9 Februari 2017

Cara Mengatasi Anak Susah Makan



Anak saya usianya belum genap 2 tahun. Tidak rewel dan alhamdulillah jarang sakit. Dia hanya pernah menginap di rumah sakit satu kali ketika kadar bilirubin di darahnya terlalu tinggi dan tubuhnya kuning sampai matanya juga ikut menjadi kuning. Sisanya dia hanya demam biasa dan dirawat di rumah. Tapi untuk bagian makan, dia cukup menantang untuk dihadapi. Iya, Raza agak susah untuk makan. Setidaknya supaya tidak kekurangan nutrisi saya melakukan berbagai cara agar dia mau makan.

Memberikan vitamin penambah nafsu makan adalah yang paling umum untuk dilakukan ya. Apalagi seperti Raza dia tidak sulit untuk dikasih sirup. Bahkan dia ketika merasa tidak enak badan akan mencari botol sirup parasetamolnya dan meminta saya untuk membukakannya supaya dia bisa minum obat penurun panas tersebut. Jadi vitamin penambah nafsu makan dalam bentuk sirup gampang sekali diberikan padanya.

Saya sih tidak berharap dia terlalu tinggi nafsu makannya sampai akhirnya dia obesitas. Beberapa saudara sepupunya ada yang cukup berisi dan cukup menyulitkan orang tuanya terutama dalam membeli pakaian untuk mereka. Seragam sekolah juga sering kekecilan. Raza tidak terlalu kurus sih cuman kadang saya khawatir nutrisi yang dia konsumsi tidak cukup untuk pertumbuhannya. Dia kalau sudah menolak makanan akan langsung menggelengkan kepalanya sambil bilang ‘nggak’. Padahal saya waktu kecil termasuk anak yang gampang sekali makan dan tubuh saya cukup bulat waktu masih batita. Beda sama Raza yang banyak dikomentarin orang ‘kurus’.

Cara mengatasi anak susah makan seperti Raza ini satu-satunya adalah memberikan makanan yang menyehatkan sekaligus dia suka. Makanan yang paling Raza suka adalah sate ayam. Kalau sudah berharapan dengan sate ayam, dia bisa menghabiskan satu porsi. Tidak akan menolak untuk makan kalau sudah berhadapan dengan sate dan kuah kacangnya yang menggoda. Makanya kalau dia sudah menolak makanan yang saya kasih, pilihan terakhir adalah membelikannya sate ayam di warung langganan. Dia akan makan dengan lahap sampai habis. Bagi Bunda yang mengalami masalah yang sama harus lebih perhatian lagi dengan menu makanan favorit buah hati di rumah ya, jadi bisa menghadapi anak ketika mereka susah sekali makannya.


Cara mengatasi anak susah makan memang gampang-gampang susah. Balik lagi ke kemampuan orang tua untuk membujuk anak-anak supaya mau makan makanan yang diberikan pada mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers