12 Agustus 2017

3 Bandara Unik Ini Menggunakan Basa Jawa




Menarik memang membaca berbagai artikel unik yang ada di internet. Semuanya membawa kita larut dalam tulisan dan tertawa atau minimal tersenyum sendiri memilikirkan apa yang terjadi. Pasti di pikiran kita akan ada pertanyaan: kog bisa??. Tapi itulah yang terjadi, memang dunia ini sangat unik, dan terkadang apa yang tidak kita pikirkan atau sepelekan nyatanya juga terjadi. Sama dengan yang satu ini, yaitu tentang bahasa jawa yang kita anggap sepele atau bahkan malah semakin hari semakin kita tinggalkan, nyatanya dalam dunia internasional malah digunakan.
Bahasa jawa adalah bahasa ibu kita yang lahir di jawa. Bahasa ibu adalah bahasa yang pertama kali kita terima. Tapi semakin hari bahasa ini semakin dilupakan. Tapi tahukah anda kalau ada beberapa bandara internasional yang malah menggunakan bahasa ini dalam penyampaian informasi pada para penumpangnya?
Perjalanan menggunakan pesawat merupakan pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin bepergian jauh dengan waktu yang singkat. Bandara tentunya menjadi tempat yang tepat. Selain sebagai tempat pemberhentian pesawat, bandara juga dibuat sedemikian rupa untuk memanjakan mata para calon penumpang dengan arsitekturnya yang unik. Tak hanya arsitekturnya, tiga bandara ini berhasil menarik perhatian karena menggunakan bahasa jawa dalam menyampaikan informasinya. Berikut adalah tiga bandara yang menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa untuk menyampaikan informasi pada para penumpangnya.
  1. Bandara Adi Sutjipto


Tentunya tak heran jika bandara Adi Sutjipto yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini menggunakan bahasa jawa dalam menyampaikan informasi kepada para penumpangnya. Karena bahasa jawa sudah menjadi bahasa keseharian masyarakatnya. Setelah menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebelumnya, bandara Adi Sutjipto sengaja menambahkan satu bahasa yaitu bahasa jawa yang dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan para calon penumpang sekaligus menjaga keramahan kepada masyarakat Yogyakarta. Hal tersebut juga merupakan cara yang tepat untuk mengenalkan bahasa daerah kepada negara asing melalui para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berada di bandara Adi Sutjipto. Menarik bukan?

  1. Bandara International Dubai
Bandara Intenational Dubai menduduki peringkat ke-6 sebagai bandara tersibuk di dunia. Bandara International Dubai juga merupakan bandara yang memberikan kenyamanan yang sangat baik untuk para calon penumpang maskapainya. Begitu banyak orang dengan berbagai negara yang memadati bendara tersebut tiap harinya. Kenyamanan calon penumpang sangat diutamakan tentunya. Namun, ada hal menarik di dalam bandara ini, yaitu penggunaan bahasa jawa yang disiarkan lewat saluran informasinya. Kejadian ini menuai banyak tanggapan positif dari para pendengarnya. Tak khayal jika para calon penumpang asal Indonesia merasa bangga saat mendengar salah satu bahasa Indonesia yakni bahasa jawa digunakan di salah satu bandara yang terkenal tersebut.
  1. Bandara Schiphol
Bandara yang terletak di negara kincir angin ini juga menggunakan bahasa jawa untuk menyampaikan informasi bandara. Meskipun memang bukan hanya bahasa jawa saja yang digunakan. Melainkan menggunakan bahasa jawa sebagai bahasa pendukung selain bahasa internasional lainya.


Tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Indonesia, di mana sudah banyak negara yang mengenal bahkan menghargai salah satu bahasa di Indonesia yaitu bahasa jawa dengan cara menggunakan bahasa jawa sebagai salah satu bahasa saat menyampaikan informasi di bandara negara tersebut. Patutlah kita sebagai pemilik bahasa jawa dan bahasa-bahasa daerah lainnya turut serta melesatarikan dan bangga akan bahasa yang semakin memperkaya negara kita Indonesia tercinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers