60 Tahun Astra

60 Tahun Astra

28 Februari 2017

Historical Fiction dan Dongeng Dewasa


Ini jenis bacaan yang akhir-akhir ini saya suka. Bukan hanya historical fiction sih sebenarnya. Ada jenis dongeng yang dibuat versi dewasanya bukan hanya bacaan yang bisa dinikmati anak-anak karena mengandung nilai moral yang baik namun punya bagian yang bisa dijadian eksplorasi untuk menghibur pembaca dewasa. Semacam cerita Timun Mas yang ditulis ulang dengan versi dewasa dan bahasa yang lebih rumit. Bacaan sekarang banyak saya nikmati secara online walaupun akan lebih menyenangkan membaca tulisan dalam bentuk buku ya. Namun malam hari saat saya ada waktu untuk membaca yang tersedia hanya smartphone.

Membaca buku saat anak saya tidur bukan pilihan karena lampu kamar sudah dimatikan.

Banyak sekali sejarah yang saya rasa akan sangat menarik untuk dijadikan karya fiksi apalagi difilmkan ya? Wah menarik sekali jika ada yang menuliskan lalu menjadikannya film. Jadi sejarah tak lagi terasa membosannya dan hanya berisi angka-angka, tahun, dan tragedi yang mengerikan. Berharap ada kisah cinta yang diselipkan dalam sejarah-sejarah yang sama-sama kita ketahui atau setidaknya memperpanjang dongeng yang berakhir dengan ‘akhirnya dia menjadi batu’. Bagaimana kalau dongeng yang berakhir tragis terhadap tokohnya diperpanjang dengan versi dewasa.

Entah itu Sangkuriang, Malin Kundang, ditulis dengan bahasa yang indah, yakin deh bakalan jadi karya yang stand out di tengah menjamurnya karta fiksi bad boys. If you know what I mean. Saya merasa beruntung waktu kecil bacaan yang saya baca sangat bervariasi dari perpustakaan. Bukannya saya bilang karya fiksi sekarang nggak bagus sih ya. Tapi kurang beragam aja dibandingkan yang sering saya temukan di sekolah.


Orang yang menulis karya yang jauh dari kata mainstream tentunya masih ada. Namun lama-lama kalau yang baca nggak ada pun bakalan akan punah dengan sendirinya ya. Jadi kalau Anda punya karya tulis online fiksi yang berada pada genre Historical Fiction atau Dongeng Dewasa (bukan yang ada adegan 18++ ya) tapi cerita dongeng yang bahasanya menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca dewasa, silakan tinggalkan link di bawah artikel ini supaya saya bisa baca karya tulis Anda. Saya lagi suka banget dan tak banyak yang menuliskan fiksi di bidang ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers