10 Maret 2017

Trik Dan Tips Mencuci Sepatu Gunung


Ketika kita mendaki gunung dan melangkah di alam bebas pastinya memerlukan alas kaki yang aman, nyaman dan kuat seperti sepatu gunung. Kenyamanan tersebut akan kita dapatkan tak hanya dari pemilihan sepatu gunung eiger pada saat membeli namun juga pada saat kita melakukan perawatan dan mencuci sepatu hiking yang kita gunakan. Bukan hal yang mudah bagi para pendaki untuk mendapatkan sepatu gunung yang nyaman. Selain harganya yang cukup menguras dompet, bahkan hingga membuat beberapa pendaki memerlukan perjuangan ekstra ketika menyisihkan uangnya, tak mudah mencari sepatu gunung yang cocok dan nyaman dengan kaki kita.

Untuk itu tak heran bila para pendaki tidak dapat melakukan perawatan dan mencuci sepatu gunung dengan sembarangan. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada kenyamanan sepatu gunung eiger yang biasa kita gunakan. Salah – salah melakukan perawatan sepatu gunung akan tidak lagi nyaman ketika digunakan mendaki. Hal ini sering dialami oleh para pendaki gunung pemula yang baru memiliki sepatu gunung yang cocok. Coba perhatikan beberapa tips merawat dan mencuci sepatu gunung berikut ini.

Pilih alat pembersih yang tepat
Sepatu gunung memiliki dua bagian secara besar yakni baguan atas sepatu dan bagian bawah atau sol. Masing – masing bagian sepatu mengunakan alat pembersih yang berbeda. Untuk bagian atas luar kamu bisa menggunakan sikat lembut atau lap basah yang diusapkan dengan sedikit tekanan namun pelan. Hal ini demi menjaga lapisan tersebut agar tidak rusak. Untuk bagian atas dalam kamu harus melepaskan insole terlebih dahulu kemudian gunakan sikat halus yang kering untuk membersihkan bagian ini, kemudian untuk bagian insole kamu bisa menggunakan sikat halus yang basah. Sedangkan untuk bagian bawah atau sol sepatu gunung kamu bisa menggunakan sikat yang memiliki tekstur lebih keras untuk membersihkan noda atau tanah yang menempel di sela – sela grip sepatu hiking. Kamu bisa mencongkel bagian – bagian yang sulit dibersihkan dengan menggunakan lidi atau tusuk gigi.

Bahan pembersih
Pilih bahan pembersih sepatu gunung yang tidak dicampur dengan sabun, cukup gunakan air bersih saja. Jangan gunakan getergen karena akan merusak material sepatu gunung eiger. Bila sangat perlu menggunakan sabun gunakan sabun dengan pH netral seperti sabun bayi. Namun untuk beberapa kasus penggunaan sabun akan melunturkan lapisan tipis (lapisan waterproof) pada sepatu gunung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers