3 Maret 2017

Ketika Susah BAB


Ibu hamil memang tidak jauh dari yang namanya susah buang air besar alias sembelit. Apalagi saya memang mudah sekali sembelit dalam keadaan hamil atau enggak. Sudah banyak saran yang saya ikuti, makan buah, banyak minum air putih, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sekarang saat hamil saya tidak perlu takut diare karena kebanyakan makan buah sebab jangankan mau diare, BAB lancar saja tidak.

Tapi kemudian yang jadi masalah adalah suami saya yang sudah terbiasa lancar pencernaannya dan langsung diare saat menikmati asinan buah bersama saya. Saya sendiri? Masih seperti biasa mengalami susah BAB. Banyak saran dari orang untuk makan buah tertentu supaya BAB-nya lancar. Tapi apalah daya masih macet sampai akhirnya saya menemukan beberapa jenis makanan yang bisa membuat lambung saya berkontraksi dan menekan sisa-sisa makanan yang harus dibuang ke bawah sana. Contoh makanan yang bisa melancarkan BAB saya yang paling terasa adalah muruku, camilan yang biasanya banyak disediakan ketika lebaran tiba. Ini camilan yang asalnya dari Malaysia. Banyak yang jual di Pontianak. Kisaran harganya 55.000-65.000/900gramnya. Rasanya enak, ada rasa ikan tapi tidak amis. Terbuat dari tepung kacang dan bahan tambahan lainnya.

Mau nyari resep muruku? Banyak teman-teman kita yang asli Malaysia yang punya resepnya tapi saya mendingan beli saja dibandingkan harus bikin sendiri. Apalagi harganya juga terjangkau. Dibandingkan kue kering lebaran, muruku ini dengan harga segitu isinya jauh lebih banyak dan makannya suka nggak berasa tiba-tiba aja sudah setengah toples saking serunya. Umak saya di kampung kalau dibeliin muruku suka disimpan buat makan sendiri nggak disediakan buat tamu. Saya juga gitu sih. Wkwkwkw…


Saya tidak paham mengapa makan muruku bisa melancarkan pembuangan saya setiap hari. Tapi yang jelas muruku selain enak sangat membantu saya bebas dari sembelit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers