17 Januari 2017

Dekorasi Rumah Nyaman Tanpa AC


Kualitas sebuah hunian akan terlihat dari faktor kesehatan dan kenyamanan para penghuninya. Sejauh ini pertimbangan mengenai kedua masalah tersebut faktor utamanya adalah kualitas udara bersih yang memadai. Kebutuhan akan udara yang bersih saat ini bisa dikatakan cukup sulit terpenuhi terutama di kota-kota besar apalagi yang terlalu banyak industri atau pabrik. Belum lagi terhitung berbagai polusi udara lainnya yang berasal dari kendaraan bermotor. Beberapa orang mensiasatinya dengan menggunakan AC di rumah-rumah mereka. Namun , biaya yang diperlukan untuk mengoperasikan AC juga tidak sedikit lho! Apalagi setiap bulan pengeluaran biaya listrik sudah pasti membengkak. Nah, mengatasi hal tersebut ada cara-cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimalkan kualitas udara di rumah minimalis kita. Penasaran? Simak yaa!
1. Ruangan Bersifat Terbuka
Hunian yang didekorasi secara terbuka dengan kata lain memperbanyak pintu dan jendela akan melancarkan sirkulasi udara dalam ruangan. Dengan catatan, hindari tipe jendela atau tipe pintu yang terbuat dari bahan kaca. Bahan kaca akan menyerap panas dan mengalirkannya menjadi uap dalam ruangan sehingga ruangan terasa panas. Berbeda dengan bahan kayu yang dapat anda modifikasikan dengan cantik di bagian akses masuk –keluar rumah anda.
2. Menambah Ketinggian Atap
Tinggi atap juga berpengaruh menambah panasnya suhu di dalam rumah. Oleh sebab itu, bagi anda yang ingin rumah dengan keadaan yang sejuk, disarankan untuk menambah ketinggian atap rumah anda. Memang terdapat biaya yang tidak sedikit untuk renovasi ini, tetapi jika memeroleh manfaat yang lebih besar dan jangka panjang, hal tersebut tidaklah sulit dilakukan.
3. Menambahkan Ruang Hijau/ Tanaman
Adanya ruang terbuka hijau di dalam suatu hnian dipastikan akan dapat menambah sejuknya rumah anda. Jika sulit untuk hal tersebut maka mulailah dengan menambahkan tanaman-tanaman hijau yang ditata di teras depan atau belakang rumah anda. Jangan lewatkan juga dinding di susut rumah yang bisa diisi dengan berbagai tanaman dalam bentuk vertikal garden. Tanaman hias semacam ini sudah banyak tersedia di pasaran. Pastikan anda juga menyediakan pot bunga di bagian rumah anda yang terasa panas, seperti dapur dan kamar tidur. Oksigen yang dihasilkan tanaman hijau tersebut akan menambah kualitas udara rumah anda.
4. Memperbesar Ventilasi Udara
Ventilasi udara yang sudah tersedia dirumah anda bisa jadi diperbesar ukurannya. Selain bisa menambah jumlah udara yang masuk, anda juga bisa mengkombinasikan desain ventilasi terbaru nih! Beberapa desain ventilasi dapat anda contek untuk menambah ukuran ventilasi rumah anda. Dengan demikian udara yang masuk akan lebih besar dan manfaatnya pasti juga akan semakin menambah kenyamanan di rumah anda.
5. Menambahkan Unsur Air
Air merupakan satu diantara sumber kehidupan, sumber oksigen yang sayang jika anda lewatkan. Kualitas udara yang baik dapat diperoleh melalui unsur air yang disediakan di dalam rumah. Jangan khawatir perihal genangan air yang menyebabkan berkembangnya bintik nyamuk, anda dapat mensiasatinya dengan menutup atau menyemprotkan racun nyamuk setiap pagi. Adanya unsur kolam di bagian rumah anda akan menambah kualitas udara dan suhu di ruangan anda menjadi lebih baik dan sehat.
Nah, sudah tertarik untuk menambahkan beberapa saran dekorasi diatas untuk hunian anda? Selamat mencoba !




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik. Semua komentar yang masuk akan dimoderasi. (admin: Honeylizious [Rohani Syawaliah]).

@honeylizious

Followers