Langsung ke konten utama

7 Daftar Pusat Batik yang Wajib Anda Datangi di Kota Solo.



Anda pecinta kain khas Indonesia yakni Batik? Maka Kota Solo bisa menjadi salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Memang selain dikenal dengan kearifan lokal yang kental, Solo juga dikenal sebagai ikon batik. Bahkan saat ini Solo dikenal di mancanegara berkat produsen batik keris. Maka akan terasa tidak lengkap bila tidak berbelanja batik di kota ini.

Nah, untuk mendapatkan ragam jenis batik Solo yang Anda inginkan, setelah memesan tiket bus ke Solo, berikut 7 daftar pusat batik yang wajib Anda datangi di Kota Solo. Yuk simak!


1. Kampung Batik Kauman

Diklaim sebagai pusat batik tertua di Solo, Kampung Batik Kauman merupakan rumah untuk lebih dari 30 industri kain batik. Tak hanya bisa membeli oleh-oleh khas Solo, di tempat ini para pengunjung juga bisa melihat langsung proses pembuatannya.

Batik Kauman sendiri punya tiga motif andalan, yakni batik tulis, batik cap, dan juga kombinasi cap dan tulis. Wilayah unik ini terletak tak jauh dari kawasan Jalan Slamet Riyadi dan Rajiman.

2. Kampung Batik Laweyan

Laweyan menjadi pusat kerajinan batik tertua kedua di Solo setelah Kauman. Sama seperti saudara tuanya, di wilayah seluas 24 hektar ini hampir semua penduduknya berprofesi sebagai pedagang atau pengrajin batik.

Kawasan ini sudah menjadi ikon kain tradisional khas Indonesia sejak Sarikat Dagang Islam berdiri pada 1912 silam. Selain pesona batiknya, Laweyan juga sering menarik perhatian wisatawan dengan kekayaan arsitekturnya yang unik. Bangunan-bangunan yang ada di wilayah ini kental dipengaruhi oleh gaya Jawa, Eropa, dan Islam.

3. Pasar Klewer

Belum afdol rasanya bila Anda belum ke Pasar Klewer saat berada di Solo. Pasar ini telah dikenal sebagai salah satu pusat grosir batik terbesar di Indonesia. Bahkan, bangunana pasar yang terletak di Jalan Dr. Radjiman ini sudah berdiri sejak tahun 1942.

Di Pasar Klewer Anda dapat menemukan ragam jenis produk batik tentunya dengan harga yang relatif murah. Muali dari pakaian anak dan dewasa, blouse, pakaian santai, aksesoris, tas, dan masih banyak lagi. Tak lupa beragam jenis kain batik dari berbagai daerah selain Surakarta, misalnya Yogykarta, Pekalongan, Banyumas, dan sebagainya, juga dijual disini.

4. Batik Danar Hadi

Bila Anda ingin mendapatkan batik dengan kualitas tinggi, Anda bisa datang ke kantor pusat Batik Danar Hadi yang terletak di jalan Dr. Rajiman No. 164 Solo. Kantor ini pun telah ada sejak puluhan tahun yang lalu.

Batik Danar Hadi mempunyai berbagai macam koleksi mulai dari pakaian wanita, pria hingga anak-anak dengan tipe yang beragam, mulai dari yang formal sampai casual. Selain pakaian, mereka juga menyediakan berbagai macam aksesoris yang bisa menambah koleksi Anda.

Anda ingin menambah wawasan mengenai batik dan cara pembuatannya? Jangan khawatir, di sini terdapat juga Museum Batik Danar Hadi. Untuk masuk ke museum ini pengunjung dipungut bayaran sebesar Rp 35.000. Di museum ini para pengunjung akan mendapatkan pengetahuan batik secara luas dari pemandu sambil mengelilingi koleksi batik yang jumlahnya ribuan.

5. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo atau disingkat dengan PGS ini merupakan pusat belanja yang terdapat di pusat kota Surakarta, yakni di Jalan Mayor Sunaryo No. 1, Gladag. Di sini, Anda akan merasakan suasana berbelanja batik yang sangat berbeda. Mungkin ini berkat fasilitas yang menunjang Anda agar dapat berbelanja dengan nyaman.

Memang saat ini Pusat Grosir Solo telah berhasil menjadi sebuah pusat berbelanja untuk produk-produk tekstil serta pakaian yang terutama adalah produk-produk batik bagi masyarakat maupun wisatawan. Meskipun gedungnya tinggi, lima lantai, tetapi para calon pembeli masih diperbolehkan menawar layaknya berbelanja di pasar tradisional. Hal ini tentu saja membuat Pusat Grosir Solo menjadi salah satu tempat alternatif belanja pakaian dengan harga miring.


6. Beteng Trade Centre (BTC)

Bateng Trade Center merupakan pusat perbelanjaan modern di Kota Solo yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo No. 2. Para pedagang BTC menawarkan batik, terutama kain batik, di setiap kios bangunan tiga lantai ini.

Sebagai pusat penjualan kain, jenis-jenis kain yang ditawarkan sangat beragam, antara lain kain polos, kain seragam sekolah, kain seragam kantor, kain batik, kain tile, dan kain lurik.

7. Lumbung Batik Solo

Lumbung Batik adalah tempat berbelanja batik terbaru di Kota Solo yang terdapat di dekat Kampung Batik Laweyan, lebih tepatnya di jalan Agus Salim 17 Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo.

Di sini, terdapat kurang lebih 40 toko batik yang menjual beraneka ragam produk batik. Lumbung Batik sendiri pun sudah didirikan pada tahun 2010 oleh Koperasi Pamong Pengusaha Batik Surakarta atau PPBS, dan diresmikan oleh Bapak Presiden RI ke -7 Joko Widodo yang pada saat itu masih menjabat sebagai Walikota Surakarta.

Foto: Dok. Klicksolo.com

Komentar

  1. Numpang Promo Ya Admin! Mau Modal kecil Bisa Diputarkan menjadi Ratusan juta Dan Dapat uang masukan Tanpa Usaha Apapun Kunjungi situs yang sudah saya kunjungi yaAduQ Online terpercaya, Thanks bruhh.

    BalasHapus

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana.
Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai.
Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukannya akan disebut …

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha...


Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrsatu ya! 1. …

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan. 
Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya.
Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Termas…