18 Januari 2017

Mau Sewa Apartemen? Ini Tips Cerdasnya


Menyewa sebuah hunian sama halnya dengan membeli. Terutama jika masa sewa lebih dari dua tahun lamanya. Sebagai calon penghuni apartemen sewa anda juga harus pintar memerhatikan beberapa aspek yang penting agar tidak terjadi kerugian di kemudian hari. Jadi, ke depan anda tidak merasa menyesal karena memutuskan menyewa apartemen tersebut. Jangan sampai terjadi pemutusan kontrak setengah jalan dengan pemilik apartemen yang akan mengganggu reputasi anda. Berikut telah kami rangkum untuk anda yang hendak menyewa apartemen yaitu hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan deal untuk sewa apartemen yang anda inginkan. Simak yaa..
#1. Harga Sewa
Bagi anda yang hendak menyewa apartemen, hal pertama yang harus anda perhatikan adalah harga sewa yang ditawarkan oleh pemilik apartemen maupun jasa marketing. Pertimbangkan harga tersebut apakah sudah sesuai dengan kantong dan masa sewa secara standar. Perhitungan sewa standar dapat dikomparasikan dengan beberapa apartemen di wilayah yang sama dengan estimasi biaya tidak lebih dari 15 % selisihnya. Jadi, anda juga harus mengetahui setidaknya harga sewa di kawasan yang dekat dengan calon apartemen sewaan anda.
#2. Lokasi Apartemen Sewa
Memperhitungkan lokasi apartemen sewa sangat penting bagi anda. Perhitungan dapat dimulai dari tingkat terjadinya bencana. Mulai dari banjir, longsor, hingga kebakaran akibat kawasan apartemen padat penduduk yang tidak jelas saluran listriknya. Selain itu, pertimbangan saluran air sebagai antisipasi banjir juga harus diperhatikan. Pilihlah juga lokasi yang dekat dengan aktifitas anda sehari-hari. Dengan begitu anda tidak akan merasa lelah dan dapat menghemat biaya transportasi anda.
Amati juga beberapa persoalan seperti tingkat keamanan di lokasi apartemen tersebut. Pastikan bahwa disana sudah ada yang siap bertanggung jawab sebagai penjaga setiap malam secara bergilir atau bentuk keamanan lainnya.
#3. Tingkat Kebersihan Lingkungan
Memilih lokasi apartemen kontrak yang bersih adalah hal berikutnya yang harus diperhatikan. Seperti yang kita ketahui, kebersihan lingkungan adalah faktor kenyamanan bagi sebuah hunian yang dapat meningkatkan taraf hidup ke depan. Artinya, anda harus memerhatikan beberapa aspek meliputi lingkungan apartemen yang lokasinya jauh dari tempat pembuangan sampah menjamin udara bersih bagi anda.Lingkungan yang bersih juga menjamin kesehatan bagi keluarga anda selama tinggal di apartemen kontrakan.
#4. Kondisi Apartemen Sewa
Sebelum memutuskan untuk menyewa apartemen anda harus memastikan kondisi apartemen tersebut. Mulai dari bangunan, tanah, hingga materialnya. Sebagai contoh, kali pertama yang anda lakukan adalah memeriksa kondisi kelembaban tanah di apartemen tersebut. Kelembaban sangat berpengaruh bagi fungsi apartemen anda. Jika tergolong tipe kelembaban tinggi maka anda harus mensiasatinya dengan menyediakan pemanas suhu atau ventilasi lebih untuk apartemen tersebut nantinya.
Pastikan kondisi bangunan apartemen masih layak huni, mulai dari atap hingga saluran air. Perhatikan juga bagian dinding apartemen yang mungkin mengelupas atau perlu di cat ulang. Lakukan perjanjian dengan pemilik apartemen perihal perbaikan yang nanti kemungkinan dilakukan, hal ini untuk mendapatkan kejelasan mengenai tanggungan biaya yang di bebankan kedua pihak.
#5. Fasilitas dan Akses Jalan
Perhatikan akses jalan raya atau segala fasilitas publik yang berada di sekitar apartemen tersebut. Pastikan apartemen yang anda sewa dalam jangka waktu yang tidak sebentar itu mudah diakses menuju apartemen sakit, sekolah, perbelanjaan, atau kantor. Hal ini mengantisipasi biaya transportasi anda agar tidak membengkak di kemudian hari.
Dasarnya, menyewa apartemen hamper sama dengan membeli apartemen. Anda dan keluarga harus benar-benar memilih dan mempertimbangkan segala risiko dan kenyamanannya. Diskusikan terlebih dulu dengan pasangan atau keluarga anda agar kenyamanan anda sekeluarga semakin lengkap nantinya.
Demikian artikel mengenai tips sebelum menyewa apartemen. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga!



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers