 
Pertemanan di kumparan dapat dilakukan dengan klik tombol Follow pada profil yang dituju. Sistem pertemanan yang ada di kumparan adalah sistem tanpa membutuhkan persetujuan dari salah satu pihak. Anda dapat mengikuti sebuah akun tanpa akun yang dituju memberikan timbal balik dalam bentuk Follow. Ada 2 cara yang dapat digunakan:

Jika Anda sedang membaca suatu Story, klik pada tombol Follow yang berada pada sisi kanan atas untuk langsung mengikuti suatu akun. Jika Anda mengunjungi profil suatu akun, Anda akan melihat tombol Follow untuk dapat langsung mengikuti akun tersebut

c. Beranda 
Di dalam beranda, Anda akan melihat Timeline, My News, Topic serta liputan khusus (Highlights) yang sudah disusun oleh Tim Editorial kami.

Timeline: seluruh Story yang dibuat dan sudah dikurasi oleh Tim Redaksi kumparan. Anda juga dapat melihat Story dari orang-orang atau topik yang sudah anda follow.

Topik: seluruh topik yang ada di kumparan yang dapat Anda ikuti sesuai dengan minat Anda akan informasi

Highlights: sebuah topik khusus yang memiliki banyak Story sebagai pendukung terkait. Pada bagian ini, Anda dapat melihat berita yang menjadi fokus pembahasan kumparan.

d. Halaman Trending
Anda dapat melihat seluruh topik, Story, komentar hingga profil populer di kumparan

e. Halaman Notifikasi
Anda bisa mendapatkan notifikasi baik dari interaksi sesama pengguna maupun rekomendasi Story dari kumparan.

f. Membuat Story 
Untuk menciptakan Story baru, klik pada tombol "New Story" atau tombol "+" pada aplikasi mobile dan situs mobile. Anda akan melihat sebuah halaman untuk membuat tulisan. Di dalamnya dapat disertakan foto dan video sesuai dengan kreativitas Anda. Story Anda yang telah terpublikasi akan muncul di bagian "My News" serta halaman "Profile"

g. Foto 
Foto adalah gambar tidak bergerak yang dapat Anda unggah ke kumparan. Dimensi foto yang diharapkan adalah foto dengan dimensi 16:9. Pilihlah foto yang sesuai dengan deskripsi yang Anda sertakan agar para pengguna lainnya juga dapat memahaminya dengan jelas.

h. Video 
Video adalah gambar bergerak dan bersuara yang dapat Anda unggah ke kumparan. Foto yang diharapkan untuk diunggah ke kumparan adalah foto dengan format landscape

Mengatur Akun kumparan

a. Login
Anda dapat melakukan login dengan menggunakan akun Facebook dan Google. Proses login dibutuhkan untuk:
membuat Story, memberikan Komentar, menyukai sebuah Story, melaporkan gangguan yang ada pada sebuah Story.

b. Profil dan Pengaturan
Pengguna dapat melakukan pengaturan beberapa hal terkait profil pribadi di kumparan:

Pengaturan foto profil
1. Foto profil akan diambil dari foto yang sedang digunakan di akun Facebook atau akun Google Anda. Namun Anda dapat menggantinya dengan foto baru yang berasal dari galeri baik di perangkat desktop atau perangkat mobile Anda. Cara mengganti foto profil adalah dengan klik pada tombol "Upload Picture" yang ada di ujung kanan atas.

Selanjutnya pilihlah foto yang diinginkan dari galeri Anda. Setelah terpasang, klik Save untuk menyimpan. Pengaturan deskripsi profil.

2. Deskripsi profil terletak di bawah bagian foto. Anda dapat memberikan deskripsi diri dengan singkat sebanyak 140 karakter. (Sumber aplikasi Kumparan, bantuan)


Seru ya bisa berinteraksi dan berbagi di Kumparan. Kita jadi update dengan segala hal yang sedang terjadi dan juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Banyak sekali tulisan yang bisa kita baca di sana. Jadi enak sekarang kalau ada waktu luang bisa dihabiskan dengan membaca tulisan yang ada di Kumparan. Biar nggak ketinggalan dengan anak-anak jaman now.



20 Maret 2018

Inilah 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memesan Tiket IIMS 2018 dari Sekarang





Inilah 4 Alasan Mengapa Anda Harus Memesan Tiket IIMS 2018 dari Sekarang

Kini semua orang tentu kenal dengan event IIMS 2018 yang sebentar lagi akan digelar di Indonesia, dan menjadi event pameran kendaraan terbesar. Anda yang punya rencana membeli mobil atau motor baru silahkan luangkan waktu untuk mampir ke ajang ini. Dijamin tidak akan kecewa meskipun perlu membayar untuk membeli tiket masuknya namun beragam keuntungan yang dijanjikan tentu terasa sepadan. Berhubung peminat acara ini sangat banyak maka baiknya memesan tiket dari sekarang.

Anda bisa memesan tiketnya secara online melalui situs penyelenggara acara maupun di beberapa situs jual beli online atau marketplace terkemuka. Beberapa tempat belanja online sudah tercatat menjadi partner event ini sehingga menjadi media untuk meramaikan sekaligus mempromosikannya. Otomatis ikut menyediakan layanan pemesanan tiket, jadi baiknya pesan lewat situs belanja langganan Anda supaya bisa lebih praktis sewaktu melakukan booking online.

Alasan Perlu Pesan Tiket Lebih Awal

Seperti yang sudah disinggung barusan kalau peminat acara pameran otomotif ini sangat banyak maka aksi berebut tiket sebagaimana tiket kereta sewaktu lebaran tak pelak akan terjadi. Jangan sampai gigit jari kalau incaran tiket VIP kemudian dinyatakan sold out oleh penjualnya, jadi usahakan memesan dari sekarang. Semakin dini pemesanan tiket dilakukan maka akan semakin baik karena bisa merasakan berbagai keuntungan, apalagi dengan alasan berikut tindakan ini wajib untuk diupayakan:

1. Menjamin tiket didapatkan

Pemesanan tiket IIMS 2018 memang paling aman dan nyaman jika dilakukan lebih awal sehingga menjamin Anda mendapatkannya. Banyak sekali peminat IIMS yang ingin masuk namun tidak kebagian tiket, sedih tentu. Maka hindari resiko menjadi salah satu dari mereka dengan memesan tiketnya dari sekarang. Sudah banyak situs belanja online yang membuka booking tiketnya sejak beberapa hari yang lalu. Silahkan dimanfaatkan supaya tidak kepikiran terus mengenai tiket tersebut, karena sudah dijamin didapatkan.

2. Bisa sedikit berhemat

Alasan menarik mengapa perlu memesan tiket IIMS sejak sekarang atau lebih awal adalah supaya bisa berhemat. Mengapa? Sebab dengan memesan jauh-jauh hari Anda bisa menikmati beragam promo baik diskon atau bonus produk menarik jenis apapun. Sehingga Anda bisa mendapatkan kemudahan untuk menghemat budget kunjungan ke event pameran otomotif terbesar ini. Siapa tahu malah bisa lebih beruntung dengan mendapatkan potongan harga ratusan ribu untuk tiket VIP, jadi jangan tunggu sampai mepet hari untuk memesan tiketnya.

3. Mengatur jadwal terlebih dahulu

Tidak tertutup kemungkinan jika sudah memesan tiket namun terkendala oleh urusan mendadak sehingga tidak bisa datang. Akan sangat rugi jika memesan tiket reguler yang hanya berlaku untuk satu hari saja, jadi hangus begitu saja. Alangkah baiknya pemesanan tiket sudah dilakukan sejak sekarang sehingga bisa mengatur jadwal atau mengosongkan jadwal di hari H. Nantinya bisa leluasa datang sejak pagi, siang, atau memilih waktu malam yang cenderung lebih tenang supaya leluasa bertanya.

4. Menyiapkan kebutuhan mengunjungi IIMS

Namanya saja event besar dan memperkenalkan produk otomotif baik yang baru dirilis ke pasar maupun produk andalan dari tahun ke tahun sebuah vendor. Maka peminatnya banyak dan nantinya digelar beragam acara yang akan menjadi sumber informasi dan ilmu bagi pengunjung terkait produk yang dipamerkan. Maka dengan memesan tiketnya lebih awal dipastikan bisa mempersiapkan diri dengan baik menghadiri event tersebut. Jadi, nantinya bisa bertanya apa saja yang dibutuhkan selama IIMS 2018 berlangsung.

19 Maret 2018

Hatu-hati Penipuan Saat Belanja Online



Ternyata memang saya sembelit itu saat hamil. Sekarang buang airnya alhamdulillah lancar jaya. Tidak ada masalah yang berarti. Malahan sehari bisa buang air lebih dari satu kali kalau sehari sebelumnya makannya agak kebanyakan. Maklum ibu menyusui mudah sekali kelaparan. Maunya langsing tapi ya begitulah ujung-ujungnya ngemil atau nambah nasi saat makan. Tapi sekarang mulai berpikir untuk mengganti jenis makanan yang dimakan biar berat badan tak naik dengan membabi-buta. Mulai cari juga cara buat menurunkan berat badan. Rasanya terlalu padat berisi bodi ini. Saya rindu bodi saya yang dulu, tak begitu gemuk namun tak juga dikatakan kurus.

Dulu waktu SMA berat badan saya tak pernah mencapai 40kg. Palong 37-38kg. Sekarang? Jangan ditanya lagi. Saat hamil Momoy bahkan sempat hampir 70kg. Kebayang kan bagaimana bedanya sekarang berat badan saya. Saya sih tidak ingin kembali ke berat 38kg. Karena itu terlalu kurus. Paling tidak ingin 50kg saja. Lengan saya begitu besar apalagi pipi. Muka ini isinya kayaknya hanya pipi yang paling banyak. Ini benar-benar menurunkan kepercayaan diri.

Untungnya jaman sekarang sudah mudah mendapatkan berbagai informasi. Terutama informasi kesehatan. Untuk menaikkan dan menurunkan berat badan sudah banyak bertaburan di berbagai media. Saya? Ya cari yang bisa menurunkan berat badan paling tidak 10kg. Soalnya banyak sekali bagian tubuh yang melar. Jadi merasa kurang cantik. Pengennya pipi agak kempes dan tubub ada bentuknya.

Untuk siapa?

Selain untuk suami sebenarnya ingin mengembalikan tubuh ke bentuknya yang dulu karena ingin membahagiakan diri sendiri. Kepuasan pribadi saja. Bukankah kita yang paling mencintai diri kita sendiri?

Ada tuh saya lihat di Youtube resep minuman pelangsing dari teh, jeruk nipis, dan serai. Bahan-bahan yang biasa ada di rumah. Boleh juga dicoba. Kebetulan ketiga bahan itu ada di rumah dan kalau tidak digunakan, terutama jeruk nipis dna serai, kalau nggak membusuk ya mengering. Mendingan segera bikin resep minuman pelangsingnya ya. Terus masukin ke kulkas dan bisa diminum saat dingin kalau haus. Apalagi kalau disimpannya dalam botol-botol cantik, makin semangat minumnya.

Ngomongin soal botol jadi ingin botol minuman yang ngehits dengan label My Bottle. Banyak banget yang jual My Bottle di facebook dan e-commerce. Sampai saya juga ketemu dengan botol polos kemasan buat minuman jus-jus yang biasa dijual di instagram. Itu bukannya sama ya botolnya? Pernah juga lihat penjual sirup jeruk "Aek Limao" di Pontianak juga kemasannya pakai botol serupa My Bottle itu. Apa itu sama aja? Kalau memang itu sama, ya ampun botol polosannya 2000-an aja saya lihat di e-commerce. Tapi botol yang dikasih tulisan My Bottle itu bisa 18.000-25.000.

Rasanya beruntung banget saya bisa belanja online. Soalnya masih banyak ibu rumah tangga yang belanjanya biasa ke teman facebook aja bukan langsung ke e-commerce yang tentunya harganya akan jauh lebih mahal. Belum lagi rentannya ditipu kalau belanjanya langsung ke penjual lewat facebook. Beda dengan belanja di e-commerce ya, uang kita akan dipegang dulu oleh pihak ketiga sampai transaksi selesai dan pembeli menerima barang yang dia order. Walaupun tentu masih ada celah-celah yang dimanfaatkan orang untuk menipu melalui e-commerce. Tapi setidaknya dibandingkan lewat facebook, di e-commerce lebih tinggi keamanannya selama kita mengikuti prosedur saat transaksi.

Bukannya apa, saya kadang ngeliat tu emak-emak kayak saya belanja produk perlengkapan bayi bekas di facebook malah harganya lebih mahal dibandingkan dia beli baru di e-commerce. Ya mbok itu yang jual jangan kemahalan jugalah dari harga barang barunya. Kan kasian, bilangnya bekas, jual rugi, kok masih mahal dibandingkan harga baru?

Kalau belanja lewat e-commerce jangan pernah ngasih kode OTP ke orang lain, siapa pun itu, soalnya rentan akun kita dibuka melalui kode OTP atau buat yang tergiur dengan diskon gede dan diminta klik link sama penjual di e-commerce juga jangan mau. Intinya belanja di e-commerce ya di situ transaksinya jangan sampai keluar dari e-commercenya. Soalnya banyak juga orang mencari korban untuk ditipu melalui e-commerce dengan menawarkan harga murah untuk produk yang sedang laris atau ngetrend. Hati-hati aja.

Cuma mau cerita itu aja sih di sini. Hahahaha…

16 Maret 2018

Terapi Air Putih




Saya pikir kulit saya dehidrasi beberap minggu terakhir ini karena saya kurang minum air putih selama menyusui. Saya butuh asupan cairan lebih banyak dibandingkan biasanya bukan? Ya setidaknya cukup atau sesuai batas minimal yang harus saya penuhi. Pas saya cek sesuai berat badan say butuh satidaknya 2.7 liter air setiap harinya. Karena menyusui saya putuskan untuk minum 3 liter air setiap hari. Terapi air putih ini sudah saya jalankan beberapa hari dan ternyata berat saudara-saudara.

Tidak mudah ternyata membiasakan diri untuk minum air putih yang cukup. Ada beberapa bagian diri saya yang sepertinya menolak. Maklum sudah terlanjur suka dengan minuman manis. Kayaknya benar ya gula itu bisa bikin kecanduan. Dua hari pertama kayaknya sulit banget meninggalkan minuman manis. Walaupun untuk makanan masih ada makanan manis yang saya konsumsi tapi khusus minuman saya tobat minum-minuman manis. Bahkan saya sekarang mau minum susu saja mikir dulu, ini ngecheat nggak ya?

Berat namun karena kondisi kesehatan saya yang sepertinya lebih baik diberikan air putih yang cukup yang membuat saya terus menjalankannya sampai hari ini. Amandel saya suka radang kalau saya salah minum. Entah itu minuman dingin atau minuman yang terlalu banyak gula apalagi yang ada kandungan pemanis buatannya. Amandel akan langsung meradang. Saya baru sadar bahwa amandel saya ini sering sekali meradang dan mengganggu aktivitas saya. Bahkan waktu dulu masih aktif siaran, saya sering izin nggak siaran gara-gara amandel saya radang.

Dokternya bilang kalau radang lagi amandelnya harus dioperasi. Soalnya bulan kemaren dan bulan ini sudah dua kali totalnya amandel saya radang dan itu bukan indikasi yang baik bagi kesehatan. Memang sih amandel untuk menjaga kesehatan kita juga sebagai satpam di tenggorokan tapi kalau sudah "sakit" kondisinya mendingan dipensiunkan saja ya. Sebelum itu saya mau terapi air putih juga supaya amandelnya nggak radang lagi. Terus untuk menghidrasi kulit saya dari dalam juga lewat air putih.

Eh bisa buat langsingin bodi juga nggak sih kalau cukup minum air putih? Apa harus olahraga juga biar berat badan kembali ideal? Seenggaknya turun 10kg gitu. Kelebihan berat badan agak kurang nyaman saat beraktivitas. Pengennya langsing kayak dulu lagi. Kita lihat saja deh ya dalam beberapa bulan ini. Bagaimana hasil terapi air putihnya. Bagaimana kondisi kulit saya secara keseluruhan. Bagaimana kondisi amandel saya selama nggak minum mimuman manis atau dingin. Lalu bagaimana berat badan saya juga.

Semoga kuat untuk seterusnya minum air putih saja setiap hari.

Diary Skincare: Gel Wash Optimals Hydra Oriflame (Cantik Itu Tak Harus Putih)




Day 7 - Optimals Hydra Oriflame

Sudah seminggu sejak saya menggunakan skincare set dari Oriflame yang Optimals Hydra. Perawatan kulit khusus untuk kulit yang kekeringan. Pernah menjadi korban krim abal-abal sebelumnya membuat saya sadar betul bahwa untuk mendapatkan kulit yang sehat butuh proses dan waktu. Bukan setengah jam langsung putih. Beneran lho sekarang ada produk pemutih yang bisa memutihkan dalam waktu 30 menit. Langsung putih! Ngeri nggak? Kebayang apa isi produk tersebut? Produk pemutih yang hitungan hari saja sudah mengerikan apalagi yang cukup 30 menit langsung putih.

Menjadi korban krim abal-abal mengajarkan saya bahwa tidak ada yang namanya cantik instant itu sehat. Bahkan lebih-lebih lagi bahwa cantik itu nggak mesti putih. Berbahagialah yang memang sudah putih bawaan lahir karena stereotype cantik di Indonesia masih berdasarkan tingkat putih kulit seseorang pada umumnya. Kalau putih disebutnya cantiklah ya kalau di negara kita. Walaupun banyak juga yang sadar bahwa nggak semua cewek cantik itu kulitnya putih. Apalagi kalau putihnya sampai belang. Wajah putih leher hitam. Dari situ saja sebenarnya sudah mencurigakan bagaimana mungkin itu bisa disebut sebagai cantik yang aman ya.

Produk abal-abal sekarang sudah kayak produk penuh sihir. Sekali usap putih. Hitungan menit putih. Sekali pemakaian langsung putih. Banyak yang masih mau beli? Masih dong. Karena banyak yang ingin dapat hasil yang cepat walaupun tidak permanen dan berbahaya. Bahayanya ke ginjal terutama kalau kandungan zat berbahaya itu semakin banyak terserap tubuh. Kalau dihentikan siap-siap jerawat akan menggila, kulit seperti hangus terbakar, dan jauh lebih nggak sehat dari pemakaian. Sebab kulit sudah tak punya pelindung lagi.

Jadi sebaiknya bagaimana kalau sudah terlanjur menggunakan produk abal-abal atau krim kiloan berbahaya? Segera buang semua produk tersebut dan pindah ke produk yang aman. Jalani proses penyembuhannya. Sebab butuh waktu untuk mengembalikan kulit kita yang asli lapisannya. Saya sudah melewati perjalanan itu semua. Saat begitu hangusnya kulit wajah saya karena saya menghentikan semua pemakaian krim abal-abal. Sampai kemudian saya bertemu dengan Oriflame. Produk Oriflamelah yang saya gunakan sampai sekarang.

Khususnya sekarang saya menggunakan Optimals Hydra untuk mengembalikan kelembaban kulit saya. Saya juga menambahkan terapi air untuk menjaga kulit saya lembab dari dalam. Saya suka sekali dengan gel wash dari Optimals Hydra sebab setelah cuci muka dengan gel washnya kulit saya tetap terasa lembab. Jadi nggak ada sensasi kulit ketarik yang ada kulit tetap terasa kenyal. Apalagi ada butiran birunya yang merupakan almond oil ya bukan scrub yang ada di dalam gel washnya. Jadi sambil membersihkan muka kita juga memberikan kelembaban ke wajah.

Apakah produk ini memutihkan?

Bakalan banyak yang suka tanya kayak gitu terutama yang belum teredukasi soal bahwa cantik itu nggak mesti putih kok. Dulu saya juga begitu. Produk Optimals Hydra ini fungsinya hanya untuk melembabkan kulit yang kekeringan. Memberikan hidrasi pada kulit yang dehidrasi. Jadi tidak ada kandungan pencerahnya. Namun selama saya menggunakan berbagai produk Oriflame yang saya tahu adalah kulit yang dirawat alhamdulillah selalu cerah, bukan putih ya. Terlihat lebih bersih dan bercahaya.

Apalagi kalau kayak saya, yang dicari ya produk yang bisa bikin kulit terlihat lebih muda. Bukan produk yang bikin putih dalam waktu singkat lagi. Selain karena saya tahu produk seperti itu bahayanya juga kebangetan, saya juga sadar bahwa saya dilahirkan bukan dengan warna kulit putih. Jadi bagaimana mungkin saya berharap mendapatkan warna kulit seperti artis Korea?

Sedikit tips nih buat teman-teman yang cari produk perawatan kulit jika tak ingin terkena produk abal-abal. Perhatikan kemasan produk. Kemasan produk krim abal-abal jelas banget menggunakan kemasan yang bebas dibeli di pasaran. Wadah krim isi ulang banyak harga Rp2.000-an cek deh di e-commerce. Bahkan tak jarang untuk membedakan krim siang malam sama toner mereka menggunakan tulisan menggunakan spidol. Kalaupun menggunakan tempelan stiker terlihat stikernya itu bisa dibuat sendiri. Khusus krim pastikan ada segel aluminium foilnya. Kalau tanpa segel seperti itu sebaiknya jangan digunakan. Terus kalau klaimnya "cepat putih" itu juga sudah pertanda jelas memang produk berbahaya. Produk yang aman tidak akan mengubah warna kulit kita. Percaya deh.

Semua kembali pada diri kita masing-masing. Kalau sudah siap dengan risiko kulit putih dalam waktu singkat plus ginjal rusak dan kanker kulit terus kalau dihentikan kulit juga akan rusak, silakan lanjutkan menggunakan krim abal-abal kiloannya. Apabila butuh konsultasi untuk mengembalikan kulit rusak menjadi sehat dengan produk Oriflame itu bisa hubungi Whatsapp 085213626011.

13 Maret 2018

Diary Skincare: Optimals Hydra VS Cantik dengan Terapi Air Putih?



Day 4 - Optimals Hydra Oriflame

Optimals Hydra memang perawatan yang melembabkan kulit wajah dari luar. Beberapa hari ini memang terasa sekali perbedaan kulit saya sebelum menggunakan dan sudah menggunakannya beberapa hari. Secara kasat mata tak terlihat jelas namun ketika menyentuhnya secara langsung terasa lagi tak ada kulit kasar dan dehidrasi yang mengganggu. Kepercayaan diri saya agak turun setiap kali memegang kulit saya waktu itu. Jadi saya nggak percaya diri tampil tanpa make up. Terutama kalau harus difoto. Paling nggak mau kalau kulit lagi jelek-jeleknya.

