Langsung ke konten utama

Tips Berburu Tiket Kereta



Kereta api adalah transportasi publik favorit. Penumpang tanpa tiket kereta jangan harap bisa naik kereta dan menikmati perjalanan. Siapkan tips dan trik agar tidak ketinggalan.

Pentingnya Berburu Tiket Kereta

Transportasi publik adalah sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Bagi yang tidak memiliki kendaraan pribadi, kendaraan umum sangat membantu untuk mobilisasi. Kendaraan pribadi membutuhkan biaya perawatan dan pemeliharaan yang cukup besar, belum lagi mengurus surat izin kendaraan, membayar pajak, membeli BBM dan biaya tak terduga lainnya. Maka memilih bepergian dengan kendaraan umum adalah solusi paling bijak.

Bus dan kereta api adalah transportasi publik yang paling banyak diminati. Maka di hari-hari libur, akhir pekan dan musim mudik lebaran, berburu tiket bus dan tiket kereta telah menjadi bagian dari perjuangan hidup. Terlambat melakukan reservasi tiket bisa mengubah rencana berlibur. Kehabisan tiket artinya siap kelimpungan memikirkan rancangan cadangan, apakah menyewa kendaraan yang artinya butuh dana lebih besar atau menunda tanggal keberangkatan hingga hari yang tidak bisa ditentukan karena menunggu kepastian mendapatkan tiket transportasi umum.

Berburu tiket transportasi umum seperti antri sembako murah di saat barang langka, tapi itu dulu. Kini perjuangan berburu tiket kereta lebih mudah katakan terimakasih pada teknologi sebab memesan tiket kereta api online bisa dilakukan dari rumah, kantor, sambil ngemall atau nongkrong di cafe. Ucapkan selamat tinggal antri membeli tiket sambil berdiri. Teknologi memang dikembangkan untuk mempermudah aktivitas manusia.

Antri membeli karcis sudah bukan zamannya sebab tiket kereta api online bisa dibeli melalui Bukalapak. Sambil bersantai dan menikmati camilan tinggal ambil handphone, buka aplikasi Bukalapak atau nyalakan laptop dan buka situs Bukalapak, temukan fitur untuk memesan tiket kereta.

Tips Memesan Tiket Kereta
Jika zaman dahulu jika hendak antri tiket kereta butuh stamina tinggi karena harus berdiri, di zaman teknologi canggih, berburu tiket kereta api online membutuhkan jaringan internet anti lelet. Membeli tiket di hari-hari weekdays persaingannya tidak seketat berburu tiket di musim liburan panjang, weekend dan lebaran. Tetapi jangan coba bersantai ketika berburu tiket di musim libur panjang dan mudik. Jaringan internet lelet bisa menyebabkan gagal mendapatkan tiket yang diinginkan.

Agar rencana perjalanan dan berlibur berjalan lancar, beberapa tips berikut perlu disiapkan ketika reservasi tiket kereta api online:
Jaringan internet utama dan cadangan
Siapkan lebih dari satu operator seluler sebagai tindakan antisipasi jika satu jaringan sedang lelet. Jika perlu cari hotspot wi-fi yang paling kenceng. Misalnya sedang nongkrong di co-working space, sambil bekerja buka-buka laptop atau menulis artikel, santai bareng teman bisa sekalian booking tiket kereta.

Jadwalkan dan segerakan
Di musim peak season liburan usahakan sesegera mungkin memesan tiket kereta api online. dahulu di stasiun-stasiun kereta, antrian untuk membeli tiket bisa dibuka sejak subuh ketika menghadapi musim mudik lebaran. Kini berburu tiket kereta bisa dimulai kapan saja, bahkan dini hari demi mendapatkan kepastian tempat duduk.
Siapkan anggaran pembayaran tiket
Merencanakan bepergian artinya harus siap anggaran. Sesegera mungkin lakukan pembayaran setelah mendapat kursi yang diinginkan. Lupa membayar hingga batas waktu yang ditentukan bisa kehilangan tanda booking.

Sudah siap berburu tiket kereta api online? tetap semangat dan jangan pernah berputus asa. Jika satu rangkaian gerbong kereta sudah full book, coba cari di gerbong lain hingga mendapatkan tiket kereta.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma

Menulis 500 Kata

Sekarang sepertinya harus bekerja lebih keras lagi. Saya banyak sekali menulis artikel yang terlampau pendek. Bahkan banyak sekali postingan yang hanya berisikan gambar. Kalau hanya seperti itu saya yakin banyak orang yang akan bisa membuat postingan jauh lebih banyak dari yang saya bisa lakukan. Jadi sekarang sepertinya saya harus mengubah tantangannya menjadi lebih menarik. Saya harus menulis setidaknya 500 kata untuk setiap artikel yang saya buat. Supaya lebih terasa menantang dan saya tak hanya sambil lalu lagi mengupdate blognya. Sebab akhir-akhir ini ketika menyelesaikan jumlah postingan saya akhirnya suka mengambil beberapa gambar yang sudah saya unggah di instagram dan memasukkannya ke blog menjadikannya satu postingan. Padahal hanya diikuti satu dua kata saja. Bahkan pernah tak ada tulisan apa-apa. Memang menulis 10 postingan sehari bukanlah hal yang mudah untuk membagi waktu dengan persiapan pernikahan. Tapi tantangan memang harus dibuat seberat mungkin bukan? Bukan