60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

24 April 2017

Menyapih Raza


Bulan depan usia Raza sudah dua tahun. Sebenarnya saya bukanlah penganut paham segera sapih saat anak berumur dua tahun. Saya bahkan tidak merasa terganggu kalau dia akan terus menyusu sampai usia 3 tahun. Kemudian sampai akhirnya saya merasakan payudara saya nyeri beberapa hari terakhir ini karena saya positif hamil. Akhirnya saya harus segera belajar untuk menyapih Raza ketika dia genap dua tahun nanti.

Kalau saja menyusukan selama hamil tidak membuat payudara saya sakit, saya rasa saya akan terus menyusukan dia sampai dia benar-benar lepas dari kegiatan ‘nyennyen’ setiap malam. Entah bagaimana nantinya saya bisa melepaskan Raza dari menyusu. Dia baru dua tahun bulan depan dan harus segera mengalah dari adiknya yang masih dalam kandungan.

Ada rasa kasihan sih sebenarnya menghentikan susuan Raza. Saya ingin dia berhenti menyusu karena dia yang mau bukan saya yang membuatnya berhenti. Apalagi sampai menggunakan banyak kecurangan untuk membuat dia menjauhi payudara saya. Namun anak yang usianya sudah lebih dari dua tahun juga tidak membutuhkan ASI lagi seharusnya. Dia sudah makan banyak jenis makanan dan minum berbagai jenis cairan. Berhenti menyusu semestinya tidak akan mengganggu tumbuh kembangnya.

Punya ide untuk menghentikan anak menyusu setelah dia berusia dua tahun? Atau sudah pernah menggunakan cara yang menyenangkan untuk dia berhenti?


Beberapa hari terakhir ini yang saya laakukan hanya memperkenalkan ‘adiknya’ yang masih dalam perut dan mengatakan bahwa ‘nyennyen’ ini milik adiknya karena dia sudah besar. Dia masih pasang wajah cuek dan tetap menyusu sampai kenyang dan tertidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers