24 Februari 2018

Fakta Soal Bayi Baru Lahir yang Perlu Ibu Ketahui!



Apakah Ibu akan menyambut kelahiran anak pertama? Jika iya, mungkin Ibu masih bingung dalam melakukan perawatan bayi. Perlu dimengerti bahwa si Kecil membutuhkan perawatan ekstra dan hati-hati! Bayi cenderung masih sangat sensitif dengan paparan lingkungan sekitarnya seperti perubahan pada udara, suhu, dan lain sebagainya. Nah, agar memudahkan Ibu dalam merawat bayi, simak 5 hal berikut ya!

Bayi Baru Lahir Umumnya Bengkak
Mungkin sebagian besar Ibu sudah mengetahui fakta yang satu ini. Yup, bayi yang baru lahir akan terlihat bengkak pada sekujur tubuhnya. Tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang sangat wajar, mengingat si Kecil menghabiskan sembilan bulan di dalam rahim. Namun lama kelamaan, bengkak tersebut akan menghilang dan wajah mungilnya pun terlihat. Pesan untuk Ibu, selama bayi masih bengkak atau berumur satu hari, pastikan Ibu lebih ekstra hati-hati dan lembut dalam merawatnya ya!

Mandikan Bayi dengan Sponge
“Kapan sih tali pusar si Kecil akan lepas?” mungkin ini menjadi pertanyaan yang paling sering muncul dalam benak bu. Umumnya tali pusar bayi akan lepas setelah ia berumur dua minggu. Nah, selama masa itu baiknya Ibu memastikan agar tali pusar si Kecil selalu dalam keadaan kering atau tidak terkena paparan air. Tentu saja hal ini sulit untuk dilakukan, terlebih saat harus memandikan si Kecil. Tidak perlu khawatir Bu, coba gunakan sponge sebagai alat bantu dalam menjaga tali pusarnya agar tidak terkena air. Namun, jika tali pusar tersebut terkena air, jangan panik! Cukup lap secara lembut menggunakan kain ya.

Tidak Perlu Takut dengan Kepala Lembek
Ini dia hal yang kebanyakan Ibu khawatirkan ketika merawat si Kecil. Bagian atas dari kepala bayi baru lahir tentu saja masih lembek, bahkan terkadang denyut nadi si Kecil juga dapat terlihat, lho! Hal inilah yang membuat kebanyakan Ibu takut untuk menyentuh bagian lemah tersebut, padahal bagian itu sebenarnya tidak serapuh yang kita pikirkan. Tanya Remer Altman – dokter anak dan penulis dari buku Mommy Calls – menjelaskan bahwa tidak ada larangan dalam menyentuh titik lemah rambut tersebut dan rambut di dekatnya. Menurutnya, bagian lembek tersebut terlihat berdenyut karena berada di atas pembuluh darah yang menutupi otak. Jadi, meski disarankan untuk lebih hati-hati, Ibu tidak perlu khawatir jika harus sekadar menyentuhnya.

Kulit Bayi Umumnya Kering
Jika melihat tubuh si Kecil, umumnya mereka memiliki kulit yang sangat kering. Hal ini dikarenakan bayi berada di dalam janin selama sembilan bulan sehingga sangat wajar jika kulitnya terasa kering. Tidak perlu khawatir, Ibu dapat mengoleskan baby lotion pada kulit bayi secara rutin untuk mengatasi hal ini. Perlu diingat, pilihlah produk yang tidak mengandung wangi-wangian ya!

Hindari Tempat Keramaian
Bayi lebih mudah terpapar bakteri atau virus jika dibandingkan dengan orang dewasa dikarenakan imun tubuhnya yang tergolong masih cukup lemah. Namun, bukan berarti Ibu harus mengurung diri di rumah. Jangan ragu untuk membawa si Kecil jalan-jalan, tapi sebisa mungkin hindari paparan sinar matahari berlebih dan tempat ramai seperti mall yang bisa menjadi biang penyakit bagi si Kecil. Sebagai referensi, Ibu bisa mengajak si Kecil berkunjung ke rumah saudara atau ke taman dekat rumah.

Merawat bayi baru lahir memang terbilang gampang-gampang susah. Dibutuhkan ketelitian, kesabaran, dan kasih sayang guna mendukung masa tumbuh kembangnya. Yuk, bersama-sama kita belajar dalam melakukan perawatan bayi yang baik, Bu. Semoga artikel ini membantu ya!

0 ✿ komentar ✿:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

 

Rohani Syawaliah Template by Ipietoon Cute Blog Design