24 Mei 2018

Admin @indosatcare Juga Manusia





Jika Hani buka mentionan untuk akun-akun layanan operator kadang suka ngelus dada. Bahasanya banyak sekali yang kasar. Terutama untuk akun twitter @indosatcare. Kasihan sekali admin yang harus membaca kata-jata kasar dari pelanggannya. Padahal terkadang masalah yang dihadapi pelanggan bukan sepenuhnya kesalahan mereka. Macam-macam cacian mereka hadapi. Entah bagaimana caranya mereka bisa bertahan. Saya sendiri tak dapat membayangkan jika berada di posisi mereka. Makiannya benar-benar menguji kesabaran. Apalagi kalau pas puasa.

Sekesal apa pun kita setidaknya tetap menjaga kesantunan saat menyampaikan keluhan. Saya juga sering pulsa Indosatnya tersedot tiba-tiba. Untuk meminta pengembalian ya harus lapor ke twitter @indosatcare. Belasan kali kejadiannya dan belasan kali pula pulsa saya dikembalikan. Jangan sampai kita komplain sambil mencaci-maki demi memuaskan amarah kita yang menggila. Paling banyak keluhan Indosat memang doal 'pulsa yang kesedot'. Itu yang paling banyak komplainnya hingga sekarang.

Tak sedikit yang merasa tak dikembalikan pulsanya. Padahal Hani pikir harusnya mereka akan dapat pengembalian pulsa juga seperti Hani. Caranya bagaimana supaya pulsa segera kembali?

1. Detail ketika komplain

Hani setiap komplain akan menyertakan screenshoot, jumlah pulsa sebelumnya, jumlah pulsa yang kesedot, tanggal kejadian termasuk jam hingga menit, sama nomor HP dan lokasi kita berada. Ini akan mempermudah admin langsung melakukan pengecekan. Dibandingkan komplain doang tanpa detail kejadiannya seperti apa dan admin harus beberapa kali meminta kita menjelaskan. Makan waktu sedangkan pelanggan yang komplain tidak sedikit. Saat kita membantu meringankan pekerjaan admin, tentu admin juga akan membantu kita lebih cepat.

2. Komplain segera

Saat pulsa kita tersedot habis langsung komplain jangan tunggu besok, segera lakukan menit itu juga. Admin juga bisa segera bekerja untuk melakukan pengecekan.

3. Santun

Jaga bahasa kita saat komplain. Tak perlu menambahkan kata-kata yang menyakitkan, jika memungkinkan gunakan bahasa yang santun untuk komplain. Kalau tak bisa santun setidaknya jangan ada emosi apa-apa di sana.

4. Sabar

Setelah mengirimkan komplain dan admin meminta menunggu, tunggu dengan sabar jangan mendesak admin untuk memprioritaskan kita.


Admin @indosatcare juga manusia. Perlakukan mereka sebagaimana kita ingin diperlakukan. Selamat berpuasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers