28 Februari 2017

Menyembunyikan Artikel di Blog

Menyembunyikan Artikel di Blog


Raasanya banyak sekali artikel yang saya tuliskan dan harus saya terbitkan di tanggal yang sudah lewat. Beberapa waktu ini konsentrasi menulis saya memang terganggu oleh banyak hal. Sekarang saatnya membayar semua tanggal yang kosong tersebut dengan tulisan-tulisan yang terbit di tanggal mundur. Saya seperti berada di masa depan dan mengubah masa lalu saya untuk masa depan yang lebih baik.

Apakah saya terdengar seperti time traveler?

Terlalu berlebihan ya menyebut saya sebagai petualang waktu walaupun saya selau senang dengan tema drama yang berkaitan dengan orang yang bisa ke masa lalu atau ke masa depan. Akan sangat menyenangkan ya bisa melakukan hal-hal seperti itu. Paling penting lagi kalau bisa ke masa lalu dan mengubah kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan dan menjadikannya lebih baik.

Saya banyak sekali hutang tulisan di blog dan saya sedang terus mengisinya dengan lebih banyak tulisan. Jangan sampai terjadi yang namanya writer block dan saya gagal membayar semua hutang tersebut. Artikel yang terbit mundur ini akan menjadi artikel tersembunyi bagi beberapa orang yang tidak tahu sosial media saya tentunya tidak tahu mana artikel yang sebenarnya baru saya tulis atau yang sudah lama sekali diterbitkan di blog ini kecuali kebetulan berlangganan rss feed atau follow blog ini.

Saya baru sadar bahwa jumlah tulisan saya semakin ke sini semakin sedikit. Turun drastis dibandingkan tahun 2013 lalu. Padahal saya dulu bisa menulis ribuan artikel dalam setahun. Entah itu berbayar atau gratisan. Saya merasa lebih waras sekarang makanya tak banyak hal lagi yang bisa saya ceritakan atau lebih tepatnya saya curhatkan di blog ini. Blog kok tempat curhat? Ya demikianlah awalnya saya ngeblog.

Saya butuh teman bicara dan tak ada yang benar-benar bisa meluangkan waktu untuk mendengar cerita saya setiap hari dulunya. Berbeda dengan sekarang ya, sudah ada suami, sudah ada teman dekat perempuan lagi, terakhir teman dekat perempuan saya yang suka mendengarkan saya bercerita menemui ajalnya saat selesai kuliah dan diwisuda.

Dia begitu muda.

Bulan April adalah bulan terakhir dia menghembuskan napasnya. Bulan perpisahan. Teman dekat saya sangat sedikit jumlahnya. Bahkan saya memilih cukup punya satu tapi berbagi banyak hal dibandingkan banyak tapi ujung-ujungnya ada kecemburuan sosial yang tak jelas.


Sudah ketemu artikel tersembunyi blog ini? Follow deh buat ketemu jawabannya.

Historical Fiction dan Dongeng Dewasa


Ini jenis bacaan yang akhir-akhir ini saya suka. Bukan hanya historical fiction sih sebenarnya. Ada jenis dongeng yang dibuat versi dewasanya bukan hanya bacaan yang bisa dinikmati anak-anak karena mengandung nilai moral yang baik namun punya bagian yang bisa dijadian eksplorasi untuk menghibur pembaca dewasa. Semacam cerita Timun Mas yang ditulis ulang dengan versi dewasa dan bahasa yang lebih rumit. Bacaan sekarang banyak saya nikmati secara online walaupun akan lebih menyenangkan membaca tulisan dalam bentuk buku ya. Namun malam hari saat saya ada waktu untuk membaca yang tersedia hanya smartphone.

Membaca buku saat anak saya tidur bukan pilihan karena lampu kamar sudah dimatikan.

Banyak sekali sejarah yang saya rasa akan sangat menarik untuk dijadikan karya fiksi apalagi difilmkan ya? Wah menarik sekali jika ada yang menuliskan lalu menjadikannya film. Jadi sejarah tak lagi terasa membosannya dan hanya berisi angka-angka, tahun, dan tragedi yang mengerikan. Berharap ada kisah cinta yang diselipkan dalam sejarah-sejarah yang sama-sama kita ketahui atau setidaknya memperpanjang dongeng yang berakhir dengan ‘akhirnya dia menjadi batu’. Bagaimana kalau dongeng yang berakhir tragis terhadap tokohnya diperpanjang dengan versi dewasa.

Entah itu Sangkuriang, Malin Kundang, ditulis dengan bahasa yang indah, yakin deh bakalan jadi karya yang stand out di tengah menjamurnya karta fiksi bad boys. If you know what I mean. Saya merasa beruntung waktu kecil bacaan yang saya baca sangat bervariasi dari perpustakaan. Bukannya saya bilang karya fiksi sekarang nggak bagus sih ya. Tapi kurang beragam aja dibandingkan yang sering saya temukan di sekolah.


Orang yang menulis karya yang jauh dari kata mainstream tentunya masih ada. Namun lama-lama kalau yang baca nggak ada pun bakalan akan punah dengan sendirinya ya. Jadi kalau Anda punya karya tulis online fiksi yang berada pada genre Historical Fiction atau Dongeng Dewasa (bukan yang ada adegan 18++ ya) tapi cerita dongeng yang bahasanya menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca dewasa, silakan tinggalkan link di bawah artikel ini supaya saya bisa baca karya tulis Anda. Saya lagi suka banget dan tak banyak yang menuliskan fiksi di bidang ini.

27 Februari 2017

Ngalis Menggunakan Maskara Waterproof


Maskara adalah satu di antara banyak tata rias yang tak lupa saya gunakan saat akan keluar rumah. Mau ke mana pun rasanya akan aneh sekali jika tidak menggunakan maskara. Beda betul dibandingkan 10 tahun yang lalu. Ketahuan menggunakan maskara saja rasanya malu. Bulu mata terlihat ada maskaranya terasa aneh. Jadi dulu saya menggunakan maskara sedikit saja supaya tidka terlihat menggunakan produk riasan mata. Eyeliner? Boro-boro.

Sekarang sudah cukup berumur dan memang tidak bisa lepas dari tata rias. Tapi saya berusaha menggunakan tata rias yang lebih natural untuk sehari-hari. Sebab tidak ada jadwal ngelenong juga. Walaupun saya setiap hari menggunakan tata rias bukan berarti saya ahli menggambar alis. Selamat jika Anda memiliki kemampuan menggambar alis yang bagus.

Tenang buat yang punya kemampuan ngalis pas-pasan dan tak pernah pede untuk menunjukkan hasilnya di muka umum sebaiknya ikuti trik ngalis dari saya. Saya kadang ngalis kadang enggak. Tapi kalau mau ngalis saya pakenya maskara khusus alis atau maskara waterproof yang akan bikin alis kita lebih tebal dan terbentuk. Kalau sudah punya alis yang tebal saya sarankan sih bikin sisir alis menggunakan sisir maskara yang sudah tidak digunakan lagi.

Pastikan tidka ada maskara lagi yang menempel di sisir tersebut. Bersihkan sampai benar-benar tidak ada lagi sisa maskara di sana. Kalau sudah bersih bisa digunakan untuk menyisiri alis supaya letaknya menjadi lebih rapi. Tidak berantakan seperti kita habis cuci muka. Alisnya musti on point gitu. Hebatnya mengatur alis kita sesuai bentuk aslinya adalah wajah kita jadi tetap dengan keunikan bawaan lahirnya. Bukan berbentuk alis yang sedang ngetren sekarang.

Alis yang sesuai dengan bawaan lahirnya tidak akan tergerus zaman. Sampai kapan pun alis kita tetap up to date bentuknya. Karena aslinya memang demikian. Sisir hanya untuk merapikannya dan tidak mengubah bentuk yang sudah ada.

Oriflame punya tuh maskara khusus untuk alis atau yang disebutnya eyebrow gel. Bahannya dari gel jadi kalau terkena air dia tidak akan luber ke mana-mana melainkan langsung hilang dan bisa di touch up kembali. Gelnya sangat ringan dan tidak akan terasa ada perubahan yang signifikan yang kita rasakan. Orang hanya akan melihat alis kita lebih tebal dan rapi dibandingkan biasanya. Khusus buat yang alisnya tipis sekali boleh juga gunakan maskara waterproof yang akan bertahan walaupun terkena air.


Satu hal yang harus kita ingat saat menggunakan maskara bulu mata menjadi maskara alis, jangan terlalu banyak menggunakannya di alis karena takutnya menggumpal. Jadi gunakanlah maskara yang hampir habis isinya untuk menghindari produk menempel terlalu banyak di alis.

Oriflame Kan Mahal?


Saya mengumpulkan produk Oriflame itu dulunya sedikit-sedikit. Bukan masalah harga yang paling pertama tapi nungguin promo itu menyenangkan. Membeli dengan harga diskon yang lebih rendah atau nungguin bazaar online itu mendebarkan. Akhirnya memang mendapatkan harga yang jauh lebih terjangkau. Saya lebih suka menyebutnya terjangkau sekarang dibandingkan murah karena lebih masuk akal. Harga itu relatif sesuai kemampuan masing-masing. Ada yang beranggapan harganya mahal ada pula yang bilang murah. Tapi percaya deh produk Oriflame itu harganya berpatutan. Sesuai dengan kualitas yang diberikan bahkan melebihi harga yang dibanderol pada produk tersebut.

Pernah beli kajal pure color harga Rp9.900 di katalog? Jika harga member ini hanya Rp7.600. Hanya sedikit tipis berbeda dari harga pulsa 5.000 perak yang dijual seharga Rp7.000. Harga yang sangat terjangkau bukan mengingat harga produk serupa kebanyakan puluhan hingga ratusan ribu. Saya juga menggunakan bedak dari pure color yang pas diskon bisa sisa belasan sampai 20ribuan. Kita tidak perlu mengeluarkan uang banyak kok untuk membeli produk Oriflame asal tahu kapan produk tersebut akan ada promonya.

Sekarang sudah sangat gampang mengintip promo bulan berikutnya dengan membeli katalog edisi bulan depan di awal bulan ini. Bisa juga lihat katalog online versi Android yang selalu muncul edisi bulan berjalan dan bulan depannya. Kita diizinkan melihat harga ‘masa depan’ semua produk Oriflame yang tercantum di katalog. Jadi sebelum membeli produk yang kita inginkan di katalog berjalan cek dulu promo bulan depan. Jangan sampai kecewa karena terlanjur beli suatu produk dengan harga normal di bulan ini eh tahunya bulan depan ada promo hemat gilak!

Itu enaknya belanjaa produk Oriflame.

Untuk beberapa produk memang ada yang terasa lebih tinggi dari produk yang ada di pasaran. Walaupun sebenarnya membandingkan produk Oriflame dengan produk di pasaran itu seperti membandingkan buah durian dan apel. Ya jelas tidak akan ketemu titik benarnya. Dua benda yang sangat berbeda. Meskipun sama-sama buah, durian tak bisa dibandingkan dengan apel. Dari rasa dan harga sudah pasti berbeda. Kalau ingin membandingkan ya harus durian dengan durian dan apel dengan apel.

Satu hal yang saya pahami dari produk skincare Oriflame adalah produk ini dibuat dari tumbuh-tumbuhan dan tidak diujicobakan pada hewan. Yang bikin produknya tentu saja ahli kulit ya bukan produk abal-abal yang mengedepannya ‘putih’. Di Oriflame penggunanya diberikan kecerdasan untuk memahami bahwa ini produk perawatan bukan produk pemutihan. Saya maklum masih banyaknya orang yang sedikit-sedikit bertanya.

“Bisa buat mutihin kulit nggak?”

Sampai sekarang di layar televisi yang kita lihat adalah promo produk yang ‘memutihkan’ atau paling tidak ‘mencerahkan’. Sejatinya yang namanya produk perawatan adalah mengembalikan kulit ke bnetuk terbaiknya dengan warna aslinya. Entah itu putih, kuning langsat, atau seperti saya sawo matang. Yakin deh yang namanya kulit sehat itu yang warnanya sesuai dengan warna asli kulit kita bukan yang paling putih. Bukannya malah aneh ya kalo kita memiliki kulit wajah yang tak sesuai dengan warna asli kulit tubuh kita di bagian selain muka?


Jadi kalau ada yang komentar sama saya soal ‘Oriflame kan mahal?’ sini deh saya kasih facial gratis dan rasakan sendiri produknya. Apakah rasa durian atau apel? Berpatutan nggak harganya sama kualitasnya. Apalagi jika Anda menggunakannya dalam jangka waktu panjang.

26 Februari 2017

Bandung, Kota Magis untuk Lahan Bisnis Properti yang Laris




Meski tidak memiliki gugusan pantai seindah Bali atau kental dengan sejarah budayanya seperti Yogyakarta, nyatanya Bandung sejak lama telah menjadi destinasi wisata. Kota kembang ini memiliki daya magis yang luar biasa dalam menarik minat pelancong. Tujuan kedatangan mereka yang tidak berasal dari kota ini pun macam-macam. Ada yang murni hanya urusan bisnis, ada yang datang jauh-jauh merantau untuk mengenyam pendidikan, ada yang sekadar ingin berbelanja, dan lain-lain.

Bandung Lautan Api Properti
Memang, jika diperhatikan, rasanya semua yang dibutuhkan ada di Bandung. Keindahan alam dengan udara yang masih sejuk alami. Pusat bisnis sebagai ladang mendapatkan rezeki dan penggerak roda ekonomi. Pusat perbelanjaan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Tempat wisata dan hiburan sebagai pelepas penat dan kumpul bersama keluarga. Belum lagi tata kotanya yang kini semakin menarik dan mengedepankan hak-hak pejalan kaki.

Buka saja salah satu situs pemesanan penginapan secara online dan lihat seberapa banyak penginapan—termasuk hotel, apartemen, dan vila—yang ada di Bandung. Jawabannya: sangat banyak. Tentu saja hal ini sangat wajar. Bahkan hingga kini pun, para pengembang properti masih tidak bosan-bosannya menggali keuntungan bisnis dengan mendirikan bangunan hunian baru.

Lahan Baru Potensi Bisnis Properti di Bandung

Kemajuan suatu daerah, termasuk pula dari sektor pariwisata dan bisnisnya, tidak bisa lepas dari peranan pemerintah. Sebagai nakhoda arah perkembangan dan kemajuan wilayahnya, setiap pimpinannya harus mampu berpikir secara logis dan visioner. Dan Bandung kini tengah berada di bawah kendalinakhoda yang sangat baik. Program pemerataan pembangunan yang tengah dijalankannya selain berdampak pada kesejahteraan dan kepuasan masyarakat, juga berimbas kepada para pengembang properti.
Keterkaitan properti tidak bisa dipisahkan oleh dua hal yang sangat mendasar,yakni infrastruktur dan kondisi alam. Kini, Walikota Bandung tengah berupaya melakukan pembangunan dan perbaikan infrastruktur di kawasan Bandung Timur dan Bandung Selatan. Di kawasan Bandung Timur misalnya, rencana pembangunan fly over Pasteur-Ujung Berung, intercharge Gedebage, dan monorel serta tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan tentu akan semakin menguatkan kawasan ini terintegrasi secara bisnis. Selain itu, dengan kondisi Bandung Timur yang juga merupakan pusat pendidikan, pendirian bisnis properti di sini diprediksi akan sangat benderang.
Sementara itu, Bandung Selatan saat ini masih lebih banyak dikenal sebagai wilayah wisata alam dan bumi perkemahan. Sebut saja Ciwidey, Kawah Putih, Ranca Upas, dan Situ Patenggang. Wisatawan yang datang mengunjungi tempat ini pun cukup banyak, khususnya golongan muda. Berbagai kegiatan outbound dan kelompok pun kerap diadakan di kawasan ini.

Kesempatan Berinvestasi Properti Sangat Terbuka Lebar
Tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba berbisnis properti di Bandung. Sampai saat ini, dan jika melihat perkembangannya ke depan, investasi properti di Kota Kembang ini masih sangat berpotensi dan menjanjikan.

Berkembangnya pariwisata di berbagai wilayah di Bandung

Mau mencari jenis wisata apa saja, semua ada di Bandung. Mulai dari wisata alam, wisata belanja di factory outlet dan distro, wisata kuliner, wisata museum, agrowisata, dan yang lainnya, semua ada. Bahkan bisa dikatakan, hampir di setiap daerah memiliki lebih dari satu buah destinasi wisata yang menarik.

Contohnya saja Lembang—daerah yang akan menjadi sangat macet kala akhir pekan atau musim libur tiba. Jajaran hotel dan villa di Bandung cukup tumpah ruah di kawasan ini. Pasalnya, Lembang tidak lagi hanya menjual suasananya yang sejuk, tetapi juga menghadirkan berbagai tempat wisata menarik. Salah satunya adalah Farmhouse, sebuah tempat wisata berkonsep pertanian ala Eropa dengan desain bangunan menyerupai arsitektur Eropa klasik. Bahkan di tempat wisata ini tidak perlu menunggu akhir pekan untuk menjadi ramai pengunjung.

Selain Farmhouse, masih ada lagi De Ranch, The Lodge Maribaya, Floating Market, Rumah Sosis, Tahu Susu Lembang, dan lain-lain. Bahkan biasanya, wisatawan yang datang ke Lembang tidak akan menyia-nyiakan untuk sedikit naik lagi menuju Gunung Tangkuban Perahu. Dan untuk menikmati seluruh tempat-tempat ini, tentu waktu satu hari tidak akan cukup. Wisatawan akan memilih untuk menginap di penginapan terdekat sebelum melanjutkan perjalanan.
Semakin tingginya peminat perguruan tinggi dari luar daerah
Institut Teknologi Bandung. Universitas Padjadjaran. Universitas Telkom. Universitas Parahyangan. Universitas Kristen Maranatha. Ini hanyalah lima contoh perguruan tinggi yang ada di Bandung dari total puluhan yang ada. Tentu saja, mahasiswa yang mengenyam pendidikan di kampus-kampus ini pun tidak semuanya berasal dari Bandung.

Dilihat dari kacamata bisnis properti, fenomena ini adalah peluang yang amat sangat menguntungkan. Pengembang properti besar dapat mendirikan apartemen di kawasan-kawasan pendidikan tersebut. Masyarakat yang memiliki lahan atau rumah dapat memfungsikannya sebagai indekos atau kontrakan. Jika Anda memiliki properti yang dapat dimanfaatkan, jangan sia-siakan kesempatan ini.

Fokus peningkatan pertumbuhan dalam kota

Seperti yang dapat kita amati, pemerintah Kota Bandung tidak main-main dan sangat fokus dalam meningkatkan pertumbuhan berbagi sektor di dalam kotanya. Penataan ruang publik, kreasi dengan mengajak seluruh masyarakat terutama golongan mudanya, hingga memajukan UKM-UKM penduduknya dan memasarkan produk lokal di kancah internasional, membuat seluruh mata tertuju pada kota ini. Dampaknya, penduduk di kota lain menjadi begitu tertarik dan ingin menjadi bagian—atau setidaknya merasakan sejenak—kehidupan di kota ini.

Daya magis Bandung tidak hanya menarik perhatian dan minat wisatawan, tetapi juga para investor dan pelaku bisnis, termasuk pula di sektor properti. Seperti penjabaran di atas, ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk berinvestasi properti—rumah, apartemen, hotel, dan vila di Bandung. Tertarik mencoba?

Menyanyi di Depan Kelas


Waktu duduk di sekolah dasar ada mata pelajaran kesenian yang biasanya mengharusnya siswa menyanyi di depan kelas atau menggambar. Saya lebih merasa aman jika diminta menggambar. Tidak peduli gambar yang saya buat nanti tidak jelas bentuknya. Menyanyi bukan passion saya sebenarnya dan suara saya jauh dari yang bakalan bikin orang ternganga atau berdecak kagum. Bahkan saya pernah diminta ikut lomba menyanyikan syair melayu lalu digantikan sama teman saya karena ternyata suara saya susah sekali untuk terdengar merdu menyanyikan syair-syair tersebut.

Entahlah…

Saya suka menyanyi di rumah atau di kamar mandi. Waktu kecil saya bahkan punya tempat duduk buat menyanyi. Banyak sekali lagu anak-anak yang saya nyanyikan di kursi kayu yang panjang itu. Milik tetangga sebelah rumah Uwan. Saya tak punya impian untuk menjadi penyanyi juga sih. Menyanyi itu sekadar saya mengeluarkan suara untuk menghibur diri sendiri mengingat tidak banyak hiburan yang bisa saya dengarkan di kampung yang lama sekali baru ada listrik.

Paling saya akna sedikit berbahagia dengan adanya orkes kampung yang datang karena dipanggil oleh keluarga yang menikahkan anaknya. Memanggil orkes ke kampung kami dulu itu adalah prestasi besar yang bisa dibanggakan. Karena itu sebagai tanda bahwa yang punya acara orang yang berduit. Lagunya kebanyakan lagu dangdut.

Saya bahkan ingat nama-nama orkes yang terkenal dulu. Sekarang saya sudah tak pernah menyaksikan orkes dangdut yang banyak digunakan sebagai hiburan di malam hari setelah paginya ikut undangan pernikahan. Hal-hal sederhana yang dulunya terasa hebat dan mengesankan. Sekarang? Youtube berpesta setiap menit. Kita kelebihan sumber informasi dan hiburan. Waktu 24 jam seakan tidak cukup untuk dihabiskan menyaksikan semua hiburan itu.

Gadis kecil yang berdiri di depan kelas dengan seragam putih merahnya yang kekecilan karena sudah lama tidak diganti menyanyikan lagu Bagimu Negeri yang selalu diingatnya sebagai Padamu Negeri sekarang sudah besar. Tak lagi memilih lagu pendek itu untuk dinyanyikan di depan teman-temannya dengan malu dan ingin segera selesai. Saya tidak tahu apakah ada yang menikmati nyanyian saya atau ada yang suka dengan kegiatan menyanyi di depan kelas. Seharusnya pelajaran kesenian siswa bebas memilih seni yang dia sukai atau setidaknya yang dia bisa. Menyanyi is not really my thing.


Walaupun ada beberapa lagu yang bisa saya nyanyikan dan tidak terdengar seperti kucing kejepit pintu. But still, writing is really my thing.

25 Februari 2017

Sedia Tendercare di Dapur



Ibu rumah tangga memang tak bisa dilepaskan dari kegiatan masak-memasak. Saya wkatu masih sekolah dulu juga sudah mulai belajar menyiapkan makanan sendiri. Satu hal yang paling mengganggu saat memasak adalah pancitan minyak. Aduh sayya paling sering kena minyak goreng dan reseptor rasa sakit di kulit saya itu sangat sensitif. Jadi rasa sakit yang sama di tubuh saya dan tubuh orang akan terasa lebih menyakitkan pada diri saya.

Minyak goreng yang panas ketika terkena kulit itu sangat menyakitkan. Sepanjang hidup saya yang sangat sakit adalah saat menggoreng terong dan terongnya meledak. Minyak langsung menyambar tangan saya. Dulu sudah menggunakan krim untuk luka bakar tetapi rasa panasnya benar-benar menyiksa sampai harus dikipasin terus-menerus karena sangat menyakitkan.

Sekarang sih beda ya. Karena saya sudah kenal tendercare dari Oriflame yang sangat membantu luka bakar untuk disembuhkan dan rasa sakitnya. Dulunya saya sering menggunakan tendercare untuk bibir sampai saya banyak sekali baca review tentang produk Oriflame yang sangat terkenal ini dan punya banyak sekali varian. Saya sih tidak terlalu memilih ya mau aroma yang mana. Yang penting itu tendercare karena manfaatnya sama saja antara yang satu dengan yang lainnya.

Beberapa waktu yang lalu saya terkena pancitan minyak goreng yang lagi mendidih. Merah di seluruh pergelanganan tangan kanan. Sakit sekali. Buru-buru saya kasih tendercare supaya tidak menggelembung dan berair. Karena memang saya selalu bawa tendercare ke mana-mana, sepanjang aktivitas saya tak henti-hentinya tendercare saya oleskan ketika kulit saya terasa semakin panas. Saya mencoba menahan untuk tidak mengipas atau menggunakan es batu di luka bakar itu. Beberapa jam kemudian merahnya sekitar 70% menghilang. Hanya bagian yang benar-benar terbakar minyak goreng yang tersisa. Tapi kabar baiknya tidak lagi sakit atau menggelembung. Hanya tinggal menyembuhkan kulit yang terbakar dan masih membekas untuk beberapa hari ke depan.


Luka bakar karena minyak goreng biasanya bisa hilang setelah mengelupas atau memudar setelah terus diolesi tendercare. Sekarang di dapur saya selalu menyediakan tendercare buat jaga-jaga kalau terkena luka bakar pancitan minyak goreng. Walaupun sebenarnya saya lebih suka tidak terkena minyak panas sama sekali. Hanya jaga-jaga.

Kesalahan Banyak Perempuan Setelah Menggunakan Make Up



Kesalahan banyak perempuan di dunia ini setelah menggunakan make up rata-rata sama. Termasuk saya dulunya juga begitu. Apa kesalahan kita? Jangan-jangan sampai sekarang pun masih dilakukan. Kesalahan yang paling sering kita lakukan adalah tidak membersihkan make up sebelum tidur menggunakan make up remover.

Aku kan sudah pake sabun wajah kakak…

Tata rias atau make up butuh yang namanya penghapus make up atau make up remover karena fungsinya berbeda dengan sabun untuk wajah. Jika kita memang tidak menggunakan make up sama sekali tentunya tidak butuh make up remover ya. Walaupun membersihkan menggunakan make up remover akan lebih efektif sebelum menggunakan sabun pembersih wajah. Sisa kotoran atau make up di wajah kita kalau menumpuk akan bikin masalah lho. Entah itu jerawatkah atau kulit cepat keriputkah.

Macam-macam masalah yang timbul karena kita sendiri malas membersihkan wajah kita dari sisa tata rias. Kita tidak ambil peduli dan lebih memilih tidur dengan wajah masih full make up. Kita bukan sleeping beauty yang butuh make up selama tidur karena menunggu pangeran yang akan menciumnya. Kita perempuan biasanya yang ingin kulitnya lebih indah tanpa ada kata ‘penuaan dini’.


Setiap perempuan ingin tampil lebih muda. Itu adalah variabel yang tak bisa kita pungkiri bukan? Jadi sebaiknya bagaimana? Ya itu tadi, siapkan make up remover untuk mengangkat sisa make up yang ada di wajah kita supaya wajah kita bersih dan bebas dari bahan-bahan yang bisa membuat kulit kita lebih tua dan jangan sampai menjadi tempat bersarangnya bakteri penyebab jerawat.

24 Februari 2017

Bali Kuta


Bagaimana kalau kita pindah ke Bali? Saya baru kepikiran hal ini beberapa hari yang lalu. Dari banyak tempat yang ada di Indonesia memang saya merasa nyaman sekali berada di Pontianak, Kalimantan Barat. Namun kemudian saat mengingat banyak hal yang ada di Bali saya jadi mulai berpikir bagaimana kalau saya pindah ke Bali saja? Banyak hal yang bisa saya lakukan di sana. Paling penting lagi banyak event yang bisa saya temukan di sana. Seperti Ubud Writers Festival dan seminar-seminar bisnis yang banyak teman-teman saya ikuti.

Hal lainnya sih karena saya ingin ‘liburan’ setiap hari. Bukannya memang akan terasa kayak liburan ya kalau tinggal di Bali. Ah nggak kebayang kalau bakalan akan tinggal di sana. Saya membayangkan punya tanah di sana lalu membangun rumah mini yang selama ini saya inginkan. Kemudian punya kolam ikan yang isinya ikan air tawar kesukaan saya. Lalu di halaman banyak tanaman sayuran dan buah-buahan. Surga kecil milik keluarga kami.
Pindah ke Bali? Iya sudah saya niatkan mau pindah ke sana. Tinggal menyiapkan penghasilan dan cari tanah di sana nantinya buat membangun rumah impian saya. Tidak perlu ebsar dan mewah. Cukup rumah sederhana yang isinya menghangatkan keluarga kami. Terus saya juga tidak ingin punya banyak barang di dalamnya. Cukup hal-hal yang kami butuhkan. Kemudian saya juga ingin menjepret banyak hal di sana.

Saya memabyangkan bisa menulis sambil menikmati suasana pantai setiap hari. Menulis novel ditemani deburan ombak. Bakalan romantis banget kayaknya novel yang saya tuliskan di sana. Walaupun agak sedikit khawatir dengan kemungkinan bakal mendengar bunyi gong dan alat musik yang menakutkan bagi saya. Keinginan untuk tinggal di Bali jauh lebih besar sih dibandingkan rasa takut tersebut. Apalagi dokter bilang saya harus menghadapinya pelan-pelan dan menghilangkan rasa takut tersebut. Jangan dipikirkan dululah hal yang itu.

 Waktu saya pertama kali datang ke Bali yang saya cari adalah pantainya. Pantai yang saya datangi ya tentu saja Kuta. Karena yang saya kenal hanya pantai yang itu. Nggak begitu jelas sih karena saya datangnya malam dan sudah sepi. Bali Kuta. Siapa yang tidak tahu lokasi yang satu itu. Kapan-kapan saya akan datang lagi ke sana bersama keluarga. Mudah-mudahan segera bisa pindah ke sana dan bekerja bersama alam. Akan sangat menyenangkan jika impian itu bisa diwujudkan.

Waterliner



Sekarang ini berbagai jenis make up tersedia untuk banyak perempuan yang ingin ‘melukis’ dirinya dengan tangannya sendiri. Di Youtube kita akan banyak sekali menemukan tutorial untuk menggunakan make up atau melihat make up seperti ap ayang lagi ngetrend. Saya sendiri bukanlah pengguna make up profesional ya. Saya hanya sekadar bisa mengaplikasikan beberapa make up di wajah dan satu di antaranya adalah eyeliner.

Dari banyak jenis eyeliner saya sebenarnya lebih suka menggunakan kahjal karena eyeliner ini sangat aman dan natural. Bahkan bisa jadi kita akan terlihat tidak menggunakan eyeliner sama sekali karena menggunakan kajal di bagian waterline kelopak mata. Alih-alih menggunakan eyeliner jadinya yang kita gambar adalah waterliner yang jauh lebih tegas.

Make up, satu di antaranya make up mata, akan membuat banyak sekali perbedaan di wajah kita. Setiap make up akan menjadikan kita seseorang dengan karakter yang ingin kita lukiskan. Apakah seseorang dengan tampilan yang natural atau seseorang dengan kesan yang lebih gelap dan misterius. Ketika seseorang menghapus make upnya dan kamu baru pertama kali melihatnya mungkin kamu akan terkejut dengan wajahnya yang sebenarnya.

Bisa jadi dia akan terlihat lebih indah tanpa make up atau malah sebaliknya terlihat menyeramkan karena wajah aslinya jauh sekali dari tampilan yang ditunjukkan saat menggunakan tata rias. Pernah lihat tutorial make up di Youtube yang memperlihatkan bagaimana seorang gadis yang berhasil mengubah wajah aslinya ke wajah dengan make up yang sangat berbanding terbalik. Biasanya yang membuat perbedaan besar adalah penambahan lensa kontak dan bulu mata palsu.

Itu satu di antara banyak alasan saya tidak menggunakan lensa kontak apalagi bulu mata palsu. Jadi saya hanya memberikan ‘warna’ pada beberapa bagian tanpa mengubah ‘bentuk’-nya. Saya juga suka takut membayangkan harus menggunakan lensa kontak lalu terjadi gangguan pada mata. Belum lagi bulu mata palsu yang bisa saja jatuh karena lemnya kurang nempel. Ah tak terbayangkan saat kita berada pada kondisi yang seperti itu dan berada di tempat yang ramai. Akan sangat memalukan ya jika penampilan kita jadi aneh gara-gara ada bulu mata palsu yang nempel di pipi.


Jangan dibayangkan! Cukup diingat saja. Hahaha...

23 Februari 2017

Maraton


Maraton kayaknya bakalan jadi pilihan olahraga saya deh yang entah kapan akan benar-benar saya wujudkan. Setiap kali mau olahraga ada rasa malas dan memutuskan untuk di rumah saja mencoba melakukan olahraga dalam ruangan yang lebih seringnya gagal disebabkan karena saya tidak terbiasa. Paling mudah memang lari maraton dibandingkan berbagai jenis olahraga dalam ruangan yang banyak dilakukan orang.

Saya memilih maraton juga saat melihat hasil yang didapatkan seseorang di Youtube selama 10 minggu melakukan lari maraton. Bagian tubuhnya berbentuk indah dan lemaknya juga berkurang. Sebagai seorang ibu yang sudah pernah hamil dan melahirkan akan ada gelambir di bagian perut yang terlihat kurang sedap dipandang mata. Saya suka tak percaya diri dengan tubuh saya sendiri ini. Terutama bagian perut.


Saya sih nggak nyari olahraga yang bikin perut saya jadi kotak-kotak. Cukup lemak dan gelambirnya menghilang saja. Itu sudah sangat menyenangkan. Ada yang mau lari maraton sama saya di GOR Pangsuma Pontianak?

Bekam Kering


Bekam kering akhir-akhir ini hampir setiap hari saya lakukan. Bekam api sih sebenarnya tapi karena tidak mengeluarkan darah jadinya saya sebut sebagai bekam kering. Soal bekam basah yang mengeluarkan darah dulu sudah pernah saya lakukan juga. Memang enak sekali setelah dibekam. Badan menjadi lebih ringan dan rasanya aliran darah juga menjadi lebih lancar. Sekarang saya hanya lebih sering bekam kering bersama suami.

Bekam keringnya sangat praktis, hanya menggunakan uang logam yang dikasih kain perca dibasahi minyak goreng, kemudian dinyalakan kainnya, letakkan di atas tubuh kita bagian belakang. Setelah itu ditutup dengan gelas. Biarkan gelasnya menyedot bagian tubuh kita hingga membulat.

Saya sering bekam gara-gara sering sakit kepala disebabkan oleh masuk angin. Kadang saya bingung mengapa saya masuk angin padahal jam makan sudah diatur sedemikian rupa supaya tidak terlambat makan. Tapi tetap saja saya akhirnya masuk angin. Syukur-syukur tidak sampai migrain. Walaupun kebagian migrainnya malah lebih sering dari yang nggak.


Apa karena sekarang usia sudah kepala tiga ya? Usia berpengaruh nggak sih dengan mudahnya kita masuk angin? Apa yang harus kita lakukan supaya tidak masuk angin?

22 Februari 2017

Kangkung Taoco


Kangkung Taoco adalah satu diantara banyak masakan Umak saya yang tak bisa saya lupakan. Sering sekali dia membuatkannya untuk kami. Entah apa alasannya yang jelas saya juga suka sekali dengan sayuran yang satu itu. Terutama jika yang memasaknya Umak saya. Dicampur dengan taoco yang punya aroma khas. Rasa taoco yang sedikit asin juga membuat kangkung semakin enak. Apalagi kalau dicampur dengan potongan seafood dan cabai, semakin menyelerakanlah kangkung itu buat teman makan nasi.

Makan dengan sayur kangkung taoco juga sudah sangat menyenangkan. Selain menggunakan taoco juga ada tumisan bawang merah dan putih. Penyedap rasa? Saya biasanya menggunakan bubuk jamur. Umak saya dulu saya tidak tahu apa yang dia gunakan sebagai penambah rasanya.


Sudah lama sekali saya tidak makan sayur kangkung taoco buatan ibu saya. Rindu.

Apalagi yang Akan Mereka Temukan?


Setiap kali melihat teknologi yang baru saya kadang bertanya-tanya dalam hati. Penemuan apalagi yang akan didapatkan? Produk apalag yang akan mereka buat? Saya lahir di tempat yang jangankan telpon, listrik pun tidak ada. Walaupun di masa saya lahir sebenarnya sudah ada telpon rumah tapi bagi saya itu sudah keajaiban yang sangat besar. Di saat itu saya masih setia menggunakan telpon yang dibuat dari kaleng dan benang. Telpon mainan buatan sendiri yang ramah lingkungan karena dibuat dari barang bekas.

Segalanya yang tadinya hanya ada dalam bayangan film fiksi sains sekarang banyak yang jadi sesuatu yang tidak asing lagi bagi kita. Menjadi bagian kehidupan kita sehari-hari. Tidak usah jauh-jauh. Smartphone yang kita pegang sekarang jika dibawa ke 10 tahun belakang atau 50 tahun sebelumnya akan menjadi benda ajaib buat dunia ini.

Semakin banyak diwujudkan semakin mungkin bagi kita menjadikan hal-hal yang tidak masuk di akal menjadi sesuatu yang benar-benar nyata.


Apalagi yang akan mereka temukan?

21 Februari 2017

Kuota Hemat Telkomsel 8GB Hanya Rp50.000 Masih Ada!



Waktu di menu *363# tidak ada lagi pilihan untuk membeli kuota murah yang biasanya saya gunakan, panik seketika. Sebab sepanjang yang saya alami, satu-satunya layanan internet yang harganya terjangkau dan tetap maksimal kecepatannya ya paket internet Telkomsel. Beruntung yang menggunakan kartu sakti bisa mendapatkan paket internet dengan harga yang sangat murah. Saya biasanya berlangganan yang Rp20.000 soalnya bonus kuota 4G-nya banyak. Kuota utama 3GB dan kuota bonus 4G sampai 5GB belum lagi bonus buat nonton di HOOQ sebesar 1GB. Total kuota yang saya dapatkan dengan membayar Rp20.000 adalah 9GB. Murah banget kan?

Awalnya sih sekitar tahun 2015 lalu saya bisa menggunakan kartu Telkomsel saya untuk membeli paket 8GB sebulan. Saat itu hanya ada kuota utama tanpa bonus 4G. Sebab jaringan 4G pun belum tersedia untuk kartu AS. Wah senangnya bukan main sebab pengalaman saya menggunakan Telkomsel memang memuaskan. Tak pernah saya merasa kecewa atau terjadi gangguan yang menyebalkan. Jarang sekali sinyalnya bermasalah. Jika bermasalah pun saya rasa saya tidak begitu menyadarinya karena segera mereka perbaiki layanannya.

Beberapa waktu lalu menu di *363# berubah. Tak ada lagi tu paket murah Rp20.000 yang saya beli. Menu paket internet murahnya menghilang. Ternyata sempat pindah ke *100# namun tak lama berubah lagi. Menunya jadi sama dengan yang di *363# dengan beberapa perubahan. Tak ada lagi bonus 4G dan harga kuotanya naik. Waduh membengkak nih pengeluaran buat beli kuota. Padahal saya paling sulit diminta menghemat pemakaian kuota.

Ternyata untuk pemilik kartu sakti bisa membeli kuota murah di konter yang mengguakan kartu M-kios. Di menu *369# ada pilihan untuk membeli pulsa internet Rp50.000 yang isinya 8GB. Lumayan balik lagi ke yang dulu harganya. Memang tidak ada lagi kuota 4G tapi setidaknya masih hemat harganya buat pengguna kuota boros seperti saya. Paling lama saya menggunakan 8GB sepanjang dua minggu jadi sebulan saya mengalokasikan dana sebesar Rp100.000 untuk kuota internet. Masih murah lah ya! Hehehe…


Ada yang pake kartu sakti di sini?

Mari Menulis!


Banyak sekali hutang menulis di blog ini. Bahkan target saya untuk menulis dua artikel setiap bulan selama bulan Februari juga tidak tercapai. Itu artinya saya harus membayarnya dengan lebih banyak tulisan lagi. Sebab Maret saya akan menuliskan 3 artikel setiap harinya. Lalu April akan ada 4 artikel dalam sehari. Ada yang salah dengan saya akhir-akhir ini sampai tidak bisa menulis seperti tahun 2013 dulu.

Iya rasanya tahun 2013 itu menjadi tahun emas saya. Di tahun itu pula akhirnya saya melepaskan masa lajang saya setelah menjadi perempuan ababil untuk beberapa tahun di sosial media. Ah memalukan sekali dulunya itu. Untungnya sekarang saya lebih bisa menahan emosi untuk tidak membagikannya di sosial media. Tidak lagi merasa bahwa saya harus mengupdate status lima menit sekali di twitter. Belum lagi di facebook. Bentar-bentar buka. Bentar-bentar buka.

Benar-benar kecanduan. Sekarang sudah ada smartphone jauh lebih mudah ya karena notifikasi akan muncul saat benar-benar ada yang berkaitan dengan kita. Tidak perlu diperiksa secara berkala.

Ini juga akan menjadi bagian dari tulisan membayar hutang yang akan saya penuhi untuk bulan Februari. Sepertinya saya harus segera menyelesaikan ketertinggalan jumlah tulisan di blog saya. Jangan sampai blog saya jadi mirip kuburan online. Jadi ingat dulu pernah ngobrolin soal kuburan online di blog ini. Tak terpikirkan oleh saya bahwa blog saya bisa jadi kuburan online berikutnya karena jarang di isi.


Ah memalukan sekali. Seharusnya kemampuan saya menulis meningkat ya. Menjadi lebih cepat dan lebih banyak. Bukannya malah kosong berhari-hari.

20 Februari 2017

Lipstik Gradasi




Punya banyak lipstik membuat saya sering menggunakan beberapa lipstik sekaligus ketika bepergian. Terutama kalau beberapa lipstik yang saya gunakan tidak ada warnanya yang benar-benar sesuai. Biasanya saya akan menggunakan dua warna yang berlawanan. Paling merah. Paling pucat. Kedua warna yang berlawanan saat digunakan sekaligus akan mendatangkan warna yang baru. Saya paling suka kalau lipstiknya matte, jadi tidak perlu khawatir kalau lipstiknya berpindah ke gigi. Menyebalkan sekali kalau gigi kita tertempel lipstik.

Mau senyum jadinya malu ya saat gigi kita ada lipstiknya. Walaupun sebenarnya saat menggunakan lipstik matte juga harus hati-hati supaya saat terbiasa menggunakannya setiap hari dan lupa membersihkannya yang terjadi adalah bibir kita bisa kering dan pecah-pecah. Bibir pecah tuh nggak enak banget.

Saat mengalami bibir kering dan pecah-pecah mengoleskan tendercare di malam hari sangat membantu. Terutama kalau yang bibirnya suka mengelupas. Tendercare dari Oriflame bisa sangat membantu bibir kita dikelupaskan tanpa rasa sakit. Kulit yang sudah mati di bibir akan lepas hanya dengan digosok dengan handuk basah atau sikat gigi. Tidak akan berdarah seperti bibir kering yang tidak dikasih pelembab.

Untuk membuat warna gradasi di bibir dari dua warna lipstik saya senangnya membaurkan warna lebih merah di bagian dalam dan warna yang lebih pucat di bagian luarnya. Jadi tidak seluruh bagian bibirnya berwarna merah. Hanya sedikit saja saya oleskan bagian merah di bagian dalam bibir. Ala-ala bibir artis korea gitu. Soal make up saya memang sangat suka melihat dandanan artis Korea yang lebih menuju natural dan tidak menor kayak artis sinetron yang berat sekali tata riasanya. Tebal dan menor.

Ketika Penyiar Kehilangan Suara





Paling berat yang terjadi pasa suara saya hanyalah radang tenggorokan dan sulit berbicara beberapa hari. Saya tak pernah bisa membayangkan bahwa suara saya akan hilang karena terjadi kanker tenggorokan atau pita suara. Bagi penyiar kehilangan suara adalah mimpi terburuk yang tak pernah diinginkan. Suara saya? Sebenarnya biasa saja. Bukan jenis suara yang bagus untuk digunakan menyanyi. Bukan pula jenis suara yang ‘jernih’ atau ‘serak-serak basah’. Suara yang biasa dan dapat dengan mudah dicari penggantinya.

Soal siaran saya rasa bukan masalah suara siapa yang paling merdu. Cukup suara yang enak didengar dan bisa didengarkan berjam-jam tanpa membuat orang memindahkan gelombang radionya. Seperti itu suara yang dibutuhkan untuk menjadi penyiar. Jadi saat kita merasa bahwa suara kita adalah jenis suara yang biasa saja dan bukanlah suara merdu yang bisa menyanyikan banyak lagu bukan berarti kita tidak bisa menjadi penyiar radio ya.

Saya ingat sekali bagaimana saya suka merekam suara saya kemudian memutarnya ulang untuk saya dengarkan kembali. Waktu duduk di sekolah dasar dulu saya ingin sekali bisa menjadi penyiar radio. Tak terbayangkan oleh saya bahwa impian seorang gadis kecil yang lahir di desa tanpa listrik bisa menjadi kenyataan. Saya benar-benar menjadi penyiar radio. Padahal suara saya sumbang sekali kalau digunakan untuk menyanyi.

Suara sumbang itu sampai sekarang masih mengudara. Saya tak ingin kehilangan suara saya seperti Ariel yang kehilangan suaranya demi mendapatkan sepasang kaki. Sebagai manusia biasa yang punya segalanya secara normal sudah menjadi kesempurnaan tersendiri. Sebab banyak sekali orang yang memiliki kekurangan secara fisik atau tak bisa bersuara. Apabila kita dilahirkan tanpa suara kemungkinan kita tidak akan merasa terbebani sebab itu sudah menjadi bawaan lahir.

Pernahkah kita yang bisa berbicara dengan normal tiba-tiba tidak bisa berbicara sama sekali. Apalagi kalau pekerjaan kita menuntut kita untuk berbicara lebih banyak. Tidak memiliki suara akan menjadi akhir dari segalanya.

19 Februari 2017

4 Tips Memilih Provider dan Cara Penggunaan Pulsa Agar Semakin Hemat



Pulsa merupakan modal utama untuk memudahkan penggunaan perangkat handphone supaya bisa dipakai untuk kebutuhan komunikasi, akses internet, dan lain sebagainya. Penggunaannya kini juga untuk kebutuhan listrik rumahan yang sudah memakai sistem token listrik. Sehingga dalam menggunakan listrik, pemilik rumah harus mengisi ulang meterannya sekian puluh atau ratusan ribu. Jika masih kosong maka jangan berharap listrik di rumah akan menyala meski hanya untuk satu lampu 5 watt.

Memilih Provider yang Tepat

Banyak orang yang merasa dengan adanya sistem isi ulang di kartu selullar maupun token listrik dirasa sangat boros. Padahal boros disini bisa jadi karena cara kita memakainya yang jauh dari kata hemat sehingga imbasnya cepat terasa. Khusus untuk pemakaian pada kartu selullar pastikan memilih provider yang tepat supaya lebih hemat. Sebab membeli sekitar puluhan sampai ratusan ribu per bulan untuk kebutuhan komunikasi tentu saja akan merugikan diri sendiri.

Langkah awal dalam berhemat adalah dengan cermat menentukan provider yang akan digunakan, berikut kiat supaya kantong tetap tebal namun handphone selalu siap dipakai 24 jam:

Memilih yang harganya paling murah mulai dari harga kartu perdana sampai isi ulangnya.
Memakai provider yang digunakan oleh keluarga dan rekan-rekan sehingga komunikasi akan semakin hemat.
Memilih provider dengan paketan internet yang menawarkan harga paling irit.
Sesuaikan dengan pemakaian, jika sering dipakai bertelepon pilih yang tarif teleponnya irit sementara untuk SMS pilih yang bonus SMS-nya berlimpah.

Memilih provider yang tepat memang membantu sekali untuk menghemat pemakaian isi di dalamnya, sehingga tidak perlu keluar uang banyak. Akan tetapi jangan hanya memiliki niatan untuk menekan pengeluaran saja namun pertimbangkan kenyamanan. Pasalnya biaya murah namun sinyalnya naik turun tidak jelas tentu komunikasi menjadi sulit dilakukan dengan lancar. Dalam kondisi tertentu dan sifatnya genting kondisi sinyal provider akan sulit diandalkan maka perhatikan provider mana yang sinyalnya paling bagus.

Kiat Paling Aman Menghemat Pemakaian

Setelah menentukan provider yang dirasa paling tepat, berikutnya jangan sampai terlupa untuk memahami cara menghemat pemakaian pulsa di kartu selullar yang digunakan. Cara menghematnya ada adalah:

Komunikasi dilakukan dengan cermat,
Berkomunikasi dengan telepon selullar memang baiknya dilakukan dengan cermat, maksudnya adalah menyesuaikan dengan provider lawan komunikasi. Menyamakan provider menjadi langkah aman sebab tarif sesama provider biasanya lebih murah bahkan untuk komunikasi via telepon sekalipun.

Penggunaan perangkat handphone seperlunya saja.

Memakai handphone seperlunya tentu menjadi cara lain yang terbilang sangat efektif untuk menghemat isi ulang kartu selullar yang dipakai. Jika memang gemar melakukan pesan singkat maka lakukan sesekali jika memang ada hal penting untuk dibahas. Saat komunikasi via telepon pun demikian, jikalaupun ingin ngobrol banyak hal bisa memakai fitur paketan telepon. Hal yang sama berlaku untuk akses internet, yang baiknya bukan sekedar bermain game online.

Diisi ulang dalam nominal besar sekalian.

Cara berhemat lainnya adalah membeli isi ulang dianjurkan dalam nominal besar sekalian, sehingga bisa menghemat biaya pembelian. Misalnya jika membeli isi ulang lima ribu maka harganya antara Rp 6.000-Rp 7.000, sementara dalam sebulan bisa mengisi ulang sampai beberapa kali. Jika dikalkulasikan dengan cermat maka akan lebih irit jika membeli nominal besar bahkan beberapa dijual lebih hemat. Misalnya saja pulsa 50ribu di harga Rp 48.000-Rp 49.000, tergantung peruntungan.


5 Alasan Mengapa Bed Cover Cocok untuk Dijadikan Kado Pernikahan



Pernikahan adalah suatu hal yang sakral dan bisa menjadi salah satu peristiwa yang pastinya akan dialami oleh siapa saja terutama Anda sekali pun. Dalam suatu pernikahan memang selalu identik hal yang berbau pesta atau perayaan pernikahan yang tidak akan pernah terlewatkan, sebab sekali dalam seumur hidup yang mana momen tersebut tidak akan pernah terlepas untuk di kenang suatu saat nanti. Berbicara mengenai pernikahan dan juga pesta yang menyertainya, maka salah satu hal yang tidak akan terlewatkan untuk dibicarakan juga adalah kado pernikahan. Seringkali Anda merasa bingung akan sesuatu hal yakni adanya perasaan bimbang dan bingung kado apa yang layak untuk diberikan kepada rekan Anda jika memang Anda kebetulan diundang untuk menghadiri pernikahan teman Anda. Mungkin salah satu yang cocok dan selalu menjadi pilihan adalah bed cover.

Sebagai salah satu pilihan kado untuk suatu pernikahan, bed cover memang cocok dijadikan pilihan. Sebab suatu pernikahan pastinya akan selalu identik dengan hal-hal yang baru yang pastinya akan banyak hal yang baru juga yang akan menjadi kebutuhan yang diperlukan oleh kedua pasangan suami istri. Inilah yang menjadi alasan mengapa benda yang satu ini juga cocok dijadikan sebagai kado untuk sebuah pesta pernikahan karena sepasang pengantin memang identik dengan perlengkapan rumah tangga.

Jika Anda memang saat ini juga berniat untuk memberikan sebuah kado yang sama, maka hal tersebut memang menjadi pilihan tepat karena beberapa alasan berikut ini:

  1. Kebutuhan
Sebagai benda yang memang memiliki manfaat yang cukup baik untuk sebuah jenis benda maka pilihan tepat bisa Anda rasakan, yakni berilah kado yang memang bisa memberikan manfaat atau nilai plus sehingga akan membuat orang yang diberikan kado tersebut merasa senang dan suka terhadap pemberian dari Anda.

  1. Simpel
Memilih kado yang satu ini juga akan menjadi salah satu pilihan tepat karena memang akan menjadikan Anda memberikan kesan yakni lebih simpel. Anda juga bisa membungkusnya dengan mudah dan cocok untuk dibawa pada saat acara pernikahan. Untuk itu jangan ragu untuk memilihnya sebab bisa menjadi pilihan yang sesuai.

  1. Harga terjangkau
Sebagai pilihan kado yang sering menjadi pilihan yang sesuai juga akan mampu memberikan salah satu kelebihan yang bisa dirasakan yakni harganya yang murah dan juga terjangkau bisa menjadi pilihan untuk Anda. Tidak heran memang banyak yang memilihnya sebagai pilihan yang sesuai dan tepat.

  1. Banyak pilihan
Anda juga tidak perlu khawatir akan hal yang membuat Anda bingung untuk mencari yang seperti apa, karena di pasaran banyak sekali jenisnya dan bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan pertimbangan yakni lebih banyak variasinya dan juga pilihan warnanya, maka sesuaikan saja dengan selera teman atau kerabat Anda yang akan dihadiahi kado pernikahan.

  1. Identik dengan pasangan yang baru menikah

Sudah dibahas sedikit sebelumnya bahwa memang bed cover cocok untuk dijadikan pilihan kado sepasang pengantin baru karena memang menjadi salah satu kebutuhan yang diperlukan dan bisa menjadi pilihan tepat terutama untuk Anda yang memang saat ini sedang bingung memilihkan yang tepat untuk dijadikan kado pilihan yang sesuai. Maka dari itu Anda tidak perlu merasa khawatir akan pilihan yang kurang tepat sebab kini sudah ada salah satu kado yang cocok.

18 Februari 2017

Kartu Bebas Mengamen





Baru tahu saya ada kartu yang bisa dimiliki musisi jalanan dan mereka bebas mengamen tanpa perlu dikejar satpol PP. Jadi ingat waktu di Jogja beberapa tahun yang lalu. Banyak musisi jalanan yang punya potensi dan bisa menghibur penontonnya. Bukan hanya sekedar kencrang-kencreng untuk mendapatkan uang receh. Lagu belum selesai mereka sudah kabur duluan.


Penonton juga berhak mendapatkan hiburan yang layak sebelum memberikan lembaran uang yang mereka punya. Seperti di Jalan Hijas Pontianak. Setiap pagi ada musisi jalanan yang menghibur di beberapa lokasi kuliner yang ramai pengunjung. Mereka beneran nyanyi dan alat musiknya bahkan termasuk biola.

Memghibur? Sangat! Harusnya musisi jalanan tetap punya kualitas menghibur yang baik. Bukan berarti karena mereka di jalanan lantas mereka nggak pantas untuk memberikan hiburan yang layak tonton untuk orang lain.

Jangan sampai pula musisi jalanan terlihat seperti pengemis atau kriminal karena memelas saat mengamen dengan tutup botol yang di paku di kayu kecil atau mata melotot saat menagih jasa mengamen mereka. Harusnya mengamen jadi profesi yang bisa menyenangkan banyak orang. Bukan hanya senang buat diri sendiri karena menyalurkan hobi bermusik.


Sekarang Rp50.000 Dapat Apa Sih?


Uang Rp50.000 kalau dibelikan paket data Telkomsel kartu sakti dapat 8GB untuk sebulan. Saya sendiri jarang bisa menghemat kuota sampai bisa cukup sebulan. Biasanya 8GB habis dalam waktu 2 mingguan. Sudah cukup hemat bagi saya yang memang setiap hari online.

Tapi Rp50.000 yang kita punya bisa kita lipat gandakan jika kita pinter-pinter menggunakannya. Bisa dijadikan modal bisnis dengan penghasilan jutaan setiap bulannya. Bahkan bulan ini ada banyak hadiah yang bisa didapatkan orang yang baru daftar Oriflame. Ini dia hadiahnya.



Satu set panci isi tiga buah panci serba guna yang sangat bermanfaat untuk emak-emak seperti saya. Udah gitu otomatis lolos WP 1 dan mendapatkan hadiah produk senilai Rp99.000. Lumayan ya hadiahnya Rp479.000 untuk pancinya ditambah pula dengan hadiah Welcome Program senilai Rp99.000. Dari awal Rp49.900, tidak sampai Rp50.000 kita bisa bergabung di Oriflame dan menghasilkan uang setiap bulannya dengan menjual produknya.

17 Februari 2017

ASI BOOSTER




Walaupun saya sendiri selama menyusui selalu minum atau makan sesuatu yang diklaim sebagai ASI BOOSTER saya tetap meyakini bahwa yang namanya ASI akan keluar dengan lancar kalau seorang ibu itu percaya diri. Jadi harusnya tidak ada istilah "ASI SEDIKIT" atau "ASI KURANG LANCAR". Setiap ibu sudah dibekali dengan jumlah ASI sesuai dengan kebutuhan anaknya.

Paling penting seorang ibu mesti bahagia setelah melahirkan dan selalu merasa senang saat harus menyusui anaknya. Saya waktu habis melahirkan merasakan banyak sekali tekanan. Tapi kemauan kuat untuk memberikan yang terbaik bagi Raza selalu jadi motivasi yang membuat saya bisa memberikan ASI EKSKLUSIF buat anak sulung saya itu.

Sekarang Raza hampir dua tahun dan masih menyusu. Perkembangannya normal. Dia sangat ekspresif. Mulai belajar bicara banyak kata. Mengenali orang-orang di sekitarnya. Satu hal yang paling saya suka dari dia adalah dia jarang menangis dan sangat sering tertawa. Mudah sekali membuatnya tertawa. Ketika dia menangis juga mudaj sekali dibujuk dan menghentikan tangisannya.

Dulu semasa hamil saya suka sekali makan beragam sayur hijau. Saya saja sampai heran mengapa saya makan banyak sekali sayuran bahkan sayuran yang saya sendiri tidak doyan pun saya makan dengan lahapnya. Ternyata itu Raza yang suka. Sekarang setiap melihat sayuran hijau dia senang sekali memakannya.

Buat bunda yang sekarang masih menyusui seperti saya. Selain makan dan minum sesuatu yang disebut sebagai "ASI BOOSTER" ada baiknya juga percaya diri bahwa bisa menyusui anak bunda sampai usia 2 tahun. Setidaknya 6 bulan ASI EKSKLUSIF.



Pada Akhirnya



Saya sedikit terkejut dengan perkembangan drama Korea. Banyak sekali drama yang mereka produksi dan ditayangkan dibanyak negara. Mereka juga konsisten dengan membuat drama yang tidak beribu-ribu episodenya. Jarang sekali kita menemukan drama yang di atas 30 episode.

Jumlah episode dramanya paling umum 16-24 episode. Bahkan tak jarang dibawah 16 episode. Bicara soal drama Korea, kategori romance memang menarik untuk ditonton. Tapi pada akhirnya yang saya pilih adalah drama pembunuhan terutama pembunuhan berseri. Serial killer.

Menebak siapa pelaku sebenarnya selalu menyenangkan. Bagaimana dengan Anda? Suka drama apa?

16 Februari 2017

Bau Hari



Waktu kecil saya sering kali mendengar Uwan saya bilang kalau bau badan saya ‘bau hari’. Itu tandanya saya terlalu banyak main di halaman kena matahari, berkeringat, banyak debu yang nempel, dan sudah saatnya buat mandi. Sudah lama sekali saya nggak dengar Uwan saya teriak-teriak memanggil saya untuk menghentikan kegiatan saya di halaman dan segera mandi sebelum azan magrib tiba.

Datang Bulannya Tidak Sakit


Beberapa bulan yang lalu saya di kelas pernah ditanya sama dosen soal datang bulan. Entah bagaimana ceritanya ada mahasiswi di kelas saya yang mengeluh soal datang bulan dia yang masih sakit. Jadi dosen saya bilang begini, karena istrinya sudah melahirkan beberapa kali, dia jadi tahu bahwa perempuan yang sudah pernah melahirkan akan terasa perubahannya juga saat datang bulan. Katanya dia sih perempuan yang sudah pernah melahirkan datang bulannya tidak akan sesakit waktu masih gadis.

Semua mata pun memandang saya untuk memastikan bahwa pernyataan dosen saya itu benar. Saya hanya bisa bilang “saya belum datang bulan sih sejak melahirkan”. Saya masih tidak benar-benar tahu bagaimana rasanya datang bulan setelah melahirkan. Kalau dulu saya selalu minum jamu untuk memperlancar datang bulan dan menghilangkan rasa sakitnya. Paling berat sih dihari pertama. Tidak sampai menangis sih tapi mulasnya cukup bikin saya malas beraktivitas seharian.


Beda dengan sekarang. Ada benarnya ternyata apa yang diomongin sama dosen saya kalau sekarang datang bulannya jauh lebih nyaman. Tidak semenderita dulu, tidak sampai berbaring seharian.

15 Februari 2017

Running, Running, Running, Man!


Tadinya saya nggak begitu memahami game show yang satu ini soalnya saya tidak mencermati episode demi episodenya. Saya hanya lihat potongan shownya di Youtube dan kebanyakan tak ada subtittlenya. Jadi kurang memahami sampai akhirnya saya tak sengaja menemukan potongan episode yang ada Jackie Chan-nya. Potongannya lumayan panjang dan saya suka banget sama Jackie. Soalnya pemain tetap di Running Man itu tidak ada yang benar-benar saya kenal. Jadi kurang menarik minat saya untuk menonton lebih jauh.

Gara-gara Jackie Chan saya carilah episode lengkapnya yang khusus ada dia. Saya hanya download beberapa episode waktu itu. Episode yang bintang tamunya saya kenal dan saya suka. Jadi saya awalnya nonton Running Man itu bukan dari episode satu ya. Melainkan dari episode yang ada Jackie Channya. Kalau tidak salah episode 183. Ternyata memang seru game shownya dan sangat menghibur. Benar-benar bikin saya tertawa terpingkal-pingkal.

Tertawa atau tersenyum kan sangat baik ya buat kesehatan jadi setiap kali saya butuh bahan untuk ditertawakan saya akan memutar episode Running Man sambil mengerjakan aktivitas utama saya. Habis nonton Running Man bikin relaks dan segar kembali. Saya juga kerjanya juga jadi lebih semangat gara-gara Running Man.


Harga Apartemen



Tempat tinggal selalu menjadi prioritas utama bagi setiap manusia. Sebab dengan adanya tempat tinggal kita aman dari panas dan hujan. Tempat tinggal juga menjadi tempat pulang setiap dari kita untuk menemukan kehangatan di tengah keluarga atau tempat kita melepaskan penat setelah seharian bekerja. Sekarang ini tempat tinggal bermacam ragamnya. Mulai dari rumah pribadi, rumah kontrakan, kos, sampai apartemen.

Di kota besar yang banyak menjadi tujuan pendidikan atau bekerja biasanya kita bisa menemukan banyak apartemen yang bisa dibeli. Membeli apartemen tentunya jauh lebih terjangkau dibandingkan membeli rumah pribadi apalagi jika kita hanya datang ke kota tersebut sendirian untuk kuliah atau bekerja. Namun meskipun demikian memiliki apartemen juga bisa membuat keluarga lebih nyaman berkunjung saat ingin liburan bersama kita di kota tersebut.

Dibandingkan menginap di hotel, tinggal di apartemen jauh lebih hemat biaya ya apalagi kalau kita ingin tinggalnya lebih dari dua orang. Biaya untuk membeli atau menyewa apartemen juga akan lebih terjangkau. Saya sering membayangkan tinggal di apartemen yang ukurannya tidak begitu luas lalu membuat desain interior yang bisa membuat semua bagian apartemen bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Banyak sekali yang bisa kita liahat di Youtube, bagaimana orang dengan mudahnya menyulap apartemennya menjadi sesuatu yang tadinya hanya bisa ditinggali orang yang masih bujangan menjadi ‘rumah mini’yang cukup untuk keluarga dengan satu bayi.

Harga apartemen juga bervariasi bergantung lokasi dan ukuran. Semakin di tengah kota tentunya harganya semakin tinggi. Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kita beruntung bisa menemukan orang yang menjual murah apartemennya karena mendesak butuh uang dan kita bisa membelinya di bawah harga pasaran.

Di Pontianak sih yang banyak tersedia masih rumah susun yang bisa disewa ya, saya belum melihat ada yang mendirikan bangunan dan membuat apartemen yang bisa dibeli atau disewa di sini. Tapi siapa tahu ya semakin berkembangnya Kota Pontianak ini suatu hari nanti akan ada yang menyediakan apartemen terutama bagi mahasiswa yang kuliah di beberapa universitas di sini atau bagi keluarga yang butuh tempat tinggal cepat dan bisa dijual lagi dengan mudah dibandingkan tanah dan rumah pribadi yang butuh waktu untuk menjualnya.


Ada yang tahu pasaran harga apartemen di Bandung sekarang berapa? Kayaknya cocok buat investasi masa depan memiliki apartemen di Bandung mumpung anak masih kecil.

14 Februari 2017

Telur Rebus Pecah


Uwan saya punya banyak sekali resep untuk sarapan. Setiap pagi selalu ada berbagai menu andalan yang bisa saya makan sebelum berangkat sekolah. Berbeda dengan Umak saya yang biasanya lebih memilih ke apsar dan membeli kue untuk sarapan anaknya. Umak saya memang lebih praktis dan Uwan saya lebih ekonomis. Apalagi Aki saya sudah terbiasa ‘makan pagi’. Saya lebih suka menyebutnya makan karena memang yang kami lakukan setiap pagi adalah makan nasi dalam porsi ‘makan’ yang sebenarnya. Bukan sarapan yang terdengar hanya ganjel perut sebelum waktu makan siang tiba.

Menu ‘makan pagi’ yang Uwan siapkan satu di antaranya adalah telur rebus pecah. Jadi ini menunya ada kuahnya. Cara membuatnya pun mudah. Bumbunya bawang merah, bawang putih, garam, dan ikan teri. Semua bumbu direbus sampai mendidih lalu telurnya akan dipecahkan cangkangnya. Direbus tanpa cangkang sampai matang. Biasanya tidak ada tambahan garam karena ikan terinya sudah asin. Kaldu dari ikan teri yang bikin kuah telur ini tambah enak.

Nasi di piring biasanya dalam keadaan berenang. Sebab telur seperti biasa saya hanya akan dapat setengah bagian. Satu-satunya yang bisa saya ambil dalam jumlah banyak adalah kuahnya. Jadi saat telurnya sudah habis saya masih bisa makan nasi dengan kuahnya. Kuning telurnya biasanya akan saya hancurkan biar jadi banyak saat bercampur kuah. Kalau masih kurang saya bisa mengumpulkan ikan teri yang ada di dalam kuah telur. Lumayan buat jadi lauknya.


Masakan Uwan memang tiada duanya.