Langsung ke konten utama

6 Cara Pintar Sebelum Anda Menyewakan Rumah


Memiliki banyak properti akan sangat bermanfaat bila mengetahui cara merawatnya. Namun, merawat saja juga dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, apalagi jika rumah yang dimiliki berada di tempat yang berbeda-beda. Menyewakan rumah dijual di depok milik anda bisa menjadi satu solusi agar anda tidak lagi memikirkan risiko kerusakan unit-unit rumah yang anda miliki. Dengan terampil menyewakan rumah maka selain berhemat biaya perawatan juga akan menambah pundi tabungan anda. Tertarik? Berikut ini beberapa tips yang layak anda lakukan sebelum menyewakan rumah milik anda.
1. Cat Ulang Rumah dan Perbaikan Kerusakan
Warna rumah anda akan menjadi objek awal yang akan dilihat dan diamati oleh calon penyewa. Untuk itu, usahakan warna cat rumah tidak lagi terlihat usang. Memang dibutuhkan biaya tambahan jika ingin mengecat ulang rumah anda. Namun, alangkah baiknya jika cat ulang dilakukan dengan hanya mewarnai bagian luar saja sehingga dapat mengehemat biaya.
Permasalahan lainnya adalah pentingnya mengoreksi kerusakan seperti instalasi listrik, atau kebocoran atap dan dinding. Hal ini untuk memastikan kenyamanan calon penyewa rumah agar lebih betah dan merasa diperhatikan.
2. Publikasi
Mempublikasikan properti yang hendak disewakan adalah hal yang penting. Namun, bagi anda yang menginginkan rumah disewa dalam waktu yang cepat, maka diperlukan adanya jasa marketing. Hal ini akan menambah estimasi biaya akan tetapi anda akan lebih cepat mendapatkan konsumen untuk menyewa rumah yang anda miliki.
3. Seleksi Penyewa Rumah
Menyeleksi calon penyewa rumah sangat penting dilakukan. Sebagai pemilik rumah anda harus memerhatikan beberapa poin seperti jumlah jiwa yang akan tinggal di rumah tersebut. Agaknya dengan calon penyewa rumah yang memiliki banyak anak akan berisiko kerusakan pada dinding dan fasilitas lainnya. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka hindarilah bahan- bahan atau segala material yang mudah rusak untuk rumah anda.
4. Publikasi Hanya Teman Dekat
Mempromosikan rumah sewa kepada teman dekat akan berguna bagi anda. Calon penyewa rumah dengan mudah dapat diketahui latar belakang dan profesinya, sehingga anda tidak perlu khawatir jika kemudian hari mendapati rumah anda dalam keadaan mengalami kerusakan karena anda bisa mencari pertanggungjawaban dengan mudah.
5. Sewakan Rumah Kosong
Menyewakan rumah sekaligus perabotannya akan sangat berisiko. Kerusakan atas perabotan milik anda bisa saja terjadi di kemudian hari. Pasalnya, kita tidak pernah mengetahui rekam jejak penyewa rumah yang bisa saja tidak bersedia mengganti rugi kerugian pemilik rumah. Oleh sebab itu, baik kiranya menyewakan rumah dalam kondisi kosong namun layak huni dari segi material bangunannya.
6. Buat Surat Perjanjian
Mewaspadai segala tindakan yang tidak baik sangat penting bagi pemilik rumah. Disarankan setelah menemukan calon penyewa rumah yang cocok untuk segera membuat kesepakatan hitam diatas putih alias membuat surat perjanjian sewa. Tanggal berakhir sewa dan ketentuan lain seperti fasilitas dan tanggung jawab kerusakan juga harus tertera dalam surat perjanjian tersebut agar tidak rugi kedepannya.
Intinya, menyewakan rumah harus memberikan kenyamanan pada calon penghuninya, namun untuk menghindari segala kerugian perseorangan maka pemilik rumah harus memerhatikan hal-hal tersebut diatas agar tidak mengalami kerugian.
Demikian artikel mengenai cara pintar saat ingin menyewakan rumah. Semoga bermanfaat !



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengetahui Orang Stalking Twitter Kita, Siapa Stalkersmu?

Siapa yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu ini? Sudah punya banyak temankah di sana? Mention bagaimana? Banyak juga yang hadir setiap harinya? Atau kadang merasa 'twitter' itu mirip dengan kuburan karena bingung mau ngapain aja di sana. Banyak memang orang yang pada awalnya kebingungan menggunakan twitter. Apa yang sebaiknya dilakukan. Apa yang sebaiknya ditulis. Akun seperti apa yang sebaiknya diikuti. Semuanya sebenarnya kembali lagi ke pribadi masing-masing ingin menggunakannya seperti apa. Karena konsekuensinya juga ditanggung diri masing-masing. Apa yang kita tanam itulah yang akan kita tuai. Lama-lama, alah bisa karena biasa akan berlaku. Sebab memang kalau sudah sering membaca lini masa dan sudah mengikuti banyak akun. Kita akan menemukan pola ngetwit kita sendiri. Meskipun demikian, bukan itu yang ingin dibahas dalam tulisan ini. Saya rasa banyak yang penasaran dengan cara mengetahui orang yang stalking akun twitter kita. Orang yang melakukanny

4 Kerugian Bisnis di Oriflame

Banyak sekali kerugian yang bisa kita dapatkan ketika kita memulai sebuah bisnis, terutama Oriflame. Selama ini banyak dari kita yang memikirkan keuntungan dari bisnis Oriflame tanpa tahu bahwa banyak sekali kerugian tersembunyi yang bisa kita alami saat memulai bisnis di Oriflame. Oriflame memang banyak sekali yang telah membuat orang lain sukses secara finansial. Saya sendiri juga merasakan keuntungan dari bisnis Oriflame ini, sebab setiap bulannya saya selalu mendapatkan keuntungan berupa bonus yang ditransfer ke rekening saya. Sehingga saya dapat mengatakan bahwa karier saya sekarang di Oriflame, itu sebabnya saya akan lebih banyak menuliskan tentang bisnis Oriflame di blog ini dibandingkan menulis review untuk brand lain. Oriflame membayar saya lebih banyak dibandingkan brand mana pun. Dibayar bukan karena memuji ya tapi karena saya jualan produknya. Hahahaha... Sudah tahu kerugian apa yang kita dapatkan saat memulai bisnis di Oriflame? Berikut saya jabarkan satu perrs

Hati-Hati Belanja di Tokopedia Pakai AnterAja

Selama ini saya selalu puas belanja di berbagai marketplace yang ada di Indonesia termasuk di Tokopedia. Karena selama ini pengirimannya yang saya gunakan ya itu-itu saja. Kalau nggak JNE ya JNT. Pernah juga menggunakan SiCepat. Sudah lama sekali tidak berbelanja di Tokopedia dan saya bulan ini ingin beli kamera dan di Tokopedia saya menemukan kamera yang saya inginkan.  Prinsip saya begitu order langsung bayar supaya barang cepat sampai. Saya tidak sadar kalau pengiriman yang default di aplikasi adalah ekspedisi AnterAja. Tidak pernah menggunakan dan baru dengar. Karena saya pikir memang AnterAja melayani sampai ke Pontianak ya nggak ada masalah dengan pengirimannya. Sampai akhirnya saat tulisan ini saya posting, paket kamera yang saya beli tak kunjung sampai. Googling sana-sini. Buka twitter buat komplain hingga akhirnya menemukan banyaknya orang yang komplain dibandingkan puas dengan layanannya dan bahkan review di google juga jelek. Banyak sekali yang memberikan bintang satu. Terma