60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

15 Mei 2017

Makanan Kesukaan Raza


Ketan adalah makanan yang paling Raza sukai. Mau dibikin jadi bentuk kue apa saja dia selalu suka. Biasanya dia akan memilih lupis atau putri selat yang memang bahan utamanya adalah ketan. Jadi kalau dia pergi belanja kue dia pasti akan menunjuk kue yang dia tahu dibuat dari ketan. Paling sering putri selat yang dia temukan di warung kue.

Tahu putri selat? Waktu kecil saya juga suka sekali dengan kue putri selat ini. Uwan saya pernah membuatnya waktu bulan puasa sebagai kue untuk berbuka. Tapi jarang dia membuatnya. Kue yang paling sering Uwan buat kalau tidak kusoi biasanya kue ubi. Iya sih harga beras ketan memang lebih mahal dibandingkan beras biasa. Jadi wajar ya tak bisa membuat kue yang bahan utamanya beras ketan sering-sering.

Putri selat itu bagian bawahnya ketan yang rasanya gurih dan bagian atasnya tepung yang manis. Kue ini terbagi dua antara rasa manis dan gurih. Jadi ingat kue Sari Mukke buatan Uwan yang punya konsep serupa. Manis dan gurih tapi dua-duanya bahannya sama-sama tepung yang dikukus. Atasnya dicampur gula merah dan warnanya mirip dengna gula merah. Sedang bagian bawahnya putih dan dicampur dengan sedikit garam supaya gurih.

Kalau lupis itu mirip ketupat tapi dari daun pisang pembungkusnya dan bentuknya lebih ceper. Makannya pake parutan kelapa dan juga kuah gula merah yang manis.


Raza bisa makan banyak kue lupis dan putri selat ini karena suka dengan makanan yang dibuat dari ketan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers