4 Agustus 2017

Buah Asam Lakum


Waktu kecil kalau main ke hutan atau kebun sering bertemu dengan buah lakum yang rasanya asam ini. Sering juga diingatkan untuk tidak bermain dengan buah ini karena bisa membuat kulit kita gatal. Jadi saya tidak pernah memakannya mentah. Buah lakum sendiri tergolong sebagai hama bukan tanaman khusus yang dibudidayakan. Itu sebabnya buah lakum jarang ditemukan terutama di kota besar, sebab kebanyakan orang akan membabatnya sampai habis. Tapi di desa atau kampung yang masih banyak hutan bisa ditemukan dengan mudah selama tidak dibabat oleh pemiliknya.

Buah lakum memang jarang dikonsumsi orang, namun sebenarnya buah ini bisa dimanfaatkan untuk memasak ikan, terutama ikan air tawar seperti ikan gabus atau batok. Bisa juga ikan belanak. Rasa asam pada buah lakum cocok untuk campuran gulai ikan. Jadi bagi Anda yang kurang suka dengan rasa asam dari asam Jawa sebagai campuran gulai dapat menggantinya dengan buah lakum ini.

Sebenarnya masih banyak tumbuhan lain yang bisa digunakan sebagai pengganti asam jawa khusus untuk memasak ikan selain buah lakum, tetangga Uwan dulu sering menggunakan pucuk daun kedondong untuk mengasamkan ikan supaya amisnya hilang dan rasanya jadi lebih gurih. Kalau Uwan saya sendiri lebih sering menggunakan asam jawa saja. Saya sendiri sering menggunakan jeruk sambal atau jeruk nipis untuk campuran ikan yang akan digoreng. Kekurangan ikan goreng yang dicampur dengan asam jawa adalah saat digoreng warnanya akan lebih gelap jadi ikannya terlihat seperti hangus. Beda dengan yang dicampur dengan bubuk kunyit yang warna ikannya jadi lebih terang atau pucat.

Sekarang setelah jadi seorang ibu dan perempuan dewasa saya tidak terlalu pilih-pilih soal cara memasak ikan. Beda dengan waktu kecil saya lebih suka ikan goreng dibandingkan ikan gulai. Sekarang ikan gulai pun tetap bisa saya nikmati dengan sepiring nasi hangat. Apalagi ikan air tawar yang digulai menggunakan buah lakum yang rasa asamnya lebih segar. Banyak yang akan mengira buah lakum adalah buah anggur saat melihat penampakannya yang dimasak bersama ikan. Memang sepintas buah ini mirip sekali dengan anggur. Sehingga bagi orang yang tak pernah melihat buah lakum di dalam masakan akan beranggapan bahwa buah tersebut adalah buah anggur.


Siapa di sini yang rindu memakan ikan gulai yang dimasak dengan buah lakum?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers