30 April 2016

5 Hal Untuk Kote Pontianak Tercinte

5 Hal Untuk Kote Pontianak Tercinte



Saya sudah resmi sekarang menjadi warga Pontianak. Semenjak menikah dengan warga Pontianak dan akhirnya memilih berdomisili di sini . Jujur saja banyak sekali hal yang harus diperbaiki di Pontianak. Tapi tentunya yang salah bukan kotanya tapi bagaimana masyarakat dan pemerintah bisa memajukannya bersama-sama. Saya sudah membuat daftar harapan yang saya inginkan ada di Kota Pontianak.

1. Jalan
Penting sekali keberadaan jalan yang nyaman untuk dilewati. Harus saya akui sekarang, dibandingkan beberapa tahun belakang sudah banyak sekali peningkatan jalan yang nyaman untuk dilewati. Walaupun kadang saya miris juga dengan warga yang terganggu dengan jalanan berdebu dan berbatu di tengah proses perbaikan jalan. Di satu sisi pemerintah ingin memperbaiki jalan tetapi masyarakat mengeluh tentang jalan yang tak kunjung selesai. Salah siapa? Salah paham aja sih menurut saya. Sebab masyarakat masih banyak yang belum tahu waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah jalan yang bagus dan tahan lama. Pemerintah kurang sosialisasi juga kayaknya pada masyarakat yang berada di lingkungan tersebut. Namun tentu saja saya senang sekali jika semua jalan yang ada di Pontianak khususnya, Kalimantan Barat pada umumnya menjadi lebih bagus lagi.

2. Tertib
Peraturan dibuat bukan untuk dilanggar. Tertib yuk. Saya merasa ketertiban di Pontianak, masih rendah sekali. Banyak masyarakat yang masih semaunya aja bersikap terutama di jalanan. Menerobos lampu merah, buang sampah sembarangan, menggunakan telepon genggam selama berkendara, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga pemerintah bisa menertibkan masyarakat Pontianak lagi. Sebab jika hanya mengharapkan dari kesadaran masyarakat tentunya akan sulit mengubah kebiasaan banyak orang yang ada di sini.

3. Tempat Wisata
Di Pontianak memang berbeda dengan di Singkawang yang punya banyak tempat wisata alam. Namun tempat wisata bisa saja dibangun jika memang mau kan? Memanfaatkan ide kreatif yang bisa disumbangkan oleh pemuda Pontianak yang tentunya nggak kalah banyak idenya untuk membuat tempat wisata yang menarik di Pontianak dan juga mengembangkan yang sudah ada. Seperti fenomena alam yang selama ini menjadi andalan Kota Pontianak. Kulminasi. Bagaimana caranya kita membuat orang di luar sana ingin datang ke Pontianak dan berwisata di sini supaya perkembangan Kota Pontianak semakin maju dan menjadi satu di antara banyak kota wisata lainnya.

4. Perpustakaan
Penyedia bahan bacaan di Pontianak ini masih termasuk minim dibandingkan banyak kota lainnya di Indonesia. Terutama Jakarta, Jogja, Bandung, dan kota pendidikan lainnya. Sudah menjadi hal yang biasa jika mahasiswa kesulitan menemukan buku yang mereka butuhkan di sini. Alangkah menyenangkannya jika suatu hari nanti ada banyak sekali perpustakaan yang menyediakan buku dengan sangat banyak dan memenuhi kebutuhan banyak orang yang ada di kota ini terutama di bidang pendidikan.

5. Kuliner
Makanan yang ada di Pontianak ini banyak sekali yang unik dan istimewa. Namun masih kalah populer dengan banyak makanan khas Indonesia lainnya. Seandainya lebih banyak lagi masyarakat Pontianak yang memperkenalkan makanan khas dari Pontianak atau Kalimantan Barat tentunya ini bsia menjadi satu di antara banyak penarik minat wisatawan kuliner yang ingin mencicipi makanan yang ada di sini.

Lima hal tersebut yang menurut saya cukup penting untuk diperhatikan demi kemajuan Kota Pontianak. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa diperbaiki di Kota Pontianak. Bagaimana caranya kita sebagai masyarakat bisa mendukung pemerintah untuk menjalankan apa yang seharusnya menjadi langkah kita bersama. Bukannya berjalan sendiri-sendiri dan mementingkan ego masing-masing.

Ini Pontianak, ini kita. Bersama.

*Tulisan ini diikutsertakan dalam 

29 April 2016

Kreasikan Model Jilbab Segi Empat Agar Tampilan Anda Semakin Cantik


Untuk tampil cantik bukan hanya menggunakan riasan make up dan menyesuaikan berbagai macam model baju dengan warna yang digunakan. Khususnya untuk seorang wanita muslimah memilih model jilbab yang akan digunakan pun tak kalah pentingnya. Dalam setiap kegiatan sehari-hari untuk seorang wanita muslimah memang wajib untuk menutup auratnya dengan menggunakan jilbab, selain menjalankan syariat agama islam dan juga tetap berpenampilan cantik dan juga menarik. Ada banyak sekali model jilbab segi empat yang bisa anda pilih atau bisa anda kreasikan sendiri agar tampilan anda semakin manis, menarik, dan juga tentunya akan semakin cantik.

Jilbab segi empat merupakan salah satu jilbab yang paling diminati oleh banyak orang, cara penggunaan yang mudah menjadikan jenis jilbab yang satu ini menjadi salah satu jenis jilbab yang sering digunakan oleh hampir banyaknya wanita muslimah. Dengan satu jenis jilbab anda dapat mengkreasikannya ke dalam berbagai model jilbab dari kerudung segi empat, seperti misalnya model jilbab yang sangat sederhana namun tetap menjadikan tampilan anda semakin cantik. Untuk kegiatan sehari-hari pun dapat dikreasikan berdasarkan keinginan anda sendiri, apalagi bila menggunakan jilbab segi empat ini untuk pergi ke suatu acara resmi atau acara yang bersifat nonresmi seperti misalnya pesta maka anda dapat untuk mengkreasikan jilbab tersebut sesuai dengan keinginan anda sendiri dan menjadikan tampilan anda semakin cantik dan manis.

Model jilbab segi empat terkenal dengan kesederhanaan dan mudah untuk digunakan menjadikan anda wanita musimah selalu menggunakan jenis jilbab yang satu ini, agar tampilan anda tidak terlalu monoton maka anda haruslah mengkreasikan jenis jilbab segi empat ini agar terlihat berbeda dari biasanya dan menjadikan penampilan anda semakin cantik dan menarik dan bisa anda dapatkan juga di hijup.com. Namun, perlu diingat pula ketika akan mengkreasikan jilbab segi empat sebaiknya disesuaikan dengan konteks acara agar ketika anda mengikuti kegiatan tersebut penampilan anda tidak terlalu berlebihan atupun terlalu sederhana. Maka dari itu, agar penampilan anda semakin cantik, menarik, dan berbeda dari biasanya, kreasikanlah jilbab segi empat anda.


28 April 2016

5 Alasan Mengapa Harus Punya Aplikasi MyJNE



Sekarang ini belanja atau jualan online sudah bukan hal baru lagi. Bahkan kebanyakan pebisnis offline juga mulai melakoninya. Sebab banyak juga pelanggan yang berasal dari luar daerah yang menginginkan produk yang dia jual. Semakin banyak yang melakoni bisnis online akan semakin banyak pula orang yang mengembangkan aplikasi dan juga gadget pendukungnya. Gadget yang makin banyak digandrungi tentu saja android dan ios yang banyak sekali menyediakan aplikasi untuk mendukung kebutuhan orang bertransaksi secara online.

Begitu juga dengan aplikasi. JNE sendiri, yang sudah malang-melintang di dunia bisnis online sebagai penyedia jasa pengiriman akhirnya membuat satu aplikasi yang bisa membuat transaksi online menjadi semakin mudah. Aplikasi MyJNE. Jika Anda adalah pebisnis online penting banget nih punya aplikasi ini begitu juga dengan orang yang suka belanja online. Apalagi ada satu fitur yang berguna banget buat menghindari penipuan secara online oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Saya sudah buat nih 5 alasan mengapa kita harus punya aplikasi MyJNE.

1. Mudah Pengecekan Pengiriman

Mengecek pengiriman tak pernah semudah ini sebelumnya. Apalagi ada kemudahan dengan scan barcodenya. Tinggal scan beberapa detik dan muncul informasi mengenai paket yang dikirim sudah berada di mana. Padahal selama ini susah banget ngecek paket melalui smartphone jika dilihat di halaman website JNE, kadang saya sampai harus menyalakan PC untuk sekadar memeriksa paket sudah sampai di mana.
2. Mudah Pengecekan Tarif
Mengecek tarif juga nggak pernah semudah ini sebelumnya. Buat yang sudah lama menggunakan jasa JNE pasti paham banget kalo website JNE itu kadang suka nggak bersahabat dengan jaringan yang agak lambat. Beda sekali dengan aplikasi MyJNE yang bisa digunakan dengan jaringan seadanya. Maklumlah di Pontianak, jaringan suka bikin sebel. Jadi saya nggak perlu takut lagi salah kasih ongkos kirim ke pelanggan yang mau belanja sama saya. Saya ingat betul saya sering salah kasih tarif waktu dulu hanya mengandalkan buku daftar tarif dari JNE yang saya minta di kantor cabang Pontianak. Kalo di aplikasinya tarif sudah paling update jadi nggak bakalan salah kasih tarif ya ke pelanggan kita.

3. Menghindari Penipuan dengan MyCOD


Ini penting banget nih buat teman-teman yang baru mencoba belanja online sama seorang seller yang sama sekali nggak dikenal. Apalagi kalau produk yang dijualnya dengan harga terlampau miring. Bisa gunakan fitur ini supaya uang nggak langsung diterima sama sellernya melainkan disimpan dulu sama MyJNE. Penggunaannya juga sangat mudah. Kita sama seller harus punya aplikasi MyJNE. Terus seller akan membuat invoice di MyJNE yang ditagihkan ke akun kita. Daftarnya cukup pakai nomor HP aja kok.
Terus kita bayar deh tagihan tersebut. Kalo sudah kita bayar ke MyJNE, seller akan mendapatkan notifikasi bahwa pembeli sudah membayar dan dia harus mengirimkan produk yang kita beli tersebut. Ini juga penting banget untuk menghindari pembeli yang hit and run ya. Maklumlah jaman sekarang nih bukan hanya seller yang banyak menipu, pembeli juga nggak jarang nipu penjual.

4. Ada JNE Nearby

Bingung nyari kantor JNE terdekat dari lokasi kita? Ada fitur JNE Nearby yang bisa kita gunakan buat nyari letak kantor JNE yang bisa kita datangi. Nggak perlu tanya sana-sini atau googling. Sudah ada petanya secara online dan lokasinya akan terdeteksi dengan mudah. Kita juga bisa cari rute jalan buat ke sana.
5. Ada My COD Wallet
Aplikasi MyJNE juga menyediakan My COD Wallet, alias rekening digital buat kita. Jadi nggak ada cerita lagi tuh kesulitan menerima atau mengirim uang antar rekening dan khawatir dengan biaya transfernya. Dengan MyCOD Wallet kita bisa membayar belanjaan dengan mudah dan juga bisa menerima pembayaran dari pelanggan. Proses pencairannya juga mudah dan cepat kok. Jadi sebagai seller kita bisa mendapatkan kemudahan untuk bertransaksi tanpa perlu memajang dagangan kita di e-commerce tertentu untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Cukup berjualan di sosmed atau website yang kita punya lalu kita tinggal tunggu pembeli order dan tinggal bikinkan tagihannya di aplikasi MyJNE.

Satu hal nih yang Aplikasi MyJNE harus punya, integrasi dengan keranjang belanja buat orang yang membuat toko online dan bingung membangun keranjang belanjanya bagaimana. Jadi ada tombol MyJNE di produk yang dijual sehingga invoicenya bahkan bisa dibuat sendiri oleh pembeli ketika berbelanja. Butuh proseslah ya buat menghubungkan keranjang belanja di sebuah situs ke aplikasi MyJNE, tapi saya akan senang sekali jika MyJNE bisa dipasang di website online sebagai pilihan pembayarannya dan langsung menjadi keranjang belanja di situs belanja.

Namun 5 alasan yang saya sebutkan tadi sudah cukup menggiurkan bagi yang kamu yang belum install aplikasi MyJNE ini.
 

27 April 2016

Percayakan Permasalahan AC Anda di Sejasa.com



shutterstock_287219447.jpg

Air conditioner (AC) merupakan alat elektronik rumah tangga yang selalu bekerja setiap harinya. Tak heran jika terkadang AC Anda mengalami berbagai macam permasalahan yang dapat membuat Anda tidak nyaman berada di sebuah ruangan. Kerusakan AC yang paling sering dijumpai antara lain adalah AC tidak dingin dan air menetes ke unit indoor.  Yuk kenali beberapa permasalahan AC berikut!