Sampai akhirnya saya memutuskan menggunakan Optimals Hydra paling tidak 1-2 set sebelum pindah ke skincare Oriflame yang lain, kemungkinan kepengennya NovAge Ultimate atau True Perfection. Dua skincare yang saya tunda untuk membelinya karena masalah kulit saya masih soal kekeringan. Merawat dari luar sudah sekarang saatnya merawat kulit dari dalam. Paling dasar tentunya daya butuh air putih yang cukup dengan berat badan sekarang.

Berat badan saya sekarang sekirar 62kg dan masih sedang berusaha untuk menurunkannya terutama di bagian perut yang belum kempes. Saya tidak begitu rajin menggunakan korset setelah lahiran jadi butuh cara lain untuk mengempeskannya. Dengan berat badan 62kg saya butuh sekitar 3 liter air putih untuk dikonsumsi setiap hari. Kalau pakai botol pocari sweat yang paling besar saya harus minum 1 setengah botolnya. Banyak ya? Iya karena berat badan saya bukan 42kg lagi. Butuh asupan air putih untuk mengaktifkan semua bagian agar bekerja dengan baik.

Saya baca soal terapi air putih ini dari facebook. Ada yang share dan saya tertarik sekali setelah membaca hasil terapi air putih ini. Apalagi mengingat kulit saya yang dehidrasi sampai ke bagian wajah. Bisa jadi penyebabnya karena saya kurang konsumsi air putih selama menyusui. Padahal anak saya nyusunya kuat banget. Makanya saya harus minum 3 liter air setiap hari. Kebayang selama 2 bulanan ini saya minumnya kayaknya kurang dari 3 liter padahal menyusui jalan terus. Ada juga minuman manis yang saya konsumsi saat lapar.

Sudah dua hari saya menjalankan terapi air putih ini. Jadi kurang lebihlah ya dengan menggunakan Optimals Hydra ini untuk perawatan dari luarnya. Nanti saya bagikan hasilnya setelah sebulan. Terutama perbandingan dengan hari pertama sebelum memulai terapi air putihnya. Selain itu saya juga minum vitamin E tambahan. Saya pilih EverE250 bukan yang merek vitamin E untuk artis-artis ya. Hahaha…

Usia 30 tahun ke atas perawatan kulit dari dalam dan luar penting banget ya. Apalagi kalau rencananya mau jadi beauty blogger dan vlogger yang khusus mau promosi produk Oriflame. Nggak lucu kalau kulitnya sendiri nggak terawat. Walaupun bukan artis atau selebriti bukan berarti kita, ibu rumah tangga dengan dua anak, melupakan diri kita dan tak merawatnya ya. Mengingat jaman now pelakor makin menyeramkan ya. Biarpun banyak yang bilang istri harus begini istri harus begitu, kadang sudah berjuta usaha istri suami tetap jatuh kepelukan pelakor juga. Jadi untuk apa merawat diri sendiri? Untuk persiapan menghadapi kemungkinan terburuk. Hahaha…

Merawat kulit dari luar dan dalam sebagai bentuk kecintaan diri kita pada diri sendiri ya. Kadang perempuan banyak yang lupa untuk mencintai dirinya sendiri semenjak menjadi istri dan ibu. Apalagi kalau menjadi ibu dua anak yang masih di bawah 3 tahun dan ada yang masih aktif menyusu. Saya juga waktu minggu pertama habis melahirkan kondisi kulit dan wajahnya ya ampun. Benar-benar nggak banget. Sekarang saya stop minum minuman yang manis. Minumnya full air putih dan kalaupun akan selingkuh saya pilih Pocari Sweat.

Selain ingin menjaga kulit saya juga ada masalah amandel yang mudah radang setiap minum minuman selain air putih dan pocari atau kadang minum minuman dingin pun bermasalah. Kayaknya saya harus menyerah minum itu semua jika tak ingin amandel saya diangkat melalui jalan operasi. Sebenarnya saya sudah boleh memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan amandel soalnya sebulan sekali kadang radang. Penyebabnya? Kadang karena minum minuman manis di malam hari atau minum minuman dingin saat sedang benar-benar haus.

Pontianak memang panas ya dan minuman dingin sangat menyegarkan. Tapi harus serius berhenti minum minuan manis atau dingin kalau tak ingin menderita. Kecuali radangnya sudah tak bisa ditoleransi kayaknya memang harus segera melakukan tindakan operasi. Walaupun dari yang saya baca amandel itu memiliki manfaat bagi kesehatan. Seperti menjadi pos satpam sebelum ada bakteri masuk dan menyerang organ di mulut kita. Namun kalau satpamnya sudah sakit-sakitan kayaknya nggak perlu dipertahankan ya. Apalagi menyebabkan timbulnya masalah baru.

Pernah sekali saya radang gara-gara kehausan dan membeli minuman dingin teh botolan. Efeknya sangat cepat. Jadi saya juga kepikiran untuk membeli botol tupperware sebagai wadah minum air putih kalau bepergian. Kadang acara blogger minuman yang disediakan paling tidak pasti manis dan malah tak jarang dingin. Tak dapat membayangkan radang tenggorokan lagi, batuk juga sampai pilek bahkan demam kayak sekarang. Saya sudah dua kali ke dokter dengan masalah yang sama bulan kemaren dan bulan ini. Dokternya aja masih ingat keluhan saya sebelumnya dan ingat dengan alergi antibiotik tertentu yani saya alami sebab belum sebulan dari pertemuan pertama bulan Februari.

Minum obat dari dokter memang sembuh sih. Tapi sampai kapan saya mau minum obat melulu? Saking seringnya radang tenggorokan kalau radangnya ringan nggak terasa berat lagi. Karena sudah terbiasa dengan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Sehat itu butuh usaha. Usaha terdekat saya sekarang adalah terapi air putih. Nggak hanya karena ingin cantik luar dan dalam namun karena ingin sembuh dari radang tenggorokan menahun ini. Kalau masih juga radang ya sudah saya nyerah dan mau operasi saja biar nggak menderita lebih lanjut setiap bulannya.

Ada yang punya masalah yang sama dengan saya?

12 Maret 2018

Baju Bayi Baru Lahir Bisa Anda Beli dengan Lebih Hemat dengan Menerapkan Tips Berikut






Orangtua manapun dijamin akan sangat antusias ketika sebentar lagi akan menyambut kedatangan buah hati. Proses persalinan yang menegangkan akan menjadi momen yang haru biru ketika diwarnai oleh tangisan si kecil. Sebelum hari persalinan tiba tentu semua orangtua sudah menyiapkan berbagai kebutuhan untuk mengasuh si kecil. Salah satunya adalah menyediakan baju bayi baru lahir yang tidak hanya perlu tepat dari segi model dan bahan melainkan juga tepat dari segi jumlah.

Dalam memenuhi kebutuhan pakaian bayi kadang sebagian orangtua memilih belanja online, sebab disinilah dijumpai banyak pilihan. Tidak hanya baju bayi dari brand terkemuka saja melainkan juga dari brand lain yang bisa ditemukan dengan harga sangat murah. Kalau berencana untuk berhemat maka usahakan untuk belanja beberapa baju dan perlengkapan lainnya, supaya hanya terbebani satu kali ongkos pengiriman. Selain belanja melalui situs belanja online, pakaian bayi juga bisa dibeli dengan datang langsung ke toko terdekat.

Masing-masing transaksi, baik online maupun offline, tentu memberikan dua sisi antara untung dan rugi sehingga bisa disesuaikan dengan kondisi. Kalau memang kondisi membuat pilihan belanja baju bayi di internet terasa lebih masuk akal maka tidak perlu belanja secara offline. Bisa pula sebaliknya, usahakan memilih pakaian bayi dengan benar supaya nyaman dan baik untuk kesehatan si kecil. Jumlahnya pun harus tepat jangan sampai keluar uang berkali-kali padahal baju yang awalnya dibeli tidak cocok atau masih kurang.

Tips Hemat Belanja Kebutuhan Baju Bayi

Menyediakan baju bayi baru lahir tentu hukumnya wajib untuk memberi perlindungan yang optimal, jangan sampai salah model dan salah jumlah. Berhubung butuh banyak maka untuk berhemat simak dulu beberapa tips di bawah ini:

Belanja jenis pakaian yang sering gonta-ganti,
Supaya tidak sering berbelanja dan jatuhnya lebih boros maka hitung jenis pakaian bayi yang harus disediakan. Kemudian tentukan jenis pakaian mana yang pemakainya terbilang boros maka butuh disediakan dalam jumlah banyak. Kalau sudah ditentukan sejak awal dijamin belanja pun tepat dan hemat.

Baiknya memilih ukuran lebih besar,
Menghindari resiko belanja pakaian si kecil terlalu sering dan membuang banyak uang maka pilih ukuran baju dengan tepat. Berbeda saat belanja baju untuk diri sendiri dimana wajib memilih yang ukurannya pas, untuk pakaian bayi malah dianjurkan memilih yang longgar. Alasannya logis sekali karena bayi cenderung tumbuh dengan cepat kalau ukurannya terlalu pas maka akan segera sesak, maka pilih satu tingkat lebih besar.

Manfaatkan pakaian anak sebelumnya,
Merawat si kecil tentu selain membutuhkan kesabaran dan ketelatenan juga membutuhkan modal untuk menyediakan berbagai kebutuhannya. Mulai dari makan sampai pakaian dan juga mainan maka perlu cermat agar tidak membuat kantong melarat. Salah satunya adalah saat belanja pakaian pertimbangkan memanfaatkan baju bayi lama dari si kakak. Kalau masih anak pertama pinjam baju bayi milik saudara, sehingga tidak belanja berlebihan.

Pilih yang bermerek agar lebih berkualitas,
Meski si kecil tumbuh dengan pesat dan lekas besar serta lekas gemuk kalau memang suka menikmati makanannya. Tentu pakaian yang disediakan mudah kekecilan, namun untuk berhemat pilih yang bermerek agar kualitasnya bagus. Sebab selain lebih nyaman saat dipakai berbekal kualitas inilah maka baju awet dan bisa disimpan. Kelak bisa di pakaikan ketika memiliki bayi lagi sehingga tidak perlu belanja baju bayi baru lahir lebih banyak.

Skutic Honda Premium class

Skutic Honda Premium class



Kini telah hadir salah satu vararian honda terbaru. Yakni Honda PCX, ini merupakan varian skutic premium class yang Honda miliki. Guna memanjakan konsumennya Honda menngeluarkan lagi Honda PCX ini. Setelah lama vacum, Honda skutic PCX ini datang dengan berbagai macam perubahan dari segi esterior , untuk memperkuat tampilan mewah dan elegant All new Honda PCX juga di lengkapi dengan bebeapa aksesoris tambahan, yang dapat di beli di main dealer Astra Motor Pontianak.

Astra Motor Honda pontianak secara resmi meluncurkan All New Honda PCX buatan Indonesia ini pada 10 Maret 2018. Motor skutic premium ini di produksi di pabrik AHM Sunter dengan menggusung mesin generasi terbaru yaitu 150cc, ESP, walaupun dengan kapasitas mesin besar namun kosumsi bahan bakarnya tetap irit, yakni 45 KM/Liter, dengan metode pengetesan ECE R40 standart EURO 3.

Peminat All New Honda PCX di Kalimantan mendapat sambutan yang sangat antusias oleh para penggermar Skutic Honda kelas premium, yakni dalam dua bulan terakhir pemesan indent sudah mencapai 400 unit.

Kenyamanan berkendara itulah tujuan dari pabrikan Honda meluncurkan kembali All New Honda PCX. Desain mewah dengan body samping tampilan baru. Dilengkapi oleh lampu deopan yang sanggat ellegant dan menambah tajam sorotan sinar di jalan sewaktu malam hari. Lampu LED di semua sitem pencahayaan, membuat All New Honda PCX semakin terlihat sangat mewah.

Sekarang saat perjalanan jauh pun kita tak perlu khawatir, pada dasboard depan sudah dilengkapi dengan DC socket berguna untuk mencharger smart phone anda, tak perlu khawatir kehabisan daya dan membuat tenang dan tak membuat repot perjalannan anda.
All New Honda PCX ii mempunyai bagasi yang sangat luas dan kapasitas tangki sangat besar yaitu 8 liter, tak perlu khawatir kehabisan BBM saat perjalanan jauh, dan sangat cocok buat Anda yang hobi touring keluar daerah.

Skutik varian premium pabrikan Honda ini hadir dengan desain sophisticsted & luxurious mempunyai empat varian warna yang sangat mewaah yaitu warna Glamour Gold, Wonderful white, Briliant Black dan Majestic Mate Red. Dan ada yang CBS dan NON CBS,

soal harga tidak terlalu mahal pada kelas skutic premium, Di Pontianak sendiri harga OTR dibandrol dengan harga IDR 30.000.000-, dan yang varian CBS di bandrol dengan harga IDR 33.010.000-,

11 Maret 2018

Diary Skincare: Eye Cream Optimals Hydra Oriflame





Ini adalah hari ketiga saya menggunakan Optimals Hydra. Kalau biasanya saya butuh tendercare banyak banget di bibir setiap harinya sekarang setelah sering membersihkan bibir menggunakan toner Optimals Hydra tak ada lagi masalah bibir kering dan pecah-pecah kalau lupa menggunakan tendercare. Saya senang sekali menyentuh kulit wajah saya sekarang karena kulit saya terasa lebih lembab dan kenyal dibandingkan beberapa hari sebelumnya waktu saya masih belum menggunakan Optimals Hydra. Walaupun saya masih ingin terus menggunakan NovAge Ecollagen supaya kulit saya lebih kencang dan bebas kerutan tapi dehidrasi kulit yang saya alami sepertinya lebih mengkhawatirkan.

Kalau NovAge Ecollagen menyediakan pelembab kelopak mata bentuk roll on berbeda dengan Optimals Hydra. Kalau sudah pernah menggunakan skincare Optimals yang berwarna biru yang lama pasti tahu krim mata atau eye cream Optimals yang ada tulisan "seeing is believing". Jadi masih dengan tulisan yang sama, eye creamnya juga masih tipe yang serupa. Berbentuk krim dan bisa dioleskan menggunakan jari ke mata panda kita. Maklum emak-emak dengan anak bayi tentunya sering bedagang atau kebangun tengah malam. Itu menyebabkan kelopak mata saya menjadi lebih gelap. Make up cukup membantu menutupi tapi tak menghilangkannya. Itu sebabnya saya selalu menggunakan krim mata. Apalagi skincare set Optimals Hydra sudah termasuk eye creamnya.

Beli satuan nggak hemat jadi saya lebih memilih membeli satu set isi 6 produk dengan harga katalog Rp899.000. Harga konsultan lebih murah ya. Sekitar 600ribuan. Lumayan hemat 200ribuan 1 setnya. Jika 1 set ini bisa digunakan selama 6 bulan sudah lumayan hemat ya. Jadi sebulannya hanya mengeluarkan biaya 100ribuan untuk perawatan dua kali sehari. Setiap hari pula. Kebayang nggak kalau perawatan ke dokter kulit habis berapa? Sekali perawatan paling nggak ratusan atau jutaan. Saya sendiri nggak pernah mengeluarkan uang untuk ke klinik kecantikan. Soalnya suka sayang kalau bayar mahal di klinik. Beda jauh dengan harga produk Oriflame 1 set yang dibuat oleh dokter kulit juga. Sudah lolos EAC, BPOM, dan MUI pula. Nggak khawatirlah ya menggunakan produk Oriflame selama hamil atau menyusui.

Eye cream Optimals Hydra mungil dan enak dibawa ke mana-mana.

Saya baru 3 hari juga menggunakan krim mata untuk menghilangkan mata panda. Belum terlihat perbedaannya dengan 3 hari sebelumnya. Mudah-mudahan dalam 1 bulan akan ada perbandingan yang signifikan antara wajah saya menggunakan Optimals Hydra untuk pertama kalinya sampai hari ke-30 atau pas menghabiskan 1 set. Walaupun punya anak bayi dan harus menyusui bukan berarti melewatkan waktu untuk merawat diri sendiri ya. Ada hal-hal yang bisa ditinggalkan atau didelegasikan seperti tugas membereskan rumah atau sekadar mencuci piring dan fokus untuk mengurus anak dan diri sendiri.

Kalau memang butuh hidrasi untuk kulit Optimals Hydra ini adalah yang paling cocok. Selama masalah kulit bukan yang flek atau banyak bekas jerawat bahkan masih ada jerawat di mana-mana. Sebab Optimals Hydra ini berfungsi menghidrasi. Kulit saya sendiri tak ada masalah lain untuk sementara ini. Hanya mengalami dehidrasi yang saya pikir karena cuaca, kurang minum air putihn atau karena menyusui. Pontianak sedang panas-panasnya beberapa minggu ini.

Harapan saya sih dengan kulit yang lembab, kerutan juga berkurang karena saya tak ingin mengalami penuaan dini. Apakah saya ada rencana menggunakan produk Oriflame yang lain jika Optimals Hydra ini habis? Ada kemungkinan saya akan tetap beli Optimals Hydra atau NovAge Ultimate. Ultimate kayaknya skincare yang paling saya idamkan tapi belum juga saya beli. Hahahaha…

Itu cerita saya mengenai eye cream Optimals Hydra yang sudah ngelantur ke mana-mana. Kalau mau cerita atau tanya-tanya soal skincare Oriflame bisa WA ke 085213626011.

Menyesalkah Kau Menikah Denganku?





Pacaran memang pakai cinta, tapi nikah butuh logika. - Rohani Syawaliah.

Saya seorang ibu rumah tangga dengan dua anak, anak pertama hampir tiga tahun dan anak kedua sudah dua bulan. Saya sudah 4 tahun lebih menikah. Waktu benar-benar cepat berlalu. Walaupun ada beberapa waktu yang terasa lebih panjang harinya. Seperti waktu akan melahirkan anak pertama. Itu benar-benar panjang. Tapi akhirnya ya lewat juga dan sekarang anak yang saya lahirkan dengan induksi itu sudah begitu besar dan sudah ngikutin abahnya pergi ke mana-mana.

Pas saya memutuskan akan menikah dengan suami saya yang sekarang memang nggak butuh waktu lama. Sebab saya berpikir memang sudah saatnya saya menikah. Bukan karena kami sangat mencintai satu sama lain. Namun lebih pada dua orang dewasa yang saling membutuhkan dan ingin membangun masa depan berdua. Saya percaya bahwa cinta itu bisa datang karena terbiasa. Kalau hanya modal cinta bakalan lama buat saya menikah dan sendirian di Pontianak itu menyebalkan.

Saya bukan tipikal istri idaman. Bukan tipe perempuan yang akan rutin memasak setiap hari seperti istri-istri lainnya. Pas saya merasa sempat atau ada mood buat masak ya saya masak. Kalau nggak antara dua saja, apakah beli atau suami saya yang kemudian memasak. Bukan juga tipe perempuan yang akan rajin mencuci baju, melipat lalu menyetrikanya. Alhasil pakaian kami sudah ada yang mencucikan. Tahun-tahun awal suami yang mencucinya. Sampai akhirnya anak pertama lahir. Semenjak itu kami berdua sudah tidak pernah mencuci pakaian. Rasanya banyak waktu terbuang untuk mencuci pakaian.

Bagaimana dengan beres rumah? Dikerjakan bergantian. Kadang saya kadang suami. Lebih sering suami sebenarnya. Terus tugas saya ngapain? Saya mengurus bisnis online dan nyusuin anak saja. Hal-hal di luar itu akan jadi hal yang dilakukan atau boleh ditinggalkan. Walaupun awalnya suami saya tentunya menginginkan istri yang ada dalam kepala dia sebelumnya. Istri yang pada umumnya. Kemudian pada akhirnya dia lebih memilih untuk membahagiakan istrinya saja dan melupakan tipe-tipe istri yang ada dalam pikirannya. Akhirnya dia menyadari bahwa setiap perempuan itu akan menjadi istri yang berbeda. Jangan bayangkan seperti 5 kakaknya.

Itu kekurangan saya yang terkadang membuat saya berpikir apakah dia tak menyesal menikah dengan saya? Perempuan yang sibuk dengan bisnis onlinenya dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk "main HP" yang akan terlihat sebagai "istri pemalas". Saya sih nggak begitu peduli pendapat orang ya. Selama suami saya adem ayem dengan kerjaan saya setiap harinya apa. Sebab saya juga ada banyak kelebihan lain yang mungkin tak dimiliki istri yang lain.

Saya hanya berpikir soal 10 tahun akan datang jika saya serius menjalankan apa yang saya rintis sekarang. Saya membayangkan anak-anak saya tak lagi mengalami kesulitan memilih pendidikan mana saja yang dia inginkan. Saya tak perlu LDR dengan suami. Kami bisa melakukan lebih banyak hal bersama di rumah. Keinginan saya adalah saat kami berusia 40 tahun keuangan kami lebih stabil dan kami bisa liburan ke mana saja setiap tahun atau kalau bisa setiap tahun 2 atau 3 kali. Itu yang membuat saya lebih memilih melakukan pekerjaan lain dibandingkan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Lantas bagaimana dengan saya? Apakah saya menyesal menikah dengan suami saya?

Sejak awal saya hanya mencari suami yang sabar menghadapi segala kekurangan saya. Saya pikir suami saya sekarang adalah satu-satunya orang yang memenuhi bagian tersebut. Menghadapi emosi saya yang kadang seperti roller coaster. Tidak memperdulikan stereotype istri yang seharusnya. Tidak banyak menuntut. Seperti saya juga yang tak banyak menuntut dirinya harus jadi "suami pada umumnya". Sebab kami bukanlah pasangan "pada umumnya" dan tak ingin hidup seperti orang pada umumnya.

"Jadi menyesalkah kau menikah denganku?"

"Saya tidak akan melakukan sesuatu yang saya sesali dan tak akan menyesali apa yang sudah saya lakukan."

10 Maret 2018

DIARY SKINCARE: TONER OPTIMALS HYDRA ORIFLAME






Day 2 - Optimals Hydra Oriflame

Sekarang saya mulai merasakan perubahan setelah 2 hari 2 malam menggunakan produk Oriflame Optimals Hydra. Sebelumnya kulit saya kekeringannya parah sekali. Sampai terasa kasar. Saya sampai harus sering menggunakan tendecare untuk mengatasi kekeringan di kulit wajah bukan hanya di bibir. Jadi biasanya saya menggunakan tendercare untuk merawat bibir yang agak kering. Sekarang bibir saya juga sudah lembab karena selalu saya gosok menggunakan kapas yang ada toner Optimals Hydra-nya. Niatnya sih untuk mengangkat kulit mati yang ada di bibir supaya bibirnya nggak kelihatan ada kulit mengelupasnya. Dengan menggosoknya menggunakan kapas basah oleh toner ternyata selain bersih juga jadi lembab. Karena tonernya juga tidak mengandung alkohol yang bikin kulit kering.

Puas banget pake Optimals Hydra ini walaupun harus diingat kalau krim siangnya tidak mengandung SPF jadi harus menggunakan sunblock jika melakukan aktivitas di luar rumah.

Sebelum Optimals Hydra ini muncul di katalog Oriflame edisi Maret 2018 saya sebenarnya sudah memutuskan untuk menggunakan NovAge True Perfection karena bisa untuk mengatasi kulit yang kekeringan juga dan bisa menghidrasi kulit. Sudah ngingetin diri banget akan belanja NovAge True Perfection saat NovAge Ecollagen saya benar-benar habis. Ternyata langsung kepincut sama Optimals Hydra yang memang memiliki fungsi untuk menghidrasi kulit kita yang dehidrasi. Wah saya langsung galau waktu itu. Apakah mau tetap beli NovAge True Perfection atau coba Optimals Hydra dulu? Mana yang bisa melembabkan paling bagus?

Kemudian saya baca info skincare Optimals Hydra ini dari ahli skincare Oriflame dan beberapa kali saya menonton live streaming di fanspage facebook Oriflame Indonesia. Alhirnya saya yakin untuk coba Optimals Hydra saja. Karena aslinya kulit saya itu cenderung berminyak atau kombinasi. Beberapa bagian ada yang kering sekali ada juga bagian yang berminyak. Sampai akhirnya dehidrasi parah kulitnya. Saya sudah minum banyak air putih tapi tetap saja kulit saya tak bisa dihidrasi dengan maksimal. Maklum menyusui itu benar-benar bikin kita dehidrasi Mak! Apalagi masih dalam masa ASI eksklusif yang butuh banyak ASI. Ditambah lagi abangnya kadang masih ikut menumpang menyusu.

Perubahannya belum kelihatan secara siginifikan kalau dilihat perbandingan antara foto-foto saya. Saya sendiri setiap menyentuh kulit saya sekarang dapat merasakan bahwa kulit saya terhidrasi dengan baik setelah menggunakan Optimals Hydra ini. Ikuti terus perjalanan saya selama menggunakan Optimals Hydra ini ya.

Jika butuh info lebih lanjut atau konsultasi soal produk Oriflame yang lain bisa hubungi 085213626011 (WA).

9 Maret 2018

DIARY SKINCARE: OPTIMALS HYDRA ORIFLAME




NIGHT - 2 #diaryoptimalshydra #oriflamechangeslives

Satu hal yang saya pahami ketika orang menolak menggunakan produk Oriflame bukan hanya masalah harga. Sebab pada kenyataannya banyak produk di luaran sana yang tetap ada yang beli walaupun harganya bisa 3x lipat dari skincare Oriflame.



Intinya kalau orang butuh pasti beli kan? Meskipun mahal ya dicukup-cukupin uangnya buat beli. Apalagi kalau harga produk Oriflame masih terhitung terjangkau dibandingkan produk impor dengan kualitas sama tapi harganya bisa berbeda 2-3x lipat.

Oriflame butuh proses untuk mengatasi masalah kulit. Itu yang membuat orang yang ingin cepat kulitnya memenuhi standar kecantikan iklan televisi, putih bersih -meskipun warna kulit wajah dan leher nggal matching nantinya, pokoknya sing penting putih dulu- kayak artis Korea.

Oriflame bisa bikin putih nggak?

Itu pertanyaan paling basic (baca: buessssyyyiiiik) yang sering saya terima dari orang yang sama sekali nggak tahu Oriflame atau belum pernah menggunakan tapi sudah tahu produknya.

Jawabannya?

Bergantung, yang mau pake kulitnya dulunya putih nggak? Kalau warna kulit gelap karena tersengat matahari bukan karena dasarnya sawo matang atau gelap ya bisa, tinggal pilih produk yang mengandung pencerah untuk memgembalikan warna kulit asli. Terus jangan lupa pakai sunblock kalau aktivitas di luar rumah.

Berapa hari bikin putih?

Ini pertanyaan lanjutan saat kita kasih jawaban kayak di atas. Berapa hari? Memangnya kulit kita baju seragam yang sekali cuci pakai bleaching langsung putih bersih? Baju aja kalo dipakein bleaching terus-terusan lama-lama bisa sobek. Tidak ada jaminan seminggu akan putih atau sebulan langsung putih bahkan 1 set langsung putih. Bergantung aktivitas kita dan masalah gelap kulit kita itu apa. Apakah karena flek? Tersengat matahari? Atau apa?

Sebenarnya di sini saya akan bingung memberikan pemahaman bahwa cantik itu nggak mesti putih. Cantik itu nggak mesti sekali oles 30 menit kemudian langsung putih. Cantik itu nggak mesti nyuntikin bahan berbahaya ke dalam tubuh kita dan melupakan risikonya asal bisa masuk dalam standar cantik jaman now yang dari dulu nggak berubah-ubah.


Ada juga yang tanya begini, kalau saya berhenti menggunakannya muka saya balik lagi nggak kayak dulu?

Skincare itu kayak makanan, kalau hari ini kita sudah makan 3x dan merasa kenyang apakah besok boleh nggak makan? Sampai setahun gitu nggak usah makan lagi. Jadi skincare itu mau kulit kita sudah cantik sudah sehat sudah cerah sekalipun akan tetap dibutuhkan. Sebab kulit kita butuh "makanan" juga.


Itu hal buessyyiiiikk yang membuat orang enggan pake produk Oriflame.

Saya? Masih setia dong pake Oriflame. Sekarang sudah malam kedua saya pake Optimals Hydra. Rasanya? Kulit saya semakin lembab. Padahal biasanya saking kekeringannya (jenis kulit saya berminyak) saya sampai sering ngolesin tendercare ke wajah saya, terutama di siang hari. Selama dua hari ini saya memang hanya menggunakan Optimals Hydra. Saya mau lihat seberapa mampu skincare ini melembabkan kulit saya yang kekeringan.


Besok saya fotoin lagi hasil pakenya. Semoga mengikuti perjalanan saya menghabiskan 1 bulan ini dengan skincare Oriflame yang seri Optimals Hydra.


OPTIMALS HYDRA

7 Maret 2018

Selamat Awal Bulan Selamat Gajian!





Awal bulan begini memang banyak pemasukan ya. Banyak yang gajianya di awal bulan walaupun tak sedikit juga yang gajiannya akhir bulan. Bagaimana? Sudah banyak tagihan yang lunas? Atau masih banyak yang harus ditunda? Berbahagialah kalau semua tagihan sudah lunas ya. Jangan sampai ada hutang di antara kita.

Banyaknya tagihan dalam rumah tangga terkadang yang membuat banyak ibu rumah tangga ikut bekerja. Ada yang kerja kantoran ada juga yang kerja rumahan. Apa pun pekerjaanya yang penting bisa menambah pemasukan keluarga ya. Kalaupun penghasilan dari suami sudah cukup tak ada salahnya untuk punya penghasilan sendiri dengan melakukan bisnis sampingan rumahan yang dapat memberi pemasukan pada ibu rumah tangga.

Sebab terkadang kita sebagai istri suka berpikir berkali-kali mau menghabiskan uang suami demi kebutuhan pribadi kita yang tidak menyangkut dengan kebutuhan anak. Misal butuh gamis set model terbaru biar bisa sering gonta-ganti pakaian kalau bertemu momsquad satu komplek. Ibu butuh tapi tidak menyangkut kepentingan anak. Pastinya kebanyakan ibu akan menepikan kebutuhan - atau ada juga yang lebih menyebutnya keinginan sesaat- tersebut dan menyisihkan uang dari suami sebagai dana darurat di dalam tabungan tersendiri.

Belum lagi kalau pas buka-buka katalog dan melihat tas wanita terbaru sophie paris. Siapa yang tidak tergiur dengan penawaran yang menarik dan juga diskon? Emak-emak paling nggak bisa lihat diskonan. Suka mikir kalau belinya bulan depan kena harga normal kan sayang. Apalagi kalau tasnya limited edition. Ada kebanggaan tersendiri kalau menggunakan tas yang jarang dipake orang lain.

Ibu rumah tangga harus kuat kekep dompet saat awal bulan begini. Banyak-banyak baca mantra kalau tagihan masih banyak. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang. Bukan apa, jaman sekarang sebaiknya jangan hidup penuh dengan hutang, ribet. Telat bayar nanti tersebar ke mana-mana fotonya, apalagi sekarang banyak banget orang yang ngutang lebih galak dari yang ngasih hutang. Penagih hutang itu udah kayak pengemis dibuatnya. Jangan-jangan ngalahin usaha ngemis buat dapetin uangnya kembali.

Apakah ibu rumah tangga harus selalu beli tas? Bergantung kebutuhan ya. Kalau memang butuh ya beli, tas wanita terbaru sophie paris selalu tersedia untuk dibeli. Sekarang sudah jamannya online. Tinggal cek aja secara online untuk dapat penawaran tas wanita dengan harga terbaik. Bisa bandingin harga dulu sebelum belanja. Saya juga gitu. Produk apa saja saya akan bandingin dulu diecommerce. Mana yang paling bagus reviewnya atau yang murah harganya akan jadi pilihan tentunya.

Selamat gajian buat yang sudah cair gajinya. Buat yang belum sabar, bentar lagi juga gajian pas hari Senin. Saatnya bikin planning mana tagihan yang penting dan nggak mendesak. Sebelum berubah jadi tagihan yang penting dan mendesak sebaiknya lunasi segera saat ada uangnya. Apalagi kalau sampai ditumpuk-tumpuk. Pas sudah setinggi gunung nanti repot bayarnya.

Maha penting adalah kita hidup sesuai kemampuan kita saja. Jangan maksain diri buat punya sesuatu yang tidak mampu kita miliki. Kalau keinginan kita banyak ya jangan hanya mengharap nafkah suami kalau memang penghasilan suami terbatas. Kita bisa mencoba berbagai usaha yang bisa dijalankan secara online. Banyak kan jaman sekarang piluhan usahanya. Entah itu jadi reseller atau dropship. Tinggal pinter memilih supplier saja.

Perbanyak berteman dengan orang yang positif dan banyak berbagi informasi juga. Jadi setiap buka sosial media, ibu rumah tangga juga dapat update yang berguna. Bukan hanya baca cacian dan makian dari teman yang tak memahami bahwa statusnya disaksikan oleh banyak orang dan sebaiknya dia menahan diri untuk berkata-kata yang kasar.

Sekali lagi selamat awal bulan selamat gajian.

5 Maret 2018

Rambut Indah Bebas Ketombe dengan Shampoo Bahan Alami dari Love Nature






Shampoo Love Nature Oriflame - Pernah bermasalah dengan ketombe? Menyebalkan sih ya kalau ada ketombe. Apalagi kalau pake hijab. Dobel mengganggunya. Kepala juga jadi gatal. Dulu waktu banyak ketombe saya sudah coba berbagai shampoo anti ketombe yang bisa saya temukan di pasaran. Pas pake memang hilang tapi kalau keseringan pake rambut jadi kering. Kayak kebanyakan bejemur gitu. Padahal sudah pake hijab tetap saja rambut nggak sehat. Biasanya juga kulit kepala jadi sangat kering dan ketombe balik lagi kalau begitu.

Terakhir kali saya nyoba ngilangin ketombe itu pake jeruk sambal. Agak perih sih di kulit kepala tapi saya tahan karena pengen ngilangin semua ketombe membandel. Ganggu konsentrasi kerja kalau kepala gatal dan banyak ketombenya. Ketombe memang hilang tapi rambut masih nggak halus dan lembut. Masih kasar dan kaku setiap kali mencoba menghilangkan ketombe yang bersarang di kepala.

Sampai akhirnya…

Saya bertemu dengan shampoo keluaran Oriflame seri Love Nature. Shampoo anti ketombenya cakep sekarang kemasannya. Warna pinknya juga lucu. Tiap mau mandi bawaannya semangat banget. Harumnya juga enak. Jadi mood booster banget setiap habis mandi. Soalnya ketombe nggak pernah muncul lagi semenjak saya rutin pake. Memang nggak hilang dalam 1 - 2 kali pake. Saya rutin aja waktu itu pakenya. Sedikit-sedikit hilang total. Sampai sekarang saya masih setia banget pake shampoo Oriflame yang satu ini soalnya shampoonya cocok banget sama masalah kepala saya.

Oiya buat yang pake hijab juga jangan ragu pake shampoo ini ya. Rambut kita yang selalu ketutup dan jarang bernapas bagus banget nih kalau dipakein shampoo ini. Rambutnya nggak mudah rontok karena sehat ternutrisi sama bahan yang terkandung dalam shampoo ini. Paling penting lagi pake shampoo ini nggak perlu pake conditioner, sudah 2 in 1 shampoonya. Kalau kemasan lama dulu masih butuh conditioner. Jadi beli lagi. Sekarang cukup beli shampoo sudah bisa untuk merawat rambut kita satiap hari.

Jangan kaget kalau nanti rambutnya jadi lembut banget dan bebas ketombe. Kalau dulu saya suka rambut pendek karena lebih mudah perawatannya, semenjak bebas ketombe manjangin rambut juga nggak takut sebab shampoo ini ngejaga betul kondisi kepala dan rambut kita.

Sebagai konsultan Oriflame yang menyenangkan belanja produk Oriflame untuk kebutuhan sendiri adalah dapat diskon dan juga bonus poin yang bisa dikumpulin untuk ditukar hadiah atau penghasilan bulanan. Lumayan kan ibu rumah tangga kerjanya di rumah, nggak hanya mempercantik diri sendiri dengan semua produk perawatan Oriflame tapi juga bisa mempercantik dompet.

Menjadi ibu rumah tangga yang bekerja dari rumah saya jadi bisa meluangkan lebih banyak waktu untuk keluarga dan juga merawat diri sendiri. Jadinya tu menyenangkan banget kerjaannya. Siapa yang mengira bekerja bisa semenyenangkan ini. Kalau dulu kerja terasa jadi beban yang bikin stress, sekarang kerjanya jadi serasa lagi menyenangkan diri sendiri setiap hari. Sebelum menjelaskan produk perawatan ke orang lain tentunya akan sangat bagus kalau kita sendiri sudah membuktikan produk Oriflame ini memang bermanfaat untuk diri kita. Terutama produk shampoo anti ketombe yang banyak sekali dibutuhkan oleh orang ya. Apalagi kalau punya ketombe yang bandel banget. Selalu balik lagi balik lagi.

Info lebih lengkap untuk pemesanan produk dan bergabung di Oriflame bisa hubungi Whatsapp 085213626011 ya. Mau tanya-tanya produk lainnya juga boleh.