20 Juli 2018

Menulis Berita di Media Online? Terapkan 5 Trik Ini!



Saat ini, berita tak hanya bisa Anda saksikan di televisi atau koran saja. Banyak media daring yang juga menyediakannya. Bahkan, ada beberapa koran juga yang menyediakan versi online seperti berita Lampung hari ini. Nah, bagi Anda yang tertarik menulis berita di portal online, seperti menulis berita wisata Lampung, Anda bisa menerapkan 5 trik ini, nih!

1. Brevity (Ringkas atau Singkat)
Menulis berita pada media online haruslah singkat dan tepat. Kebanyakan orang tak tahan menatap layar berlama-lama. Alasan lain, membaca tulisan terlalu panjang membuat cepat jenuh. Hal ini akan mengakibatkan berita Anda tak akan dibaca sampai habis. Caranya, Anda hanya perlu membuang kata-kata yang tak penting dan menajamkan pokoknya.

2. Kemampuan Adaptasi
Teknologi yang terus berkembang membuat semua yang menulis di media online harus menyesuaikan diri. Jurnalis online dituntut menyajikan informasi yang memanfaatkan dengan baik audio, visual, dan video ke dalam tulisannya. Berita yang memenuhi kualifikasi ini bisa Anda temukan di hampir seluruh portal internet termasuk berita Lampung hari ini.

3. Scannability
Rata-rata, kunjungan pembaca ke sebuah website berita sangat singkat. Oleh sebab itu, Anda dituntut untuk menyediakan berita yang menarik dan bisa dipindai. Caranya, Anda bisa langsung to the point dengan isi berita Anda. Tambahkan juga sub heading atau bullets list agar pembaca lebih mudah memahaminya.

4. Interactivity
Interactivity memungkinkan pembaca untuk terlibat secara langsung dengan bacaannya. Adanya link yang menghubungkan website-website terkait bisa menjadi salah satu cara penerapan. Pengguna bisa tahu lebih banyak tentang hal yang berkaitan dengan berita yang mereka baca hanya dengan mengkliknya tanpa perlu mencari di mesin pencarian.

5. Komunitas dan Komunikasi
Kehadiran media online mendorong siapa saja untuk berkomunikasi. Ini menjadikan pembaca membuat kelompok-kelompok yang kadang digunakan untuk diskusi atau ikut memproduksi berita juga. Nah, berita yang Anda buat harus bisa membuat mereka semakin terpacu. Contoh berita yang mungkin bisa dijadikan acuan adalah serba serbi tentang hewan dan makanan.

Kebutuhan setiap orang akan berita memang berbeda-beda. Hadirnya portal online membuat kebutuhan tersebut menjadi lebih mudah terpenuhi. Ada yang suka berita ringan, ada juga yang berat seperti pemilihan kepala daerah dan lainnya. Semua jenis berita itu bisa Anda temukan di berita Lampung hari ini Lampung.co atau media daring sejenisnya.

Related Posts

Menulis Berita di Media Online? Terapkan 5 Trik Ini!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).