AC Tidak Dingin

shutterstock_287211980.jpg

AC yang tidak dingin dapat disebabkan oleh banyak faktor dan kemungkinan. Terdapat beberapa penyebab tidak dingin nya AC. Gangguan tersebut antara lain:

  • Setting Temperatur Pada Remote

Temperatur AC yang disetel terlalu tinggi menyebabkan AC melebihi kemampuannya untuk mendinginkan hingga suhu yang di set. Saat menset suhu AC, pastikan remote menghadap ke AC dan memberikan indikator bunyi atau lampu.

  • AC Dalam Keadaan Kotor dan Tidak Pernah Dibersihkan

Terdapat tiga bagian utama AC yang harus sering dibersihkan, yaitu:
  1. Saringan udara: Saringan yang berada di bagian depan atau atas AC harus sering dibersihkan karena bagian tersebut berfungsi untuk melindungi AC dari debu ruangan yang kotor.
  2. Kipas atau blower: Bagian kipas merupakan bagian yang meniupkan udara dingin dari evaporator ke dalam ruangan. Bagian tersebut sering kali tertutup debu, sehingga akibatnya AC menjadi tidak dingin.
  3. Evaporator: Bagian ini merupakan sirip-sirip yang disusun dengan rapat untuk memperbesar permukaan pendinginan agar memberikan efek dingin yang lebih cepat. Dengan permukaan yang tertutup debu, maka AC tidak akan mampu mendinginkan ruangan.

  • Kurang Freon

Serahkan permasalahan pengisian freon kepada penyedia jasa service AC
terpercaya. Walaupun sekarang ini AC telah dirancang dengan baik dan dapat dibuka tutup dengan mudah, namun sangat dianjurkan untuk mempercayakan pengisian freon pada penyedia jasa yang berpengalaman.

AC Bocor atau Air Menetes ke Ruangan

shutterstock_196921499.jpg

  1. Air dari sering menetes ke perabotan rumah Anda? Bisa jadi AC Anda bocor. Kebocoran AC biasanya terjadi karena kotoran AC yang menyumbat selang pembuangan air ke luar ruangan. Apabila selang tersumbat, maka air akan menumpuk pada tabung penampung. Kemampuan AC dalam menampung air sangat terbatas, sehingga jika tidak dibersihkan, air akan merembes dan merusak peralatan di rumah Anda.
  2. Kebocoran pada AC Anda juga sering terjadi karena AC dibersihkan dengan kasar atau umur AC yang sudah terlalu tua.

Lalu apa solusi dari semua permasalahan AC Anda? Menggunakan penyedia jasa service AC terpercaya tentunya! Namun, Anda harus cermat dalam memilih penyedia jasa, karena jika salah memilih penyedia jasa, AC Anda bisa jadi akan lebih rusak. Tidak mau kan?

homepage baru.JPG

Anda dapat mempercayakan perawatan dan service AC di Sejasa.com dengan langkah yang mudah. Anda tinggal membuka Sejasa.com, isi form request singkat dengan menjelaskan detail kebutuhan Anda. Nantikan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa service AC. Untuk lebih meyakinkan, Anda dapat membaca review dari customer yang telah menggunakan jasa dan portfolio hasil pekerjaan.

Tidak hanya membantu Anda menemukan penyedia jasa yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda, Sejasa.com juga akan membantu menemukan penyedia jasa yang berlokasi tidak jauh dari tempat tinggal Anda. Jika Anda menginginkan service AC Jakarta Selatan, maka Sejasa.com akan mencarikan penyedia jasa yang berlokasi di daerah tersebut. Begitu juga untuk service AC di daerah Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara. Dengan begitu, proses pengerjaan menjadi lebih cepat dan efisien!
 

26 April 2016

Ketika Itu (2)

Ketika Itu (2)


Nggak ada hidup yang sempurna. Itu yang membuat saya tidak begitu iri dengan hidup siapa pun. Cemburu sedikit pasti ada jika ada yang saya inginkan tapi didapatkan oleh orang lain. Namun itu tak akan berlangsung lama karena untuk mendapatkan seperti yang orang lain dapatkan tentunya ada pengorbanan yang harus dilakukan. Makanya saya nggak perlu terlalu repot menunjukkan betapa sempurnanya hidup saya karena itu sama aja omong kosong.

Nggak ada kok yang namanya kehidupan yang sempurna. Setiap kehidupan ada suka dukanya masing-masing. Perbedaannya adalah banyak tidaknya kita bersyukur terhadap sesuatu yang kita punya dan juga pada sesuatu yang tidak kita punya. Hal-hal sederhana bisa membahagiakan hidup kita asalkan kita bisa melihat sisi baiknya. Alias ambil hikmahnya. Walaupun kadang nggak menyenangkan atau terasa sangat menyakitkan.

Semua hal terjadi pasti ada alasannya. Nggak mungkin terjadi kayak gitu aja. Ada sebab dan akibatnya. Kita sendiri juga tahu pasti hal itu. Semakin dewasa kita, logika juga bakalan semakin jalan. Nggak terlalu menggunakan emosi atau keinginan hati. Sekarang saya sudah dewasa? Nggak terlalu merasa banyak perubahan sih cuma sekarang lebih panjang mikirnya dibandingkan dulu. Itu aja.

Hidup tak ada yang sempurna. Makanya saya suka ketawa aja ngeliat orang yang ngeshare soal hidupnya yang sangat bahagia tanpa ada masalahnya. Saya nggak yakin ada orang yang hidupnya sempurna. Kalo sempurna apa serunya hidup ini? Nggak ada tantangannya. Kayak kapal layar yang nggak ditiup angin. Nggak bakalan ke mana-mana.

Sekarang, setiap ada masalah saya suka sekali merenung. Dalam. Merenung lebih dalam lagi. Semakin ke sini juga saya semakin mencintai diri saya sendiri. Lebih memperhatikan apa yang saya butuhkan dan inginkan dibandingkan hal yang lainnya. Karena saya nggak bakalan bisa ngebahagiain orang di sekitar saya kalo saya sendiri nggak bahagia bukan? Omong kosonglah ada yang mengatakan bahwa dia sudah cukup hanya dengan melihat orang yang disayanginya bahagia dan dia sendiri nggak mencoba untuk bahagia.

Sudah lama sekali saya nggak ngelantur ngomongnya ke mana-mana kayak gini ya. Sudah lama. Entah kapan terakhir kali saya banyak curhat di blog ini. Sewaktu belum menikah banyak sekali saya cerita-cerita ya. Habis menikah sibuk mencocokkan dua hal yang berbeda di antara dunia saya dan suami. Lalu memulai kebiasaan baru yang dulunya banyak nggak ada di hidup saya.

Menikah. Sesuatu yang saya dulunya pikir nggak bakalan terjadi dalam hidup saya setelah beberapa kali gagal dengan apa yang saya inginkan. Ah sudahlah...

 

24 April 2016

Memulai Bisnis Sampingan di Usia Muda, Ini Untung dan Ruginya



Menjalankan satu pekerjaan terkadang income bagi keluarga tak mencukupi kebutuhan sehari-hari sehingga tak heran banyak sekarang yang mulai melirik bisnis sampingan juga, mengingat potensi untuk mendapatkan keuntungan jauh lebih besar memang dengan menjalankan sebuah bisnis. Setara juga dengan resiko yang mungkin kamu dapatkan, nah tentunya banyak diantara Anda yang penasaran jenis bisnis apa yang paling menguntungkan sekarang ini.

Bisnis sendiri tak ubahnya sebuah roda kadang satu bidang ada di atas atau menjadi yang paling menguntungkan, namun juga ada kalanya kurang begitu menguntungkan, sehingga karena tak mau mengambil resiko banyak yang lebih senang menjalankan bisnis aman, dalam artian pilihlah yang memungkinkan untuk laku setiap saat. Beberapa tahun belakangan ini lebih populer jenis bisnis via online atau lewat sarana yang dikenal sebagai internet sehingga antara penjual dan pembeli sendiri tak harus memiliki kontak mata secara langsung, melainkan hanya dengan mengandalkan dunia maya untuk melakukan transaksi.

Di Indonesia jenis bisnis yang satu ini ternyata juga cukup banyak penggemarnya, tak hanya untuk orang dewasa melainkan juga kalangan muda, nah pelaku bisnis sampingan sendiri paling banyak adalah mahasiswa, mereka yang sudah mulai memiliki pandangan pekerjaan ke depannya, sebenarnya menjalankan usaha di saat usia muda sendiri memiliki banyak sekali keuntungan, namun juga tak memungkiri juga ada nilai minusnya, nah kenali beberapa poin tersebut berikut ini, yaitu:

Keuntungan:

  1. Sebagai pembelajaran, dengan menjalankan sebuah usaha mereka tak hanya melakukan apa yang ada dalam teori yang selama ini dipelajari melainkan lebih pada praktek secara langsungnya, karena terkadang hanya belajar melalui buku untuk pilihan wirausaha ini kurang begitu efektif, sangat berbeda rasanya dengan melakukan praktek bisnis langsung.
  2. Anak muda akan tau bagaimana sulitnya mencari uang, dengan hal tersebut tak akan mudah bagi mereka untuk menghamburkan uang yang di dapat dari orang tuanya.
  3. Untuk menumbuhkan jiwa wirausaha, beberapa pengusaha terkadang bisa sukses karena ketidaksengajaan, iseng-iseng menjual suatu produk, namun ternyata laku keras di pasaran, ini akan membentuk jiwa atau keinginan dalam berwirausaha kian tinggi.
  4. Membantu membuka lapangan kerja yang baru, tak harus mengandalkan ijazah yang dimiliki untuk melamar kerja pada perusahaan lain, Anda bisa mengandalkan kemampuan bisnis tersebut untuk bekerja sendiri bahkan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Kelemahan:

  1. Sekali gagal maka kebanyakan menyerah, tak ada keinginan untuk memulai usaha yang baru karena memang usia tersebut masih sangat labil.
  2. Resiko gagal juga lebih besar, hal ini disebabkan karena mereka masih sangat awam terhadap dunia usaha, sehingga untuk pertama kali menjalankan resiko kegagalan jauh lebih besar terhadap wirausaha yang sudah cukup matang.
  3. Masih sering mengandalkan emosi dalam menjalankan usaha, salah satu contohnya adalah saat mendapatkan komentar kurang enak atau negatif dari calon konsumen, maka mereka cenderung membalasnya dengan cara negatif pula, padahal ini sangat berpotensi dalam merusak citra dari toko yang dibangun.

Namun dari sekian banyak poin yang dijelaskan, menjalankan bisnis sampingan dimulai dari usia muda bahkan mahasiswa sebenarnya memberikan Anda banyak sekali manfaat, nah jika memang sudah ada ide bisnis yang terpikirkan dalam kepala tak ada salahnya untuk action sekarang juga, siapa tau ini memiliki prospek yang cerah kedepannya, kamu bisa menjalankan sendiri atau dengan mengajak teman terdekat.




23 April 2016

Kembali Ngopi

Kembali Ngopi


Sudah lama sih saya nggak minum kopi setiap hari. Tapi kali ini kayaknya saya bakalan minum kopi setiap hari seperti waktu masih di kampung dulu. Dulu minum kopi menjadi sesuatu yang nikmat dan menyenangkan. Apalagi kalau minum kopi punya Aki yang sudah dingin karena dibiarkan dari pagi sampai siang. Sejak kuliah di Pontianak saya lebih jarang minum kopi dan akhirnya memilih untuk tidak minum kopi lagi.

Namun beberapa tahun terakhir ini saya merasa sering sekali masuk angin dan setiap pagi agak lemas. Jadi sekarang saya akan minum kopi lagi kayak dulu. Porsinya ringan hanya segelas dalam sehari. Memang minum kopi ada negatif positifnya. Namun hari ini saya merasa lebih segar di kampus karena minum kopi dulu sebelum berangkat dan saya juga tidak sakit kepala dan masuk angin setelah minum kopi.


Saya tak tahu apa hubungannya kopi dengan masuk angin. Biasanya kalau sakit kepala saya parah sekali saya akan minum kopi sebagai penyembuhnya. Ngeteh bakalan lebih jarang sekarang. Apalagi saya juga lebih memilih untuk membawa air putih untuk di kampus. Beberapa minggu terakhir ini punggung saya juga pegal berkepanjangan. Saya bingung kenapa. Saya merasa lebih tua sekarang.  

22 April 2016

Tips Jitu Membeli Di Bursa Mobil Murah Surabaya



Membeli kendaraan roda empat memang sangat dibutuhkan untuk keluarga yang memiliki banyak anggota keluarga. Dengan membeli kendaraan roda empat tentu akan memaksimalkan kemudahan saat menjalani segala aktifitas yang dijalani apabila ingin menjalani kegiatan disuatu tempat. Untuk itu ada baiknya apabila membeli kendaraan roda empat hendaknya langsung pada tempatnya. Anda bisa dilakukan dengan cara online atau pun offline dengan mengunjungi bursa mobil murah Surabaya yang ada.

Dengan menggunakan bursa mobil murah di Surabaya tentu saja diharuskan mengetahui mengenai tips memilihnya. Beberapa tips jitu membeli kendaraan roda empat yaitu:

Langkah awal untuk mendapatkan mobil murah yang berada dalam kondisi bekas. Hendaknya memilih dengan mengecek kondisi fisiknya terlebih dahulu secara lebih teliti.
Perhatikan bagian mesinnya dan pastikan Anda mengajak orang yang ahli dalam bagian mesin untuk mendapatkan untuk mengeceknya. Dengan demikian tentu saja akan diketahui secara pasti mengenai kondisi fisiknya.
Ada baiknya mulailah dengan mengecek kondisi surat kendaraan. Dengan mengecek surat kendaraan akan memaksimalkan upaya dalam mendapatkan kelegalan dan kelengkapan dari surat tersebut.
Cek harga pasaran untuk dapat mengetahui mengenai tawar menawar harga. Dengan mengetahui mengenai hal tersebut akan memaksimalkan kenyamanan mendapatkan harga yang pas.

Setelah Anda mengetahui mengenai hal ini tentu ada baiknya perhatikan saat berniat akan membeli kendaraan roda empat ini. Ada baiknya mulailah menjalani beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kenyamanan dan kemudahan saat memilih kendaraan ini. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli kendaraan roda empat yaitu:

Mulailah untuk mengetahui budget yang dimiliki.
Membuka situs Mobiloka.com untuk mencari mobil yang sesuai budget.
Buat janji bertemu agar mendapatkan kemudahan dalam mengecek fisik kendaraan.
Melakukan pembayaran atas harga yang disepakat.
Apabila Anda ingin membuka bursa mobil murah Surabaya yaitu di Mobiloka. Tentu saja jangan khawatir mengenai kualitas informasi yang diberikan. Hal ini karena informasi yang diberikan akan sangat akurat dan lengkap. Untuk itu segera gunakan Mobiloka untuk mendapatkan kelebihan tersebut.

21 April 2016

Ketika Itu... (1)

Ketika Itu... (1)



Kadang ada masa saya tuh beneran nggak pengen ngapa-ngapain. Pengen baring aja di tempat tidur nggak ada yang nyuruh saya ke mana-mana. Nggak perlu kuliah. Nggak perlu ngerjain tugas. Nggak perlu jawab pertanyaan orang. Ada waktunya memang hari-hari nelangsa. Tapi nggak bertahan lama sih. Soalnya banyak deadline yang harus saya penuhi. Hidup kita memang penuh dengan deadline bukan? Kayak sekarang nih saya akhirnya menyempatkan diri buat duduk depan komputer dan menulis lebih banyak artikel dibandingkan hari biasanya. Yah namanya juga bayar utang kekosongan hari-hari yang nggak ada postingannya.

Mungkin saya kurang piknik?

Memangnya mau piknik ke mana kalau punya bayi? Sekarang agak terbatas sih karena ada jadwal tidur dan menyusui yang harus dipenuhi. Saya seorang ibu sekarang. Harus lebih banyak belajar lagi untuk mengendalikan emosi sendiri. Entah itu emosi yang meledak-meledak atau emosi yang nelangsa itu tadi. Saya mengantuk sekali sekarang. Tapi saya ingin ikut menulis buat beberapa kompetisi. Sudah lama sekali rasanya nggak ikut lomba nulis kayak dulu.

Dulu tiada hari tanpa mencari lomba. Entah itu hadiahnya buku-buku fiksi atau bahkan laptop merek buah-buahan itu. Ah banyak sekali yang terjadi dan rasanya sekarang kehidupan yang sebenarnya baru saja dimulai. Yap! Kehidupan yang sesungguhnya seorang perempuan baru dimulai saat dia punya anak, menurut saya sih.

Waktu belum punya anak, tujuan hidup rasanya masih kabur. Sekarang tujuan hidup saya jelas sekali. Semuanya saya lakukan buat masa depan anak saya. Dia alasan terbesar saya bisa tetap waras dan duduk di depan PC, terus menulis tanpa henti. Berharap ada keajaiban yang terjadi esok hari. Menunggu dia bisa berbicara sepatah dua kata untuk membalas kata-kata saya. Berharap dia segera bisa melangkahkan kakinya dan berlari mengejar saya.


Ketika itu, ketika emosi saya menjadi aneh dan ajaib, saya harus menyadarkan diri saya tentang Raza. Tentang dia yang menunggu saya menggenapkan masa depannya satu hari demi satu hari.

20 April 2016

Perempuan Butuh Pendengar yang Baik?

Perempuan Butuh Pendengar yang Baik?


Saya lupa pernah baca di mana soal perempuan butuh mengeluarkan 22.000 kata setiap hari supaya sehat secara mental? Intinya begitulah pokoknya. Sehari, 22.000 kata harus kita keluarkan. Really? Kaget nggak sih kita butuh mengatakan banyak hal setiap harinya. Saya sendiri suka sekali berbicara. Suka bercerita. Rasanya memang melegakan bisa bercerita banyak hal dengan orang yang ada di dekat kita. Walaupun saya bukanlah orang yang temannya banyak. Saya hanya punya beberapa teman baik dan mereka rata-rata adalah pendengar cerita saya. Begitu pula sebaliknya. Saya juga akan mendengarkan mereka ketika mereka bercerita.

Sampai-sampai saya berpikir bahwa saya akan butuh banyak video buat vlog hanya untuk memenuhi kebutuhan bicara saya sampai 22.000 kata. Kalau menulis biasanya saya hanya kuat sampai 10.000 kata sehari. Rasanya sih nggak sampai 22.000-lah. Apakah itu termasuk ya dalam pemenuhan 22.000 kata sehari? Sebab kalau memang iya berarti saya akan lebih memilih untuk menulis saja dibandingkan bicara sampai 22.000 kata. Harus ngomong apa? Siapa yang bakalan mendengarkan saya sampai 22.000 kata? Apabila diketik dan dijadikan postingan bakalan jadi berapa postingan tu? Bisa jadi 50 artikel kali ya?

Banyak banget ya?

Tapi memang menenangkan sih saat membicarakan hal-hal yang ada di dalam kepala kita dibandingkan harus menyimpannya sendiri. Akan banyak sekali hal yang kita bagi dan bisa mencari solusi jika ada masalah. Nggak hanya diam saja. Padahal ada yang bilang 'diam itu emas'. Hahahahah...

Dulu waktu kecil saya percaya banget tuh soal diam itu emas. Lebih suka diam dan menulis dibandingkan bercerita melulu. Sampai akhirnya saya sadar bahwa saya juga butuh teman bicara supaya nggak gila. Bakalan gila kayaknya kalo nggak bisa mengeluarkan uneg-uneg dalam kepala dan hati kita.


Ada sih hal-hal yang ingin saya ceritakan lewat kata-kata langsung bukan lewat tulisan. Kayak kurang afdol gitu tapi bingung juga bakalan nyampah doang atau bakalan bermanfaat? Takutnya malah dikatain ya? Nggak tahu juga sih. Nantilah saya pikirkan lagi soal curhat di vlog.

19 April 2016

Cerita Melahirkan (3)

Cerita Melahirkan (3)


Pada saat pembukaan ke 7-8 saya merasa itu adalah titik terlemah saya. Saya sudah nggak sanggup. Sudah nggak kuat lagi buat menanggung kontraksi yang bertubi-tubi. Beruntunglah yang kontraksinya tidak melalui obat perangsang. Kontraksinya bakalan lebih normal dibandingkan yang menggunakan obat seperti saya. Bahkan ada yang mengatakan diinduksi akan dua kali lebih sakit dibandingkan dengan kontraksi normal.

Padahal banyak yang tahu tentunya kontraksi melahirkan secara normal sudah cukup menyakitkan. Mau ditambah lagi dengan obat perangsang? Dan saya menyerah! Iya saya sudah teriak minta operasi. Untungnya bidan di ruangan bersalin menguatkan saya dan mengatakan bahwa saya bisa melahirkan secara normal asal bertahan sampai pembukaan selanjutnya. Sudah kepalang tanggung sih memang. Sudah sakit semalaman masak mau nyerah?

Tinggal sebentar lagi. Hari ini pasti berakhir. Hari ini pasti berakhir. Bakalan lewat kok dan saya bisa melewatinya. Hanya itu yang saya yakini. Saya menangis. Saya tertawa. Saya menelpon ibu saya. Banyak sekali yang terjadi hari itu. Suami saya semalaman menemani saya. Mengurut pinggang saya. Begitu juga mertua saya. Sampai akhirnya waktu itu tiba. Saat saya berteriak untuk ke sekian kalinya. Mengatakan akan menyerah saja, seorang bidan masuk dan membantu memecahkan ketuban saya.

Sudah pembukaan 9 dan ketuban belum pecah. Sampai akhirnya pembukaan sempurna. Saya sudah cukup tenang dan tiga kali menekan akhirnya Raza keluar dengan selamat. Sehat tak kurang satu apa pun. Saat itu rasa sakit yang harus saya tahan selama beberapa jam dibayar lunas dengan tangisan pertama kali Raza.

Dia menangis kencang dan saya ingin sekali bisa berdiri dan langsung menggendongnya. Sayangnya saya nggak kuat buat berdiri. Namun saya lega. Saya akhirnya melahirkannya lewat jalan yang seharusnya. Tidak perlu menjalani operasi caesar yang sangat menakutkan buat saya. Sejak awal saya hanya menyiapkan mental buat melahirkan secara normal. Tak membayangkan harus dibelah perutnya dan dijahit kembali.


Saya lapar sekali setelah melahirkan Raza. Saya hanya ingin makan lalu tidur dengan nyenyak. Cukup itu saja yang saya inginkan.

18 April 2016

7 Tips Berwisata Murah Ala Honeylizious


Mendatangi tempat-tempat baru akan selalu menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Mudah-mudahan sih selalu memberikan kesan yang menyenangkan ya. Sebab setiap orang pengennya ya bersenang-senang selama berwisata. Ngomong-ngomong soal wisata nih, apakah wisata hanya milik orang yang duitnya berlebih alias bingung mau diapain lagi sampai akhirnya menghambur-hamburkan uang dengan berkeliling dunia dan liburan berfasilitas mewah?

Sekarang kita bakalan sering banget melihat orang yang bepergian dengan budget terbatas. Bukan berarti mereka nggak punya uang ya, tapi banyak orang yang suka menghemat biaya liburannya dengan berbagai alasan. Saya sering banget tuh liburan sama suami dengan budget terbatas. Caranya sederhana kok, banyak sekali yang dapat dipangkas biayanya.

1. Jangan Lupa Survei dulu
Survei, survei, survei. Ini penting sekali karena kita harus tahu medan yang akan kita datangi. Supaya persiapannya juga full ya. Apa yang kita butuhkan bisa kita siapkan dari rumah. Jadinya pas di sana kita nggak perlu beli apa-apa.

2. Hindari berwisata di hari libur
Nah ini semua orang pasti tahu banget. Apalagi buat teman-teman yang jam kerjanya suka-suka, nggak kenal dengan hari libur atau bukan. Pilihlah liburan di hari yang bukan libur. Kayak sekarang nih, lagi nggak musim liburan. Tiket murah banget. Tiket pesawat bahkan diobral lho. Percaya nggak percaya. Padahal dulu susah banget beli tiket pesawat ya.

3. Gunakan Voucher
Tiket buat wisata kurang murah? Cari voucher. Supaya harga yang tadinya sudah cukup murah makin tambah murah dengan tambahan potongan harga dari voucher yang bisa kita dapatkan. Banyak kok penyedia voucher murah. Mulai dari voucher tiket pesawat, kereta, sampai hotel. Kurang apa lagi coba?

4. Cari tiket pesawat/kereta/bus yang paling murah
Kita pasti tahu banget nih penyedia layanan angkutan yang paling murah. Pilih yang paling murah dan bisa menghemat banyak banget lho kalau kita gabung dengan voucher yang kita dapatkan tadi. Beli tiket maskapai yang memang selalu murah, di luar hari libur pula, terus dapat tambahan diskon dari voucher lagi. 

5. Cari tempat wisata yang tiket masuknya murah atau gratis
Mau mampir ke tempat wisata? Jangan lupa cari yang paling murah tiket masuknya. Masuklah di hari Senin, biasanya murah banget tu. Bahkan tak jarang tempat wisata yang nggak pake tiket masuk ya, alias gratis.

6. Manfaatkan Wifi di tempat umum
Kehabisan kuota di saat duit lagi sekarat di dompet selama perjalanan? Tenang, mampir aja ke tempat yang menyediakan Wifi seperti cafe. Bayar lagi dong buat make Wifinya? Ya enggaklah, biasanya mereka menempelkan passwordnya di dinding kok. Masuk bentar buat ambil password lalu gunakan tak jauh dari lokasi tempat tersebut, nggak perlu beli.

7. Cari hotel atau penginapan yang murah
Buat teman-teman yang cari hotel atau penginapan yang murah bisa mampir ke AiryRooms. Harganya terjangkau tapi dengan fasilitas yang oke banget. Pelayanannya juga sangat menyenangkan. Jadi nggak perlu tu teman-teman menyediakan uang lebih untuk penginapan. Ingat juga buat menggunakan voucher buat pemesanan hotelnya biar tambah murah.


Selamat berwisata murah ala Honeylizious ya!

17 April 2016

Menguping Tetangga

Menguping Tetangga




Sebenarnya sih saya bukan tipikal yang suka jaga tepi kain orang. Tetapi memang menarik sekali mendengarkan orang yang mengobrol dan berbicara hal pribadinya. Saya sih nggak niat nguping. Tapi ya itu suara mereka keras sekali sampai terdengar jelas dan saya berusaha menepis suara mereka. Ya sudahlah saya biarkan suara mereka terdengar. Namun tak begitu pasti sih sebenarnya apa yang mereka bicarakan dengan suara keras seperti itu. Satu hal yang pasti. Itu bukanlah hal yang ingin mereka rahasiakan.

Ya iyalah.

Bukan soal mereka sih yang tepatnya ingin saya ceritakan dalam postingan kali ini. Saya jadi ingat mengenai artikel yang pernah saya baca, tentang perempuan butuh mengeluarkan 22.000 kata dalam satu hari. Itu kebutuhan bagi perempuan. Benar nggak sih itu? Walaupun sebenarnya memang saya sering kali bercakap-cakap dengan orang di sekeliling saya dan saya rasanya sangat lega setelah bercerita tentang banyak hal.

Pengennya sih bisa bercerita lebih banyak lagi tentang segala hal yang ada di sekitar saya. Bukan hanya bisa menulis kayak gini. Pengen cerita secara langsung. Nggak butuh banyak orang sih. Saya cuma butuh 1-2 orang aja buat mendengarkan saya bercerita setiap hari. Ah kapan saya bisa mengeluarkan lebih banyak kata dalam keseharian supaya saya merasa lebih lega ya. Rasanya ada yang kurang setiap harinya.

Itulah terkadang yang membuat saya memilih untuk menelpon ibu saya di kampung dan bercakap-cakap tentang banyak hal. Hal-hal ringan untuk diceritakan pun akan saya kabarkan dengan menggebu-gebu. Namanya juga mahluk sosial ya. Kita nggak bakalan bisa hidup tanpa orang lain. Untuk komunikasi aja. Nggak usah jauh-jauh deh.

 

16 April 2016

Cerita Melahirkan (2)

Cerita Melahirkan (2)


Sebentar lagi usia Raza setahun. Tak terasa laki-laki kecil itu melewati tahun pertamanya dengan sangat baik. Alhamdulillah dia sangat sehat. Perkembangannya juga normal. Saya beruntung menjadi ibunya. Setiap pagi dialah yang akan membangunkan saya. Setiap kali saya patah semangat, saya melihat masa depan di matanya. Senyumannya menguatkan saya. Mau segimana pun banyaknya masalah dalam hidup ini rasanya nggak ada apa-apanya dibandingkan dengan apa yang saya punya sekarang. Harta saya. Raza.

The best thing I ever had.

Dulu saya hanya bisa menulis surat untuknya. Tanpa pernah tahu dia bakalan kayak siapa. Sekarang saya sudha menggendongnya setiap hari. Tidur di sampingnya. Melihatnya tertawa. Padahal tahun lalu saya masih berada di rumah sakit menunggu jam-jam menuju kelahiran. Hari yang rasanya sangat panjang. Waktu itu saya hanya bisa bilang sama diri saya bahwa hari ini akan berakhir, hari ini akan berakhir. Begitu berulang-ulang sampai saya bisa meredakan sakit di perut saya.

Sakitnya kontraksi itu hilang datang sih sebenarnya. Kadang sakit terus menghilang. Lalu sakit lagi. Sampai akhirnya saya tertidur ketika sudah pembukaan 5. Malam hari sih jam 9 lewat gitu. Dokter memeriksa calon ibu yang berada di ruangan bersalin termasuk saya. Ternyata pembukaan saya berhenti dan saya dikasih pilihan buat induksi atau operasi. Gemetar sekali saya mendengar kata operasi.

Saya memang sudah pernah menjalani operasi sebelumnya tapi bukan membelah perut. Hanya bagian payudara dulu yang sempat di operasi. Tidak mengerikan seperti membayangkan operasi untuk melahirkan. Saya pilih induksi akhirnya. Dibandingkan harus operasi. Saya masih ingin mengeluarkan anak saya lewat jalur yang seharusnya. Melalui pintu bukan jendela. Kecuali memang sudah tidak memungkinkan lagi dan bahaya buat bayinya ya mau nggak mau saya berada di meja operasi.

Apalagi Raza sudah lewat banget dari prakiraan dokter masa kelahirannya. Dari semua versi tak ada yang benar. Semua dokter salah memperkirakannya begitu juga bidan. Waktu diberi obat untuk merangsang bayinya supaya keluar, saya tidak merasakan kesakitan yang berlebihan. Sakitnya awalnya pelan lalu makin kuat dan makin kuat. Nggak kayak kontraksi normal yang sebelumnya. Sudah tak mampu rasanya menahannya. Saya sampai bolak-balik dan tak mampu menahan bibir saya untuk mengeluh dan mengaduh. Duduk baring, duduk baring. Begitu semalaman sampai pagi.


Suami saya pasti lelah. Saya juga lelah sekali. Padahal saya masih butuh tenaga untuk mengeluarkan Raza. Tapi saya sudah terlalu kesakitan. Saya ingin menyerah. Sudah cukup. Operasi saja! Operasi saja! Operasi saja! Itu yang paling saya ingat pagi Selasa, hari itu. Saya sudah nggak kuat dengan kontraksi dari obat perangsang. Sudah terlalu menyakitkan.

15 April 2016

Cerita Melahirkan (1)

Cerita Melahirkan (1)


Setelah hampir setahun yang lalu saya melahirkan Raza. Laki-laki kecil yang sekarang sedang belajar berdiri dengan gusi yang masih tak bergigi. Yap. Masih belum ada giginya. Membuat saya sangat lega. Karena sejak awal saya takut sekali dia akan cepat tumbuh gigi dan saya harus meringis saat dia menyusu. But hey, Raza memang selalu pengertian bukan? Dia tidak lahir di saat saya belum selesai ujian tengah semester. Dia juga anteng ditinggal kuliah saat masih belum genap 40 hari. Dia selalu mengerti.

Sekarang juga dia sangat mengerti bahwa ibunya takut dia tumbuh gigi. Walaupun dia bakalan lucu banget kalo sudah punya gigi.

Waktu itu hari Senin. Pagi. Saya merasa perut saya sakit sekali. Sebelumnya juga pernah sakit tapi masih bisa ditahan. Lalu waktu itu sakitnya semakin menjadi dan saya sudah nggak kuat. Akhirnya suami saya langsung membawa saya ke rumah sakit yang kami pilih sejak pertama. Rumah Sakit Bersalin Jeumpa. Saya senang telah memilih rumah sakit ini karena ternyata makanannya enak sekali.

Ternyata sampai di sana pembukaannya baru 1. Masih panjang pembukaan yang akan saya lewati. Menuju ke pembukaan 10. Walaupun ada juga orang yang melahirkan anaknya sampai pembukaan 8 saja. Perut saya berat sekali. Ketika saya diminta untuk jalan-jalan di dalam rumah sakit sementara menunggu pembukaannya saya sudah nggak kuat untuk berdiri. Benar-benar berat dan menyakitkan ketika di bawa berdiri.

Sudah mencoba untuk melangkahkan kaki beberapa langkah tapi kemudian saya menyerah. Ah hari yang saya takutkan akhirnya tiba juga. Padahal saya pikir saya tidak akan melahirkan dalam waktu dekat. Sebab tak merencanakan untuk hamil segera setelah menikah. Saya takut tak bisa menjadi ibu yang baik untuk anak saya. Saya takut mental saya tak cukup kuat untuk menghadapi seorang anak. Apalagi saya waktu itu sedang menjalani perkuliahan. Seandainya saya tahu waktu itu saya sedang hamil mungkin saya tidak akan memilih untuk masuk ke STBA. Setidaknya menundanya lagi sampai ada waktu lain untuk kuliah dan menjadi mahasiswi lagi.

Semuanya sudah terlanjur sih. Sudah terlanjur kuliah. Sudah terlanjur hamil. Dan hari itu saya siap nggak siap akan menjadi seorang ibu. Saya masih bisa menahan sakitnya sih. Nggak sampe teriak atau menangis. Hanya mengaduh sedikit. Menelpon ibu saya supaya memberikan dukungan. Saat itu saya menyadari bahwa betapa besarnya perjuangan ibu saya untuk anak-anaknya. Detik itu juga saya merasa bahwa sedikit sekali yang telah saya lakukan untuknya. Bahwa apa pun yang selama ini saya lakukan nggak ada apa-apanya dengan yang telah dia lakukan.




14 April 2016

Memahami Tanda Panel Indikator Mobil bagi Pengendara Wanita



Pengendara wanita biasanya sangat apik merawat mobil kesayangan untuk urusan kebersihan dan servis. Maklum saja deh, mobil merupakan alat transportasi pribadi yang harganya tergolong tidak murah. Kendati demikian, kini banyak pilihan mobil bekas berkualitas di Mobil123.com yang harganya cukup kompetitif.

Selain harus selalu siaga memperhatikan kondisi mobil, kaum wanita juga patut memahami tanda panel indikator mobil dengan baik. Karena biasanya tanda panel indikator memberitahukan informasi tentang kondisi mobil. Jadi, tanda panel indikator apa saja yang harus dipahami?

Memahami Arti Warna pada Panel Indikator
Panel indikator mobil biasanya terdiri dari 3 warna yaitu merah, kuning, dan hijau. Warna merah menunjukkan unsur keamanan. Warna merah menjadi penanda bahwa ada komponen mobil yang terganggu dan harus segera diperiksa. Sementara warna kuning juga menunjukkan salah satu komponen kendaraan sedang bermasalah.

Misalnya indikator ABS (Anti-lock Brack System) yang menyala menandakan ada masalah pada sistem air bag. Warna hijau pada tanda panel indikator tidak perlu membuat Anda khawatir. Sebab warna ini menunjukkan fungsi kendaraan sedang diaktifkan. Contohnya fitur transmisi pada mobil matic.

Lambang Tanda Seru Dalam Lingkaran
Tanda seru dalam lingkaran menunjukkan posisi rem tangan sedang diaktifkan. Agar mobil bisa berjalan, pastikan lambang ini tidak menyala ketika Anda hendak mengendarai mobil.

Lambang Tetesan Oli
Bila tanda panel indikator berupa tetesan oli berwarna merah sudah menyala, itu artinya jumlah oli mobil Anda sudah berada pada ambang batas. Segera lakukan pemeriksaan dan penggantian oli bila tanda panel indikator tersebut sudah menyala.

Lampu Indikator Bahan Bakar Mobil
Panel indikator mobil juga memiliki tanda berupa selang pengisian bahan bakar. Bila tanda tersebut menyala atau berkedip, itu artinya bahan bakar mobil Anda sudah habis dan harus segera diisi.

Penanda Temperatur Mobil
Indikator instrumen mobil biasanya bisa menunjukkan informasi temperatur mobil dengan jarum yang berada di antara C (cool) dan H (hot). Bila indikator temperatur yang bentuknya seperti termometer sudah menyala, berarti mobil Anda berada dalam kondisi sangat panas. Solusinya, matikan mesin mobil untuk beberapa saat untuk menurunkan temperatur mobil.

Jika Lambang Plus dan Minus Mulai Menyala
Lambang plus minus pada panel indikator mobil merupakan lambang yang menggambarkan performa aki mobil. Bila lambang tersebut menyala dan diiringi dengan kesulitan untuk menyalakan mobil, kemungkinan besar aki mobil Anda mulai rusak atau sistem kelistrikan mobil sedang terganggu.
Mengenal dan mengingat tanda panel indikator mobil ternyata bukan hal yang sulit, ya. Dengan mengenali beberapa indikator penting tersebut, kaum wanita pun bisa mengendarai mobil secara aman. Segera lakukan pengecekan dan perbaikan sistem mobil bila ada tanda indikator yang terus-menerus menyala pada mobil Anda.


Sumber:
otomotifnet.com/Mobil/Tips/Panel-Indikator-Menunjukan-Kondisi-Kendaraan#
blackxperience.com/autotips/detail/10-tanda-lampu-indikator-yang-wajib-diperhatikan

Waktu akses: 13 April 2016