2 Februari 2017

Hidup Minimalis


Apa yang kita pikirkan pertama kali mendengar kata hidup minimalis? Hidup minimalis? Minimalis? Memiliki segala sesuatunya sesuai dengan kebutuhan? Atau membuat hidup sesederhana yang bisa kita lakukan? Saya pikir hidup minimalis itu bisa dimulai dengan memiliki segala sesuatunya sesuai dengan kebutuhan kita kecuali soal uang ya. Kalau uang saya rasa kita harus punya pedoman bahwa kita akan hidup 1000 tahun lamanya. Hahahaha…

Saya paling ingin meminimalkan soal pakaian dan rumah sebenarnya. Rumah tidak perlu besar karena akan sangat melelahkan punya rumah yang terlampau besar apalagi jika kita melakukan bersih-bersihnya sendirian. Orang tua saya punya rumah tiga lantai yang panjangnya hingga 32 meter. Sangat melelahkan kalau sudah soal beres-beres dan seakan-akan pekerjaan membereskan rumah tak ada habisnya. Belum lagi banyaknya barang yang ada di rumah.

Tinggal di rumah yang kecil akan membuat kita berpikir banyak soal memiliki terlalu banyak barang dan kita akan memilah dengan benar apa yang benar-benar kita butuhkan. Desain rumah ukuran kecil dengan fungsi yang maksimal sangat membuat saya iri. Ingin sekali punya rumah seperti itu dan melakukan banyak hal hanya di dalam rumah tanpa perlu repot menghabiskan banyak waktu hanya untuk membereskannya. Saya paling malas beres-beres rumah besar dan banyak barang.

Sekarang saya punya pakaian seadanya dan kadang pakaian yang saya gunakan itu bisa dikenakan untuk berbagai acara. Meniru Mark Zuckerberg yang punya satu model pakaian dan celana? Nggak sih. Pakaian saya masih punya variasi warna begitu juga jilbabnya. Tapi dengan model yang sama membuat saya tidak butuh waktu lama untuk memilih pakaian yang paling tepat untuk dikenakan pada hari tertentu atau acara tertentu.

Pakaian tidak perlu banyak asal bagus dan awet. Sayang sekali jika kita harus membuang pakaian karena sudah tidak layak pakai walaupun tidak menutup kemungkinan terutama pakaian yang setiap hari dikenakan di rumah. Supaya kebutuhan akan pakaian tidak terlalu banyak mencuci pakaian setiap hari adalah yang harus dilakukan ya. Jadi tidak ada cucian yang menumpuk dan kita kebingungan mau pakai pakaian yang mana lagi.


Membuat lemari lega adalah impian saya. Saya tidak suka punya banyak lemari. Satu untuk satu keluarga harusnya cukup atau memanfaatkan ruang dengan semaksimal mungkin untuk menempatkan pakaian yang kita miliki tentunya jauh lebih baik dibandingkan membeli banyak lemari dan membuat ruangan semakin kecil. Coba deh lihat video yang saya temukan di Youtube ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers