27 November 2017

Tips Mendesain Kamar Anak untuk Mendukung Kreativitas



Anak-anak bisa mendapatkan inspirasi dari kamar tidurnya, apalagi jika kamarnya menciptakan suasana yang kondusif untuk berimajinasi. Ada beberapa cara untuk menciptakan desain kamar anak yang bisa mengembangkan daya imajinasinya dan memotivasinya untuk berkreasi. Kali ini, kami akan memberikan beberapa tips untuk Anda.

Tapi sebelumnya, siapkan mental Anda karena kegiatan ini akan menyebabkan coretan dan cipratan cat atau tinta di sana-sini. Tapi tidak perlu takut kotor! Lengkapi diri Anda dengan pengetahuan bagaimana membersihkan noda di lantai, mebel, atau pakaian, seperti cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju di sini

1. Pilih sebuah tema
Ide ini cocok untuk anak-anak yang memiliki hobi atau ketertarikan terhadap tema-tema tertentu. Beberapa tema yang indah dan bisa Anda coba adalah bajak laut, hutan, peri, safari Afrika, atau tokoh kartun kesukaannya. Selain mempermudah tugas Anda dalam menentukan warna dan dekorasi di kamar, memilih tema juga mengajak si kecil berimajinasi sesuai dengan apa yang dia suka.

2. Kamar dengan warna-warna mencolok
Jangan takut bereksperimen dengan berbagai warna mencolok, motif, dan corak. Ingatlah, tujuan Anda adalah merangsang daya kreativitas si kecil, dan warna terbukti menstimulasi saraf-saraf otak kita. Anda juga bisa mencoba dekorasi dengan bahan yang bertekstur, misalnya karpet timbul. Intinya, meriah itu seru untuk anak-anak.

3. Dinding sebagai kanvas
Anak Anda suka menggambar di dinding? Berikan dia satu dinding khusus untuk digambari sepuas-puasnya di kamarnya. Cat "papan tulis" kini sedang menjadi tren karena mudah dibersihkan dan bisa Anda beli di toko-toko dekorasi atau kreativitas untuk mengecat dinding kamar anak. Jangan lupa menyiapkan kapur berwarna-warni agar imajinasinya tertuang dalam berbagai warna.

4. Area bermain khusus

Siapkan satu area di kamarnya di mana dia bisa bermain dan melatih "otot" imajinasinya. Letakkan semua mainan kesukaannya di area ini, dan ajari dia cara mengaturnya kembali jika sudah selesai bermain. Misalnya, rak berisi semua kostum dan aksesoris untuk anak yang suka main putri-putrian, kompor-komporan untuk si kecil yang hobi "masak", dan sebagainya. Poin bonus: Anda tidak perlu repot memunguti mainannya di lantai ruang tamu.

5. Untuk si kutu buku
Membaca merupakan salah satu aktivitas terbaik untuk menstimulasi daya imajinasi si kecil. Anak yang berimajinasi tinggi merupakan anak yang kreatif. Siapkan rak buku khusus untuknya di kamarnya, dan lengkapi dengan sofa kecil atau bean bag di mana dia bisa betah duduk dan membaca. Ganti buku-bukunya beberapa bulan sekali agar dia tidak pernah bosan.

Dalam menyiapkan desain kamar, Anda juga bisa melibatkan si kecil! Selain untuk menjamin dia akan menyukai kamar barunya, ini juga merupakan cara untuk mendukungnya dalam menjelajah proses berkreasi – mulai dari awal hingga hasil akhir.

Anda bisa berembuk tentang tema, warna, atau jenis-jenis mebel yang ingin dia gunakan di kamarnya. Dan ajak dia mengecat atau mewarnai! Jika Anda takut bajunya kecipratan cat atau tinta, cara menghilangkan noda tinta yang sudah kering di baju tidak sulit, kok. Manfaatkan momen istimewa ini untuk menjalin ikatan istimewa dengan anak Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers