8 Mei 2017

Mudik Aman dan Nyaman dengan Tiket Kereta Api



Setiap tahun selalu ada momen besar ketika bulan Ramadan. Selain adanya sahur dan buka bersama serta acara religi, ada juga momen mudik yang kerapkali dilakukan oleh para perantau yang bekerja atau tinggal jauh dari tempat kelahirannya. Momen mudik ini kerapkali menjadi seni tersendiri selama menunggu masa Lebaran di Indonesia karena para perantau juga ingin menikmati hari raya di tanah kelahiran sendiri bersama keluarga. Bagi Anda yang berencana mudik menggunakan kereta api, pastikan untuk memesan tiket kereta api kepulangan sekarang juga.

Momen mudik ini selalu ditunggu-tunggu oleh semua perantau, namun juga momen yang menyesakkan dada. Tentunya hal ini tidak terlepas dari penuh sesaknya jalanan, pencarian tiket kereta api yang begitu penuh tantangan hingga tiket pesawat yang harganya terus naik secara signifikan. Namun tentunya semua ini dilalui dengan penuh semangat dan hati bahagia demi bisa menemui keluarga besar di rumah. Jadi meskipun kendaraan rasa sesak pun harus tetap berusaha untuk terus dinikmati.

Bagi Anda yang ingin mudik dengan menggunakan moda transportasi kereta, maka pastikan untuk selalu menjaga kenyamanan dan keamanan diri di dalam kereta. Berikut ini beberapa tips aman dan nyaman mudik menggunakan moda transportasi kereta api:

1. Kondisi tubuh harus dijaga
Momen mudik memang penting, namun momen sebelum mudik juga jauh lebih penting karena waktu mempersiapkan diri demi mudik panjang Anda. Perjalanan kereta api yang harus ditempuh di jarak jauh biasanya memakan waktu hingga 6 sampai 12 jam sehingga tubuh pasti akan sangat lelah karena harus duduk di kereta api terus menerus. Belum lagi jika setelah sampai di stasiun tujuan Anda masih harus melalui perjalanan untuk sampai ke rumah yang pastinya sangat menghabiskan energi. Untuk itu, pastikan untuk mempersiapkan tubuh sebelumnya dengan istirahat cukup dan menjaga kondisi kesehatan agar selama melakukan perjalanan jauh tersebut tubuh bisa menyesuaikan diri.

2. Persiapkan barang bawaan jauh-jauh hari sebelumnya
Hal ini kerapkali menjadi mala petaka bagi sebagian besar orang ketika barang yang akan dibawa ternyata lupa. Untuk itu, persiapkan semua barang yang akan dibawa sejak jauh-jauh hari mulai dari pakaian untuk perjalanan, pakaian selama Lebaran, oleh-oleh dan masih banyak lagi. Hindari mempersiapkan semuanya satu hari sebelumnya karena beresiko lupa. Untuk itu, persiapkan semuanya sejak jauh-jauh hari. Untuk menghindarkan dari lupa, maka bisa dengan mencatat barang yang akan dibawa sehingga bisa lebih terorganisir.

3. Datang ke stasiun awal
Hari H mudik pun tiba. Pastikan bangun pagi dan persiapkan diri. Sesuaikan waktu keberangkatan kereta dengan jam berangkat Anda. Sebelumnya, usahakan untuk mengunci semua pintu rumah dengan rapat dan mematikan colokan listrik yang mungkin masih ada. Bila perlu berangkatlah satu jam sebelumnya dengan mempertimbangkan kemacetan di jalan nantinya.

4. Ketahui aturan barang bawaan
Perlu diketahui jika ada aturan kapasitas maksimal yang boleh dibawa dengan kereta yaitu dengan ukuran 100 dm atau dimensi 70 cm, 48 cm serta 30 cm. Berat maksimal yang diperbolehkan secara gratis adalah 20 kg dan lebih dari itu harus membayar biaya tambahan. Namun jika berat barang bawaan lebih dari 40 kg maka harus dibawa oleh kurir.

Itulah tips aman dan nyaman dengan kereta api. Jangan lupa untuk membawa tiket kereta api yang Anda miliki dimana tiket tersebut harus sama dengan identitas diri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers