2 Maret 2017

Cocolan Asinan Buah (Bubuk Kering Garam Pedas Terasi)


Hingga hari ini saya masih ingat betul bagaimana rasa buah yang dititipkan ibu saya ke warung-warung saat gajinya sebagai guru tidak mencukupi kebutuhan kami sekeluarga. Buah jambu yang direndam air gula dijual Rp25/potong dan semangkuk garam untuk cocolannya. Garamnya sudah pedas dan mengandung terasi. Jadi buat yang biasa jajanan buah dingin atau asinan buah sama mamang-mamang tahu betul bubuk garam yang dijadikan teman untuk cocolan buah tersebut.

Ibu saya mengajari saya cara membuatnya saat saya masih duduk di bangku SMP. Bahan yang dibutuhkan pun mudah. Mau belajar membuatnya? Simak bahan dan caranya berikut ini.

1. Sebungkus garam beryodium.
2. Cabai secukupnya, buat yang suka pedas bisa dibanyakin.
3. Terasi secukupnya.

Cara Membuat:
1. Tumbuk halus cabai dan terasi, oiya terasinya bisa dibakar kalau ingin terasinya lebih harum, tidak dibakar juga tidak apa-apa sebab nanti juga akan dimasak bersama garam dan cabai. Sisihkan kalau sudah halus.
2. Panaskan wajan dan masukkan sebungkus garam dengan api kecil, aduk-aduk sampai garamnya terlihat lebih kering dan halus. Masukkan cabai dan terasi yang sudah ditumbuk tadi. Supaya cabai dan terasinya tidak lengket di wajan caranya letakkan mereka di atas garam. Lalu aduk garam tersebut hingga tercampur rata dengan cabai dan terasi.
3. Jika sudah halus dan kering serta semua bahan sudah merata tercampurnya bisa diangkat dan siap dihidangkan dengan buah yang ingin kita nikmati. Bisa disimpan dalam wadah tertutup supaya lebih tahan lama. Kalau ingin diayak supaya tidak ada biji cabainya juga bisa diayak menggunakan ayakan yang agak kasar ya.


Selamat mecoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers