23 Mei 2017

Kue Putri Salju, Tips Membuatnya Sendiri Anti Gagal



Lebaran sebentar lagi akan datang. Antusiasme dari para umat muslim pun sudah terlihat sejak sebelum Ramadhan tiba demi menyambut Lebaran yang spesial karena hanya ada sekali dalam setahun. Seperti biasa, Lebaran selalu identik dengan acara takbir keliling, mudik, berkumpul bersama keluarga hingga persediaan makanan yang selalu banyak. Makanan yang hampir selalu ada mulai dari opor, ketupat, sayur, rendang, hingga kue Lebaran seperti kue putri salju dan nastar.

Momen Lebaran ini tidak akan sempurna jika tanpa bersilaturahmi ke tetangga dan saudara sekitar. Selain bersilaturahmi, pasti mencicipi makanan yang tersedia juga menjadi kebiasaan yang tidak dapat dihilangkan. Inilah mengapa banyak sekali para Ibu yang kerap sibuk mempersiapkan diri dalam menghadapi Lebaran adalah karena akan ada banyak tamu dan keluarga yang datang. Membuat kue kering kerap menjadi pilihan karena lebih mudah dibuat, rasanya lezat dan tahan lama sehingga bisa dimakan sampai akhir Lebaran.

Jenis kue yang kerap dipilih adalah putri salju karena memiliki rasa gurih dan manis dengan renyah yang pas. Dengan adanya taburan gula halus menjadikan kue kering putri salju kian lezat untuk disantap. Namun banyak juga para Ibu yang kerap mengeluhkan banyak masalah ketika membuat kue ini dengan berbagai alasan. Berikut ini beberapa tips untuk agar sukses ketika membuat kue kering putri salju:

1. Memakai bahan baku berkualitas
Bahan baku menjadi hal wajib dan terpenting untuk membuat kue. Bahan baku berupa tepung terigu, gula, mentega, telur dan lainnya juga harus dipilih yang berkualitas baik sehingga bisa menghasilkan kue yang berkualitas baik pula. Disarankan menggunakan jenis tepung terigu yang rendah akan protein sehingga kue putri salju yang dibuat akan lebih renyah. Selain itu dari segi margarin juga harus bergizi tinggi sehingga ada nutrisi di dalam kue nya.

2. Hindari mengocok terlalu lama
Mengocok adonan dalam proses pembuatan kue kering seharusnya tidak terlalu lama karena jika dikocok terlalu lama maka adonan tersebut akan bisa melebar ketika dipanggang. Untuk itu, dalam hal pencampuran adonan, usahakan untuk mengayak terlebih dulu bahan keringnya seperti tepung terigu dan gulanya agar proses pengocokan pun lebih cepat.

3. Memakai kacang mede sangrai
Dengan adanya kacang mede untuk kue yang Anda buat, maka hasil dari kue kering putri salju akan menjadi lebih gurih. Namun sebelum dimasukkan ke dalam adonan, usahakan agar kacang mede tersebut dicincang halus dan di sangrai hingga matang agar lebih tahan lama dan tidak bau tengik agar kualitas dari kue nya semakin baik.

4. Taburan gula halus
Komposisi utama selanjutnya pada kue kering putri salju adalah dengan adanya taburan gula halus sehingga kudapan ini semakin spesial. Namun pastikan dulu ketika Anda akan menaburkan gula halusnya, kue kering tersebut sudah betul-betul matang dan uap panas yang ada sudah menghilang maksimal agar gula halusnya tidak meleleh sehingga tampilan kue kering putri salju cantik.


Itulah beberapa tips untuk bisa membuat kue putri salju yang berkualitas baik dan sukses. Usahakan untuk tidak memanggang dalam temperatur yang terlalu panas karena bisa mengakibatkan kue kering ini hangus di bagian bawahnya. Setelah semuanya siap, masukkan ke dalam toples kue dan tutup dengan erat sehingga kerenyahan dari kue kering ini bisa bertahan lebih lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers