28 Oktober 2016

Baju Anaknya Real Pic Kakak!



Beli baju sekarang harus waspada ya. Memang sekarang banyak e-commerce yang bisa menjadi jembatan antara pembeli dan penjual untuk transaksi yang aman. Namun masalahnya adalah kadang banyak penjual yang memajang foto produk yang tidak sesuai dengan produk yang dia jual. Bukan real picture. Saya sering menemukan penjual nakal seperti ini. Lebih kesal lagi kalau beli baju buat anak ternyata beda jauh sama yang dipajang di toko onlinenya.

Di Pontianak banyak sih toko penyedia pakaian buat anak, namun soal harga memang banyak yang mahal. Bawa 200-300ribu ke toko pakaian anak sekarang ini hanya bawa satu kantong ukuran sedang. Baju anak ngalah-ngalahin baju untuk orang tuanya. Makanya saya lebih suka beli online. Walaupun sudah ditambah dengan ongkos kirim kadang masih lebih terjangkau yang dibeli dari Jakarta atau Bandung.

Khusus buat Raza, memang dominan beli bajunya online, selain harga yang lebih terjangkau saya juga bisa dapat produk yang lucu-lucu kalau di toko online. Tidak selucu baju buat anak perempuan sih, baju anak laki-laki tak terlalu macam-macam modelnya. Paling hanya bermain di warna dan motif.

Saya paling suka Raza pakai baju atau celana dengan warna cerah atau motif kue atau bunga-bunga. Kesannya ceria sekali. Dari banyak baju yang dibeli saya belum pernah beli baju formal buat Raza. Baju kemeja anak dengan celana kain bisa dikenakan sesekali untuk acara tertentu. Tapi banyak sekali e-commerce yang menyediakan berbagai pilihan toko online yang menjual produk pakaian formal anak yang mendapatkan review kurang baik. Saya jadi ragu mau beli di sana. Harga terjangkau tapi beda jauh dengan gambar yang digunakan untuk menggaet pembeli. Malesin kan?

Beli di toko pakaian anak di Pontianak, mahal banget. Setelan kemeja bisa beberapa ratus ribu harganya. Kalau di Bandung pasti bakalan lebih terjangkau, saya pikir sih begitu soalnya banyak toko online yang produksinya di kota tersebut menyediakan ragam pilihan pakaian dengan harga yang terjangkau tapi kualitasnya juga bagus.

Itu sebabnya saya sangat merekomendasikan teman-teman yang sering buka instagram dan butuh toko online yang menyediakan pakaian anak dengan harga yang terjangkau namun kualitasnya tak murahan, gambar yang digunakan juga sesuai dengan produknya ya. Langsung mampir ke @little_sakha.

Little Sakha menyediakan pakaian anak perempuan dan laki-laki yang kualitasnya bagus. Lucu-lucu pula. Udah gitu modelnya juga uptodate. Bakalan jatuh cinta sama model-model pakaiannya. Bisa chat sama adminnya buat tanya gambarnya beneran atau enggak. Pasti dijawabnya "Real pic kakak!". Hehehe…

Bukan begitu sih jawabannya. Saya hanya membayangkan saya yang jadi admin buat balesin chat pelanggan dan bakalan jawab begitu kalau ditanyakan apakah gambarnya sesuai dengan produk yang dijual.

Raza punya dua kemeja dari toko online ini, dan saya suka sekali dengan bahan sama modelnya. Kekinian kata anak zaman sekarang. Raza jadi terlihat cocok untuk hadir ke acara formal dengan kemejanya. Mana udah ada dasinya pulak! Oiya kemeja yang Raza kenakan ini tak sampai 100ribu lho.

Mendingan cek harga produknya langsung di instagram @little_sakha deh. Biar nggak kehabisan produk yang ditaksir dan diincar di sana.

27 Oktober 2016

Selamat Hari Blogger Nasional: Blogger dari Waktu ke Waktu




Pernahkah Anda, termasuk saya, membayangkan kita akan berada pada masa sekarang ini. Ketika blog bukan hanya menjadi ajang tempat kita merangkaikan kata atau sekadar tempat curhat saja? Pernahkah membayangkan akan menjadi seperti ini? Banyak yang akhirnya menemukan sesuatu yang tak pernah dibayangkan sebelumnya dengan media blog. Bahkan banyak yang menemukan jodohnya. Bukan itu sih yang mau saya bahas, bukan soal jodoh. Kasihan nanti yang masih galau soal jodoh malah mewek-mewek di kotak komentar.

Saya bukan blogger pemula lagi tapi saya juga bukan blogger profesional yang benar-benar memberikan 100% waktunya hanya untuk blog. Dulu pernah ada masa hanya ada saya dan blog saya. Jalan yang sunyi kami lampaui sampai akhirnya menjadi seperti yang sekarang ini. Saat menjadi seorang ibu dan anak menjadi hal yang berada di atas segalanya.

Dulu, masih terekam dengan baik bagaimana pertama kalinya saya dihubungi karena saya seorang blogger. Usia blog ini baru beberapa bulan dan ada yang menemukan saya dan menyebut saya sebagai 'blogger'. Sensasinya waktu itu sedemikian istimewanya. Detak jantung menjadi lebih cepat dan mirip sekali dengan debaran cinta pertama.

Beberapa tahun ke belakang, saya iri sekali dengan teman-teman blogger lain yang bisa menghasilkan uang dari blog, bisa jalan-jalan karena dia memiliki blog yang punya kekuatan. Saya merasa seperti seekor kutu di bawah tumpukan jerami. Itu mengapa saya senang bukan main ada yang menghubungi saya karena saya blogger dan memberikan job pertama saya sebagai seorang blogger walaupun ternyata saya bukan menulis di blog saya sih.

Entah bagaimana dia menemukan saya waktu itu.

Beberapa tahun sudah berlalu dan sekarang saya sudah menjadi lebih dewasa dalam menulis, bukan lebih baik atau lebih keren, rasanya masih sama seperti dulu hanya berkurang ledakan emosinya. Saya tidak menulis dalam keadaan marah atau gundah lagi. Posisi saya sekarang juga sudah bukan sebagai orang yang tak punya pelampiasan segala amarah.

Saya sudah menikah dan itu mendewasakan saya. Saya pikir keputusan untuk menikah adalah keputusan terbaik saya disaat saya tidak bisa berpikir dengan jernih. Sebab pernikahan banyak sekali mengubah saya menjadi saya yang sekarang. Terutama soal mengendalikan emosi. Saya memang sangat emosional orangnya. Pernikahan adalah terapi yang menenangkan.

Fase pemula sudahs aya lewati dengan segala emosi yang berkecamuk di dalamnya. Fase blogger yang mencari uang melalui blognya masih dan sedang saya jalani sekarang. Tahu apa yang akhirnya saya rindukan? Padahal waktu masih jadi pemula saya ingin sekali bisa menghasilkan uang dari blog. Sekarang saya malah ingin menulis lebih banyak, lebih bebas, dan tidak ada embel-embel uang lagi di dalamnya.

Menulis lebih jujur pakai hati.

Itu yang paling saya inginkan. Sekarang saya masih merintis bisnis di luar blog saya ini untuk bebas secara finansial dan benar-benar tak menerima job review di blog yang berbayar. Saya ingin mereview sesuatu karena saya memang ingin memberikan ulasan, bukan karena saya dibayar. Itu saja.

Bertahap sih ya, ada beberapa yang saya review karena memang saya tertarik mengulasnya dan ada juga yang mau tak mau saya ulas karena ada embel-embel uang di dalamnya. Siapa yang tak mau mendapatkan penghasilan dari blog? Apalagi kalau penghasilannya lumayan buat menambah uang tabungan.

Lucu sekali rasanya fase yang saya alami ini. Satu hal yang jelas, saya tak begitu bangga lagi bisa mendapatkan banyak job review atau bisa memenangkan lomba. Fase itu sudah lewat. Saya rasa saya akan lebih bangga jika suatu hari benar-benar menjadikan blog ini sebagai ladang amal untuk saya sendiri. Bukan berisi duniawi.

Lebih dari lima tahun sudah saya menulis di blog ini. Banyak hal yang saya alami saya catat satu demi satu. Tangis, tawa, dan luka ada semua di sini. Catatan yang akan saya tinggalkan ketika suatu hari nanti saya sudah tak ada di dunia ini lagi.

Ngomong-ngomong soal mati saya sudah memikirkan tentang nomor HP kesayangan saya yang sudah lebih dari 10 tahun saya gunakan. Mungkin saya akan memberikannya pada anak saya sehingga nomor ini tetap akan aktif meskipun saya sudah tak ada.

Apa pun fase kamu sekarang saat ngeblog saya hanya ingin mengucapkan selamat hari blogger nasional ya!

Asus Zenpower Ultra 20100mAh Powerbank Cocok Buat Traveling dan Mati Lampu





Suka traveling? Bertahun-tahun sebelumnya kita tak terlalu banyak memikirkan soal gadget saat bepergian apalagi daya yang terisi di dalamnya. Beda banget sama sekarang. Sedikit-sedikit pasti ngecek batre HP dulu. Sudah full atau belum untuk diajak berkeliling dan bisa cukup selama perjalanan menuju rumah.


Bagaimana jika tempat yang akan kita datangi tidak punya listrik? Semacam Temajok di Sambas yang tak punya listrik sama sekali. Penerangan berasal dari mesin-mesin solar dan beberapa ada yang menggunakan panel surya yang bersusun rapi di atap. Saya jadi ingat saat masih duduk di bangku sekolah dasar dulu. Tak ada listrik di Jawai kecuali di Desa Sentebang. Di mata saya yang masih kecil, Sentebang itu seperti surga. Kemajuan menjamahnya lebih dulu dan banyak hal bisa dilakukan di sana. Banyak hal pula yang dapat ditemukan.

Hal-hal yang tak ada di desa-desa lainnya. Saya iri sekali dengan orang yang lahir, tinggal, dan membesar di Setebang. Mereka seperti punya segalanya. Desa yang harus kami datangi dengan mengayuh sepeda 20-30 menit adalah surga kecil yang bukan milik saya.

Sesekali saya mampir dengan Aki yang membonceng saya di sepedanya. Kaki saya terikat di batang sepeda, sapu tangan biru muda yang Aki gunakan untuk menahan kaki saya di sana. Supaya kaki saya tidak terjepit lidi sepeda. Duduk di sepeda Aki selama 30 menit bukan hal yang menyenangkan. Walaupun saya bisa memeluk pinggangnya lebih lama sambil menyandarkan kepala tapi bokong saya sangat tersiksa.



Jalan yang berbatu, aspalnya masih sangat tipis, sepeda bergetar membabi-buta. Menyiksa orang yang dibonceng dengan sepeda yang dudukannya terbuat dari besi. Sepatu putih adalah hal yang berkelebat setiap kali saya mengingat Aki, sepedanya, dan Sentebang. Kenangan memang selalu membuat kita rindu pada msa lalu. Apalagi ketika seseorang yang penting itu sudah tak ada lagi di dunia ini. Meninggalkan orang-orang yang mencintainya dengan kenangan yang tak pernah bisa dilupakan.

Lain dulu lain sekarang, dulu kita tak pernah terpikirkan akan ada daya portabel yang bisa kita bawa ke mana pun untuk mengisi gawai kita. Smartphone selalu dengan mudah kehabisan daya selama dibawa bepergian. Apalagi jika kita memutuskan untuk pergi ke tempat yang tak ada listriknya. Penting sekali membawa powerbank seperti Asus Zenpower Ultra.



Dulu pertama kali kenal powerbank, bisa sekali mengisi penuh daya di smartphone sudah super canggih. Sekarang Asus Zenpower Ultra ini bisa saya gunakan sampai 6-7 kali isi sampai penuh smartphone saya. Jika saya butuh dua kali mengisi daya sampai penuh dalam sehari, saya bisa ke mana pun tanpa merisaukan soal daya smartphone selama setidaknya tiga hari. Aman berkeliling sambil liburan dan tak perlu repot memikirkan tempat ngecas HP.

Asus ZenPower Ultra ini juga sudah mendukung fast charging, sehingga kita tak perlu repot lama ngecas dayanya. Punya dua gawai? Tenang, ada dua colokan USB sehingga bisa mengisi batre dua gawai sekaligus.

Ajaib ya! Itu yang akan kita katakan jika menemukan benda ini 10 tahun atau 20 tahun yang lalu. Saat listrik masih menjadi sesuatu yang mewah bagi orang di pedesaan seperti saya. Saya bersyukur sekali menjadi bagian drai banyak keajaiban yang sekarang bisa kita gunakan dalam kehidupan kita sehari-hari.

Nanti saat Raza, anak saya yang setahun lebih usianya, sudah besar entah keajaiban apalagi yang ada di masanya. Ketika baginya segala yang terjadi tak lebih ada hal yang biasa atau dia sebut sebagai perkembangan zaman saja. Ada yang datang ada yang menghilang.

Hal-hal yang saya alami saat masih kecil tentunya bukanlah sesuatu yang mungkin dialami anak saya, sebab dia lahir sebagai generasi digital. Segalanya hanya seperti menggerakkan telapak tangan saja. Seakan istilah 'tak semudah membalikkan telapak tangan' tak lagi berlaku buat generasi mereka.

Iya, sekarang pun kita melakukan sesuatu hanya dengan membalikkan tangan kita. Dengan senjata gawai yang terkoneksi dengan internet, seisi dunia seakan sudah di dalam tangan kita. Apa yang tak bisa kita cari di dunia digital? Selama gawai itu masih terisi daya, dia bisa melakukan banyak sekali hal yang tak terbayangkan oleh kita.

Itu sebabnya mengapa kita tak bisa bertahan menggunakan gawai yang sama lebih dari dua tahun. Kita akan ketinggalan jika teknologi terbaru tak berada di tangan kita. Seperti powerbank. Saat orang terus-menerus memiliki gawai yang tak kehabisan daya, kita yang hanya memiliki gawai tanpa daya sama sekali tak akan bisa melakukan banyak secara digital. Meskipun dunia digital tak sepenuhnya yang harus kita isi namun sekarang sudah masanya kita mendigitalkan banyak hal.

Seorang traveler yang suka bepergian ke mana-mana tentunya tak ingin terikat oleh ruang dan waktu hanya demi mengisi daya di smartphonenya. Asus ZenPower Ultra menjawab semua kebutuhan kita akan pengisian batre berkali-kali sampai penuh.

Padahal banyak sekali powerbank yang beredar di pasaran yang muncul dengan angka yang fantastis tetapi harga yang sangat terjangkau. Tapi tak sesuai dengan angka yang tertera di powerbank tersebut. Sama sekali tak sesuai. Makanya saya agak ngeri beli powerbank sembarangan. Ada rupa ada harga sih. Jadi berharap harga powerbank murah dengan kemampuan yang super ya susah.

Jadi Asus ZenPower Ultra mahal?

Saat kita merasa bahwa pengisian daya berkali-kali berhari-hari adalah kebutuhan, harga yang disodorkan oleh Asus bukanlah harga yang mahal. Melainkan harga yang sepantasnya, mengingat angka yang dipasang Asus ZenPower bukanlah angka yang main-main. Angka yang bisa dipertanggungjawabkan. Bukan klaim abal-abal demi mendongkrak angka penjualan.

Ingin beli powerbank super dari Asus? Coba cek di beberapa e-commerce yang memberikan potongan harga dan free ongkir. Lumayan untuk menekan harga sebenarnya. Banyak kok e-commerce yang jual. Beli produk yang asli ya, jangan tergiur dengan penawaran yang terlampau murah. Takutnya malah kecewa karena pesanan tak dikirim oleh penjual atau malah yang datang hanya sabun batangan.

Sudah pernah dengar kan soal penjual produk elektronik yang ternyata mengirimkan sabun batang ke pelanggan yang membeli produk sama mereka. Sudah bukan cerita baru tetapi tetap saja maraknya penipuan online semakin bertambah di mana-mana.

Sejauh ini, Asus ZenPower Ultra dengan kemampuan mengisi 6-7 kali smartphone yang batrenya 3000mAh adalah yang paling cocok buat diajak traveling keliling ke tempat-tempat yang tak ada listriknya. Berkemah di hutan atau atas gunung misalnya. Karena daya powerbank ini adalah 20100mAh. Bisa digunakan juga untuk menyalakan lampu USB. Dibandingkan dengan membeli lampu yang bisa diisi ulang dayanya, mendingan pake powerbank Asus ini untuk menyalakan lampu saat di rumah listrik putus.

Ngomong-ngomong soal lampu mati, di Pontianak sering mati lampu sih. Di lokasi tempat tinggal saya juga suka meledak gardunya. Ah benar-benar menyebalkan kalau seperti itu kejadiannya. Kipas angin mati, kamar gelap, dan smartphone lowbat. Apalagi yang lebih horor dari itu? setidaknya dengna menggunakan powerbank Asus kita bisa menyalakan lampu USB dan juga kipas angin yang menggunakan colokan USB. HP batrenya kritis? Tinggal cas saja dan tetap bisa menikmati waktu di rumah tanpa rasa khawatir karena tak bisa melakukan banyak hal.


Milikilah powerbank super ini, setidaknya satu.Bisa digunakan untuk melakukan banyak hal, nggak hanya ngecas HP atau tablet. Hal paling standar yang kita lakukan pada powerbank kita. Sekarang sudah banyak beda yang menggunakan colokan USB kok, jadi menggunakan powerbank sebagai sumber listrik di rumah juga bisa dilakukan. Lumayan kan? Daripada harus beli genset dan beli bensin hanya untuk menyalakan lampu di rumah agar punya penerangan.

Selamat traveling dan selamat menikmati waktu di ruumah meskipun sedang mati lampu.

26 Oktober 2016

Ketika Semuanya Bisa Dicari



Kita pasti (kebanyakan dari kita) tak pernah membayangkan akan berada di era yang sekarang. Ketika informasi apa pun bisa kita temukan. Kecuali soal jodoh kapan bertandang. Tak perlu dicari. Banyak hal, yang kita butuhkan jawabannya akan dengan mudah, dalam hitungan detik akan kita temukan. Segalanya bisa dicari.

Semakin banyak orang yang tidak hanya menjadi pencari tetapi menjadi bagian dari pemberi informasi itu sendiri. Banyak informasi kecil pun dapat kita gali lebih dalam. Informasi bergerak dengan cepat, hitungan detik atau mili detik, bergerak ke seluruh pengguna internet.

Internet mengubah segalanya. Membawa perspektif baru bagi umat manusia.

Dulu, saya selalu membandingkan masa sekarang dengan era kegelapan masa kecil saya, jangankan mau googling, koran terbitan minggu lalu pun susah didapatkan. Saya senang sekali mendapatkan potongan koran saat membeli bawang atau cabai di warung. Sangat bersyukur jika potongannya besar dan banyak informasi yang bisa saya baca.

Tak peduli itu informasinya sudah lewat atau basi karena lama sekali baru terbaca. Aroma koran pun sangat khas. Aroma informasi, saya menyebutnya. Baunya begitu istimewa. Sekarang? Google sudah sampai pada tahap mengembangkan mesin pencari bau. Terbayang betapa majunya teknologi sekarang ini.

Seperti film fiksi ilmiah yang menyajikan "keajaiban" yang bisa jadi kita pikir tidak akan ada di dunia nyata. Lalu, kita, manusia-manusia yang mengawali segalanya dalam impian, mewujudkannya satu demi satu. Kepingan demi kepingan keajaiban menjadi kenyataan.

Kita melampau batas kemustahilan. Seakan tak ada lagi yang mustahil di dunia ini. Tak ada yang tak bisa kita lakukan. Mewujudkan segala yang kita butuhkan lalu juga keinginan demi keinginan. Apa saja. Apa pun itu.

Tinggal ketikkan kata kunci yang sesuai, berbagai pilihan informasi: gambar, berita, video, dan tulisan-tulisan personal akan bermunculan. Kita tinggal pilih. Tak ada lagi pencarian jarum di dalam tumpukan jerami. Semuanya bisa kita temukan dengan mudah asal ada paket data internet.

Itu sebabnya kita semakin berlomba-lomba mendapatkan paket internet dengan harga paling miring dan kecepatan yang mumpuni. Syukur-syukur jika kecepatannya di atas rata-rata dan kuotapun bablas habisnya.

Apa saja bisa kita cari. Dapatkan dengan mesin pencari. Tak ada lagi yang namanya teka-teki. Kita bisa terus menggali dan menggali.

25 Oktober 2016

BKPM Investasi

BKPM Investasi



Siapa saja seharusnya punya rencana untuk investasi. Karena kita harus punya yang namanya dana untuk jaga-jaga. Apalagi seorang istri atau ibu rumah tangga yang lebih banyak mendapatkan uang dari suami dan tidak bekerja di luar rumah untuk mendapatkan penghasilan sendiri, Ada baiknya memikirkan untuk menginvestasikan sebagai uang yang didapatkan dari suami. Dengan menginvestasikan uang yang kita punya kita juga mengamankan kebutuhan finansial kita.

Apalagi kalau kita sudah punya anak ya? Kita tak bisa menebak seberapa besar dana yang dia butuhkan untuk pendidikannya di masa depan. Apalagi segala sesuatunya harganya terus meroket. Begitu juga dengan pendidikan. Menabungkan uang secara konvensional bukanlah keputusan yang tepat dilakukan untuk jangka panjang. Sebab nilai uang akan terus turun. Uang yang kita tabungkan sepuluh tahun yang lalu dengan sekarang, meskipun jumlahnya sama, nilainya akan berbeda.

Itu mengapa sebaiknya kita lebih memilih untuk menginvestasikan uang yang kita punya. Demi menjaga nilai uang tersebut untuk puluhan tahun ke depan dan sebaiknya kita mulai memilih jenis investasi apa yang paling cocok dengan kita.Contoh paling mudah sekarang adalah investasi logam mulia. Tetapi pastikan Anda menginvestasikan uang Anda di badan yang legal ya. Banyak sekali investasi bodong yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda dengan modus investasi logam mulia.

Ada ibu rumah tangga yang memilih untuk membeli logam mulia dalam bentuk perhiasan. Selain sebagai bentuk investasi juga bisa digunakan ketika ada acara formal. Lumayan buat pajangan di badan, itu biasanya pikiran mereka. Namun jika Anda adalah ibu rumah tangga yang lebih berpikir soal realistis dan ingin mengambil langkah lebih mudah, datang saja ke pegadaian atau bank yang menyediakan tabungan emas. Tidak perlu repot membawa pulang emasnya ke rumah. Emasnya akan tetap berada di pegadaian atau emas dan kita akan mendapatkan buku tabungan. Jauh lebih aman bukan?

Jika Anda punya dana yang lebih banyak bisa mampir ke BKPM investasi. Menanam modal dan modal tersebut akan aktif digunakan untuk usaha. Tidak hanya sekadar 'melekat' ke dalam bentuk barang dan nilainya akan mengikuti harga pasar. Dengan melakukan investasi di badan usaha tentunya dana kita akan berkembang lebih pesat dan bisa menjadi sumber penghasilan di luar penghasilan utama kita. BKPM Investasi akan menjadi penghubungan antara badan usaha dengan pemerintah yang bisa menjadi pendorong utama semakin banyaknya investasi dari dalam atau luar negeri ke Indonesia. Ini adalah upaya yang sangat baik untuk mengurangi jumlah penggangguran yang ada di negara kita.

Bagaimana? Sudah siap untuk investasi?

Tips Mempersiapkan Acara Pertunangan Secara Matang





Momen pernikahan adalah salah satu peristiwa besar dalam kehidupan seseorang. Sehingga momen ini tentu harus dipersiapkan secara matang sejak jauh-jauh hari. Namun ada momen lain yang juga membutuhkan persiapan fisik, materi, dan mental. Momen tersebut tidak lain adalah momen pertunangan.
Acara pertunangan menunjukkan bahwa sepasang kekasih sudah memiliki kemantapan untuk bersiap menuju jenjang pernikahan. Untuk mempersiapkan acara pertunangan agar berlangsung lancar, beberapa tips berikut ini wajib disimak dan segera dicoba:

Menyiapkan Budget dan Dana Tidak Terduga
Budget dan dana tidak terduga adalah dua hal yang akan mendukung kelancaran acara pertunangan. Jangan lupa pula untuk menyisihkan budget cincin pertunangan. Kini ada banyak model cincin tunangan wanita yang menarik dan istimewa. Bahkan jika kita membelinya di MatahariMall, kita tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam demi mendapatkan cincin tersebut. Sehingga kelebihan dananya bisa dialokasikan untuk kepentingan lainnya.

Merencanakan Acara yang Sederhana Saja
Agar acara pertunangan tidak menghabiskan banyak biaya, jangan lupa untuk merancang acara yang sederhana. Kita bisa mengundang seluruh keluarga dan sahabat terdekat untuk ikut merayakan momen bahagia tersebut. Ingatlah bahwa kita juga harus mempersiapkan biaya untuk acara pernikahan.

Mencari Referensi Tentang Acara Pertunangan
Referensi acara pertunangan bisa diperoleh dari mana saja. Kita bisa bertanya pada saudara atau sahabat yang sudah pernah melangsungkan acara pertunangan. Selain itu, kita pun dapat mencari referensi melalui internet. Karena kini banyak sekali inspirasi seputar acara pertunangan yang menarik dengan budget terjangkau. Oleh sebab itu, kita dapat mengisi waktu senggang dengan mencari banyak referensi. Siapa tahu nanti kita menemukan ide terbaik yang sesuai dengan selera kita dan pasangan.

Jangan Sungkan Meminta Bantuan Teman
Coba kita ingat-ingat dulu teman atau sahabat yang bisa membantu acara pertunangan kita. Mungkin ada teman yang hobi fotografi, menjadi tim EO (Event Organizer), atau memiliki usaha catering. Jika kita meminta bantuan untuk menyukseskan acara pertunangan, tentu kita bisa menghemat budget atau mendapatkan diskon sehingga kita jadi lebih hemat.

Bila acara pertunangan lancar, maka kita pun akan lebih siap mental untuk menyiapkan acara pernikahan. Saatnya kita mengajak pasangan untuk serius menyiapkan konsep pertunangan yang kita inginkan.

24 Oktober 2016

Ragam Tahu Di Lembang Yang Lezat



Salah satu bagian dari Kota Bandung yang banyak dikunjungi wisatawan domestik adalah Lembang. Sebuah kecamatan yang makin berkembang dari yang dikenal hanya sebagai wilayah pertanian kini menjadi daerah wisata yang indah untuk dikunjungi. Lembang berada di dataran tinggi dengan Gunung Tangkuban Perahu sebagai titik tertingginya. Suhu yang sejuk yang berkisar antara 17ᵒ - 27ᵒ Celsius dan air yang selalu dingin menjadi daya tarik tempat ini.

Tempat ini telah berkembang tidak hanya sebagai wilayah pertanian yang tetap dipertahankan tetapi juga destinasi wisata yang didukung dengan prasarana jalan yang semakin baik serta fasilitas penginapan di Lembang berupa hotel atau resor yang nyaman. Salah satu hotel yang bisa dipertimbangkan adalah Grand Paradise yang berada di Jl. Raya Tangkuban Perahu No. 5. Lokasi hotel ini sangat strategis untuk menuju ke area wisata di Lembang. Untuk lebih detail tentang Hotel Grand Paradise, bisa kunjungi situs ini.

Photoright: jabar.pojoksatu.id
Sebagai destinasi wisata, Lembang juga memiliki beragam pesona. Mulai dari wisata alami seperti Gunung Tangkuban Perahu dan air terjun Maribaya yang indah, maupun destinasi wisata buatan yang tetap menjadikan keindahan Lembang sebagai pesonanya. Wisata buatan tersebut antara lain Puncak Punclut, di mana kamu bisa menikmati hidangan khas Bandung dengan view pusat kota karena tempat ini berada di ketinggian.

Juga ada floating market yang memanfaatkan sisi tradisional yang dibalut dengan kemasan modern. Tempat ini adalah sebuah pasar apung dengan perahu-perahu apik yang diwarnai indah di sebuah danau dengan deretan tempat makan yang menyajikan menu khas Sunda. Keindahan alam sekitar danau menambah indahnya lokasi ini.

Selain tempat wisata yang khas dengan pesona alam, keunikan lain dari Lembang yang penting untuk kamu ketahui adalah oleh-oleh khasnya yaitu tahu. Tahu di kawasan ini bukan sekedar tahu tetapi terdiri dari dua jenis dengan kekhasan masing-masing. Yuk, disimak info di bawah ini.

Tahu tauhid
Tahu ini tidak ada kaitannya dengan unsur ketauhidan yang merupakan istilah dalam agama Islam yang berarti mengesakan Tuhan. Bukan berarti ketika kamu ga membeli tahu ini kamu menjadi menduakan Tuhan. Nama ini menjadi pilihan merek dagang oleh pemiliknya sebagai sekedar pengingat bagi dirinya dan kaum muslim yang merupakan mayoritas di Indonesia.
Tahu ini diproduksi secara rumahan namun mengedepankan higienitas tinggi. Prosesnya dapat kamu saksikan di kiosnya sehingga pembeli merasa yakin akan kualitas tahu yang menjadi salah satu andalan oleh-oleh Lembang. Meskipun hanya menyediakan tahu, namun kios yang menjual tahu ini selalu dipadati oleh pembeli. Terutama urang Bandung yang memang penggemar penganan berbahan dasar kacang kedelai ini.

Tahu ini sangat lembut dan lezat untuk disantap baik langsung maupun bersama nasi. Kamu dapat menemukan tahu ini di dua kiosnya yaitu di Jl. Cijeruk – Lembang dan Jl. Sesko – AU Lembang.

Photoright: gastronomy-aficionado.com
Tahu susu
Tahu kedua yang juga perlu kamu jadikan oleh-oleh dari wisatamu di Lembang adalah tahu susu. Penamaan tahu ini sesuai dengan bahan baku pembuatannya yaitu kacang kedelai namun diberi campuran susu dengan takaran tertentu. Pemberian susu sapi dalam produksi tahu ini dimaksudkan untuk mendapatkan tahu yang memiliki tekstur halus dan lembut serta menambah kadar protein yang telah ada yang berasal dari kacang kedelai.
Selain itu, keunikan lainnya adalah outlet penjualan tahu susu lembang ini yang berada di Jl. Raya Lembang No. 177 yang berbentuk SPBU. Kamu akan melihat stasiun pengisian bahan bakar seperti umumnya SPBU yang berwarna merah yang disambut dengan tulisan POM Tahu yang merupakan singkatan dari Pusat Orang Makan Tahu. Ini merupakan outlet drive thru pembelian tahu.


Photoright: katalogwisata.com

Di lahan yang sangat luas, kamu tidak hanya melihat POM Tahu tersebut tapi juga toko oleh-oleh serta arena outbond. Toko oleh-oleh ini menyediakan aneka menu tahu yang telah diolah dengan menggunakan bahan baku tahu susu. Kemasan tahu yang menarik seperti pengemasan brownies untuk produk tahu cetak dan kemasan besek bambu untuk tahu bantal menjadikan tahu ini terlihat berkelas dan elegan dengan harga yang terjangkau.

Satu hal yang harus diingat, tahu susu lembang ini belum membuka cabang di tempat lain untuk menjaga keaslian rasa dan hak paten produknya. Jadi, jangan lupa singgah di sini ya!

22 Oktober 2016

Kaldu Ikan Teri





Dari Uwan (nenek) saya belajar banyak hal. Terutama kreativitas saat memasak di dapur. Uwan adalah koki paling hebat di mata saya. Selalu bisa masak enak. Selalu membuat saya rindu dengan masakannya. Walaupun sekarang dia sudah jarang masak. Dia sudah terlalu tua untuk melalukannya.

Makanan yang tak bisa saya lupakan dari Uwan adalah kaldu ikan teri. Jadi dia menyiapkan sarapan itu biasanya memang nasi. Jarang makanan lain. Selalu membuat sendiri. Karena di rumah banyak orang dan butuh banyak uang kalau setiap pagi beli sarapan.

Uwan biasanya merebus ikan teri dengan bawang merah dan putih. Saya tak pernah tahu berapa lama dia merebusnya. Tapi ikan teri yang direbusnya tidak banyak. Hanya beberapa ekor. Entah mengapa setiap pagi saya bisa makan nasi hanya dengan kuah dari ikan teri rebus tersebut. Saya jarang makan ikan terinya. Karena ikan teri rebus, saya kurang suka. Saya cukup makan dengan kuahnya saja.

Berapa kali saya mencoba membuat kaldu ikan teri seperti yang dibuat Uwan tapi selalu saja gagal. Rasanya berbeda. Ada rasa yang tak muncul dari kaldu buatan saya. Padahal saya membuatnya persis sama dengan buatan Uwan. Sesekali, jika rindu saya akan merebus beberapa ekor ikan teri lalu memotong bawang merah dan putih sebagai tambahan rasanya.

Kemudian saya akan menikmatinya dengan sepiring nasi hangat. Begitu saja. Sudah cukup untuk menjawab kerinduan saya pada masakan Uwan walaupun rasanya benar-benar berbeda.

Ternyata di Korea juga ada kuah yang dibuat dari ikan teri. Kaldu ikan teri. Sama seperti ayam yang punya kaldu, ikan teri juga bisa dijadikan kaldu. Kaldu yang membuat saya kembali pada masa kecil saya dulu. Saat sarapan bersama keluarga. Dengan nasi putih hangat yang dimasak dengan tungku.

Pagi Sarapan Apa?





Setiap jam 6 lagi, waktu saya kecil dulu, sarapan sudah terhidang. Sebab Aki harus berangkat pagi-pagi ke sawah. Bercengkrama dengan padi yang dia tanam. Dia petani yang ulet. Meskipun kondisi tubuhnya tidak begitu kuat. Kadang napasnya tersengal. Dia penderita asma akut. Dulunya dia sempat menjadi perokok berat hingga akhirnya harus berhenti karena kondisi tubuhnya tidak kuat menghadapi rokok.


Sarapan yang paling sering disiapkan Uwan adalah nasi goreng teri. Berbumbu terasi, bawang merah, bawang putih, dan cabai merah kering. Semuanya dijadikan satu untuk mengubah nasi dingin semalam jadi sarapan pagi yang enak setiap harinya. Jika tak ada nasi dingin sisa semalam Uwan biasanya mrmbuat sarapan dari nasi lemak.

Nasi lemak itu dibuat dari beras pulut yang dimasak dengan santan. Lalu atasnya akan ditaburi gula pasir sedikit sebagai pemanisnya. Sudah lama sekali saya tak sarapan seperti itu. Sekarang pun sudah tak memungkinkan karena saya tinggal jauh dari Uwan.

Uwan pun sudah tua. Dia sudah tak kuat lagi untuk menyiapkan berbagai sarapan seperti dulu. Terlebih lagi Aki sudah lama tak ada. Sudah 14tahun lebih berlalu sejak kepergiannya. Sejak saat itupula segalanya berubah. Segalanya tak lagi sama. Tak ada lagi perempuan yang bersemangat menyiapkan sarapan untuk suaminya.

Segelas kopi yang dibuat pagi dan didinginkan sampai sore pun tak ada lagi. Gelas bunga-bunga merah itu tak bertuan. Biasanya Aki akan menutup gelasnya itu dengan tutup plastik warna hijau supaya tak dihinggapi lalat. Saya suka menghirupnya sedikit kalau sudah dingin saat Aki belum pulang dari sawah.

Begitu banyak hal yang saya rindukan. Begitu cepat waktu berlalu. Saya pikir saya bisa menghentikan waktu dan tetap menjadi cucu kecilnya yang selalu dia gendong ke mana-mana. Kenangan-kenangan dengannya hanya berupa potongan-potongan kecil yang mulai terlupakan. Tak banyak yang saya ingat kecuali suara dan bau tubuhnya yang bercampur dengan minyak angin yang selalu dia gunakan.

Seandainya bisa mengembalikan waktu ke masa dia masih ada. Saya ingin memeluknya untuk yang terakhir kali. Sebelum dia benar-benar meninggalkan dunia ini. Saya ingin merekam dengan jelas adegan sarapannya setiap pagi. Sebelum dia mengenakan baju _kumme_-nya dan berangkat ke sawah dengan sepeda.

Jika saja saya bisa kembali ke masa itu. Saya akan lebih banyak bangun lebih pagi. Supaya bisa menumpang di sepedanya saat berangkat ke sekolah. Kenangan di rumah kayu itu. Dengan jendela yang sekarang sudah tak ada. Dari jendela itu saya bisa melihat rumah Boy, pohon nangka belanda, dan sumur yang sekarang sudah tak ada.

Semuanya perlahan menghilang. Satu-persatu berubah. Semua yang saya rindukan tak lagi ada.



19 Oktober 2016

Bandar Muzakki, Tempat Asyik Nongki-Nongki



Butuh tempat nongkrong bareng teman yang asyik? Terutama di Pontianak, saya tahu beberapa tempat yang bisa dikunjungi. Sebab saya agak cerewet soal lokasi ngumpul-ngumpul. Apalagi saya sering membawa Raza, anak batita saya, yang suka berlari ke sana kemari. Paling penting buat saya tempatnya bebas asap rokok. Itu syarat utama. Saya paling tak bisa duduk lama di dekat perokok. Itu sebabnya saya lebih suka berada di rumah sendiri yang tak ada perokoknya dibandingkan harus berkumpul dengan perokok yang tak tahu aturan, merokok di sekitar kita dan membagi asapnya dengan orang yang tidak merokok.



Bandar Muzakki, di Jalan Alianyang Pontianak bisa jadi pilihan untuk menghindari asap rokok. Sebab mereka memiliki ruangan ber-AC yang tidak memungkinkan untuk digunakan oleh perokok. Kalaupun perokok ingin berada di dalam ruangan, ya harus menahan diri untuk tidak merokok atau bisa memilih tetap duduk di luar ruangan yang memang disediakan untuk orang yang tak bisa berhenti merokok selama berkumpul di sana.



Oiya selain itu di Bandar Muzakki juga banyak pilihan menu makanan yang bisa disantap. Jadi di sini nggak bakalan kelaparan, tenang saja. Saya sendiri lebih sering minum aja di sini, es susu hazelnutnya adalah favorit saya. Minuman yang tak bisa kita temukan di semua tempat yang ada di Pontianak.



Komunitas Blogger Pontianak paling sering nongkrong di sini. Jadi kalau ada yang pengen kenalan dengan anak komunitas kami bisa datang saja ke Bandar Muzakki untuk berkumpul langsung. Saya sih jarang berkumpul kecuali ada hajatan khusus bersama. Sebab sudah punya anak dan suami, waktu keluar rumah pun terbatas. Banyak hal yang harus dikerjakan di rumah.

Balik lagi ngomongin Bandar Muzakki, keistimewaan lainnya adalah ada suraunya yang bisa menampung cukup banyak orang. Sehingga tak ada cerita akan ketinggalan waktu salat ya. Suka buku? Di sini ada perpustakaan kecilnya yang cukup banyak variasi bukunya.

Seru sih bisa berkumpul di Bandar Muzakki, soalnya jaringan internetnya juga lancar jaya. Nggak perlu takut lelet di sini kalau mau ngeblog. Lengkap banget kan? Semua bisa dilakukan di sini, itu sebabnya anak-anak Komunitas Blogger Pontianak sangat betah berada di sini. Dari siang sampai sore pun mereka bisa nongkrong di sini.

4 Varian Bingke dari Bingke Kamboja, Rajanya Bingke di Pontianak





Siapa sangka perkembangan di bidang kuliner semakin berkembang pesat seakan tak ada matinya. Demikian juga dengan kue bingke, makanan khas dari Pontianak, Kalimantan Barat yang selama ini paling terkenal varian originalnya. Bingke berendam. Siapa yang tak tahu jenis makanan yang satu ini. Semua orang Kalimantan Barat mestinya tahu dengan kue bingke.

Sekarang berbagai varian kue bingke bisa kita dapatkan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Tak mahal kok, walaupun tidak murah juga. Setidaknya masih berada pada kisaran harga belasan ribu.

Satu diantara penyedia berbagai pilihan rasa bingke, ada Bingke Kamboja yang terletak di Jalan Tanjungpura tak jauh dari Ramayana Pontianak. Ada 4 varian bingke yang sempat saya abadikan waktu singgah ke sini. Waktu itu saya datang bersama dengan teman-teman dari Komunitas Blogger Pontianak. Tempatnya asyik buat kopdar. Memang tidak luas tapi untuk menampung jumlah anggota Komunitas Blogger Pontianak masih cukuplah.

Berikut 4 varian bingke yang ada di Bingke Kamboja.

1. Bingke Berendam

Varian yang satu ini seakan wajib ada di toko bingke mana pun. Sebab bingke berendam adalah cikal bakal mulanya berbagai pilihan bingke yang lain. Adonan dasarnya berpangkal pada bingke berendam. Bedanya bingke berendam di sini ada karamelnya. Jadi bingkenya 'berendam' di kuah karamel. Agak basah. Beda dengan bingke berendam di tempat lain yang saya beli.

2. Bingke Pandan


Bingke pandan terlihat sangat cantik dengan setengah adonan berwarna hijau dan atasnya tetap kuning seperti bingke berendam. Bagian bawahnya memiliki varian rasa pandan. Varian ini baru saya temukan di Bingke Kamboja.


3. Bingke Pulut/Ketan



Bosan dengan adonan bingke yang begitu-begitu saja? Sebaiknya coba Bingke Pulut atau Bingke Ketan yang di bagian bawahnya adalah adonan yang terbuat dari ketan atau pulut. Bagian atasnya bingke. Jadinya kita bisa merasakan 'nasi pulut' di bagian bawah dan dengan sensasi bingke di bagian atasnya.


4. Bingke Kacang Hijau


Masih ada satu lagi, bingke kacang hijau. Ini juga varian yang baru pernah saya temukan. Biasanya yang ada di tempat lain adalah bingke keju atau bingke kentang. Tampilannya tak jauh beda dengan bingke biasanya. Namun di Bingke Kamboja, varian rasa dan tampilan akan berbeda dari bingke umum yang bisa kita temukan di tempat lain.


Bingke mana yang kamu paling suka?


18 Oktober 2016

4 Kesalahan Dalam Menjual Rumah




Sebelum rumah dijual di bandung dilakukan, biasanya penjual sudah pindah ke rumah yang baru dan memutusakan untuk menjual rumah yang lama. Karena mereka menganggap bisa menghasilkan keuntungan yang banyak. Namun terkadang penjual rumah bisa saja melakukan kesalahan yang bisa merugikan pihak penjual. Untuk itu berikut informasi tentang 4 kesalahan dalam menjual rumah.


Menjual rumah sebelum mengetahui kebutuhan
Kesalahan pertama dalam menjual rumah adalah menjual rumah sebelum mengetahui kebutuhan, hal ini sering terjadi pada seorang yang sudah memiliki rumah baru, dan ingin menjual rumah lama dengan alasan tergiur keuntungan yang didapatkan. Hal tersebut tentunya bisa membuat penjual merasa menyesal dikemudian hari, hal yang biasanya membuat mereka menyesal adalah rumah penuh kenangan, harus beradaptasi dengan rumah yang baru, tidak merasa nyaman dengan lingkungan yang baru, dan hal lainnya.

Berprinsip menolak tawaran pertama
Rumah yang sudah lama tidak terjual akan berpengaruh menurunkan harga jual rumah tersebut. Karena perusahaan agen properti ternama di New York telah meneliti bahwa, rumah yang baru dipromosikan akan mendapatkan perhatian pasar selama kurang lebih 2 minggu saja. Hal itu bisa terjadi karena dipengaruhi oleh siklus jual beli dan semakin menyusutnya kualitas rumah tersebut.

Foto kurang menarik
Saat ini kebanyak calon pembeli rumah memilih mencari rumah melalui media online. Hal pertama yang mereka lihat adalah foto rumah, harga, lokasi serta luas bangunan dan tanah. Untuk itu kamu harus menampilkan foto yang menarik pada iklan rumah kamu.

Menyembunyikan kerusakan
Kerusakan pasti terlihat oleh calon pembeli saat mereka mengunjungi rumah yang akan kamu jual, dengan menyembunyikan kerusakan akan berdampak buruk bagi kamu, karena calon pembeli menggap kamu orang yang tidak jujur sehingga bisa berakibat batalnya transaksi jual beli rumah. Untuk itu lebih baik kamu jujur kepada calon pembeli. Jika kamu tidak sempat memperbaikinya, berikan harga jual sedikit dibawah harga pasar yang sesuai dengan besarnya biaya untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Demikian informasi tentang 4 kesalahan dalam menjual rumah. Dan semoga artikel ini bermanfaat.

5 Renovasi Untuk Meningkatkan Harga Jual Rumah





Sebelum rumah dijual di depok, lebih baik lakukan renovasi terlebih dahulu. Karena dengan melakukan renovasi, akan membuat rumah kamu cepat laku dan menambah nilai jual rumah. Namun tidak perlu melakukan renovasi yang terlalu ribet karena nantinya malah akan merugikan kamu, cukup renovasi sederhana saja. Untuk itu berikut informasi tentang 5 renovasi untuk meningkatkan harga jual rumah.

Cat ulang dinding rumah
Dengan mengecat ulang dinding rumah yang akan kamu jual, akan membuat rumah terkesan baru dan cantik. Sehingga calon pembeli akan lebih tertarik untuk memilih rumah yang kamu tawarkan.

Percantik pintu
Banyak penjual rumah atau developer yang memberikan pintu rumah yang terbuat dari bahan tidak bermutu tinggi. Banyak perumahan menengah kebawah menggunakan pintu yang terbuat dari kayu murah yang sangat ringan, mudah rusak dan engsel mudah berkarat. Untuk itu lebih baik ganti pintu rumah kamu dengan pintu yang kuat dan cat dengan warna yang menarik, lebih disarankan cat kembali pintu dengan cat berwarna coklat sehingga tampak mengkilap.

Buat jalan setapak
Bila kamu memiliki taman didepan teras, lebih baik buat jalan setapak dari terasa menuju pintu keluar. Gunakan batu alam atau plesteran semen untuk membuat jalan setapak tersebut, sehingga akan memudahkan calon pembeli untuk masuk ke rumah.

Percantik taman
Dengan memiliki taman, akan membuat rumah kamu tampak segar atau asri, untuk itu manfaatkan halaman depan dan belakang rumah kamu dengan menanam tanaman hijau atau bunga. Dan pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan banyak perawatan, sehingga sehingga akan memudahkan kamu dalam merawatnya.

Perbaiki dan perbarui yang rusak
Jika rumah kamu terdapat bagian atau furnitur yang rusak, segera perbaiki karena hal tersebut bisa saja membuat calon pembeli mengurungkan niatnya untuk membeli rumah kamu. Misalnya ada lemari dapur yang rusak, atap yang bocor, dan lainnya, untuk itu segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

Demikian informasi tentang 5 renovasi untuk meningkatkan harga jual rumah. Semoga artikel ini bermanfaat.

Cara Mengatasi Rumah Dijual Yang Susah Laku





Biasanya ada beberapa rumah yang sudah lama dijual namun belum laku juga. Memang menjual rumah bukan merupakan hal yang mudah, karena harus menggunakan bebrapa strategi yang tepat sehingga rumah akan terjual dengan cepat. Untuk itu berikut informasi tentang cara mengatasi rumah dijual di surabaya yang susah laku.
Tentukan harga yang wajar
Dalam menjual rumah, tentukan harga yang wajar supaya calon pembeli tidak mundur sebelum mengajukan penawaran, karena jika harga jual rumah yang kamu tawarkan terlalu tinggi dari harga pasar, calon pembeli akan berpikir harga rumah kamu akan tetap tinggi meskipun sudah ditawar. Untuk itu beberapa ahli properti menyarankan menjual rumah dengan harga maksimal diatas 3% dari harga pasar.

Buat tampilan rumah menjadi menarik
Sebelum menjual rumah, lebih baik menjadikan rumah kamu semenarik mungkin, sehingga calon pembeli akan tertarik untuk melakukan negosiasi. Kamu bisa menjadikan rumah kamu menarik dengan cara membersihkan secara rutin, cat ulang dinding yang terkelupas, perbaiki rumah yang rusak, dan rapikan taman yang ada di rumah kamu supaya tampak indah dan asri.

Melakukan promosi
Salah satu hal penting dalam menjual rumah adalah melakukan promosi, dengan begitu akan banyak calon pembeli yang berminat untuk menawar rumah kamu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi rumah, seperti beriklan di media cetak atau media online. Selain itu kamu juga bisa membuat papan plang yang bertulisakan “Rumah Dijual” didepan rumah kamu. Atau kamu juga bisa promosi ke tetangga kamu, siapa tau mereka berminat membeli atau mereka memiliki kerabat yang sedang mencari rumah.

Menggunakan jasa agen properti
Dalam menjual rumah bisa dilakukan dengan beberapa cara, bisa dengan menjual secara langsung, melalui teman atau keluarga, serta menggunakan jasa agen properti. Menggunakan agen properti kamu harus membayar komisi untuk jasa tersebut, namun dengan menggunakan agen properti akan membuat rumah kamu cepat terjual bahkan dengan harga yang lumayan tinggi, sehingga manfaat yang diterima sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.


Demikan informasi tentang cara mengatasi rumah susah laku, dan semoga artikel ini bermanfaat.

15 Oktober 2016

Film Snowden



Siapa yang tidak suka dengan aktingnya Joseph Gordon Levitt? Aktingnya selalu memukau. Sehingga saya jarang memperhatikan filmnya saat memilih untuk menonton Levitt. Asalkan dia yang main, saya selalu tertarik buat nonton. Dari berbagai jenis film yang sudah dia perankan saya menemukan bahwa perannya selalu berbeda. Karakter setiap peran sangat bertolak belakang.

Terakhir saya menonton filmnya tahun 2016 ini berasal dari kisah nyata 3 tahun lalu. Tentang seseorang yang membocorkan rahasia negara karena tidak terima dengan apa yang negaranya lakukan terhadap banyak negara lainnya. Kemanusiaan. Itu yang mengguncang nuraninya untuk berbuat sesuatu yang berbeda dari yang sebelumnya dia lakukan. Snowden, judulnya.

Dalam film ini saya sangat terkejut karena Levitt benar-benar mengubah aksennya menjadi seperti aksen Snowden. Cara berbicaranya benar-benar mirip. Tidak salah memang Levitt mendapatkan peran utama dalam film ini. Menonton film ini membuat saya ingin mengeksplore dunia ini lebih jauh lagi. Tidak terjebak di Kalimantan Barat, di kamar dengan sebuah kipas angin sambil menghabiskan waktu lebih banyak untuk menulis.

Melalui Snowden saya belajar untuk berani menyatakan kebenaran. Bahwa kebenaran akan memenangkan segalanya. Bagaimana pun caranya.

13 Oktober 2016

Menjadi Seleb Musiman di Youtube



Tren yang hadir di Youtube memang ada yang terus bertahan kemudian ada yang memudar sesaat saja. Untuk booming memang harus menyesuaikan dengan musim. Itu jika memang Anda berharap segera terkenal di sosial media lalu bisa mendapatkan banyak subscriber dan banyak view.

Mengikuti musim sebenarnya akan melelahkan jika memang musim terus berubah. Ada banyak tema sebenarnya yang bisa diangkat dan tak kenal musim. Seperti video cover lagu penyanyi ternama, video masak, video tutorial, atau video animasi. Masih banyak sih video dengan tema tertentu yang bisa kita unggah di channel Youtube yang kita miliki.

Namun enaknya jadi seleb musiman di Youtube adalah kita bisa terkenal dengan 1-2 video saja. Seperti yang sekarang lagi ramai, video PPAP yang banyak sekali dicover orang dan video yang membahas lagu Pen Pineapple Apel Pen tersebut.

Mengapa orang terlihat putus asa sekali untuk mendapatkan view yang banyak sampai membuat video dengan tema musiman?

Di Youtube bisa menghasilkan uang yang banyak dari view. Uang akan mengalir deras ke pundi-pundi pemilik video. Saya sendiri juga punya channel sih di Youtube tapi buat share video tutorial dan belum ada niat buat dikomersilkan. Niat awalnya hanya berbagi cara menggunakan aplikasi android buat sesama konsultan Oriflame. Mau view-nya banyak atau enggak, bukan masalah utama. Paling penting buat saya orang dapat manfaat dan ilmu dari video tersebut.

Jangan berharap akan dapat hiburan juga dari channel saya, sebab bukan dibuat untuk menghibur penontonnya.

Kayaknya menyenangkan jadi seleb musiman di Youtube ya? Booming dalam satu malam dan dikenal banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Semakin banyak yang menerapkan prinsip 'mengencingi sumur zam-zam'.

12 Oktober 2016

Indomie Real Meat VS Bakmi Mewah




Sudah mencoba dua jenis ini? Ada Indomie Real Meat dengan mie rasa rendangnya dan ada juga bakmi mewah yang ala-ala mie ayam modern. Dua-duanya menghadirkan kemasan yang beda dan mengusung tema mie instant yang lebih mahal dari biasanya. Walaupun tidak di atas mie samyang, tetap saja harga sebungkus Indomie Real Meat dan Bakmi Mewah ini beberapa kali lipat dibandingkan mie instant biasanya. Masuk akal karena memang bumbu dan tambahan dagingnya berbeda dari mie instant yang lain.

Mana yang lebih saya suka? Saya lebih suka Indomie Real Meat dibandingkan Bakmi Mewah. Pertama mie goreng rendangnya lebih nendang dari rasa Bakmie Mewah yang ternyata potongan ayamnya tidak seperti yang diiklankan. Meskipun daging yang ada dalam kemasan mie instant dari Indomie ini lebih banyak kacang merahnya. Setidaknya untuk rasa, Indomie memang tidak mengecewakan.

Varian mie instant memang terus bertambah. Beragam mie instant hadir memanjakan lidah kita. Ada mie rasa lama yang tidak akan pernah bisa digusur oleh mie instant dengan varian rasa baru. Seperti indomie rasa kaldu ayam atau mie goreng bungkus putih.

Indomie selalu di hati kalau saya mah. Tak akan tergantikan oleh mie instant yang lain walaupun sempat suka sama mie sedap dan beberapa mie instant hadir dengan menuliskan kata 'sedap' di kemasannya supaya lebih banyak yang beli. Sekarang malah saya tidak suka dengan mie sedap. Dulu sempat makan mie sedap terus. Varian rasanya juga banyak. Belum lagi bubuk-bubuk bumbu tambahan atau bawang goreng krispinya yang menggoda.

Sekarang sudah jarang sih makan mie instant. Suka masuk angin aja kalau makan mie instant tanpa nasi. Sudah tua, harus makan makanan yang bergizi dan bukan makanan instant seperti mie. Apalagi kalau pencernaan mudah terganggu, jangan dibiasakan makan mie instant. Mendingan makan nasi dengan sayur dan lauk yang menyehatkan.

Sesekali boleh makan mie instant tapi jangan keseringan. Walaupun mie instant adalah makanan yang paling mudah dan murah. Beberapa menit sudah bisa disajikan.


10 Oktober 2016

Alasan Tidak Berikan Harga Konsultan Oriflame ke Pelanggan (Bagian 1)




Memberikan harga konsultan kepada pelanggan adalah pelanggaran kode etik. Jadi sederhananya ketika konsultan tidak memberikan harga member kepada pelanggan karena dia mematuhi aturan yang berlaku di Oriflame. Sebagai konsultan tentu saja dia harus patuh pada aturan Oriflame. Tunduk pada etika. Karena ketika melanggar kode etik itu sama saja mengabaikan aturan yang harusnya dipatuhi.

Mengapa Oriflame membuat kode etik seperti itu?

Oriflame membuat aturan seperti itu tentunya ada pertimbangan demi keuntungan konsultan itu sendiri.

Harga konsultan Oriflame atau harga member adalah harga yang harus dibayarkan seorang konsultan saat membeli produk Oriflame. Harganya berbeda dengan yang tertera di katalog. Jika di katalog sudah ada diskon, maka konsultan akan mendapatkan harga diskon katalog ditambah diskon konsultan.

Selisih harga katalog dengan harga konsultan akan menjadi keuntungan langsung yang akan didapatkan oleh konsultan. Satu-satunya cara konsultan mendapatkan keuntungan langsung adalah dengan memanfaatkan selisih harga tersebut. Jadi kalau seorang konsultan menjual produk dengan harga konsultan kepada pelanggan, keuntungan langsung tidak akan didapatkan.

Takut tidak berhasil mengumpulkan poin memang menjadi momok banyak orang yang baru memulai bisnis Oriflame atau tidak paham kode etiknya. Di Oriflame pengumpulan poin memang memghasilkan beragam reward. Mulai dari beragam produk gratis dan juga penghasilan tidak langsung. Gara-gara takut poinnya sedikit banyak konsultan yang merelakan harga konsultan menjadi harga yang dibayarkan pelanggannya.

Padahal ada banyak hal yang harus ditanggung seorang konsultan.

1. Biaya pendaftaran
Setiap orang yang ingin menjadi konsultan harus membayar biaya pendaftaran dan setiap tahunnya ada renewal fee (biaya daftar ulang) sehingga konsultan harus punya penghasilan dari Oriflame jika tak ingin merugi.

2. Beli katalog

Katalog memang ada dua jenis. Katalog online dan offline. Khusus online memang gratis. Beda dengan katalog offline yang bisa disebar secara langsung ke pelanggan. Katalog offline harus beli jika ingin punya banyak. Kebayang tidak kalau kita kasih harga member ke pelanggan? Buat beli katalog kita lagi yang nombok.

3. Beli smartphone atau laptop
Untuk menjalankan bisnis Oriflame sekarang ini setidaknya kita harus online sekali setiap bulannya khusus untuk order barang. Belum lagi jika kita ingin belajar banyak hal dari internet yang menjelaskan tentang Oriflame. Setidaknya kita punya smartphone yang bisa digunakan buat internetan. Syukut-syukur punya laptop juga.

4. Beli paket data internet
Selain itu kita juga harus beli paket data internet untuk mengakses halaman Oriflame. Kalau tak punya paket data kita tak bisa login ke akun Oriflame kita.

Empat hal yang sudah saya sebutkan di atas adalah alasan terbesar mengapa kita sebagai konsultan Oriflame tidak memberikan harga konsultan ke pelanggan. Karena itu sangat merugikan kita. Untuk apa punya bisnis yang tidak berkembang gara-gara kita sendiri tidak mematuhi kode etik yang diberlakukan untuk membantu bisnis kita bertahan.

Belum lagi pelanggan yang suka membatalkan orderan padahal sudah ditalangkan. Itu juga cukup merugikan. Masih mau kasih harga member ke pelanggan


9 Oktober 2016

Kita Indonesia



Pernahkah kita berpikir bahwa kita, rakyat biasa, bisa membuat perubahan yang sangat besar bagi Indonesia?

Pernahkah kita berharap bahwa kita benar-benar bisa melakukan hal besar dengan sesuatu yang kita sebut teknologi?


Selama bertahun-tahun, kebanyakan orang hanya akan lebih banyak memikirkan tentang dirinya sendiri. Ketika rutinitas menenggelamkan kita. Saat kita hanya bisa menerima banyak hal yang menyebalkan di negara kita hanya karena kita hidup di Indonesia. Namanya juga I-N-D-O-N-E-S-I-A. INDONESIA. Seberapa besar harapan Anda, sebagai warga negara Indonesia, untuk mengambil jalan perubahan bagi negara Anda sendiri?

Dari hal kecil. Dari hal yang bisa kita pahami. Dari bagian kehidupan yang kita jalani sehari-hari. Hal kecil yang seperti duri di dalam daging. Kecil. Tapi keberadaannya mengganggu seluruh aktivitas tubuh kita. Apakah ada?

Sejak lama saya rindu sekali melihat negara Indonesia ini memiliki masyarakat yang tertib. Terbit saat berada di jalan raya. Ketidaktertiban kita di jalan raya adalah satu dari banyak hal yang cukup miris terjadi. Rambu-rambu yang dipasang seakan menjadi pajangan.

Apa yang salah dengan sistem pendidikan yang ada di Indonesia sampai kita, saya, Anda, mereka, kesulitan untuk menjadi pengguna jalan raya yang tertib? Jika satu orang berusaha tertib dan sisanya melanggar aturan akan menambah masalah juga. Karena yang tertib ini seakan-akan menjadi orang yang salah karena berusaha untuk melakukan hal yang benar sementara yang lainnya ingin terus melanggar aturan.

Teknologi informasi dan komunikasi saya rasa akan jadi jalan yang bisa membuat perubahan besar di Indonesia. Di saat kita tak bisa berkomunikasi secara langsung dengan sesama pengguna jalan raya, teknologi akan menjadi jembatan untuk kita saling memahami satu sama lain. Kita tak perlu lagi saling klakson hanya karena ingin dimengerti oleh orang lain. Tak perlu menghardik pengguna jalan raya yang melanggar aturan. Tak ada lagi cerita orang-orang yang sibuk menggunakan sosial media dengan tangan kirinya sementara tangan kanannya menahan gas sepeda motor.

Seharusnya bisa. Teknologi membuat kita menjadi masyarakat yang lebih baik di negara kita sendiri. Buktinya saat kita berada di negara orang kita berusaha menaati aturan yang ada bukan?

Saya selalu berpikir soal aplikasi yang bisa kita pasang di smartphone kita dan akan menilai seberapa taat kita berkendara. Terutama saat berhenti di lampu merah dan bergerak saat lampu hijau. Lalu aplikasi tersebut akan memberikan poin yang bisa kita kumpulkan dan ditukar dengan hadiah. Dibandingkan memberikan hukuman untuk yang tidak taat bukannya lebih baik memberikan penghargaan pada yang taat? Seharusnya ada teknologi seperti itu.

Kadang saya berpikir di setiap jalan yang terdapat lampu lalu lintasnya ada sensor yang bisa mendeteksi pengguna yang tidak berhenti di jalur yang benar atau melewati batas kendaraan seperti berhenti di zebra cross.

Sensor tersebut akan bereaksi pada kendaraan yang tidak menaati aturan dan mengaktifkan sinar laser yang akan membuat ban kendaraan menjadi bocor atau kempes. Bisa juga mematikan mesin kendaraan yang pengendaranya nakal. Setidaknya sensor tersebut bisa mengirimkan data kendaraan yang tidak dikendarai dengan menaati aturan yang ada ke kantor polisi sehingga bisa ditilang kemudian.

Kita Indonesia. Negara yang kaya. Mengapa tertib berlalu lintas menjadi hal yang sangat mahal di negara kita? Negeri ini butuh orang-orang yang bisa mengendalikan teknologi demi kemajuan negaranya ke arah yang lebih baik. Bukan malah membuat semakin banyak orang yang multitasking dan bisa mengoperasikan gadget layar sentuh dengan sebelah tangan ketika berkendara dengan sepeda motor.

Kita Indonesia. Hilang ke mana jati diri kita selama ini? Atau kita ingin terus dianggap sebagai negara yang masyarakatnya seperti yang sekarang ini? Kita harus berubah demi kemajuan negara kita. Tertib di jalan raya. Membuang sampah pada tempatnya. Hal-hal sederhana yang sulit sekali kita lakukan sampai sekarang. Seberapa banyak yang mampu melakukan hal tersebut?

Kita Indonesia. Mudah sekali kita terinfeksi dengan orang di sekitar kita. Satu melanggar aturan, berikutnya akan bertambah lagi orang yang melanggar aturan. Semuanya menginginkan haknya lebib dulu lalu tak peduli dengan hak orang lain. Kendaraannya ingin lebih cepat sampai duluan dan lupa bahwa orang lain juga punya banyak keperluan.

Adakah aplikasi yang bisa kita gunakan sebagai kemajuan dari teknologi informasi dan komunikasi untuk menjadikan negeri ini bermartabat karena rakyatnya adalah orang-orang yang menaati aturan. Saya rindu dengan Indonesia yang seperti itu.



8 Oktober 2016

Bukan Lagi Tentang Jakarta




Pernahkah selama ini membayangkan bahwa berada di mana pun, impian kita bisa terwujud?



Dulu Jakarta menjadi tanah impian banyak orang. Jakarta seakan adalah segalanya. Apa pun bisa diraih apabila kita berada di Jakarta. Di Jakarta kita bisa menemukan banyak hal. Saat saya kecil, di kampung saya, menemukan koran yang terbitan minggu lalu pun susahnya minta ampun. Pasti berbeda dengan di Jakarta. Segalanya tersedia.



Anak Kalimantan, berada di pelosok desa. Terpinggirkan. Tak terlihat oleh siapa pun. Listrik masuk ke desa kami saat saya usia belasan tahun. Sebelumnya, kami hidup dalam gulita. Penerangan lampu petromax sudah menjadi hal yang sangat mewah di sana. Televisi yang dinyalakan dengan aki mobil modifikasi sudah jadi keberuntungan. Dengan layar hitam putih dan kadang gambarnya tak jelas, asal ada suaranya ketika penayangan berita di TVRI, sudah cukup bagi kami.





Tak meminta lebih dari negeri ini.



Keinginan saya sejak dulu adalah menjadi penulis. Impian saya selanjutnya hanya membeli mesin tik. Bertahun-tahun saya membayangkan akan punya mesin tik. Namun waktu berputar sedemikian cepatnya. Banyak hal berubah ketika teknologi informasi menggempur dunia ini. Segala-galanya bisa tersebar hitungan jam, menit, bahkan detik. Siapa pun bisa menjadi penulis, tanpa perlu membeli mesin tik.



Coba lihat banyaknya orang yang berada di luar Jakarta, baik itu di kota kecil atau bahkan dari desa pelosok, akhirnya bisa mencuat ke permukaan tanpa perlu mendatangi ibu kota dan mengadu nasibnya di sana. Teknologi informasi dan komunikasi mengubah masa depan banyak orang. Lapangan pekerjaan pun terbuka lebar bagi banyak sekali orang-orang yang punya bakat dan keterampilan.



Saya pikir, untuk menjadi penulis saya harus bisa menembus penerbit mayor dan punya buku best seller di mana-mana. Setidaknya saya harus ke Jakarta. Meninggalkan Kalimantan, tanah kelahiran. Lalu saat teknologi menjadi pisau bermata dua, orang-orang yang mau mencapai impiannya, menggunakannya dengan bijaksana. Ingin jadi penulis mudah saja sekarang. Bergantung apa yang kamu inginkan. Jika sekadar ingin menulis dan tulisan dibaca orang, buat blog, tak sampai 5 menit, sudah punya media untuk menyalurkan keinginan menulis tersebut.



Selama yang ditulis bermanfaat ya tulis saja. Kadang kita tak tahu tulisan yang kita tulis hari ini akan membawa kita ke mana.



Setelah menggenggam teknologi saya sadar bahwa banyak sekali jalan untuk menjadi penulis. Kita bisa menjadi blogger, penulis buku, penulis novel, penulis pemburu lomba. Masih banyak sekali jenis penulis semenjak adanya sosial media yang mempertemukan kita tidak hanya dengan seratus dua ratus orang, tapi berjuta-juta orang bisa kita temui.



Saya yang dulunya anak kecil yang ingin punya mesin tik untuk menyiapkan diri menjadi penulis itu sekarang malah berubah haluan menjadi blogger. Menulis banyak hal. Mengikuti berbagai lomba. Satu hal yang paling penting, saya masih di Kalimantan. Di tanah tempat kelahiran saya. Tidak meninggalkannya demi Jakarta. Karena sekarang kita bisa menjadi apa saja yang kita mau dengan menggunakan teknologi informasi. Lomba menulis juga banyak sekali bisa kita ikuti tanpa perlu ke mana-mana. Cukup duduk di depan komputer dan kita bisa mengirimkan tulisan kita.





Teknologi informasi dan komunikasi menjadikan kita tak terkekang oleh ruang dan waktu. Kita bisa menjadi apa yang kita mau.



Saya tak pernah membayangkan bahwa saya akan menjadi satu-satunya orang di antara banyak peserta lomba menulis Tulis Nusantara pada tahun 2013 yang akan memenangkan piala juara pertamanya untuk kategori cerita pendek. Lomba yang saya temukan dari informasi di internet. Pengiriman naskah hanya lewat email. Begitu mudahnya menunjukkan diri kita pada dunia ini. Dulu? Entah bagaimana perjuangan orang yang ingin tulisannya bisa diterbitkan dan dibaca banyak orang. Sekarang? Status di sosial media pun bisa menjadi sesuatu yang viral.



Teknologi adalah pisau bermata dua. Hal baik dan buruk menjadi satu di dalamnya. Sementara yang lain berusaha memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk mencapai prestasi dan mengharumkan negeri ini, ada juga orang-orang yang menggunakannya untuk mencapai popularitas semata.



Di Pontianak ini juga banyak pengusaha makanan yang sukses karena memanfaatkan teknologi. Menggunakan dunia maya sebagai media untuk mempertemukannya dengan banyak pelanggan-pelanggan baru. Seperti Mbak Louis Wulandari yang sangat telaten membuat kue. Dia menggunakan website untuk mempromosikan karya seninya yang bisa dimakan. Tidak hanya indah tapi juga sedap di lidah. Siapa yang tak mengenal beliau? Berbagai jenis panganan bisa dia buat dengan dua tangan lentiknya.



Selain menulis saya juga senang sekali menjual makanan. Berbagai olahan makanan lokal yang ada di Pontianak sekarang sudah banyak yang saya jual ke luar negeri. Seperti Malaysia, Australia, dan Amerika. Awalnya saya hanya mengenal rupiah, semenjak adanya teknologi, dollar sekarang akrab di telinga saya. Tak ada lagi cerita tentang susahnya menjual lempok durian atau sotong pangkong di Kota Pontianak, karena pelanggan mereka di mana-mana.



Ketika teknologi sekarang menjadi hal yang biasa di dalam kehidupan kita, banyak hal yang berubah. Bahkan masa depan orang juga banyak yang berubah. Cara orang mencari uang berubah. Cara orang menyalurkan hobi berubah. Cara orang untuk terkenal juga berubah. Internet mengubah cara pandang dan juga cara kita hidup di dunia ini. Ada yang menjadi lebih dekat dengan adanya teknologi. Tak sedikit pula yang malah menjauh karena keberadaan teknologi ini. Bahkan banyak juga yang celaka karena menggunakan teknologi tanpa adanya filter di dalam dirinya.


Satu hal yang jelas semenjak kita menggunakan teknologi dalam kehidupan kita. Segalanya menjadi lebih mudah. Tak ada lagi cerita kita kesulitan mencari sesuatu atau mencari tahu tentang sesuatu hal yang tak kita pahami. Banyak sekali bantuan teknologi bagi kemajuan hidup kita. Saat rakyatnya semakin maju tentunya negaranya juga akan maju.

Anak-anak yang sekarang lahir, sudah menjadi generasi dengan teknologi informasi dan komunikasi. Mereka menjadi anak-anak yang berada di era internet. Segalanya menggunakan aplikasi di gadget. Berikan mereka keleluasaan untuk mengeksplorasi dunia ini dengan teknologi dan membuat perubahan besar demi negara ini tanpa perlu mengangkat bambu runcing kembali. Mereka hanya butuh jemarinya dan teknologi akan menyelesaikan sisanya.



Ide-ide brilian akan lahir dari kepala mereka. Hal-hal yang menakjubkan. Sekarang saja, teknologi informasi dan komunikasi sudah hadir dan berbagai keajaiban. Belum lagi dukungan yang diberikan PT XL Axiata Tbk untuk memberikan pengalaman penggunaan data dan internet yang lebih kuat dan lebih luas. Sehingga anak-anak di pelosok negeri tak perlu takut ketinggalan informasi. Tak ada lagi komunikasi yang tak bisa dijalin dari seluruh negeri. Teknologi mengubah segalanya.



Ini bukan lagi tentang Jakarta. Kamu bisa berada di mana saja, kapan saja. Karena kita tak terikat ruang dan waktu untuk mencapai apa yang kita mau di dunia ini. Tak perlu takut dan tak perlu ragu menjadi seseorang yang kamu inginkan. Masa depan itu bernama teknologi. Genggam yang erat, jangan pernah lepaskan.




Kita Indonesia. Manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang kita miliki sekarang demi kemajuan negeri kita. Jangan sampai teknologi membuat kita menjadi orang yang tak lagi memiliki empati pada sesama.

7 Oktober 2016

Kini XL 2 Kali Lebih Cepat 6 Kali Lebih Luas



Sesuai dengan komitmen PR XL Axiata Tbk (XL) untuk memberikan pelayanan dengan kualitas yang lebih baik dan jangkauan lebih luas, mulai bulan Oktober 2016 ini XL menambahkan jarinan 3G baru dan mulai melayani pelanggan melalui jaringan 3G di frekuensi 900 MHz atau U900. Penambahan layanan ini mencakuo area yang sangat luas, hampir 6 kali lebih luas dari cakupan sebelumnya. kualitas jaringannya sendiri 2 kali lebih kuat ketika berada di dalam ruangan.

Peningkatan layanan ini adalah sebagai bentuk apresiasi XL bagi pelanggannya supaya lebih produktif khususnya yang menggunakan layanan paket data. didukung pula dengan penambahan lebih dari 11.000 BTS 3G baru yang telah dibangun dan akan terus ditambah. mulai 1 Oktober 2016 ini pula XL memberikan tiga pilihan produk khusus dengan tarif yang bersaing dengan operator yang lain. Harga yang diberikan XL mulai dari 13ribu untuk paket data 1GB dan 60 menit telpon ke semua operator.

XL juga menyesuaikan dengan program Indonesia Broadband Plan atau IBP dari pemerintah dengan menyediakan layanan broadband yang mencapai hingga pelosok daerah. Peningkatan kualitas layanan internet juga akan terjadi di beberapa wilayah yang sebelumnya mendapatkan layanan 3G. Sehingga pelanggan akan mendapatkan pengalaman layanan internet dan data yang lebih baik.

5 Oktober 2016

Istri-Istri Kesepian




Istri-istri kesepian? Judulnya kayak novel Freddy S saja.

Tenang ini bukan masalah ranjang, jika itu yang terpikirkan di kepala Anda selintas dari judulnya. Saya pikir banyak istri tidak berani mengungkapkan keinginannya kepada suami. Hal-hal yang dianggap masih bisa dikompromi dan tidak begitu penting.

Saya tidak heran lagi ketika banyak ibu yang sebelumnya mendapatkan label 'istri yang baik' atau 'ibu rumah tangga yang luar biasa' atau 'ibunya anak-anak yang penyayang' kemudian berubah menjadi sesuatu yang tak pernah Anda bayangkan menjadi suami. Monster? Itu kasarnya. Karena ada banyak hal yang diluar perkiraan bisa terjadi saat seorang istri kosong jiwanya.

Penyebabnya banyak. Istri yang setelah melahirkan dan mengalami postpartum depresion alias depresi setelah melahirkan. Semuanya karena hormon dan jungkir-balik keadaannya. Setelah hamil tiba-tiba melahirkan. Perubahan hormon yang terjadi terlalu jauh dari sebelumnya. Kemudian jika tidak ditangani dengan baik, kita akan menemukan berita 'Ibu Tega Membunuh Bayinya' atau 'Lima Anak Dihabisi Ibu Kandung'.

Siapa sangka?

Ada sesuatu yang harus diisi terus di dalam diri seorang istri. Semua suami harus siap dengan segala kemungkinan terburuk dan ada di sampingnya dalam keadaan apa pun. Jangan sampai istri-istri kesepian ini menjadi sesuatu yang tak kamu inginkan.

Pernah membayangkan seorang istri jatuh cinta lagi?

Menikah bukan berarti seorang perempuan bisa dibatasi hatinya hanya untuk mencintai suami dan anak-anaknya. Sebab ini soal hati. Hati bisa berubah. Jadinya banyak sekali perceraian yang disebabkan seorang istri yang mencintai lelaki lain. Saya tidak akan menyalahkan suami atau istrinya. Karena semua pihak menjadi faktor penyebabnya.

Istri-istri kesepian. Peluklah mereka. Mereka memang bisa jatuh cinta berkali-kali tapi dengan dicintai mereka akan berpikir berkali-kali untuk pergi. Cintailah mereka. Isilah bejana hati mereka dengan rasa ingin terus berada di tengah keluarga dan bahagia bersama dalam suka dan duka.


Istri yang kesepian adalah sesuatu yang berbahaya. Jiwanya yang kosong. Hatinya yang kedingingan. Butuh seseorang yang bisa membuatnya tertawa. Jangan sampai lelaki yang bukan suaminya yang selalu membuat hatinya hangat. Jangan sampai dia tertawa karena candaan lelaki-lelaki di luar rumahnya.

Peluklah istri-istri kesepian Anda di setiap malam menuju mimpi indahnya. Jangan sampai dalam mimpimu Anda tidak ditemuinya.



4 Oktober 2016

Kue Talam




Kue talam rasanya manis dan ada aroma harumnya yang khas. Mirip bingke. Bedanya bingke dipanggang dan kue talam dikukus. Saya tidak pernah tahu resep kue talam apa. Belum pernah membuatnya sama sekali. Namun beberapa kali saya pernah memakannya dan jatuh cinta jika dibuat dengan takaran yang pas. Tidak semua orang bisa membuat kue talam yang enak. Entah karena tak tahu resep kue talam enam atau karena mereka ingin meraup untung sebesar-besarnya jadi mengurangi bahan yang seharusnya ada di dalam adonan.

Kue talam adalah kue sederhana yang punya cita rasa khas. Di kampung saya banyak yang menyebutnya kue busa. Bisa jadi serupa, bisa jadi juga kue tersebut sama adanya. Kadang-kadang rasa yang sama tak menjadikan dua kue tersebut adalah satu jenis kue dengan nama yang berbeda.

Warna kuning kue talam sangat mengundang selera. Apalagi jika di atasnya ada kismis dan sedikit potongan pandan yang tak hanya menjadi hiasan tapi memberikan keharuman pada kue manis ini. Buat yang kurang suka manis akan merasa kue ini terlalu manis.

Setiap melihat dan makan kue talam saya ingat dengan masa SMA saya. Saat saya masih tinggal di Selakau, Sambas, Lisa membuat kue yang serupa dengan kukusan besar di rumahnya. Saya ingat dia mengukusnya berjam-jam untuk disajikan saat lebaran. Tapi dia menyebutnya kue busa. Bukan kue talam.

1 Oktober 2016

Pesona Pantai Kuta Bali





Saya pernah satu kali ke Bali. Sudah hampir lima tahun yang lalu. Saya suka Bali karena di Bali ada pantai. Sama seperti di kampung halaman saya yang punya banyak pantai. Pantai itu penuh dengan pesona. Banyak sekali yang bisa kita nikmati selama berada di pantai. Aroma air laut yang menenangkan. Awan-awan yang menghiasi langit terlihat lebih jelas. Belum lagi suara hewan-hewan yang ada di laut.

Banyak orang suka ke pantai. Saya belum pernah dengar ada orang yang membenci pantai walaupun itu mungkin saja sebenarnya. Sebab tak semua orang punya kesenangan yang sama. Apalagi di pantai kadang banyak kenangan yang tertinggal. Apakah ada yang meninggalkan hatinya di pantai?

Pantai itu tempat yang romantis. Selalu menyenangkan bisa menghabiskan waktu sore hari di pantai. Menantikan matahari terbenam. Menyaksikan bagaimana langit dan air laut berubah warna karena matahari senja. Indah. Penuh pesona. Pantai memang bagian yang kecantikannya sangat membahagiakan untuk dinikmati.

Banyak hal yang bisa terjadi di pantai. Saya juga punya banyak kenangan di pantai. Kenangan semasa kecil bersama orang tua. Kenangan saat saya hampir tenggelam karena tak bisa berenang. Belum lagi kenangan saat bersama teman-teman sekolah di SMPN 1 Dungun Laut, Jawai. Saya anak pantai.

Pantai juga tempat yang magis. Banyak keajaiban di pantai. Sesekali datanglah ke pantai dan nikmati semuanya sambil menepikan smartphone. Lupakan acara berfoto-foto. Pejamkan mata beberapa saat ketika kaki kita berada di genangan air yang mencium bibir pantai. Rasakan hembusan angin yang meniup pakaian kita. Cahaya matahari yang bersinar terang membakar kulit. Pohon kelapa yang berdiri dengan daun-daun yang bergoyang karena tiupan angin. Rasakan itu semua.

Apalagi jika sekarang kamu berada di Pantai Kuta Bali. Pesona Pantai Kuta Bali terkenal ke seluruh dunia. Disebut sebagai tanah dewata, Bali menyediakan pantai-pantai yang bisa kita nikmati. Terutama Pantai Kuta Bali. Pesonanya akan menyihir pecinta pantai. Datanglah saat malam hari jika ingin mendengar deburan ombak tanpa melihatnya. Kala malam juga pantai akan sepi. Berbeda dengan siang hari.

Pesona Pantai Kuta Bali bisa dinikmati kapan pun kita mau. Setiap orang punya cara menikmatinya. Dengan mata biasa atau mata hati Anda.

Tinggalkan kenangan yang tak terlupakan di Pantai Kuta Bali, supaya nanti, kamu ingin kembali lagi.